|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Data Sektor Publik |
6310602011 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
3 |
11 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.
|
Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.
|
Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu mengembangkan pengetahuan tentang administrasi, organisasi dan manajemen publik |
PLO-6 |
Menguasai teori dan praktik dalam kebijakan publik |
PLO-8 |
Mampu memecahkan permasalahan organisasi publik melalui transformasi digital dan pendekatan inter dan multidisipliner |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memahami dasar-dasar analisis data khususnya sektor publik
|
PO - 2 |
Mampu menerapkan model analisis data bidang keilmuan administrasi publik
|
PO - 3 |
Mampu mengevaluasi kebijakan berdasarkan data
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | ✔ | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | PO-3 | | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini berfokus pada pengembangan kemampuan analitis dalam mengelola dan mengevaluasi data yang berkaitan dengan kebijakan dan layanan publik. Mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik pengumpulan, analisis, dan interpretasi data kuantitatif serta kualitatif yang relevan untuk pengambilan keputusan di sektor publik. Mata kuliah ini menggabungkan teori dan praktik, dengan penekanan pada penggunaan perangkat lunak statistik serta model-model analisis yang mendukung penyusunan rekomendasi kebijakan yang berbasis bukti (evidence-based policy). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back
- Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Wiyli Yustanti, S.Si., M.Kom. Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami materi pengenalan Data Grab dan menemukenali produsen data sektoral |
Penguasaan materi oleh mahasiswa mengenai materi ppengenalan data grab dan menemukenali produsen data sectoral |
Kriteria:
Ketepatan penjelasan oleh mahasiswa mengenai materi pengenalan data grab dan menemukenali produsen data sectoral Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Data Grab Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami materi kondisi saat ini melalui paradigma data di era kolonial (lampau) |
Penguasaan mahasiswa mengenai materi kondisi saat ini melalui paradigma data di era kolonial (lampau) |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi kondisi saat ini melalui paradigma data di era kolonial (lampau) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Data Grab Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami materi data dan kelanjutan paradigma data era kolonial dengan tren paradigma era kekinian |
Mahasiswa mampu menyusun argumen mengenai materi data dan kelanjutan paradigma data era kolonial dengan tren paradigma era kekinian |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi data dan kelanjutan paradigma data era kolonial dengan tren paradigma era kekinian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Data Grab Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami materi wilayah data (data territorities) |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi data kewilayahan atau data spatial (data territorities) |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi data kewilayahan atau data spasial (data territorities) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Data Grab Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami materi pemanfaatan pendekatan data di era kekinian terhadap pengambilan keputusan era saat ini |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materipendekatan data di era kekinian terhadap pengambilan keputusan era saat ini |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi pendekatan data di era kekinian terhadap pengambilan keputusan era saat ini Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Data Grab Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami materi kewilayahan data dan transformasi sebaran penggunaan data |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi wilayah data dan transformasi pekerjaan |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi kewilayahan data dan transformasi sebaran penggunaan data Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Data Grab Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami mengenai materi peradaban data di era baru (kekinian) |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi peradaban data di era baru (kekinian) |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi peradaban data di era baru (kekinian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Data Grab Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal yang berasal dari sumber materi pertemuan 1 sampai dengan 7 |
Kesesuaian jawaban |
Kriteria:
Kesesuaian jawaban Bentuk Penilaian : Tes |
|
Online berupa tes 150 menit |
Materi: Data Grab Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami materi ekosistem data perencanaan dan penganggaran pembangunan |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi ekosistem data perencanaan dan penganggaran pembangunan |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi ekosistem data perencanaan dan penganggaran pembangunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Ekosistem Data Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami materi Pengembangan Sistem Informasi dan Proses Bisnis Data Pembangunan |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Pengembangan Sistem Informasi dan Proses Bisnis Data Pembangunan |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Pengembangan Sistem Informasi dan Proses Bisnis Data Pembangunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Pengembangan Sistem Informasi dan Proses Bisnis Data Pembangunan Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami mengenai materi Analisis Data sebagai Analisis Konfirmasi atau Eksplorasi |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Analisis Data sebagai Analisis Konfirmasi atau Eksplorasi |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Analisis Data sebagai Analisis Konfirmasi atau Eksplorasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Analisis Data sebagai Analisis Konfirmasi atau Eksplorasi Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami mengenai materi Analitika Data untuk Pengambilan Keputusan |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Analitika Data untuk Pengambilan Keputusan |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Analitika Data untuk Pengambilan Keputusan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Analitika Data untuk Pengambilan Keputusan Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami materi kecerdasan bisnis (business intelligence) |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi kecerdasan bisnis (business intelligence) |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi kecerdasan bisnis (business intelligence) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Kecerdasan bisnis (business intelligence) Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami materi Visualisasi Data |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Visualisasi Data |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Visualisasi Data Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Visualisasi Data Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memahami materi Waterfall Model dan Desain Pengembangan Platform Satu Data |
Mahasiswa mampu menyusun materi Waterfall Model dan Desain Pengembangan Platform Satu Data |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Waterfall Model dan Desain Pengembangan Platform Satu Data Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Waterfall Model dan Desain Pengembangan Platform Satu Data Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal yang berasal dari materi pertemuan 1 sampai dengan 15 |
Kesesuaian jawaban |
Kriteria:
Kesesuaian jawaban Bentuk Penilaian : Tes |
|
Online berupa tes 150 menit |
Materi: Data Grab Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back Materi: Pengembangan Data Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana |
15% |