|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan Geografi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kapita Selekta Geografi |
8720202078 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Drs. Bambang Hariyanto, M.Pd.
|
Dr, Nugroho Hari Purnomo, S.P., M.Si.
|
Dr. Nugroho Hari Purnomo, S.P., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat guna penyelesaian masalah wilayah dalam konteks ruang berdasarkan pendekatan geografi terpadu |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mensistesis topik-topik aktual geografi dan pendidikan geografi
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kapita Selekta Geografi mengkaji serta membahas kembali topik-topik geografi yang menarik dan hangat untuk didiskusikan dalam kelas. didiskusikan dalam kelas. kajian meliputi Geomorfologi terapan, Inventarisasi potensi sumber daya ekonomi, Pemetaan risiko bencana, Komunikasi masyarakat, Metode diskusi kelompok terfokus, Pemberdayaan masyarakat, Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Maryunani. 2018. Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Pembangunan Ekonomi Secara Berkelanjutan. UB press, Malang
- Muta’ali, Lutfi, 2014. Perencanaan Pengembangan Wilayah. Berbasis Pengurangan Risiko Bencana. Badan Peerbit Fakultas Geografi UGM, Yogyakarta
- Suhaimi, Ahmad, 2017. Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Konsep Pembangunan Partisipatif Wilayah Pinggiran dan Desa. Deepublish, Yogyakarta
- Thywissen, Katharina. 2006. Components of Risk. A Comparative Glossary. United Nations University, Institute for Environmental and Human Security, Bonn
- Winarti, Agus; 2018. Pendidikan Orang Dewasa (Konsep dan Aplikasi). Alfabeta, Bandung
- Verstappen, H. Th. 1983. Applied Geomorphology. Elsevier, Amsterdam
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Rindawati, M.Si. Drs. Bambang Hariyanto, M.Pd. Dr. Sri Murtini, M.Si. Dian Ayu Larasati, S.Pd., M.Sc. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami geomorfologi terapan dalam menyusun ruang |
Ketepatan memahami geomorfologi terapan dalam menyusun ruang |
Kriteria:
- Nilai
- A :
- B :
- C :
- D :
- E :
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas. 2 X 50 |
|
Materi: geomorfologi terapan dalam menyusun ruang Pustaka: Verstappen, H. Th. 1983. Applied Geomorphology. Elsevier, Amsterdam |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami geomorfologi terapan dalam menyusun ruang |
Ketepatan memahami geomorfologi terapan dalam menyusun ruang |
Kriteria:
- Nilai
- A :
- B :
- C :
- D :
- E :
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas. 2 X 50 |
|
Materi: Geomorfologi terapan dalam menyusun ruang Pustaka: Verstappen, H. Th. 1983. Applied Geomorphology. Elsevier, Amsterdam |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami Inventarisasi potensi sumber daya ekonomi |
Ketepatan memahami Inventarisasi potensi sumber daya ekonomi |
Kriteria:
- Nilai
- A :
- B :
- C :
- D :
- E :
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas. 2 X 50 |
|
Materi: sumberdaya ekonomi Pustaka: Maryunani. 2018. Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Pembangunan Ekonomi Secara Berkelanjutan. UB press, Malang |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami Inventarisasi potensi sumber daya ekonomi |
Ketepatan memahami Inventarisasi potensi sumber daya ekonomi |
Kriteria:
- Nilai
- A :
- B :
- C :
- D :
- E :
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek. 2 X 50 |
|
Materi: Sumber daya ekonomi Pustaka: Maryunani. 2018. Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Pembangunan Ekonomi Secara Berkelanjutan. UB press, Malang |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami risiko bencana |
ketepatan memahami risiko bencana |
Kriteria:
- Nilai
- A :
- B :
- C :
- D :
- E :
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek. 2 X 50 |
|
Materi: risiko bencana Pustaka: Thywissen, Katharina. 2006. Components of Risk. A Comparative Glossary. United Nations University, Institute for Environmental and Human Security, Bonn |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami risiko bencana |
Ketepatan memahami risiko bencana |
Kriteria:
- Nilai
- A :
- B :
- C :
- D :
- E :
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek. 2 X 50 |
|
Materi: risiko bencana Pustaka: Thywissen, Katharina. 2006. Components of Risk. A Comparative Glossary. United Nations University, Institute for Environmental and Human Security, Bonn |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami Komunikasi masyarakat |
ketepatan memahami Komunikasi masyarakat |
Kriteria:
- Nilai
- A :
- B :
- C :
- D :
- E :
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek. 2 X 50 |
|
Materi: Komunikasi masyarakat Pustaka: Suhaimi, Ahmad, 2017. Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Konsep Pembangunan Partisipatif Wilayah Pinggiran dan Desa. Deepublish, Yogyakarta |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Kriteria:
- Nilai
- A :
- B :
- C :
- D :
- E :
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
tes 2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami Metode diskusi kelompok terfokus |
Ketepatan memahami Metode diskusi kelompok terfokus |
Kriteria:
- Nilai
- A :
- B :
- C :
- D :
- E :
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek. 2 X 50 |
|
Materi: partisipatif Pustaka: Suhaimi, Ahmad, 2017. Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Konsep Pembangunan Partisipatif Wilayah Pinggiran dan Desa. Deepublish, Yogyakarta |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami Pemberdayaan masyarakat |
ketepatan memahami Pemberdayaan masyarakat |
Kriteria:
- Nilai
- A :
- B :
- C :
- D :
- E :
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek. 2 X 50 |
|
Materi: pemberdayaan Pustaka: Suhaimi, Ahmad, 2017. Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Konsep Pembangunan Partisipatif Wilayah Pinggiran dan Desa. Deepublish, Yogyakarta |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat |
Ketepatan dalam identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat |
Kriteria:
- Nilai
- A :
- B :
- C :
- D :
- E :
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek. 2 X 50 |
|
Materi: Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat Pustaka: Winarti, Agus; 2018. Pendidikan Orang Dewasa (Konsep dan Aplikasi). Alfabeta, Bandung |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat |
Ketepatan dalam identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat |
Kriteria:
- Nilai
- A :
- B :
- C :
- D :
- E :
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek. 2 X 50 |
|
Materi: Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat Pustaka: Winarti, Agus; 2018. Pendidikan Orang Dewasa (Konsep dan Aplikasi). Alfabeta, Bandung |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat |
Ketepatan dalam identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat |
Kriteria:
- Nilai
- A :
- B :
- C :
- D :
- E :
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek. 2 X 50 |
|
Materi: Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat Pustaka: Winarti, Agus; 2018. Pendidikan Orang Dewasa (Konsep dan Aplikasi). Alfabeta, Bandung |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat |
Ketepatan dalam identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat |
Kriteria:
- Nilai
- A :
- B :
- C :
- D :
- E :
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek. 2 X 50 |
|
Materi: Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat Pustaka: Winarti, Agus; 2018. Pendidikan Orang Dewasa (Konsep dan Aplikasi). Alfabeta, Bandung |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat |
Ketepatan dalam identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat |
Kriteria:
- Nilai
- A :
- B :
- C :
- D :
- E :
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek. 2 X 50 |
|
Materi: Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat Pustaka: Winarti, Agus; 2018. Pendidikan Orang Dewasa (Konsep dan Aplikasi). Alfabeta, Bandung |
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |