
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Kimia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
STATISTIKA |
4720102221 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
10 Januari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Antina Delhita, M.Pd.
|
Prof. Dr. Suyono, M.Pd.
|
Dr. Amaria, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Menguasai dasar-dasar metode ilmiah, merancang dan melaksanakan penelitian, menyusun laporan ilmiah dan mengkomunikasikannya baik secara lisan maupun tertulis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi |
PLO-10 |
Mampu bertanggung jawab dan melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja di bawahnya |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami hakikat statistika bagi mahasiswa Kimia
|
PO - 2 |
Memahami tentang Data Penelitian
|
PO - 3 |
Memahami kapan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial (parametrik & non parametrik).
|
PO - 4 |
Memahami berbagai teknik uji statistika parametrik disertai pilihan menu dalam aplikasi SPSS.
|
PO - 5 |
Memahami berbagai teknik uji statistika non parametrik disertai pilihan menu dalam aplikasi SPSS.
|
PO - 6 |
Memahami kasus-kasus mengenai kesalahan pemilihan/penggunaan uji statistika parametrik di dalam skripsi mahasiswa terdahulu atau artikel terbit dalam jurnal ilmiah.
|
PO - 7 |
Memahami kasus-kasus mengenai kesalahan pemilihan/penggunaan uji statistika non parametrik di dalam skripsi mahasiswa terdahulu atau artikel terbit dalam jurnal ilmiah.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-9 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | | PO-7 | ✔ | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | ✔ | PO-4 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Statistika pada program studi Kimia untuk jenjang S1 memberikan pemahaman tentang konsep dasar statistika yang diperlukan dalam analisis data kimia. Mata kuliah ini bertujuan untuk mengajarkan mahasiswa cara menggunakan metode statistika untuk mengolah data percobaan kimia, melakukan analisis data, dan membuat kesimpulan berdasarkan hasil analisis. Ruang lingkup mata kuliah meliputi pengenalan konsep dasar statistika, distribusi probabilitas, uji hipotesis, regresi, dan analisis varians. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Howell, D. C, 2010,Statistical Methods For Psychology,US : Wardsworth Learning
- Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito
- Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta
- Sugiyono, 2010,StatistikNonparametrisuntuk Penelitian, Bandung. Alfabeta
- Kuzon, W.M., Urbancheck, M.G., & McCabe, S. (1996). The Seven Deadly Sins of Statistical Analysis. Annals of Plastic Surgery. Volume 37/Number 3/Sept 1996
- Suriasumantri, J.S. (2013). Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013.
- RPS Statistik
- Septima, Richasanty . 2023. Buku Ajar Statistika. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
- Siregar, Syofian.2015. Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi . Kencana.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Suyono, M.Pd. Dr. Rosalina Eka Permatasari, M.Pd. Antina Delhita, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- 1.Menjelaskan posisi dan/atau peran statistika dalam metode ilmiah/metode penelitian (Statistics is tool of science).
- 2.Menjelaskan CPMK Statistika Dasar sebagai bagian dari kontrak pembelajaran yang harus diinternalisasi (dirasakan).
|
- 1.Menghasilkan tulisan singkat berupa penjelasan tentang peran statistika sebagai tool of science dalam tahapan penelitian dalam kimia.
- 2.Menghasilkan pernyataan tertulis berisi kontrak pembelajaran Statistika Dasar yang akan dikerjakan dalam satu semester.
|
Kriteria:
- 1. Tulisan singkat yang dihasilkan memuat peran statistika deskriptif dan statistika inferensial dalam implementasi metode ilmiah dalam penelitian kimia.
- 2. Kontrak pembelajaran yang ditulis realistis dan sesuai dengan RPS Statistika Dasar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diberikan diagram alir metode ilmiah, mahasiswa diminta menjelaskan posisi dan/atau peran statistika dalam tahapan metode ilmiah (metode penelitian) dalam penelitian kimia. Mahasiswa diminta membaca RPS kemudian diminta menuliskan kontrak pembelajaran yang akan dipenuhi selama satu semester. 100 menit |
|
Materi: Peran statistika sebagai tool of science (peran statistika dalam implementasi metode ilmiah). Pustaka: Suriasumantri, J.S. (2013). Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013. Materi: Penyusunan kontrak pembelajaran sesuai RPS Statistik. Pustaka: RPS Statistik |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- 1. Membedakan jenis-jenis skala data (nominal, ordinal, interval, dan ratio).
