|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pembelajaran Sastra Kreatif |
8810102017 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=1 |
P=0 |
ECTS=2.24 |
2 |
10 Mei 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Suyatno, M.Pd.
|
Dr. Ririe Rengganis, S.S., M.Hum.
|
Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia/BIPA/bahasa dan sastra Indonesia guna kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia. |
PLO-6 |
Terampil memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA, serta permasalahan kebahasaan dan kesastraan melalui pengembangan desain penelitian, metode, dan penyimpulan secara efektif. |
PLO-8 |
Terampil mengembangkan pendidikan dan pembelajaran inovatif bahasa Indonesia dan BIPA dengan mengaplikasikan teori dan konsep pembelajaran serta memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA |
PLO-11 |
Mengembangkan konsep teoretis kebahasaan dan kesastraan Indonesia dengan pendekatan interdisipliner/multidisipliner. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis ruang lingkup materi dan model pembelajaran; menganalisis konsep pembelajaran sastra, nilai dan manfaat pembelajaran sastra serta penerapan unsur keilmuan sastra dalam pembelajaran sastra
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis berbagai pendekatan, model, strategi, dan model pembelajaran sastra
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merancang pembelajaran sastra (puisi, prosa, drama) dengan kreatif
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-8 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini bertujuan memberi kompetensi kepada mahasiswa agar memiliki pengetahuan, wawasan, dan kemampuan yang
memadai tentang pembelajaran sastra kreatif. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Endraswara, Suwardi. 2005. Metode dan Teori Pembelajaran Sastra. Yogyakarta: Buana Pustaka.
- Suyatno, S., Inayatillah, F., & Agung, Y. N. (2021). PENGGUNAAN LEMBAR KERJA MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH SEJARAH SASTRA DI JBSI UNESA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 9-14.
|
Pendukung : |
|
- Atmazaki. 2007. Ilmu Sastra: Teori dan Terapan. Padang: UNP Press
- Emzir dan Saifur Rohman. 2016. Teori dan Pembelajaran Sastra. Jakarta: RajaGrafindo Persada
- Ismail. 2003. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
- Ismawati, Esti. 2013. Pembelajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak.
- Suyatmi, Titiek dan Yosi Wulandari. 2016. Pengantar Pembelajaran Sastra. Yogyakarta: K-Media
- Waluyo, Herman J. 2001. Drama dan Teori Pembelajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia
- Wulandari, Yosi. 2016. Pengajaran Sastra: Sebuah Pengantar Mengajarkan Sastra. Yogyakarta: K-Media.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Heny Subandiyah, M.Hum. Dr. Titik Indarti, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis ruang lingkup materi dan model pembelajaran; menganalisis konsep pembelajaran sastra, nilai dan manfaat pembelajaran sastra serta penerapan unsur keilmuan sastra dalam pembelajaran sastra |
- Ruang lingkup materi dan model pembelajaran
- Hakikat pembelajaran sastra
- Nilai dan manfaat sastra dalam pembelajaran sastra
- Unsur keilmuan di bidang sastra: ilmu sastra, psikologi, didakdik metodik, penilaian, kurikulum
|
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran Kooperatif STAD 100 menit |
- - |
Materi: ruang lingkup materi dan model pembelajaran; menganalisis konsep pembelajaran sastra, nilai dan manfaat pembelajaran sastra serta penerapan unsur keilmuan sastra dalam pembelajaran sastra Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2005. Metode dan Teori Pembelajaran Sastra. Yogyakarta: Buana Pustaka. |
7% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis ruang lingkup materi dan model pembelajaran; menganalisis konsep pembelajaran sastra, nilai dan manfaat pembelajaran sastra serta penerapan unsur keilmuan sastra dalam pembelajaran sastra |
- Ruang lingkup materi dan model pembelajaran
- Hakikat pembelajaran sastra
- Nilai dan manfaat sastra dalam pembelajaran sastra
- Unsur keilmuan di bidang sastra: ilmu sastra, psikologi, didakdik metodik, penilaian, kurikulum
