|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Komunikasi dan Desain Pesan Pembelajaran |
8620320237 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai konsep teoritis desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan evaluasi di bidang kurikulum dan teknologi pendidikan |
PLO-9 |
Mampu menghasilkan produk-produk kreatif bidang teknologi pendidikan yang edukatif dan memasarkan ke masyarakat pengguna |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep, struktur dan materi pada keilmuan teknologi pendidikan yang berkaitan dengan komunikasi pembelajaran sebagai pengembang Teknologi Pembelajaran, Analisis Pendidikan dan Pelatihan.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis suatu masalah berdasarkan metode studi kasus (case method) atau pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) yang berkaitan dengan komunikasi pembelajaran dalam bidang teknologi pendidikan, dengan mengedepankan literasi digital
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan teknologi dan informasi dalam pemecahan masalah bidang teknologi pendidikan yang berkaitan dengan komunikasi pembelajaran berbasis digital dan kearifan lokal
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu memahami konsep, struktur dan materi pada keilmuan desain pesan yang berkaitan dengan komunikasi pembelajaran sebagai pengembang Teknologi Pembelajaran, Analisis Pendidikan dan Pelatihan
|
PO - 5 |
Mahasiswa memiliki rasa tanggung jawab serta sikap ilmiah, kritis dan inovatif dalam mengkaji desain pesan sebagai pengembang Teknologi Pendidikan dan Analis Pendidikan/Pelatihan secara profesional
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | | ✔ | | PO-5 | | ✔ | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mempelajari dan mengkaji merancang komunikasi dan pesan pembelajaran secara efektif. Matakuliah ini membahas tentang tujuan, fungsi dan peran komunikasi dalam kehidupan bentuk-bentuk komunikasi, unsur-unsur dan model proses komunikasi, hubungan unsur-unsur komunikasi dan proses belajar melalui pembelajaran studi kasus dan berbasis proyek. Matakuliah ini mengkaji tentang prinsip-prinsip desain pesan, macam-macam simbol pesan (visual, audio, audio-visual) dan bagaimana merancang pesan agar pesan dapat diterima sesuai dengan tujuan dan menghasilkan perubahan perilaku yang ditentukan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Khotimah, K., & Safirah, A. D. (2023). Integrasi Teknologi Pendidikan dalam Menganalisis Kesalahan Fonologis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Tingkat Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 3580–3592. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5298
- Khotimah, K. (2020). Panduan Desain Grafis. Jember: Cerdas Ulet Kreatif
- Mulyana, D. 2016. Komunikasi suatu pengantar. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
- Cangara, H. 2019. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali pers
- Littlejohn, Stephen W. and Karen A. Foss ,Theories of Human Communication 9 th. Ed. California : Wadsworth Publishing Company, 2008
- Fleming, M. L. 1993. Instructional message design: Principles from the behavioral and cognitive sciences. Educational Technology.
- Pettersson, R. 2013. Message design . Institute for infology.
- Smalldino, 2011. Instructional Technology and Media for Learning. Jakarta : Kencana
- Chapman, N. & Chapman, J. 2004. Digital multimedia (Second Edition). London: John Wiley & Sons, Ltd.
|
Pendukung : |
|
- YouTube Channel Nultima Studio
|
Dosen Pengampu
|
Irena Yolanita Maureen, S.Pd., M.Sc., Ph.D. Dr. Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd. Arqoma Nurveda Carreza, S.I.Kom., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Kontrak Pembelajaran
- Mahasiswa mampu mendiskripsikan landasan teori desain pembelajaran
|
- Mampu menjelaskan dan mengemukakan definisi komunikasi
- Mampu menjelaskan dan mengemukakan unsur-unsur komunikasi
- Mampu menjelaskan dan mengemukakan pentingnya komunikasi dalam pembelajaran
|
Kriteria:
- Ketepatan menjelaskan dan mengemukakan definisi komunikasi
- Ketepatan menjelaskan dan mengemukakan unsur-unsur komunikasi
- Ketepatan menjelaskan dan mengemukakan pentingnya komunikasi dalam pembelajaran
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah dan Diskusi Kelas 3 X 50 |
|
Materi: Definisi Komunikasi, Unsur-unsur Komunikasi, Jenis-jenis Komunikasi Pustaka: Mulyana, D. 2016. Komunikasi suatu pengantar. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Kontrak Pembelajaran |
- Menyebutkan prinsip komunikasi
- Menjelaskan prinsip-prinsip komunikasi
|
Kriteria:
- Ketepatan menyebutkan prinsip komunikasi
- Ketepatan menjelaskan prinsip-prinsip komunikasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah dan Diskusi Kelas 3 X 50 |
|
Materi: Prinsip-Prinsip Komunikasi Pustaka: Mulyana, D. 2016. Komunikasi suatu pengantar. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya. Materi: 1. Komunikasi sebagai proses simbolik 2. Komunikasi tak dapat dihindari 3. Komunikasi bersifat transaksional 4. Komunikasi bersifat sistemik 5. Komunikasi adalah kontinu 6. Komunikasi terjadi dalam konteks ruang dan waktu 7. Komunikasi mencakup dimensi isi dan hubungan 8. Komunikasi tak dapat dibalik Pustaka: Cangara, H. 2019. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali pers |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memperjelas prinsip, proses, dan praktik analisis kebutuhan, dalam menentukan jenis perubahan yang harus dilakukan |
