Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Program Penelitian dan Riset

7920209112

T=0

P=4

ECTS=6.36

5

25 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-10

Mampu menghasilkan karya akademik atau non-akademik dengan baik dalam bentuk lisan maupun tulisan untuk beragam audiens dan tujuan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian yang relevan dengan isu-isu kontemporer.

PO - 2

Mahasiswa mampu menyusun desain penelitian yang sesuai dengan metode ilmiah.

PO - 3

Mahasiswa mampu menganalisis data menggunakan perangkat lunak statistik dan metode analisis terkini.

PO - 4

Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil penelitian yang sesuai dengan kaidah akademik dan dapat dipublikasikan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dasar dan lanjutan dalam merancang, mengembangkan, dan mengelola program penelitian dan riset yang efektif. Mahasiswa akan belajar tentang metode penelitian, analisis data, serta bagaimana mengaplikasikan hasil penelitian untuk keperluan akademik dan industri. Selain itu, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk mengembangkan proposal riset yang relevan dengan kebutuhan kontemporer.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
  2. Bryman, A. (2012). Social Research Methods. Oxford University Press.
  3. Kothari, C. R. (2004). Research Methodology: Methods and Techniques. New Age International.
  4. Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. SAGE Publications.
  5. Pallant, J. (2020). SPSS Survival Manual: A Step by Step Guide to Data Analysis Using IBM SPSS. Allen & Unwin.
  6. Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE Publications.
  7. Day, R. A., & Gastel, B. (2011). How to Write and Publish a Scientific Paper. Cambridge University Press.
  8. Swales, J. M., & Feak, C. B. (2004). Academic Writing for Graduate Students: Essential Tasks and Skills. University of Michigan Press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menentukan dan Merumuskan Masalah Penelitian

Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu yang relevan dan merumuskan hipotesis penelitian

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 20%


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Menentukan dan Merumuskan Masalah Penelitian
Pustaka: Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
5%

2

Minggu ke 2

Menentukan dan Merumuskan Masalah Penelitian

Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu yang relevan dan merumuskan hipotesis penelitian

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 20%


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Menentukan dan Merumuskan Masalah Penelitian
Pustaka: Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
5%

3

Minggu ke 3

Menentukan dan Merumuskan Masalah Penelitian

Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu yang relevan dan merumuskan hipotesis penelitian

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 20%


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Menentukan dan Merumuskan Masalah Penelitian
Pustaka: Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
5%

4

Minggu ke 4

Menentukan dan Merumuskan Masalah Penelitian

Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu yang relevan dan merumuskan hipotesis penelitian

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 20%


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Menentukan dan Merumuskan Masalah Penelitian
Pustaka: Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
5%

5

Minggu ke 5

Mendesain Penelitian Berdasarkan Metode Ilmiah

Desain penelitian sistematis, logis, dan mendukung tujuan penelitian

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Mendesain Penelitian Berdasarkan Metode Ilmiah
Pustaka: Kothari, C. R. (2004). Research Methodology: Methods and Techniques. New Age International.
5%

6

Minggu ke 6

Mendesain Penelitian Berdasarkan Metode Ilmiah

Desain penelitian sistematis, logis, dan mendukung tujuan penelitian

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Mendesain Penelitian Berdasarkan Metode Ilmiah
Pustaka: Kothari, C. R. (2004). Research Methodology: Methods and Techniques. New Age International.
5%

7

Minggu ke 7

Mendesain Penelitian Berdasarkan Metode Ilmiah

Desain penelitian sistematis, logis, dan mendukung tujuan penelitian

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Mendesain Penelitian Berdasarkan Metode Ilmiah
Pustaka: Kothari, C. R. (2004). Research Methodology: Methods and Techniques. New Age International.
5%

8

Minggu ke 8

Mendesain Penelitian Berdasarkan Metode Ilmiah

Desain penelitian sistematis, logis, dan mendukung tujuan penelitian

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Mendesain Penelitian Berdasarkan Metode Ilmiah
Pustaka: Kothari, C. R. (2004). Research Methodology: Methods and Techniques. New Age International.
5%

9

Minggu ke 9

Analisis Data dan Penggunaan Software Statistik

Analisis data akurat, mendalam, dan sesuai dengan hipotesis penelitian.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Analisis Data dan Penggunaan Software Statistik
Pustaka: Pallant, J. (2020). SPSS Survival Manual: A Step by Step Guide to Data Analysis Using IBM SPSS. Allen & Unwin.
5%

10

Minggu ke 10

Analisis Data dan Penggunaan Software Statistik

Analisis data akurat, mendalam, dan sesuai dengan hipotesis penelitian.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Analisis Data dan Penggunaan Software Statistik
Pustaka: Pallant, J. (2020). SPSS Survival Manual: A Step by Step Guide to Data Analysis Using IBM SPSS. Allen & Unwin.
5%

11

Minggu ke 11

Analisis Data dan Penggunaan Software Statistik

Analisis data akurat, mendalam, dan sesuai dengan hipotesis penelitian.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Analisis Data dan Penggunaan Software Statistik
Pustaka: Pallant, J. (2020). SPSS Survival Manual: A Step by Step Guide to Data Analysis Using IBM SPSS. Allen & Unwin.
5%

12

Minggu ke 12

Analisis Data dan Penggunaan Software Statistik

Analisis data akurat, mendalam, dan sesuai dengan hipotesis penelitian.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Analisis Data dan Penggunaan Software Statistik
Pustaka: Pallant, J. (2020). SPSS Survival Manual: A Step by Step Guide to Data Analysis Using IBM SPSS. Allen & Unwin.
5%

13

Minggu ke 13

Penyusunan Laporan Penelitian dan Publikasi Ilmiah

Laporan penelitian lengkap, sesuai kaidah penulisan ilmiah, dan layak dipublikasikan.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 30%


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Penyusunan Laporan Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Pustaka: Day, R. A., & Gastel, B. (2011). How to Write and Publish a Scientific Paper. Cambridge University Press.
5%

14

Minggu ke 14

Penyusunan Laporan Penelitian dan Publikasi Ilmiah

Laporan penelitian lengkap, sesuai kaidah penulisan ilmiah, dan layak dipublikasikan.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 30%


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Penyusunan Laporan Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Pustaka: Day, R. A., & Gastel, B. (2011). How to Write and Publish a Scientific Paper. Cambridge University Press.
5%

15

Minggu ke 15

Penyusunan Laporan Penelitian dan Publikasi Ilmiah

Laporan penelitian lengkap, sesuai kaidah penulisan ilmiah, dan layak dipublikasikan.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 30%


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Penyusunan Laporan Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Pustaka: Day, R. A., & Gastel, B. (2011). How to Write and Publish a Scientific Paper. Cambridge University Press.
5%

16

Minggu ke 16

Penilaian Akhir Semester

Keterkaitan topik dengan isu aktual, kejelasan tujuan penelitian, metodologi yang tepat, analisis data yang valid, serta kemampuan menyajikan dan mempertahankan argumen.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 50%


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Penyusunan Laporan Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Pustaka: Day, R. A., & Gastel, B. (2011). How to Write and Publish a Scientific Paper. Cambridge University Press.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 40%
2. Penilaian Portofolio 40%
80%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.