Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

teori-teori politik

6720102044

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

30 Desember 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Dr. Mochamad Arif Affandi, S.IP., M.Si




Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-14

Mampu menguasai konsep dasar dan teori politik

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menganalisis struktur dan fungsi lembaga politik menggunakan teori-teori politik yang relevan (C4)

PO - 2

Mahasiswa dapat mengevaluasi kebijakan publik dari perspektif teori politik yang berbeda (C5)

PO - 3

Mahasiswa dapat menciptakan model teoretis baru untuk memahami fenomena politik yang kompleks (C6)

PO - 4

Mahasiswa dapat menggunakan teori politik untuk merumuskan solusi atas masalah politik kontemporer (C3)

PO - 5

Mahasiswa dapat menganalisis peran teori politik dalam pengembangan strategi politik (C4)

PO - 6

Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas teori politik dalam menjelaskan perubahan politik di berbagai negara (C5)

PO - 7

Mahasiswa dapat menciptakan pendekatan interdisipliner dengan mengintegrasikan teori politik dengan disiplin ilmu lain (C6)

PO - 8

Mahasiswa dapat menerapkan teori politik untuk memprediksi hasil dari peristiwa politik tertentu (C3)

PO - 9

Mahasiswa dapat menganalisis dampak teori politik terhadap pembuatan kebijakan di tingkat lokal dan internasional (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-14
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Teori-Teori Politik pada jenjang S1 program studi Ilmu Politik membahas tentang berbagai teori politik yang menjadi landasan dalam memahami fenomena politik. Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai berbagai teori politik yang berkembang mulai dari teori klasik hingga kontemporer. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman terhadap konsep-konsep dasar politik, pemikiran para tokoh politik, serta aplikasi teori politik dalam analisis fenomena politik kontemporer.

Pustaka

Utama :

  1. Andrew Heywood (2004).
  2. Andrew Shorten (2016), Contemporary Politicai Theory, NY: Palgrave Macmillan
  3. GERALD F. GAUS AND CHANDRAN KUKATHAS (2004), HANDBOOK of POLITICAL THEORY, London: SAGE
  4. SP VARMA (1987), Teori Politik Modern, Jakarta: Rajawali Press

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Mochamad Arif Affandi, S.IP., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.