|
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran Kooperatif STAD 100 menit |
- - |
Materi: ruang lingkup materi dan model pembelajaran; menganalisis konsep pembelajaran sastra, nilai dan manfaat pembelajaran sastra serta penerapan unsur keilmuan sastra dalam pembelajaran sastra Pustaka: Emzir dan Saifur Rohman. 2016. Teori dan Pembelajaran Sastra. Jakarta: RajaGrafindo Persada |
7% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis ruang lingkup materi dan model pembelajaran; menganalisis konsep pembelajaran sastra, nilai dan manfaat pembelajaran sastra serta penerapan unsur keilmuan sastra dalam pembelajaran sastra |
- Ruang lingkup materi dan model pembelajaran
- Hakikat pembelajaran sastra
- Nilai dan manfaat sastra dalam pembelajaran sastra
- Unsur keilmuan di bidang sastra: ilmu sastra, psikologi, didakdik metodik, penilaian, kurikulum
|
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran Kooperatif STAD 100 menit |
- - |
Materi: ruang lingkup materi dan model pembelajaran; menganalisis konsep pembelajaran sastra, nilai dan manfaat pembelajaran sastra serta penerapan unsur keilmuan sastra dalam pembelajaran sastra Pustaka: Atmazaki. 2007. Ilmu Sastra: Teori dan Terapan. Padang: UNP Press Materi: Mahasiswa mampu menganalisis ruang lingkup materi dan model pembelajaran; menganalisis konsep pembelajaran sastra, nilai dan manfaat pembelajaran sastra serta penerapan unsur keilmuan sastra dalam pembelajaran sastra Pustaka: Suyatno, S., Inayatillah, F., & Agung, Y. N. (2021). PENGGUNAAN LEMBAR KERJA MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH SEJARAH SASTRA DI JBSI UNESA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 9-14. |
7% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis berbagai pendekatan, model, strategi, dan model pembelajaran sastra |
- Pendekatan dalam pembelajaran sastra
- Strategi dan metode pembelajaran sastra
- Model pembelajaran sastra
- Pembelajaran berdiferensiasi
- Pembelajaran sosial emosional
|
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran Kooperatif STAD 100 menit |
- - |
Materi: 2. Pendekatan dalam pembelajaran sastra; Strategi dan metode pembelajaran sastra; Model pembelajaran sastra; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional Pustaka: Ismail. 2003. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas. Materi: Pendekatan dalam pembelajaran sastra; Strategi dan metode pembelajaran sastra; Model pembelajaran sastra; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional Pustaka: Ismail. 2003. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas. |
7% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis berbagai pendekatan, model, strategi, dan model pembelajaran sastra |
- Pendekatan dalam pembelajaran sastra
- Strategi dan metode pembelajaran sastra
- Model pembelajaran sastra
- Pembelajaran berdiferensiasi
- Pembelajaran sosial emosional
|
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran Kooperatif STAD 100 menit |
- - |
Materi: Pendekatan dalam pembelajaran sastra; Strategi dan metode pembelajaran sastra; Model pembelajaran sastra; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional Pustaka: Ismawati, Esti. 2013. Pembelajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak. |
8% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menganalisis berbagai pendekatan, model, strategi, dan model pembelajaran sastra |
- Pendekatan dalam pembelajaran sastra
- Strategi dan metode pembelajaran sastra
- Model pembelajaran sastra
- Pembelajaran berdiferensiasi
- Pembelajaran sosial emosional
|
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran Kooperatif STAD 100 menit |
- - |
Materi: Pendekatan dalam pembelajaran sastra; Strategi dan metode pembelajaran sastra; Model pembelajaran sastra; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional Pustaka: Ismail. 2003. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas. |
7% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis berbagai pendekatan, model, strategi, dan model pembelajaran sastra |
- Pendekatan dalam pembelajaran sastra
- Strategi dan metode pembelajaran sastra