- 2. Mengorganisasikan data sesuai dengan kebutuhan/tujuan analisis data dalam penelitian bidang kimia.
|
- 1. Mahasiswa dapat menetapkan skala data yang tepat ketika diberikan contoh data penelitian kimia.
- 2. Mahasiswa dapat memilih cara pengorganisasian data yang tepat.
|
Kriteria:
- 1. Setiap mahasiswa dapat menjawab dengan benar ketika diminta menetapkan skala data yang tepat jika kepadanya diberikan contoh data penelitian yang diambilkan dari sebuah skripsi mahasiswa kimia.
- 2. Setiap mahasiswa dapat memilih cara pengorganisasian data yang tepat ketika kepanya ditunjukkan tujuan penelitian.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Menyajikan makalah singkat yang merepresentasi kemampuan mahasiswa dalam membedakan jenis-jenis skala data; hasil penugasan yang disampaikan pada akhir pertemuan pertama (diberlakukan untuk 50% jumlah mahasiswa). Menyajikan hasil book report (Buku Sudjana) tentang macam-macam pengorganisasian data penelitian; hasil penugasan yang diberikan pada akhir pertemuan pertama (diberlakukan untuk 50% jumlah mahasiswa). 100 menit |
|
Materi: Jenis-jenis Skala Data (nominal, ordinal, interval, dan ratio). Pustaka: Howell, D. C, 2010,Statistical Methods For Psychology,US : Wardsworth Learning Materi: Macam-macam cara pengorganisasian data penelitian. Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito Materi: Jenis-jenis Skala Data (nominal, ordinal, interval, dan ratio). Pustaka: Septima, Richasanty . 2023. Buku Ajar Statistika. Purbalingga: Eureka Media Aksara. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memanfaatkan program-program aplikasi statistika (excell atau yang lain) dalam memvisualisasi data ke dalam bentuk gambar. |
Menghasilkan laporan tertulis hasil transformasi data dari bentuk daftar/tabel ke dalam bentuk diagram/gambar. |
Kriteria:
Transformasi data yang dilaporkan mendukung kepentingan analisis data dan tujuan penelitian. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Praktik pengubahan organisasi data dari bentuk daftar/tabel ke dalam bentuk diagram/gambar. 100 menit |
|
Materi: Cara-cara konvensional transformasi organisasi data dari bentuk daftar/tabel ke dalam bentuk diagram/gambar. Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito Materi: Penggunaan SPSS dalam transformasi organisasi data. Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta Materi: Organisasi data Pustaka: Siregar, Syofian.2015. Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi . Kencana. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- 1. Menjelaskan perbedaan keberlakukan simpulan analisis data secara deskriptif dan secara inferensial.
- 2. Menjelaskan perbedaan "kekuatan" simpulan yang dikembangkan melalui analisis data secara parametrik dan secara non parametrik.
- 3. Menetapkan kesesuaian skala data dengan pilihan uji statistika parametrik atau non parametrik.
|
Ketika diberikan rumusan tujuan penelitian dan data pendukung yang tersedia, mahasiswa dapat menetapkan metoda statistika yang digunakan. |
Kriteria:
Ketika diberikan rumusan tujuan penelitian dan data pendukung yang tersedia, mahasiswa dapat menetapkan metoda statistika yang digunakan dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Setelah diberikan informasi tentang aksiologi statistika deskriptif dan statistika inferensial (baik parametrik maupun nonparametrik) berbantuan presentasi materi (format PPT) mahasiswa diminta menetapkan pilihan statistika yang akan digunakan. 100 menit |
|
Materi: Aksiologi statistika deskriptif dan statistika inferensial (parametrik & nonparametrik). Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito Materi: Aksiologi statistika deskriptif dan statistika inferensial (parametrik & nonparametrik). Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta Materi: Statistika deskriptif dan inferensial Pustaka: Septima, Richasanty . 2023. Buku Ajar Statistika. Purbalingga: Eureka Media Aksara. Materi: Statistika deskriptif dan inferensial Pustaka: Siregar, Syofian.2015. Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi . Kencana. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu mengevaluasi syarat keberlakuan statistika parametrik berbantuan IT (SPSS). |
Menghasilkan laporan hasil praktik uji hogenitas dan normalitas populasi. |
Kriteria:
