Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Capstone Design

2120102138

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=2

ECTS=3.18

5

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Ir. I Wayan Susila, M.T. Saiful Anwar, S.Pd., M.T. Diastian Vinaya Wijanarko, S.T., M.T. Aris Ansori, S.Pd., M.T. Priyo Heru Adiwibowo, S.T., M.T. Indra Herlamba Siregar, S.T., M.T. Agung Prijo Budijono, S.T., M.T. Mochamad Arif Irfa‘i, S.Pd., M.T. Akhmad Hafizh Ainur Rasyid, S.T., M.T. Dr. A. Grummy Wailanduw, M.Pd., M.T. Dany Iman Santoso, S.T., M.T.




Priyo Heru Adiwibowo, S.T., M.T.




Ir. Priyo Heru Adiwibowo, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Kerja secara mandiri dan kelompok

PLO-8

Komunikasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu mengidentifikasi teknik yang diperlukan, keterampilan dan alat praktik rekayasa modern untuk situasi tertentu.

PO - 2

Mampu menjelaskan penggunaan secara teknis, keterampilan, dan alat spesifik praktik rekayasa modern

PO - 3

Mampu menerapkan teknik yang dipilih, keterampilan dan alat praktik rekayasa modern untuk situasi yang diberikan

PO - 4

Mampu menyampaikan presentasi secara lisan.

PO - 5

Mampu merencanakan project yang berkaitan dengan Permasalahan Industri dibidang Teknik Mesin

PO - 6

Mampu mengidentifikasi konteks global, ekonomi, lingkungan, dan sosial dari masalah teknik.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemahaman tentang konsep dan aplikasi perencanaandalam teknik mesin khususnya pada komponen elemen mesin. Mempelajari proseskerja komponen elemen mesin sehingga dapat mengetahui fungsi dan kegunaannya.

Pustaka

Utama :

  1. Mott Robert L. 2009. Elemen-Elemen Mesin dalam Perancangan MekanisEdition 2nd. Yogyakarta: ANDI.
  2. Mott Robert L. 2004. Machine Elements in Mechanical Design Edition 4th. United State of America: Pearson Prentice Hall.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami berbagai jenis proses produksi dan mekanismenya

  1. Mampu menjelaskan jenis proses produksi
  2. Mampu menjelaskan mekanisme berbagai proses mesin produksi
Kriteria:

sesuai pedoman penskoran dan rubrik presentasi, nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 x 50 menit

Materi: proses produksi dan mekanismenya
Pustaka: Mott Robert L. 2004. Machine Elements in Mechanical Design Edition 4th. United State of America: Pearson Prentice Hall.
5%

2

Minggu ke 2

Menentukan kebutuhan torsi untuk proses produksi

Terampil memilih besaran torsi pada mesin produksi

Kriteria:

sesuai pedoman penskoran dan rubrik presentasi, nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 x 50 menit

Materi: torsi untuk proses produksi
Pustaka: Mott Robert L. 2009. Elemen-Elemen Mesin dalam Perancangan MekanisEdition 2nd. Yogyakarta: ANDI.
5%

3

Minggu ke 3

Menghitung putaran mesin sesuai kapasitas

Dapat nenentukan putaran mesin sesuai kapasitas

Kriteria:

sesuai pedoman penskoran dan rubrik presentasi, nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 x 50 menit

Materi: putaran mesin sesuai kapasitas
Pustaka: Mott Robert L. 2009. Elemen-Elemen Mesin dalam Perancangan MekanisEdition 2nd. Yogyakarta: ANDI.
5%

4

Minggu ke 4

Menghitung kebutuhan daya mesin

Dapat menghitung kebutuhan daya mesin

Kriteria:

sesuai pedoman penskoran dan rubrik presentasi, nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 x 50 menit

Materi: kebutuhan daya mesin
Pustaka: Mott Robert L. 2004. Machine Elements in Mechanical Design Edition 4th. United State of America: Pearson Prentice Hall.
5%

5

Minggu ke 5

Memilih motor gearbox sesuai kebutuhan

dapat memilih motor gearbox

Kriteria:

sesuai pedoman penskoran dan rubrik presentasi, nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 x 50 menit

Materi: Memilih motor gearbox sesuai kebutuhan
Pustaka: Mott Robert L. 2004. Machine Elements in Mechanical Design Edition 4th. United State of America: Pearson Prentice Hall.
5%

6

Minggu ke 6

Mendesain sistem transmisi

Mampu mendesain sistem transmisi

Kriteria:

sesuai pedoman penskoran dan rubrik presentasi, nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 x 50 menit

Materi: Mendesain sistem transmisi
Pustaka: Mott Robert L. 2004. Machine Elements in Mechanical Design Edition 4th. United State of America: Pearson Prentice Hall.
10%