- Menyebutkan komponen komunikasi
- Memahami fenomena komunikasi dengan menggunakan model-model komunikasi
|
Kriteria:
- Ketepatan menyebutkan komponen komunikasi
- Ketepatan memahami fenomena komunikasi dengan menggunakan model-model komunikasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah dan Diskusi Kelas 3 X 50 |
|
Materi: Komponen-komponen dan model komunikasi Pustaka: Mulyana, D. 2016. Komunikasi suatu pengantar. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya. Materi: Communication model Pustaka: Littlejohn, Stephen W. and Karen A. Foss ,Theories of Human Communication 9 th. Ed. California : Wadsworth Publishing Company, 2008 |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu Menyusun analisis tugas sebagai dasar untuk mengembangkan pembelajaran |
- Menjelaskan penggunaan bahasa dan makna dalam komunikasi
- Menyebutkan prinsip-prinsip penggunaan symbol
- Menerapkan pedoman komunikasi verbal yang efektif
- Menjelaskan prinsip komunikasi non-verbal
- Menyebutkan tipe komunikasi non-verbal
|
Kriteria:
- Ketepatan menjelaskan penggunaan bahasa dan makna dalam komunikasi
- Ketepatan menyebutkan prinsip-prinsip penggunaan symbol
- Ketepatan menerapkan pedoman komunikasi verbal yang efektif
- Ketepatan menjelaskan prinsip komunikasi non-verbal
- Ketepatan menyebutkan tipe komunikasi nonverbal
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Komunikasi verbal dan non verbal Pustaka: Mulyana, D. 2016. Komunikasi suatu pengantar. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya. Materi: Komunikasi verbal dan non verbal Pustaka: Cangara, H. 2019. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali pers |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahsiswa mampu menjelaskan analisis peserta didik sebagai dasar penyusunan tujuan pembelajaran |
- menjelaskan tahapan proses listening
- hambatan dalam proses listening
- Kebiasaan yang tidak baik atau dihindari dalam proses listening
|
Kriteria:
- Ketepatan menjelaskan tahapan proses listening
- Ketepatan menjelaskan hambatan dalam proses listening
- ketepatan menjelaskan Kebiasaan yang tidak baik atau dihindari dalam proses listening
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan Diskusi Kelas 3 X 50 |
|
Materi: Listening in Communication Pustaka: Littlejohn, Stephen W. and Karen A. Foss ,Theories of Human Communication 9 th. Ed. California : Wadsworth Publishing Company, 2008 Materi: Proses Listening dalam Komunikasi Pustaka: YouTube Channel Nultima Studio |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menyusun tujuan pembelajaran yang terkait dengan kegiatan pembelajaran dalam mendesain pembelajaran |
- Mampu membedakan antara tujuan umum dan tujuan pembelajaran
- Mampu menyusun tujuan pembelajaran
|
Kriteria:
kesesuaian dengan konsep ABCD Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Project based learning 2 X 50 |
belajar mandiri 2 X 50 |
Materi: perumusan tujuan pembelajaran Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson. Materi: Rumusan tujuan pembelajaran Pustaka: Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga. |
9% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menerapkan prinsip, proses, dan praktik pengorganisasian pembelajaran, untuk menentukan ruang lingkup dan urutan kegiatan yang akan dilakukan peserta didik. |
- Mampu mengorganisir materi dan aktivitas belajar dalam mendasain pembelajaran
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi kurikulum terkait dalam pengembangan desain pembelajaran ·
- Mampu menentukan yang dimaksud peristiwa pembelajaran dan pengelaman belajar
- Mampu menentukan metode dalam pembelajaran
|
Kriteria:
- Ketepatan mengorganisir materi dan aktivitas belajar dalam mendasain pembelajaran
- Ketepatan mengidentifikasi kurikulum terkait dalam pengembangan desain pembelajaran
- menentukan yang dimaksud peristiwa pembelajaran dan pengelaman belajar
- menentukan metode dalam pembelajaran
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelas 2 X 50 |
Belajar Mandiri 2 X 50 |
Materi: organisasi pembelajaran Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson. Materi: desain aktivitas pembelajaran Pustaka: Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
- Keteparan hasil rumusan analisis kebutuhan dan analisis pembelajaran
- Ketepatan hasil rumusan analisis peserta didik dan konteks pembelajaran
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi secara kelompok hasil proyek 4 X 50 |
|
Materi: Desain sistem pembelajaran Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai lingkungan belajar dan kegiatan pembelajaran yang dapat dimasukkan ke dalam desain instruksional |
- · Mampu mengidentifikasi lingkungan belajar ·
- Mampu menentukan aktivitas belajar ·
|
Kriteria:
- Ketepatan mengidentifikasi lingkungan belajar ·
- Ketepatan menentukan aktivitas belajar ·
- Ketepatan menentukan kegiatan pembelajaran yang tepat dan efektif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelas 2 X 50 |
Belajar mandiri 2 X 50 |