Laporan hasil praktik uji hogenitas dan normalitas populasi disertai pernyataan simpulan yang bermakna. Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Praktik penggunaan SPSS dalam uji homogenitas dan uji normalitas kelompok data interval dan/atau ratio sebagai representasi populasi. 100 menit |
|
Materi: SPSS dalam analisis data. Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu mengevaluasi syarat keberlakuan statistika parametrik berbantuan IT (SPSS). |
Menghasilkan laporan hasil praktik uji hogenitas dan normalitas populasi. |
Kriteria:
Laporan hasil praktik uji hogenitas dan normalitas populasi disertai pernyataan simpulan yang bermakna. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Evaluasi kelas terhadap hasil praktik SPSS untuk uji homogenitas dan normalitas. 100 menit |
|
Materi: SPSS dalam analisis data. Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu melakukan uji paramertik komparasional satu atau lebih sampel berbantuan SPSS. |
Menghasilkan sebuah laporan hasil praktik uji statistika parametrik komparasional berbantuan SPSS. |
Kriteria:
Laporan hasil praktik uji statistika parametrik komparasional yang dibuat setiap mahasiswa memuat simpulan statitika dan simpulan penelitian. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dosen tentang berbagai teknik uji statistika parametrik komparasional dilanjut dengan praktik penggunaannya berbantuan SPSS. 100 menit |
|
Materi: Berbagai macam uji statistika parametrik komparasional. Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito Materi: Aplikasi SPSS pada uji statistika parametrik komparasional. Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Kemampuan-kemampuan representasi (sampling) dari pembelajaran minggu ke 1 s.d. minggu ke 7. |
Indikator-indikator representasi (sampling) dari sub-CPMK pembelajaran minggu ke 1 s.d. minggu ke 7. |
Kriteria:
Seluruh indikator yang diuji dinyatakan 100% tercapai. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
UTS 100 menit |
|
Materi: Semua materi pertemuan 1-7 Pustaka: Howell, D. C, 2010,Statistical Methods For Psychology,US : Wardsworth Learning Materi: Semua materi pertemuan 1-7 Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito Materi: Semua materi pertemuan 1-7 Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta Materi: Semua materi pertemuan 1-7 Pustaka: Suriasumantri, J.S. (2013). Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu melakukan uji parametrik korelasional dengan dua peubah berbantuan SPSS. |
Menghasilkan sebuah laporan hasil praktik uji statistika parametrik korelasional dua peubah berbantuan SPSS. |
Kriteria:
Laporan hasil praktik uji statistika parametrik korelasional yang dibuat setiap mahasiswa memuat simpulan statitika dan simpulan penelitian. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Presentasi dosen tentang berbagai teknik uji statistika parametrik korelasional dilanjut dengan praktik penggunaannya berbantuan SPSS. 100menit |
|
Materi: Berbagai macam uji statistika parametrik korelasional. Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito Materi: Aplikasi SPSS pada uji statistika Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu melakukan uji non paramertik komparasional satu atau lebih sampel berbantuan SPSS. |
Menghasilkan sebuah laporan hasil praktik uji statistika non parametrik komparasional berbantuan SPSS. |
Kriteria:
Laporan hasil praktik uji statistika non parametrik komparasional yang dibuat setiap mahasiswa memuat simpulan statitika dan simpulan penelitian. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Presentasi dosen tentang berbagai teknik uji statistika non parametrik komparasional dilanjut dengan praktik penggunaannya berbantuan SPSS. 100 menit |
|
Materi: Berbagai macam uji statistika non parametrik korelasional. Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito Materi: Aplikasi SPSS pada uji statistika non parametrik korelasional. Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu melakukan uji non parametrik korelasional dengan dua peubah berbantuan SPSS. |
Mampu melakukan uji non parametrik korelasional dengan dua peubah berbantuan SPSS. |
Kriteria:
Laporan hasil praktik uji statistika non parametrik korelasional yang dibuat setiap mahasiswa memuat simpulan statitika dan simpulan penelitian. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Presentasi dosen tentang berbagai teknik uji statistika non parametrik korelasional dilanjut dengan praktik penggunaannya berbantuan SPSS. 100 menit |
|
