Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Kimia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

STATISTIKA

4720102221

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

10 Januari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Antina Delhita, M.Pd.




Prof. Dr. Suyono, M.Pd.




Dr. Amaria, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

Menguasai dasar-dasar metode ilmiah, merancang dan melaksanakan penelitian, menyusun laporan ilmiah dan mengkomunikasikannya baik secara lisan maupun tertulis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi

PLO-10

Mampu bertanggung jawab dan melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja di bawahnya

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami hakikat statistika bagi mahasiswa Kimia

PO - 2

Memahami tentang Data Penelitian

PO - 3

Memahami kapan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial (parametrik & non parametrik).

PO - 4

Memahami berbagai teknik uji statistika parametrik disertai pilihan menu dalam aplikasi SPSS.

PO - 5

Memahami berbagai teknik uji statistika non parametrik disertai pilihan menu dalam aplikasi SPSS.

PO - 6

Memahami kasus-kasus mengenai kesalahan pemilihan/penggunaan uji statistika parametrik di dalam skripsi mahasiswa terdahulu atau artikel terbit dalam jurnal ilmiah.

PO - 7

Memahami kasus-kasus mengenai kesalahan pemilihan/penggunaan uji statistika non parametrik di dalam skripsi mahasiswa terdahulu atau artikel terbit dalam jurnal ilmiah.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-9PLO-10
PO-1 
PO-2 
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6 
PO-7 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian tentang : statistik deskriptif; peluang dan distribusi peluang diskrit/kontinu; statistik inferensial yang berisi penaksiran parameter dan pengujian hipotesis; analisis data dengan program SPSS.

Pustaka

Utama :

  1. Howell, D. C, 2010,Statistical Methods For Psychology,US : Wardsworth Learning
  2. Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito
  3. Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta
  4. Sugiyono, 2010,StatistikNonparametrisuntuk Penelitian, Bandung. Alfabeta
  5. Kuzon, W.M., Urbancheck, M.G., & McCabe, S. (1996). The Seven Deadly Sins of Statistical Analysis. Annals of Plastic Surgery. Volume 37/Number 3/Sept 1996
  6. Suriasumantri, J.S. (2013). Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013.
  7. RPS Statistik
  8. Septima, Richasanty . 2023. Buku Ajar Statistika. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
  9. Siregar, Syofian.2015. Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi . Kencana.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Suyono, M.Pd.

Dr. Rosalina Eka Permatasari, M.Pd.

Antina Delhita, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. 1.Menjelaskan posisi dan/atau peran statistika dalam metode ilmiah/metode penelitian (Statistics is tool of science).
  2. 2.Menjelaskan CPMK Statistika Dasar sebagai bagian dari kontrak pembelajaran yang harus diinternalisasi (dirasakan).
  1. 1.Menghasilkan tulisan singkat berupa penjelasan tentang peran statistika sebagai tool of science dalam tahapan penelitian dalam kimia.
  2. 2.Menghasilkan pernyataan tertulis berisi kontrak pembelajaran Statistika Dasar yang akan dikerjakan dalam satu semester.
Kriteria:
  1. 1. Tulisan singkat yang dihasilkan memuat peran statistika deskriptif dan statistika inferensial dalam implementasi metode ilmiah dalam penelitian kimia.
  2. 2. Kontrak pembelajaran yang ditulis realistis dan sesuai dengan RPS Statistika Dasar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diberikan diagram alir metode ilmiah, mahasiswa diminta menjelaskan posisi dan/atau peran statistika dalam tahapan metode ilmiah (metode penelitian) dalam penelitian kimia. Mahasiswa diminta membaca RPS kemudian diminta menuliskan kontrak pembelajaran yang akan dipenuhi selama satu semester.
100 menit

Materi: Peran statistika sebagai tool of science (peran statistika dalam implementasi metode ilmiah).
Pustaka: Suriasumantri, J.S. (2013). Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013.

