|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pendidikan Ips Kelas Lanjut |
8620603103 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
6 |
19 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat. |
PLO-7 |
Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an. |
PLO-10 |
Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian. |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-4 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-10 |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Sebagai mata wajib di program studi pendidikan Geografi - maka perkuliahan ini mengkaji kedalaman teori
Pendidikan IPS, yang meliputi komponen-komponennnya berupa: hakikat pendidikan IPS- IPS dan ilmu-ilmu
sosial, perkembangan pendidikan IPS, dimensi dan struktur pendidikan IPS, beberapa pemikiran dalam
pembaruan pembelajaran IPS-, konsep ilmu- teknologi dan massarakat-, pendidikan global, model pembelajaran
IPS, pengembangan ketrampilan membaca dalam IPS, pengembangan ketrampilan partisipasi sosial-, serta
kompetensi dasar mata pelajaran IPS |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Ahmad. 2006. Kurikulum Tingkat Sttuan Pendidikan pada Jenjang SD, SMP,SMA. Jakarta: PT Pustaka Manggala 1. Nana Supriana. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya 1. Belen, S. 1988. CBSA Ilmu Pengetahuan Sosial-Buku Pelajaran IPS SD Berdasarkan CBSA Cet ke 2. Solo:Tiga Serangkai
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
SIRADJUDDIN S Dr. Ganes Gunansyah, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
mampu menjelaskan hakikat pendidikan IPS |
Ketepatan menjelaskan tentanghakikat pendidikan IPS |
Kriteria:
Berisi tentang rubrik penilaian, misalnya: soal nomor 1 memiliki bobot 10 jika........ soal nomor 2 memiliki bobot 5 jika.....dst Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek: 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2) 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2) 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3) 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3) Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan konstruktivis/PBL/Penugasan 2 X 50 |
|
Materi: hakikat pendidikan IPS Pustaka: 1. Ahmad. 2006. Kurikulum Tingkat Sttuan Pendidikan pada Jenjang SD, SMP,SMA. Jakarta: PT Pustaka Manggala 1. Nana Supriana. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya 1. Belen, S. 1988. CBSA Ilmu Pengetahuan Sosial-Buku Pelajaran IPS SD Berdasarkan CBSA Cet ke 2. Solo:Tiga Serangkai |
10% |
2
Minggu ke 2 |
mampu menjelaskan hakikat pendidikan IPS |
Ketepatan menjelaskan tentanghakikat pendidikan IPS |
Kriteria:
Berisi tentang rubrik penilaian, misalnya: soal nomor 1 memiliki bobot 10 jika........ soal nomor 2 memiliki bobot 5 jika.....dst Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek: 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2) 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2) 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3) 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3) Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan konstruktivis/PBL/Penugasan 2 X 50 |
|
Materi: hakikat pendidikan IPS Pustaka: 1. Ahmad. 2006. Kurikulum Tingkat Sttuan Pendidikan pada Jenjang SD, SMP,SMA. Jakarta: PT Pustaka Manggala 1. Nana Supriana. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya 1. Belen, S. 1988. CBSA Ilmu Pengetahuan Sosial-Buku Pelajaran IPS SD Berdasarkan CBSA Cet ke 2. Solo:Tiga Serangkai |
10% |
3
Minggu ke 3 |
mampu menjelaskan hakikat pendidikan IPS |
Ketepatan menjelaskan tentanghakikat pendidikan IPS |
Kriteria:
Berisi tentang rubrik penilaian, misalnya: soal nomor 1 memiliki bobot 10 jika........ soal nomor 2 memiliki bobot 5 jika.....dst Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek: 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2) 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2) 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3) 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3) Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan konstruktivis/PBL/Penugasan 2 X 50 |
|
Materi: hakikat pendidikan IPS Pustaka: 1. Ahmad. 2006. Kurikulum Tingkat Sttuan Pendidikan pada Jenjang SD, SMP,SMA. Jakarta: PT Pustaka Manggala 1. Nana Supriana. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya 1. Belen, S. 1988. CBSA Ilmu Pengetahuan Sosial-Buku Pelajaran IPS SD Berdasarkan CBSA Cet ke 2. Solo:Tiga Serangkai |
10% |
4
Minggu ke 4 |
mampu menjelaskan hakikat pendidikan IPS |
Ketepatan menjelaskan tentanghakikat pendidikan IPS |
Kriteria:
Berisi tentang rubrik penilaian, misalnya: soal nomor 1 memiliki bobot 10 jika........ soal nomor 2 memiliki bobot 5 jika.....dst Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek: 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2) 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2) 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3) 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3) Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan konstruktivis/PBL/Penugasan 2 X 50 |
|