Materi: organisasi lingkungan belajar Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson. Materi: organisasi aktivitas pembelajaran Pustaka: Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
menetukan prinsip, proses, dan praktik mengevaluasi prestasi pelajar. |
- · Mampu membedakan evaluasi dan penilaian ·
- Mampu mendeskripsikan peran evaluasi dalam proses desain pembelajaran ·
- Mampu mengembangkan evaluasi pembelajaran
|
Kriteria:
- Ketepatan membedakan evaluasi dan penilaian ·
- Ketepatan mendeskripsikan peran evaluasi dalam proses desain pembelajaran ·
- Ketepatan mengembangkan evaluasi pembelajaran
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelas 2 X 50 |
Belajar Mandiri 2 X 50 |
Materi: evaluasi pembelajaran Pustaka: Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga. Materi: Instrumen penilaian pembelajaran Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson. |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mengembangkan dan menentukan evaluasi pembelajaran didasarkan pada prinsip-prinisp evaluasi |
- Mampu menentukan perbedaan evaluasi formatif dan sumatif
- Mampu menentukan keberhasilan dari evaluasi formatif dan evaluasi sumatif
- Mampu menentukan evaluasi yang efektif dan efisien dalam desain pembelajaran
|
Kriteria:
- Ketapatan menentukan perbedaan evaluasi formatif dan sumatif
- Keteparan menentukan keberhasilan dari evaluasi formatif dan evaluasi sumatif
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Diskusi Kelompok 2 X 50 |
Materi: evaluasi pembelajaran didasarkan pada prinsip-prinisp evaluasi Pustaka: Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga. Materi: Penilaian pembelajaran Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mengembangkan dan menentukan evaluasi pembelajaran didasarkan pada prinsip-prinisp evaluasi |
- Mampu menentukan perbedaan evaluasi formatif dan sumatif
- Mampu menentukan keberhasilan dari evaluasi formatif dan evaluasi sumatif
- Mampu menentukan evaluasi yang efektif dan efisien dalam desain pembelajaran
|
Kriteria:
- Ketapatan menentukan perbedaan evaluasi formatif dan sumatif
- Keteparan menentukan keberhasilan dari evaluasi formatif dan evaluasi sumatif
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Diskusi Kelompok 2 X 50 |
Materi: evaluasi pembelajaran didasarkan pada prinsip-prinisp evaluasi Pustaka: Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga. Materi: Penilaian pembelajaran Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menghasilkan media pembelajaran yang sesuai dengan prinsip, strategi pembelajaran, dan tujuan |
- Mampu mengidentifikasi jenis-jensi media pembelajaran
- Mampu menentukan media yang tepat berdasarkan pada tujuan pembelajaran
- Mampu memproduksi media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam desain pembelajaran
|
Kriteria:
- Ketepatan mengidentifikasi jenis-jensi media pembelajaran
- Ketepatan menentukan media yang tepat berdasarkan pada tujuan pembelajaran
- Ketepatan memproduksi media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam desain pembelajaran
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Diskusi Kelompok 2 X 50 |
Materi: Materi dan media pembelajaran Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson. Materi: Materi dan media pembelajaran Pustaka: Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menghasilkan media pembelajaran yang sesuai dengan prinsip, strategi pembelajaran, dan tujuan |
- Mampu mengidentifikasi jenis-jensi media pembelajaran
- Mampu menentukan media yang tepat berdasarkan pada tujuan pembelajaran
- Mampu memproduksi media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam desain pembelajaran
|
Kriteria:
- Ketepatan mengidentifikasi jenis-jensi media pembelajaran
- Ketepatan menentukan media yang tepat berdasarkan pada tujuan pembelajaran
- Ketepatan memproduksi media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam desain pembelajaran
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Diskusi Kelompok 2 X 50 |
Materi: Materi dan media pembelajaran Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson. Materi: Materi dan media pembelajaran Pustaka: Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menghasilkan desain pembelajaran yang efektif dan efisien |
· Mampu menyusun desain pembelajaran berdasarkan pada tahapan model pengembangan · Mampu menentukan tujuan pembelajaran · Mampu menentukan evaluasi pembelajaran · Mampu menentukan strategi/metode yang teoat Mampu menentukan evaluasi yang tepat |
Kriteria:
ketepatan dan kesesuaia tahapan model Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Diskusi Kelompok 2 X 50 |
Materi: Model desain sistem pembelajaran Dick and Carey Pustaka: Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga. Materi: Desain sistem pembelajaran Dick and Carey Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
mahasiswa seacara individu membuat rancangan pembelajaran |
Kriteria:
presentasi proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi laporan hasil
project
|
|
Materi: Desain sistem pembelajaran Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson. Materi: Model Desain Sistem Pembelajaran Dick and Carey Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson. |
20% |