Materi: Penyusunan kontrak pembelajaran sesuai RPS Statistik.
Pustaka: RPS Statistik
5%

2

Minggu ke 2

  1. 1. Membedakan jenis-jenis skala data (nominal, ordinal, interval, dan ratio).
  2. 2. Mengorganisasikan data sesuai dengan kebutuhan/tujuan analisis data dalam penelitian bidang kimia.
  1. 1. Mahasiswa dapat menetapkan skala data yang tepat ketika diberikan contoh data penelitian kimia.
  2. 2. Mahasiswa dapat memilih cara pengorganisasian data yang tepat.
Kriteria:
  1. 1. Setiap mahasiswa dapat menjawab dengan benar ketika diminta menetapkan skala data yang tepat jika kepadanya diberikan contoh data penelitian yang diambilkan dari sebuah skripsi mahasiswa kimia.
  2. 2. Setiap mahasiswa dapat memilih cara pengorganisasian data yang tepat ketika kepanya ditunjukkan tujuan penelitian.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Menyajikan makalah singkat yang merepresentasi kemampuan mahasiswa dalam membedakan jenis-jenis skala data; hasil penugasan yang disampaikan pada akhir pertemuan pertama (diberlakukan untuk 50% jumlah mahasiswa). Menyajikan hasil book report (Buku Sudjana) tentang macam-macam pengorganisasian data penelitian; hasil penugasan yang diberikan pada akhir pertemuan pertama (diberlakukan untuk 50% jumlah mahasiswa).
100 menit

Materi: Jenis-jenis Skala Data (nominal, ordinal, interval, dan ratio).
Pustaka: Howell, D. C, 2010,Statistical Methods For Psychology,US : Wardsworth Learning

Materi: Macam-macam cara pengorganisasian data penelitian.
Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito

Materi: Jenis-jenis Skala Data (nominal, ordinal, interval, dan ratio).
Pustaka: Septima, Richasanty . 2023. Buku Ajar Statistika. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu memanfaatkan program-program aplikasi statistika (excell atau yang lain) dalam memvisualisasi data ke dalam bentuk gambar.

Menghasilkan laporan tertulis hasil transformasi data dari bentuk daftar/tabel ke dalam bentuk diagram/gambar.

Kriteria:

Transformasi data yang dilaporkan mendukung kepentingan analisis data dan tujuan penelitian.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Praktik pengubahan organisasi data dari bentuk daftar/tabel ke dalam bentuk diagram/gambar.
100 menit

Materi: Cara-cara konvensional transformasi organisasi data dari bentuk daftar/tabel ke dalam bentuk diagram/gambar.
Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito

Materi: Penggunaan SPSS dalam transformasi organisasi data.
Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta

Materi: Organisasi data
Pustaka: Siregar, Syofian.2015. Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi . Kencana.
5%

4

Minggu ke 4

  1. 1. Menjelaskan perbedaan keberlakukan simpulan analisis data secara deskriptif dan secara inferensial.
  2. 2. Menjelaskan perbedaan "kekuatan" simpulan yang dikembangkan melalui analisis data secara parametrik dan secara non parametrik.
  3. 3. Menetapkan kesesuaian skala data dengan pilihan uji statistika parametrik atau non parametrik.

Ketika diberikan rumusan tujuan penelitian dan data pendukung yang tersedia, mahasiswa dapat menetapkan metoda statistika yang digunakan.

Kriteria:

Ketika diberikan rumusan tujuan penelitian dan data pendukung yang tersedia, mahasiswa dapat menetapkan metoda statistika yang digunakan dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Setelah diberikan informasi tentang aksiologi statistika deskriptif dan statistika inferensial (baik parametrik maupun nonparametrik) berbantuan presentasi materi (format PPT) mahasiswa diminta menetapkan pilihan statistika yang akan digunakan.
100 menit

Materi: Aksiologi statistika deskriptif dan statistika inferensial (parametrik & nonparametrik).
Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito

Materi: Aksiologi statistika deskriptif dan statistika inferensial (parametrik & nonparametrik).
Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta

Materi: Statistika deskriptif dan inferensial
Pustaka: Septima, Richasanty . 2023. Buku Ajar Statistika. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Materi: Statistika deskriptif dan inferensial
Pustaka: Siregar, Syofian.2015. Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi . Kencana.
5%

5

Minggu ke 5

Mampu mengevaluasi syarat keberlakuan statistika parametrik berbantuan IT (SPSS).

Menghasilkan laporan hasil praktik uji hogenitas dan normalitas populasi.

Kriteria:

Laporan hasil praktik uji hogenitas dan normalitas populasi disertai pernyataan simpulan yang bermakna.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Praktik penggunaan SPSS dalam uji homogenitas dan uji normalitas kelompok data interval dan/atau ratio sebagai representasi populasi.
100 menit

Materi: SPSS dalam analisis data.
Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta
5%

6

Minggu ke 6

Mampu mengevaluasi syarat keberlakuan statistika parametrik berbantuan IT (SPSS).

Menghasilkan laporan hasil praktik uji hogenitas dan normalitas populasi.