Materi: hakikat pendidikan IPS Pustaka: 1. Ahmad. 2006. Kurikulum Tingkat Sttuan Pendidikan pada Jenjang SD, SMP,SMA. Jakarta: PT Pustaka Manggala 1. Nana Supriana. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya 1. Belen, S. 1988. CBSA Ilmu Pengetahuan Sosial-Buku Pelajaran IPS SD Berdasarkan CBSA Cet ke 2. Solo:Tiga Serangkai |
10% |
5
Minggu ke 5 |
mampu menjelaskan hakikat pendidikan IPS |
Ketepatan menjelaskan tentanghakikat pendidikan IPS |
Kriteria:
Berisi tentang rubrik penilaian, misalnya: soal nomor 1 memiliki bobot 10 jika........ soal nomor 2 memiliki bobot 5 jika.....dst Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek: 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2) 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2) 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3) 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3) Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan konstruktivis/PBL/Penugasan 2 X 50 |
|
Materi: hakikat pendidikan IPS Pustaka: 1. Ahmad. 2006. Kurikulum Tingkat Sttuan Pendidikan pada Jenjang SD, SMP,SMA. Jakarta: PT Pustaka Manggala 1. Nana Supriana. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya 1. Belen, S. 1988. CBSA Ilmu Pengetahuan Sosial-Buku Pelajaran IPS SD Berdasarkan CBSA Cet ke 2. Solo:Tiga Serangkai |
10% |
6
Minggu ke 6 |
mampu menjelaskan hakikat pendidikan IPS |
Ketepatan menjelaskan tentanghakikat pendidikan IPS |
Kriteria:
Berisi tentang rubrik penilaian, misalnya: soal nomor 1 memiliki bobot 10 jika........ soal nomor 2 memiliki bobot 5 jika.....dst Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek: 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2) 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2) 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3) 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3) Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan konstruktivis/PBL/Penugasan 2 X 50 |
|
Materi: hakikat pendidikan IPS Pustaka: 1. Ahmad. 2006. Kurikulum Tingkat Sttuan Pendidikan pada Jenjang SD, SMP,SMA. Jakarta: PT Pustaka Manggala 1. Nana Supriana. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya 1. Belen, S. 1988. CBSA Ilmu Pengetahuan Sosial-Buku Pelajaran IPS SD Berdasarkan CBSA Cet ke 2. Solo:Tiga Serangkai |
10% |
7
Minggu ke 7 |
mampu menjelaskan hakikat pendidikan IPS |
Ketepatan menjelaskan tentanghakikat pendidikan IPS |
Kriteria:
Berisi tentang rubrik penilaian, misalnya: soal nomor 1 memiliki bobot 10 jika........ soal nomor 2 memiliki bobot 5 jika.....dst Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek: 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2) 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2) 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3) 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3) Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan konstruktivis/PBL/Penugasan 2 X 50 |
|
Materi: hakikat pendidikan IPS Pustaka: 1. Ahmad. 2006. Kurikulum Tingkat Sttuan Pendidikan pada Jenjang SD, SMP,SMA. Jakarta: PT Pustaka Manggala 1. Nana Supriana. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya 1. Belen, S. 1988. CBSA Ilmu Pengetahuan Sosial-Buku Pelajaran IPS SD Berdasarkan CBSA Cet ke 2. Solo:Tiga Serangkai |
10% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
2 X 50 |
|
Materi: hakikat pendidikan IPS Pustaka: 1. Ahmad. 2006. Kurikulum Tingkat Sttuan Pendidikan pada Jenjang SD, SMP,SMA. Jakarta: PT Pustaka Manggala 1. Nana Supriana. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya 1. Belen, S. 1988. CBSA Ilmu Pengetahuan Sosial-Buku Pelajaran IPS SD Berdasarkan CBSA Cet ke 2. Solo:Tiga Serangkai |
25% |
9
Minggu ke 9 |
mampu menjelaskan hakikat pendidikan IPS |
Ketepatan menjelaskan tentanghakikat pendidikan IPS |
Kriteria:
Berisi tentang rubrik penilaian, misalnya: soal nomor 1 memiliki bobot 10 jika........ soal nomor 2 memiliki bobot 5 jika.....dst Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek: 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2) 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2) 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3) 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3) Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan konstruktivis/PBL/Penugasan 2 X 50 |
|
Materi: hakikat pendidikan IPS Pustaka: 1. Ahmad. 2006. Kurikulum Tingkat Sttuan Pendidikan pada Jenjang SD, SMP,SMA. Jakarta: PT Pustaka Manggala 1. Nana Supriana. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya 1. Belen, S. 1988. CBSA Ilmu Pengetahuan Sosial-Buku Pelajaran IPS SD Berdasarkan CBSA Cet ke 2. Solo:Tiga Serangkai |
10% |
10
Minggu ke 10 |
mampu menjelaskan hakikat pendidikan IPS |
Ketepatan menjelaskan tentanghakikat pendidikan IPS |
Kriteria:
Berisi tentang rubrik penilaian, misalnya: soal nomor 1 memiliki bobot 10 jika........ soal nomor 2 memiliki bobot 5 jika.....dst Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek: 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2) 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2) 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3) 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3) Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan konstruktivis/PBL/Penugasan 2 X 50 |
|