7

Minggu ke 7

Memilih pulley sesuai kebutuhan

Mampu Memilih pulley sesuai kebutuhan

Kriteria:

sesuai pedoman penskoran dan rubrik presentasi, nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 x 50 menit

Materi: Memilih pulley sesuai kebutuhan
Pustaka: Mott Robert L. 2009. Elemen-Elemen Mesin dalam Perancangan MekanisEdition 2nd. Yogyakarta: ANDI.
5%

8

Minggu ke 8

Presentasi Awal Perencanaan

Mampu mempresentasikan perencanaan awal dari Perancangan

Kriteria:

sesuai pedoman penskoran dan rubrik presentasi, nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 x 50 menit

Materi: Penilaian awal perancangan
Pustaka: Mott Robert L. 2004. Machine Elements in Mechanical Design Edition 4th. United State of America: Pearson Prentice Hall.
10%

9

Minggu ke 9

Memilih belt sesuai kebutuhan

dapat Memilih belt sesuai kebutuhan

Kriteria:

sesuai pedoman penskoran dan rubrik presentasi, nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 x 50 menit

Materi: Memilih pulley sesuai kebutuhan
Pustaka: Mott Robert L. 2009. Elemen-Elemen Mesin dalam Perancangan MekanisEdition 2nd. Yogyakarta: ANDI.

Materi: Memilih belt sesuai kebutuhan
Pustaka: Mott Robert L. 2009. Elemen-Elemen Mesin dalam Perancangan MekanisEdition 2nd. Yogyakarta: ANDI.
5%

10

Minggu ke 10

Memilih rantai sesuai kebutuhan

dapat Memilih rantai sesuai kebutuhan

Kriteria:

sesuai pedoman penskoran dan rubrik presentasi, nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 x 50 menit

Materi: Memilih pulley sesuai kebutuhan
Pustaka: Mott Robert L. 2009. Elemen-Elemen Mesin dalam Perancangan MekanisEdition 2nd. Yogyakarta: ANDI.

Materi: Memilih rantai sesuai kebutuhan
Pustaka: Mott Robert L. 2009. Elemen-Elemen Mesin dalam Perancangan MekanisEdition 2nd. Yogyakarta: ANDI.
5%

11

Minggu ke 11

Mendesain penempatan komponen utama.

Mampu mendesain penempatan komponen utama.

Kriteria:

sesuai pedoman penskoran dan rubrik presentasi, nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 x 50 menit

Materi: Mendesain penempatan komponen utama.
Pustaka: Mott Robert L. 2009. Elemen-Elemen Mesin dalam Perancangan MekanisEdition 2nd. Yogyakarta: ANDI.
10%

12

Minggu ke 12

Menghitung momen torsi

Mampu menghitung momen torsi

Kriteria:

sesuai pedoman penskoran dan rubrik presentasi, nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 x 50 menit

Materi: Menghitung momen torsi
Pustaka: Mott Robert L. 2009. Elemen-Elemen Mesin dalam Perancangan MekanisEdition 2nd. Yogyakarta: ANDI.
5%

13

Minggu ke 13

Menghitung diameter poros.

Mampu menghitung diameter poros.

Kriteria:

sesuai pedoman penskoran dan rubrik presentasi, nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 x 50 menit

Materi: Menghitung diameter poros.
Pustaka: Mott Robert L. 2009. Elemen-Elemen Mesin dalam Perancangan MekanisEdition 2nd. Yogyakarta: ANDI.
5%

14

Minggu ke 14

Menentukan jenis bearing dan mur bautnya.

Mampu menentukan jenis bearing dan mur bautnya.

Kriteria:

sesuai pedoman penskoran dan rubrik presentasi, nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 x 50 menit

Materi: Menentukan jenis bearing dan mur bautnya.
Pustaka: Mott Robert L. 2004. Machine Elements in Mechanical Design Edition 4th. United State of America: Pearson Prentice Hall.
5%

15

Minggu ke 15

Membuat gambar susunan.

dapat Memilih rantai sesuai kebutuhan

Kriteria:

sesuai pedoman penskoran dan rubrik presentasi, nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 x 50 menit

Materi: Membuat gambar susunan.
Pustaka: Mott Robert L. 2009. Elemen-Elemen Mesin dalam Perancangan MekanisEdition 2nd. Yogyakarta: ANDI.
5%

16

Minggu ke 16

Presentasi Laporan Akhir

Mampu mempresentasikan hasil dari Perancangan

Kriteria:

sesuai pedoman penskoran dan rubrik presentasi, nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 x 50 menit

Materi: Final asseement
Pustaka: Mott Robert L. 2009. Elemen-Elemen Mesin dalam Perancangan MekanisEdition 2nd. Yogyakarta: ANDI.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.