|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Evaluasi Pengajaran |
8320502024 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Gde Agus Yudha Prawira Adistana, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliahevaluasi pembelajaran memberikan pemahaman tentang pengukuran, penilaian, danevaluasi, jenis pengukuran dan alat evaluasi, bentuk soal tes dan non tes,penilaian proses dan produk kerja, validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan,daya beda butir soal, dan analisis butir. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Suharsimi, Arikunto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Silverius, Suke. 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
- Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2003. Sistem Penilaian Kelas untuk SD, SMP, SMA dan SMK. Jakarta: Depdiknas
- Ni Ketut Widiartini.2014. Asesmen Otentik pada Program Pendidikan Vokasi.Dipresentasikan pada Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologidan Kejuruan (APTEKINDO) ke 7 FPTK Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung,13 sd.14 November 2014.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
NANIK ESTIDARSANI Prof. Dr. Suparji, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendefinisikan pengukuran penilaian dan evaluasi. |
a. menjelaskan definisi pengukuran penilaian dan evaluasi b. membedakan peran dan fungsi pengukuran penilaian dan evaluasi |
|
Pendekatan Ceramah diskusi tanya jawab dan presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Menentukan tingkat kesulitan butir soal |
a. Menjelaskan tingkat kesulitan butir soal b. Menghitung tingkat kesulitan butir soal |
|
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Menentukan daya pembeda |
a. Menjelaskan daya pembeda butir soal b. Menghitung daya pembeda butir soal |
|
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Menentukan omit dan distraktor |
a. Menjelaskan cara menentukan omit b. Menjelaskan distraktor |
|
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan latihan 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami macam-macam tes dan non tes |
Menjelaskan macam-macam tes dan non tes |
|
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan Latihan 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Membuat instrumen penilaian |
- Mengembangkan instrumen penilaian
- Melakukan ujicoba instrumen penilaian
|
Kriteria:
kesesuaian instrumen dengan kompetensi dasar isi instrumen dan hasil ujicoba |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Membuat instrumen penilaian |
- Mengembangkan instrumen penilaian
- Melakukan ujicoba instrumen penilaian
|
Kriteria:
kesesuaian instrumen dengan kompetensi dasar isi instrumen dan hasil ujicoba |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester menunjukkan kemampuan materi pertemuan 1 sampai 7 |
materi pertemuan 1 sampai 7 |
Kriteria:
- esay dijawab benar dengan skala penilaian 0 - 100
- checklist dikerjakan dengan benar skala penilaian 0 -1
|
tes unjuk kerja 3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Menjelaskan macam-macam validitas |
- Menjelaskan macam-macam validasi
- Membedakan fungsi validasi
|
Kriteria:
Yang dapat menjawab pertanyaan diberi poin sebagai nilai aktifitas selama pembelajaran |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Menghitung validitas butir soal |
- Menghitung validitas butir soal dengan rumus korelasi product moment dengan simpangan
- Menghitung validitas butir soal dengan rumus korelasi product moment dengan angka kasar
|
|
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Menghitung validitas butir soal |
- Menghitung validitas butir soal dengan rumus korelasi product moment dengan simpangan
- Menghitung validitas butir soal dengan rumus korelasi product moment dengan angka kasar
|
|
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Menjelaskan macam-macam reliabilitas |
Menjelaskan macam-macam reliabiltas |
Kriteria:
bagi mahasiswa yang dapat menjawab dengan benar diberikan poin sebagai tambahan nilai partisipasi |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Menghitung reliabilitas butir soal |
- Menghitung reliabilitas dengan rumus Spearman Brown
- Menghitung reliabilitas dengan rumus Flanagan
- Menghitung reliabilitas dengan rumus Rulon
- Menghitung reliabilitas dengan rumus K-R.20
- Menghitung reliabilitas dengan rumus K-R.21
- Menghitung reliabilitas dengan rumus Hoyt
|
Kriteria:
yang menjawab benar mendapatkan poin yang akan ditambahkan pada nilai partisipasi |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Menghitung reliabilitas butir soal |
- Menghitung reliabilitas dengan rumus Spearman Brown
- Menghitung reliabilitas dengan rumus Flanagan
- Menghitung reliabilitas dengan rumus Rulon
- Menghitung reliabilitas dengan rumus K-R.20
- Menghitung reliabilitas dengan rumus K-R.21
- Menghitung reliabilitas dengan rumus Hoyt
|
Kriteria:
yang menjawab benar mendapatkan poin yang akan ditambahkan pada nilai partisipasi |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Menentukan z-score dan T-score untuk perangkingan |
- Menghitung z-score dan t-score
- Menentukan perangkingan berdasarkan nilai tes peserta didik
|
|
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |