Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan Geografi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kapita Selekta Geografi

8720202078

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Drs. Bambang Hariyanto, M.Pd.




Dr, Nugroho Hari Purnomo, S.P., M.Si.




Dr. Nugroho Hari Purnomo, S.P., M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu mengambil keputusan secara tepat guna penyelesaian masalah wilayah dalam konteks ruang berdasarkan pendekatan geografi terpadu

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mensistesis topik-topik aktual geografi dan pendidikan geografi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7
PO-1 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kapita Selekta Geografi mengkaji serta membahas kembali topik-topik geografi yang menarik dan hangat untuk didiskusikan dalam kelas. didiskusikan dalam kelas. kajian meliputi Geomorfologi terapan, Inventarisasi potensi sumber daya ekonomi, Pemetaan risiko bencana, Komunikasi masyarakat, Metode diskusi kelompok terfokus, Pemberdayaan masyarakat, Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat

Pustaka

Utama :

  1. Maryunani. 2018. Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Pembangunan Ekonomi Secara Berkelanjutan. UB press, Malang
  2. Muta’ali, Lutfi, 2014. Perencanaan Pengembangan Wilayah. Berbasis Pengurangan Risiko Bencana. Badan Peerbit Fakultas Geografi UGM, Yogyakarta
  3. Suhaimi, Ahmad, 2017. Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Konsep Pembangunan Partisipatif Wilayah Pinggiran dan Desa. Deepublish, Yogyakarta
  4. Thywissen, Katharina. 2006. Components of Risk. A Comparative Glossary. United Nations University, Institute for Environmental and Human Security, Bonn
  5. Winarti, Agus; 2018. Pendidikan Orang Dewasa (Konsep dan Aplikasi). Alfabeta, Bandung
  6. Verstappen, H. Th. 1983. Applied Geomorphology. Elsevier, Amsterdam

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Rindawati, M.Si.

Drs. Bambang Hariyanto, M.Pd.

Dr. Sri Murtini, M.Si.

Dian Ayu Larasati, S.Pd., M.Sc.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami geomorfologi terapan dalam menyusun ruang

Ketepatan memahami geomorfologi terapan dalam menyusun ruang

Kriteria:
  1. Nilai
  2. A :
  3. B :
  4. C :
  5. D :
  6. E :

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.
2 X 50

Materi: geomorfologi terapan dalam menyusun ruang
Pustaka: Verstappen, H. Th. 1983. Applied Geomorphology. Elsevier, Amsterdam
5%

2

Minggu ke 2

Memahami geomorfologi terapan dalam menyusun ruang

Ketepatan memahami geomorfologi terapan dalam menyusun ruang

Kriteria:
  1. Nilai
  2. A :
  3. B :
  4. C :
  5. D :
  6. E :

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.
2 X 50

Materi: Geomorfologi terapan dalam menyusun ruang
Pustaka: Verstappen, H. Th. 1983. Applied Geomorphology. Elsevier, Amsterdam
5%

3

Minggu ke 3

Memahami Inventarisasi potensi sumber daya ekonomi

Ketepatan memahami Inventarisasi potensi sumber daya ekonomi

Kriteria:
  1. Nilai
  2. A :
  3. B :
  4. C :
  5. D :
  6. E :

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.
2 X 50

Materi: sumberdaya ekonomi
Pustaka: Maryunani. 2018. Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Pembangunan Ekonomi Secara Berkelanjutan. UB press, Malang
10%

4

Minggu ke 4

Memahami Inventarisasi potensi sumber daya ekonomi

Ketepatan memahami Inventarisasi potensi sumber daya ekonomi

Kriteria:
  1. Nilai
  2. A :
  3. B :
  4. C :
  5. D :
  6. E :

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek.
2 X 50

Materi: Sumber daya ekonomi
Pustaka: Maryunani. 2018. Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Pembangunan Ekonomi Secara Berkelanjutan. UB press, Malang
5%

5

Minggu ke 5

Memahami risiko bencana

ketepatan memahami risiko bencana

Kriteria:
  1. Nilai
  2. A :
  3. B :
  4. C :
  5. D :
  6. E :

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek.
2 X 50

Materi: risiko bencana
Pustaka: Thywissen, Katharina. 2006. Components of Risk. A Comparative Glossary. United Nations University, Institute for Environmental and Human Security, Bonn
5%

6

Minggu ke 6

Memahami risiko bencana

Ketepatan memahami risiko bencana

Kriteria:
  1. Nilai
  2. A :
  3. B :
  4. C :
  5. D :
  6. E :

