Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Evaluasi Pengajaran

8320502024

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Gde Agus Yudha Prawira Adistana, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliahevaluasi pembelajaran memberikan pemahaman tentang pengukuran, penilaian, danevaluasi, jenis pengukuran dan alat evaluasi, bentuk soal tes dan non tes,penilaian proses dan produk kerja, validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan,daya beda butir soal, dan analisis butir.

Pustaka

Utama :

  1. Suharsimi, Arikunto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Silverius, Suke. 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
  3. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2003. Sistem Penilaian Kelas untuk SD, SMP, SMA dan SMK. Jakarta: Depdiknas
  4. Ni Ketut Widiartini.2014. Asesmen Otentik pada Program Pendidikan Vokasi.Dipresentasikan pada Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologidan Kejuruan (APTEKINDO) ke 7 FPTK Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung,13 sd.14 November 2014.

Pendukung :

Dosen Pengampu

NANIK ESTIDARSANI

Prof. Dr. Suparji, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendefinisikan pengukuran penilaian dan evaluasi.

a. menjelaskan definisi pengukuran penilaian dan evaluasi b. membedakan peran dan fungsi pengukuran penilaian dan evaluasi

Pendekatan Ceramah diskusi tanya jawab dan presentasi
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Menentukan tingkat kesulitan butir soal

a. Menjelaskan tingkat kesulitan butir soal b. Menghitung tingkat kesulitan butir soal

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Menentukan daya pembeda

a. Menjelaskan daya pembeda butir soal b. Menghitung daya pembeda butir soal

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan presentasi
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Menentukan omit dan distraktor

a. Menjelaskan cara menentukan omit b. Menjelaskan distraktor

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan latihan
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Memahami macam-macam tes dan non tes

Menjelaskan macam-macam tes dan non tes

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan Latihan
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Membuat instrumen penilaian

  1. Mengembangkan instrumen penilaian
  2. Melakukan ujicoba instrumen penilaian
Kriteria:

kesesuaian instrumen dengan kompetensi dasar isi instrumen dan hasil ujicoba

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan presentasi
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Membuat instrumen penilaian

  1. Mengembangkan instrumen penilaian
  2. Melakukan ujicoba instrumen penilaian
Kriteria:

kesesuaian instrumen dengan kompetensi dasar isi instrumen dan hasil ujicoba

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan presentasi
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester menunjukkan kemampuan materi pertemuan 1 sampai 7

materi pertemuan 1 sampai 7

Kriteria:
  1. esay dijawab benar dengan skala penilaian 0 - 100
  2. checklist dikerjakan dengan benar skala penilaian 0 -1
tes unjuk kerja
3 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Menjelaskan macam-macam validitas

  1. Menjelaskan macam-macam validasi
  2. Membedakan fungsi validasi
Kriteria:

Yang dapat menjawab pertanyaan diberi poin sebagai nilai aktifitas selama pembelajaran

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan presentasi
3 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Menghitung validitas butir soal

  1. Menghitung validitas butir soal dengan rumus korelasi product moment dengan simpangan
  2. Menghitung validitas butir soal dengan rumus korelasi product moment dengan angka kasar
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
3 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Menghitung validitas butir soal

  1. Menghitung validitas butir soal dengan rumus korelasi product moment dengan simpangan
  2. Menghitung validitas butir soal dengan rumus korelasi product moment dengan angka kasar
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
3 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Menjelaskan macam-macam reliabilitas

Menjelaskan macam-macam reliabiltas

Kriteria:

bagi mahasiswa yang dapat menjawab dengan benar diberikan poin sebagai tambahan nilai partisipasi

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
3 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Menghitung reliabilitas butir soal

  1. Menghitung reliabilitas dengan rumus Spearman Brown
  2. Menghitung reliabilitas dengan rumus Flanagan
  3. Menghitung reliabilitas dengan rumus Rulon
  4. Menghitung reliabilitas dengan rumus K-R.20
  5. Menghitung reliabilitas dengan rumus K-R.21
  6. Menghitung reliabilitas dengan rumus Hoyt
Kriteria:

yang menjawab benar mendapatkan poin yang akan ditambahkan pada nilai partisipasi

Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
3 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Menghitung reliabilitas butir soal

  1. Menghitung reliabilitas dengan rumus Spearman Brown
  2. Menghitung reliabilitas dengan rumus Flanagan
  3. Menghitung reliabilitas dengan rumus Rulon
  4. Menghitung reliabilitas dengan rumus K-R.20
  5. Menghitung reliabilitas dengan rumus K-R.21
  6. Menghitung reliabilitas dengan rumus Hoyt
Kriteria:

yang menjawab benar mendapatkan poin yang akan ditambahkan pada nilai partisipasi

Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
3 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Menentukan z-score dan T-score untuk perangkingan

  1. Menghitung z-score dan t-score
  2. Menentukan perangkingan berdasarkan nilai tes peserta didik
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
3 X 50

0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.