Materi: Berbagai macam uji statistika non parametrik korelasional. Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito Materi: Berbagai macam uji statistika non parametrik korelasional. Pustaka: Sugiyono, 2010,StatistikNonparametrisuntuk Penelitian, Bandung. Alfabeta Materi: Aplikasi SPSS pada uji statistika non parametrik korelasional. Pustaka: Sugiyono, 2010,StatistikNonparametrisuntuk Penelitian, Bandung. Alfabeta |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu mengevaluasi kasus; kesalahan pemilihan/penggunaan uji statistika parametrik di dalam skripsi mahasiswa terdahulu atau artikel terbit dalam jurnal ilmiah. |
Menghasilkan laporan berupa temuan sebuah skripsi atau artikel yang di dalamnya terdapat penggunaan uji statistika dengan tidak benar. |
Kriteria:
Laporan yang dibuat disertai dokumen/acuan pendukung atas klaim yang dibuat (pernyataan adanya kesalahan pemilihan uji statistika). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Studi kasus; searching laporan penelitian dan/atau artikel yang menggunakan uji statistika parametrik dengan tidak benar/tidak tepat. 100 menit |
|
Materi: Tujuh dosa besar dalam analisis statistika. Pustaka: Kuzon, W.M., Urbancheck, M.G., & McCabe, S. (1996). The Seven Deadly Sins of Statistical Analysis. Annals of Plastic Surgery. Volume 37/Number 3/Sept 1996, |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memberikan saran perbaikan atas kesalahan penggunaan uji statistika yang ditemukan. |
Saran perbaikan yang ditulis didukung oleh rujukan ilmiah disertai dengan bukti empiris berupa analisis data ulang menggunakan SPSS. |
Kriteria:
Menggunakan expert judgement dosen fasilitator terhadap laporan studi kasus yang dibuat mahasiswa. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi mahasiswa atas temuan dari studi kasus dan penyampaian saran perbaikan. 100 menit |
|
Materi: Tujuh dosa besar dari Analisis Statistika. Pustaka: Kuzon, W.M., Urbancheck, M.G., & McCabe, S. (1996). The Seven Deadly Sins of Statistical Analysis. Annals of Plastic Surgery. Volume 37/Number 3/Sept 1996, |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memberikan saran perbaikan atas kesalahan penggunaan uji statistika yang ditemukan. |
Saran perbaikan yang ditulis didukung oleh rujukan ilmiah disertasi dengan bukti empiris berupa analisis data ulang menggunakan SPSS. |
Kriteria:
Menggunakan expert judgement dosen fasilitator terhadap laporan studi kasus yang dibuat mahasiswa. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi mahasiswa atas temuan dari studi kasus dan penyampaian saran perbaikan. 100 menit |
|
Materi: Dosa yang mematikan dalam analisis statistika. Pustaka: Kuzon, W.M., Urbancheck, M.G., & McCabe, S. (1996). The Seven Deadly Sins of Statistical Analysis. Annals of Plastic Surgery. Volume 37/Number 3/Sept 1996 |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu memberikan saran perbaikan atas kesalahan penggunaan uji statistika yang ditemukan. |
Substansi hasil evaluasi mengindikasikan bahwa CPMK Statistika Dasar telah tuntas. |
Kriteria:
Menggunakan expert judgement dosen fasilitator terhadap laporan studi kasus yang dibuat mahasiswa. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Evaluasi bersama (dosen & mahasiswa) terhadap proses & produk pembelajaran yang telah dijalankan bersama. 100 menit |
|
Materi: Dosa yang mematikan dalam analisis statistika. Pustaka: Kuzon, W.M., Urbancheck, M.G., & McCabe, S. (1996). The Seven Deadly Sins of Statistical Analysis. Annals of Plastic Surgery. Volume 37/Number 3/Sept 1996 |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Kemampuan-kemampuan representasi (sampling) dari pembelajaran minggu ke 9 s.d. minggu ke 15. |
Indikator-indikator representasi (sampling) dari subCPMK pembelajaran minggu ke 9 s.d. minggu ke 15. |
Kriteria:
Semua mahasiswa tuntas dalam keseluruhan indikator yang dujikan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ujian Akhir Semester (UAS) dengan level HOTS & Open Book 100 menit |
|
Materi: Semua materi dari minggu ke 9 s.d. minggu ke 15. Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito Materi: Semua materi dari minggu ke 9 s.d. minggu ke 15. Pustaka: Sugiyono, 2010,StatistikNonparametrisuntuk Penelitian, Bandung. Alfabeta Materi: Semua materi dari minggu ke 9 s.d. minggu ke 15. Pustaka: Kuzon, W.M., Urbancheck, M.G., & McCabe, S. (1996). The Seven Deadly Sins of Statistical Analysis. Annals of Plastic Surgery. Volume 37/Number 3/Sept 1996, |
15% |