- Model pembelajaran sastra
- Pembelajaran berdiferensiasi
- Pembelajaran sosial emosional
|
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran Kooperatif STAD 100 menit |
- - |
Materi: Pendekatan dalam pembelajaran sastra; Strategi dan metode pembelajaran sastra; Model pembelajaran sastra; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional Pustaka: Ismail. 2003. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas. |
8% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS - |
- - |
Materi: Pendekatan dalam pembelajaran sastra; Strategi dan metode pembelajaran sastra; Model pembelajaran sastra; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional Pustaka: Wulandari, Yosi. 2016. Pengajaran Sastra: Sebuah Pengantar Mengajarkan Sastra. Yogyakarta: K-Media. |
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu merancang pembelajaran (puisi, prosa, drama) dengan kreatif |
Perancangan Pembelajaran Sastra (Puisi, Prosa, dan Drama) |
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran kooperatif STAD 100 menit |
- - |
Materi: Perancangan Pembelajaran Sastra (Puisi, Prosa, dan Drama) Pustaka: Waluyo, Herman J. 2001. Drama dan Teori Pembelajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia |
7% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu merancang pembelajaran (puisi, prosa, drama) dengan kreatif |
Perancangan Pembelajaran Sastra (Puisi, Prosa, dan Drama) |
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran kooperatif STAD 100 menit |
- - |
Materi: Perancangan Pembelajaran Sastra (Puisi, Prosa, dan Drama) Pustaka: Wulandari, Yosi. 2016. Pengajaran Sastra: Sebuah Pengantar Mengajarkan Sastra. Yogyakarta: K-Media. |
7% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu merancang pembelajaran (puisi, prosa, drama) dengan kreatif |
Perancangan Pembelajaran Sastra (Puisi, Prosa, dan Drama) |
Kriteria:
- Tes Unjuk Kerja
- Tes Lisan
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran kooperatif STAD 100 menit |
- - |
Materi: Perancangan Pembelajaran Sastra (Puisi, Prosa, dan Drama) Pustaka: Suyatmi, Titiek dan Yosi Wulandari. 2016. Pengantar Pembelajaran Sastra. Yogyakarta: K-Media |
7% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu merancang pembelajaran (puisi, prosa, drama) dengan kreatif |
Perancangan Pembelajaran Sastra (Puisi, Prosa, dan Drama) |
Kriteria:
- Tes Unjuk Kerja
- Tes Lisan
- Tes Tulis Uraian
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran kooperatif STAD 100 menit |
- - |
Materi: Perancangan Pembelajaran Sastra (Puisi, Prosa, dan Drama) Pustaka: Wulandari, Yosi. 2016. Pengajaran Sastra: Sebuah Pengantar Mengajarkan Sastra. Yogyakarta: K-Media. |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu merancang pembelajaran (puisi, prosa, drama) dengan kreatif |
Perancangan Pembelajaran Sastra (Puisi, Prosa, dan Drama) |
Kriteria:
- Tes Unjuk Kerja
- Tes Lisan
- Tes Tulis Uraian
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran kooperatif STAD 100 menit |
- - |
Materi: Perancangan Pembelajaran Sastra (Puisi, Prosa, dan Drama) Pustaka: Waluyo, Herman J. 2001. Drama dan Teori Pembelajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu merancang pembelajaran (puisi, prosa, drama) dengan kreatif |
Perancangan Pembelajaran Sastra (Puisi, Prosa, dan Drama) |
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran kooperatif STAD 100 menit |
- - |
Materi: Perancangan Pembelajaran Sastra (Puisi, Prosa, dan Drama) Pustaka: Waluyo, Herman J. 2001. Drama dan Teori Pembelajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu merancang pembelajaran (puisi, prosa, drama) dengan kreatif |
Perancangan Pembelajaran Sastra (Puisi, Prosa, dan Drama) |
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran kooperatif STAD 100 menit |
- - |
Materi: Perancangan Pembelajaran Sastra (Puisi, Prosa, dan Drama) Pustaka: Ismawati, Esti. 2013. Pembelajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak. |
7% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS - |
- - |
Materi: Perancangan Pembelajaran Sastra (Puisi, Prosa, dan Drama) Pustaka: Atmazaki. 2007. Ilmu Sastra: Teori dan Terapan. Padang: UNP Press |
0% |