Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Data Sektor Publik

6310602011

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

3

11 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.




Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu mengembangkan pengetahuan tentang administrasi, organisasi dan manajemen publik

PLO-6

Menguasai teori dan praktik dalam kebijakan publik

PLO-8

Mampu memecahkan permasalahan organisasi publik melalui transformasi digital dan pendekatan inter dan multidisipliner

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memahami dasar-dasar analisis data khususnya sektor publik

PO - 2

Mampu menerapkan model analisis data bidang keilmuan administrasi publik

PO - 3

Mampu mengevaluasi kebijakan berdasarkan data

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini berfokus pada pengembangan kemampuan analitis dalam mengelola dan mengevaluasi data yang berkaitan dengan kebijakan dan layanan publik. Mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik pengumpulan, analisis, dan interpretasi data kuantitatif serta kualitatif yang relevan untuk pengambilan keputusan di sektor publik. Mata kuliah ini menggabungkan teori dan praktik, dengan penekanan pada penggunaan perangkat lunak statistik serta model-model analisis yang mendukung penyusunan rekomendasi kebijakan yang berbasis bukti (evidence-based policy).

Pustaka

Utama :

  1. Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back
  2. Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Wiyli Yustanti, S.Si., M.Kom.

Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami materi pengenalan Data Grab dan menemukenali produsen data sektoral

Penguasaan materi oleh mahasiswa mengenai materi ppengenalan data grab dan menemukenali produsen data sectoral

Kriteria:

Ketepatan penjelasan oleh mahasiswa mengenai materi pengenalan data grab dan menemukenali produsen data sectoral


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Data Grab
Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami materi kondisi saat ini melalui paradigma data di era kolonial (lampau)

Penguasaan mahasiswa mengenai materi kondisi saat ini melalui paradigma data di era kolonial (lampau)

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi kondisi saat ini melalui paradigma data di era kolonial (lampau)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Data Grab
Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami materi data dan kelanjutan paradigma data era kolonial dengan tren paradigma era kekinian

Mahasiswa mampu menyusun argumen mengenai materi data dan kelanjutan paradigma data era kolonial dengan tren paradigma era kekinian

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi data dan kelanjutan paradigma data era kolonial dengan tren paradigma era kekinian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Data Grab
Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami materi wilayah data (data territorities)

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi data kewilayahan atau data spatial (data territorities)

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi data kewilayahan atau data spasial (data territorities)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Data Grab
Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami materi pemanfaatan pendekatan data di era kekinian terhadap pengambilan keputusan era saat ini

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materipendekatan data di era kekinian terhadap pengambilan keputusan era saat ini

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi pendekatan data di era kekinian terhadap pengambilan keputusan era saat ini


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Data Grab
Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami materi kewilayahan data dan transformasi sebaran penggunaan data

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi wilayah data dan transformasi pekerjaan

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi kewilayahan data dan transformasi sebaran penggunaan data


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Data Grab
Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami mengenai materi peradaban data di era baru (kekinian)

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi peradaban data di era baru (kekinian)

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi peradaban data di era baru (kekinian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Data Grab
Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengerjakan soal yang berasal dari sumber materi pertemuan 1 sampai dengan 7

Kesesuaian jawaban

Kriteria:

Kesesuaian jawaban


Bentuk Penilaian :
Tes

Online berupa tes
150 menit
Materi: Data Grab
Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami materi ekosistem data perencanaan dan penganggaran pembangunan

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi ekosistem data perencanaan dan penganggaran pembangunan

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi ekosistem data perencanaan dan penganggaran pembangunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Ekosistem Data Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan
Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami materi Pengembangan Sistem Informasi dan Proses Bisnis Data Pembangunan

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Pengembangan Sistem Informasi dan Proses Bisnis Data Pembangunan

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Pengembangan Sistem Informasi dan Proses Bisnis Data Pembangunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Pengembangan Sistem Informasi dan Proses Bisnis Data Pembangunan
Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami mengenai materi Analisis Data sebagai Analisis Konfirmasi atau Eksplorasi

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Analisis Data sebagai Analisis Konfirmasi atau Eksplorasi

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Analisis Data sebagai Analisis Konfirmasi atau Eksplorasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Analisis Data sebagai Analisis Konfirmasi atau Eksplorasi
Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami mengenai materi Analitika Data untuk Pengambilan Keputusan

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Analitika Data untuk Pengambilan Keputusan

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Analitika Data untuk Pengambilan Keputusan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Analitika Data untuk Pengambilan Keputusan
Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami materi kecerdasan bisnis (business intelligence)

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi kecerdasan bisnis (business intelligence)

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi kecerdasan bisnis (business intelligence)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Kecerdasan bisnis (business intelligence)
Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami materi Visualisasi Data

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Visualisasi Data

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Visualisasi Data


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Visualisasi Data
Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami materi Waterfall Model dan Desain Pengembangan Platform Satu Data

Mahasiswa mampu menyusun materi Waterfall Model dan Desain Pengembangan Platform Satu Data

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Waterfall Model dan Desain Pengembangan Platform Satu Data


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Waterfall Model dan Desain Pengembangan Platform Satu Data
Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mengerjakan soal yang berasal dari materi pertemuan 1 sampai dengan 15

Kesesuaian jawaban

Kriteria:

Kesesuaian jawaban


Bentuk Penilaian :
Tes

Online berupa tes
150 menit
Materi: Data Grab
Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back

Materi: Pengembangan Data
Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 70%
2. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.