Kriteria:

Laporan hasil praktik uji hogenitas dan normalitas populasi disertai pernyataan simpulan yang bermakna.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Evaluasi kelas terhadap hasil praktik SPSS untuk uji homogenitas dan normalitas.
100 menit

Materi: SPSS dalam analisis data.
Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta
5%

7

Minggu ke 7

Mampu melakukan uji paramertik komparasional satu atau lebih sampel berbantuan SPSS.

Menghasilkan sebuah laporan hasil praktik uji statistika parametrik komparasional berbantuan SPSS.

Kriteria:

Laporan hasil praktik uji statistika parametrik komparasional yang dibuat setiap mahasiswa memuat simpulan statitika dan simpulan penelitian.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dosen tentang berbagai teknik uji statistika parametrik komparasional dilanjut dengan praktik penggunaannya berbantuan SPSS.
100 menit

Materi: Berbagai macam uji statistika parametrik komparasional.
Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito

Materi: Aplikasi SPSS pada uji statistika parametrik komparasional.
Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta
5%

8

Minggu ke 8

Kemampuan-kemampuan representasi (sampling) dari pembelajaran minggu ke 1 s.d. minggu ke 7.

Indikator-indikator representasi (sampling) dari sub-CPMK pembelajaran minggu ke 1 s.d. minggu ke 7.

Kriteria:

Seluruh indikator yang diuji dinyatakan 100% tercapai.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
UTS
100 menit

Materi: Semua materi pertemuan 1-7
Pustaka: Howell, D. C, 2010,Statistical Methods For Psychology,US : Wardsworth Learning

Materi: Semua materi pertemuan 1-7
Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito

Materi: Semua materi pertemuan 1-7
Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta

Materi: Semua materi pertemuan 1-7
Pustaka: Suriasumantri, J.S. (2013). Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013.
15%

9

Minggu ke 9

Mampu melakukan uji parametrik korelasional dengan dua peubah berbantuan SPSS.

Menghasilkan sebuah laporan hasil praktik uji statistika parametrik korelasional dua peubah berbantuan SPSS.

Kriteria:

Laporan hasil praktik uji statistika parametrik korelasional yang dibuat setiap mahasiswa memuat simpulan statitika dan simpulan penelitian.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Presentasi dosen tentang berbagai teknik uji statistika parametrik korelasional dilanjut dengan praktik penggunaannya berbantuan SPSS.
100menit

Materi: Berbagai macam uji statistika parametrik korelasional.
Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito

Materi: Aplikasi SPSS pada uji statistika
Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta
5%

10

Minggu ke 10

Mampu melakukan uji non paramertik komparasional satu atau lebih sampel berbantuan SPSS.

Menghasilkan sebuah laporan hasil praktik uji statistika non parametrik komparasional berbantuan SPSS.

Kriteria:

Laporan hasil praktik uji statistika non parametrik komparasional yang dibuat setiap mahasiswa memuat simpulan statitika dan simpulan penelitian.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Presentasi dosen tentang berbagai teknik uji statistika non parametrik komparasional dilanjut dengan praktik penggunaannya berbantuan SPSS.
100 menit

Materi: Berbagai macam uji statistika non parametrik korelasional.
Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito

Materi: Aplikasi SPSS pada uji statistika non parametrik korelasional.
Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta
5%

11

Minggu ke 11

Mampu melakukan uji non parametrik korelasional dengan dua peubah berbantuan SPSS.

Mampu melakukan uji non parametrik korelasional dengan dua peubah berbantuan SPSS.

Kriteria:

Laporan hasil praktik uji statistika non parametrik korelasional yang dibuat setiap mahasiswa memuat simpulan statitika dan simpulan penelitian.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Presentasi dosen tentang berbagai teknik uji statistika non parametrik korelasional dilanjut dengan praktik penggunaannya berbantuan SPSS.
100 menit

Materi: Berbagai macam uji statistika non parametrik korelasional.
Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito

Materi: Berbagai macam uji statistika non parametrik korelasional.
Pustaka: Sugiyono, 2010,StatistikNonparametrisuntuk Penelitian, Bandung. Alfabeta

Materi: Aplikasi SPSS pada uji statistika non parametrik korelasional.
Pustaka: Sugiyono, 2010,StatistikNonparametrisuntuk Penelitian, Bandung. Alfabeta
5%

12

Minggu ke 12

Mampu mengevaluasi kasus; kesalahan pemilihan/penggunaan uji statistika parametrik di dalam skripsi mahasiswa terdahulu atau artikel terbit dalam jurnal ilmiah.