Materi: hakikat pendidikan IPS Pustaka: 1. Ahmad. 2006. Kurikulum Tingkat Sttuan Pendidikan pada Jenjang SD, SMP,SMA. Jakarta: PT Pustaka Manggala 1. Nana Supriana. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya 1. Belen, S. 1988. CBSA Ilmu Pengetahuan Sosial-Buku Pelajaran IPS SD Berdasarkan CBSA Cet ke 2. Solo:Tiga Serangkai |
10% |
11
Minggu ke 11 |
mampu menjelaskan hakikat pendidikan IPS |
Ketepatan menjelaskan tentanghakikat pendidikan IPS |
Kriteria:
Berisi tentang rubrik penilaian, misalnya: soal nomor 1 memiliki bobot 10 jika........ soal nomor 2 memiliki bobot 5 jika.....dst Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek: 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2) 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2) 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3) 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3) Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan konstruktivis/PBL/Penugasan 2 X 50 |
|
Materi: hakikat pendidikan IPS Pustaka: 1. Ahmad. 2006. Kurikulum Tingkat Sttuan Pendidikan pada Jenjang SD, SMP,SMA. Jakarta: PT Pustaka Manggala 1. Nana Supriana. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya 1. Belen, S. 1988. CBSA Ilmu Pengetahuan Sosial-Buku Pelajaran IPS SD Berdasarkan CBSA Cet ke 2. Solo:Tiga Serangkai |
10% |
12
Minggu ke 12 |
mampu menjelaskan hakikat pendidikan IPS |
Ketepatan menjelaskan tentanghakikat pendidikan IPS |
Kriteria:
Berisi tentang rubrik penilaian, misalnya: soal nomor 1 memiliki bobot 10 jika........ soal nomor 2 memiliki bobot 5 jika.....dst Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek: 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2) 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2) 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3) 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3) Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan konstruktivis/PBL/Penugasan 2 X 50 |
|
Materi: hakikat pendidikan IPS Pustaka: 1. Ahmad. 2006. Kurikulum Tingkat Sttuan Pendidikan pada Jenjang SD, SMP,SMA. Jakarta: PT Pustaka Manggala 1. Nana Supriana. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya 1. Belen, S. 1988. CBSA Ilmu Pengetahuan Sosial-Buku Pelajaran IPS SD Berdasarkan CBSA Cet ke 2. Solo:Tiga Serangkai |
10% |
13
Minggu ke 13 |
mampu menjelaskan hakikat pendidikan IPS |
Ketepatan menjelaskan tentanghakikat pendidikan IPS |
Kriteria:
Berisi tentang rubrik penilaian, misalnya: soal nomor 1 memiliki bobot 10 jika........ soal nomor 2 memiliki bobot 5 jika.....dst Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek: 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2) 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2) 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3) 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3) Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan konstruktivis/PBL/Penugasan 2 X 50 |
|
Materi: hakikat pendidikan IPS Pustaka: 1. Ahmad. 2006. Kurikulum Tingkat Sttuan Pendidikan pada Jenjang SD, SMP,SMA. Jakarta: PT Pustaka Manggala 1. Nana Supriana. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya 1. Belen, S. 1988. CBSA Ilmu Pengetahuan Sosial-Buku Pelajaran IPS SD Berdasarkan CBSA Cet ke 2. Solo:Tiga Serangkai |
10% |
14
Minggu ke 14 |
mampu menjelaskan hakikat pendidikan IPS |
Ketepatan menjelaskan tentanghakikat pendidikan IPS |
Kriteria:
Berisi tentang rubrik penilaian, misalnya: soal nomor 1 memiliki bobot 10 jika........ soal nomor 2 memiliki bobot 5 jika.....dst Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek: 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2) 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2) 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3) 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3) Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan konstruktivis/PBL/Penugasan 2 X 50 |
|
Materi: hakikat pendidikan IPS Pustaka: 1. Ahmad. 2006. Kurikulum Tingkat Sttuan Pendidikan pada Jenjang SD, SMP,SMA. Jakarta: PT Pustaka Manggala 1. Nana Supriana. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya 1. Belen, S. 1988. CBSA Ilmu Pengetahuan Sosial-Buku Pelajaran IPS SD Berdasarkan CBSA Cet ke 2. Solo:Tiga Serangkai |
10% |
15
Minggu ke 15 |
mampu menjelaskan hakikat pendidikan IPS |
Ketepatan menjelaskan tentanghakikat pendidikan IPS |
Kriteria:
Berisi tentang rubrik penilaian, misalnya: soal nomor 1 memiliki bobot 10 jika........ soal nomor 2 memiliki bobot 5 jika.....dst Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek: 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2) 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2) 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3) 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3) Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan konstruktivis/PBL/Penugasan 2 X 50 |
|
Materi: hakikat pendidikan IPS Pustaka: 1. Ahmad. 2006. Kurikulum Tingkat Sttuan Pendidikan pada Jenjang SD, SMP,SMA. Jakarta: PT Pustaka Manggala 1. Nana Supriana. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya 1. Belen, S. 1988. CBSA Ilmu Pengetahuan Sosial-Buku Pelajaran IPS SD Berdasarkan CBSA Cet ke 2. Solo:Tiga Serangkai |
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
2 X 50 |
|
|
25% |