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek.
2 X 50

Materi: risiko bencana
Pustaka: Thywissen, Katharina. 2006. Components of Risk. A Comparative Glossary. United Nations University, Institute for Environmental and Human Security, Bonn
5%

7

Minggu ke 7

Memahami Komunikasi masyarakat

ketepatan memahami Komunikasi masyarakat

Kriteria:
  1. Nilai
  2. A :
  3. B :
  4. C :
  5. D :
  6. E :

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek.
2 X 50

Materi: Komunikasi masyarakat
Pustaka: Suhaimi, Ahmad, 2017. Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Konsep Pembangunan Partisipatif Wilayah Pinggiran dan Desa. Deepublish, Yogyakarta
5%

8

Minggu ke 8

UTS

    Kriteria:
    1. Nilai
    2. A :
    3. B :
    4. C :
    5. D :
    6. E :

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Portofolio
    tes
    2 X 50

    0%

    9

    Minggu ke 9

    Memahami Metode diskusi kelompok terfokus

    Ketepatan memahami Metode diskusi kelompok terfokus

    Kriteria:
    1. Nilai
    2. A :
    3. B :
    4. C :
    5. D :
    6. E :

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
    Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek.
    2 X 50

    Materi: partisipatif
    Pustaka: Suhaimi, Ahmad, 2017. Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Konsep Pembangunan Partisipatif Wilayah Pinggiran dan Desa. Deepublish, Yogyakarta
    5%

    10

    Minggu ke 10

    Memahami Pemberdayaan masyarakat

    ketepatan memahami Pemberdayaan masyarakat

    Kriteria:
    1. Nilai
    2. A :
    3. B :
    4. C :
    5. D :
    6. E :

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
    Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek.
    2 X 50

    Materi: pemberdayaan
    Pustaka: Suhaimi, Ahmad, 2017. Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Konsep Pembangunan Partisipatif Wilayah Pinggiran dan Desa. Deepublish, Yogyakarta
    5%

    11

    Minggu ke 11

    Memahami Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat

    Ketepatan dalam identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat

    Kriteria:
    1. Nilai
    2. A :
    3. B :
    4. C :
    5. D :
    6. E :

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
    Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek.
    2 X 50

    Materi: Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat
    Pustaka: Winarti, Agus; 2018. Pendidikan Orang Dewasa (Konsep dan Aplikasi). Alfabeta, Bandung
    10%

    12

    Minggu ke 12

    Memahami identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat

    Ketepatan dalam identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat

    Kriteria:
    1. Nilai
    2. A :
    3. B :
    4. C :
    5. D :
    6. E :

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
    Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek.
    2 X 50

    Materi: Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat
    Pustaka: Winarti, Agus; 2018. Pendidikan Orang Dewasa (Konsep dan Aplikasi). Alfabeta, Bandung
    10%

    13

    Minggu ke 13

    Memahami Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat

    Ketepatan dalam identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat

    Kriteria:
    1. Nilai
    2. A :
    3. B :
    4. C :
    5. D :
    6. E :

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
    Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek.
    2 X 50

    Materi: Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat
    Pustaka: Winarti, Agus; 2018. Pendidikan Orang Dewasa (Konsep dan Aplikasi). Alfabeta, Bandung
    10%

    14

    Minggu ke 14

    Memahami Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat

    Ketepatan dalam identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat

    Kriteria:
    1. Nilai
    2. A :
    3. B :
    4. C :
    5. D :
    6. E :

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
    Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek.
    2 X 50

    Materi: Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat
    Pustaka: Winarti, Agus; 2018. Pendidikan Orang Dewasa (Konsep dan Aplikasi). Alfabeta, Bandung
    10%

    15

    Minggu ke 15

    Memahami Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat

    Ketepatan dalam identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat

    Kriteria:
    1. Nilai
    2. A :
    3. B :
    4. C :
    5. D :
    6. E :

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
    Belajar dalam kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.berdasarkan makalah terpilih dengan pendekatan pendekatan:spatialpendekatan kelingkunganpendekatan regional komplek.
    2 X 50

    Materi: Identifikasi sumber belajar geografi, Pendidikan orang dewasa, dan Perencanaan pembelajaran di masyarakat
    Pustaka: Winarti, Agus; 2018. Pendidikan Orang Dewasa (Konsep dan Aplikasi). Alfabeta, Bandung
    10%

    16

    Minggu ke 16



    0%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 1%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 26.42%
    3. Penilaian Portofolio 28.08%
    4. Praktik / Unjuk Kerja 19.75%
    5. Tes 24.74%
    99.99%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.