Menghasilkan laporan berupa temuan sebuah skripsi atau artikel yang di dalamnya terdapat penggunaan uji statistika dengan tidak benar.

Kriteria:

Laporan yang dibuat disertai dokumen/acuan pendukung atas klaim yang dibuat (pernyataan adanya kesalahan pemilihan uji statistika).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Studi kasus; searching laporan penelitian dan/atau artikel yang menggunakan uji statistika parametrik dengan tidak benar/tidak tepat.
100 menit

Materi: Tujuh dosa besar dalam analisis statistika.
Pustaka: Kuzon, W.M., Urbancheck, M.G., & McCabe, S. (1996). The Seven Deadly Sins of Statistical Analysis. Annals of Plastic Surgery. Volume 37/Number 3/Sept 1996,
5%

13

Minggu ke 13

Mampu memberikan saran perbaikan atas kesalahan penggunaan uji statistika yang ditemukan.

Saran perbaikan yang ditulis didukung oleh rujukan ilmiah disertai dengan bukti empiris berupa analisis data ulang menggunakan SPSS.

Kriteria:

Menggunakan expert judgement dosen fasilitator terhadap laporan studi kasus yang dibuat mahasiswa.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi mahasiswa atas temuan dari studi kasus dan penyampaian saran perbaikan.
100 menit

Materi: Tujuh dosa besar dari Analisis Statistika.
Pustaka: Kuzon, W.M., Urbancheck, M.G., & McCabe, S. (1996). The Seven Deadly Sins of Statistical Analysis. Annals of Plastic Surgery. Volume 37/Number 3/Sept 1996,
5%

14

Minggu ke 14

Mampu memberikan saran perbaikan atas kesalahan penggunaan uji statistika yang ditemukan.

Saran perbaikan yang ditulis didukung oleh rujukan ilmiah disertasi dengan bukti empiris berupa analisis data ulang menggunakan SPSS.

Kriteria:

Menggunakan expert judgement dosen fasilitator terhadap laporan studi kasus yang dibuat mahasiswa.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi mahasiswa atas temuan dari studi kasus dan penyampaian saran perbaikan.
100 menit

Materi: Dosa yang mematikan dalam analisis statistika.
Pustaka: Kuzon, W.M., Urbancheck, M.G., & McCabe, S. (1996). The Seven Deadly Sins of Statistical Analysis. Annals of Plastic Surgery. Volume 37/Number 3/Sept 1996
5%

15

Minggu ke 15

Mampu memberikan saran perbaikan atas kesalahan penggunaan uji statistika yang ditemukan.

Substansi hasil evaluasi mengindikasikan bahwa CPMK Statistika Dasar telah tuntas.

Kriteria:

Menggunakan expert judgement dosen fasilitator terhadap laporan studi kasus yang dibuat mahasiswa.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Evaluasi bersama (dosen & mahasiswa) terhadap proses & produk pembelajaran yang telah dijalankan bersama.
100 menit

Materi: Dosa yang mematikan dalam analisis statistika.
Pustaka: Kuzon, W.M., Urbancheck, M.G., & McCabe, S. (1996). The Seven Deadly Sins of Statistical Analysis. Annals of Plastic Surgery. Volume 37/Number 3/Sept 1996
5%

16

Minggu ke 16

Kemampuan-kemampuan representasi (sampling) dari pembelajaran minggu ke 9 s.d. minggu ke 15.

Indikator-indikator representasi (sampling) dari subCPMK pembelajaran minggu ke 9 s.d. minggu ke 15.

Kriteria:

Semua mahasiswa tuntas dalam keseluruhan indikator yang dujikan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ujian Akhir Semester (UAS) dengan level HOTS & Open Book
100 menit

Materi: Semua materi dari minggu ke 9 s.d. minggu ke 15.
Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito

Materi: Semua materi dari minggu ke 9 s.d. minggu ke 15.
Pustaka: Sugiyono, 2010,StatistikNonparametrisuntuk Penelitian, Bandung. Alfabeta

Materi: Semua materi dari minggu ke 9 s.d. minggu ke 15.
Pustaka: Kuzon, W.M., Urbancheck, M.G., & McCabe, S. (1996). The Seven Deadly Sins of Statistical Analysis. Annals of Plastic Surgery. Volume 37/Number 3/Sept 1996,
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 62.5%
2. Penilaian Portofolio 7.5%
3. Penilaian Praktikum 15%
4. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.