Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Komunikasi dan Desain Pesan Pembelajaran

8620320237

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai konsep teoritis desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan evaluasi di bidang kurikulum dan teknologi pendidikan

PLO-9

Mampu menghasilkan produk-produk kreatif bidang teknologi pendidikan yang edukatif dan memasarkan ke masyarakat pengguna

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami konsep, struktur dan materi pada keilmuan teknologi pendidikan yang berkaitan dengan komunikasi pembelajaran sebagai pengembang Teknologi Pembelajaran, Analisis Pendidikan dan Pelatihan.

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis suatu masalah berdasarkan metode studi kasus (case method) atau pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) yang berkaitan dengan komunikasi pembelajaran dalam bidang teknologi pendidikan, dengan mengedepankan literasi digital

PO - 3

Mahasiswa mampu mengaplikasikan teknologi dan informasi dalam pemecahan masalah bidang teknologi pendidikan yang berkaitan dengan komunikasi pembelajaran berbasis digital dan kearifan lokal

PO - 4

Mahasiswa mampu memahami konsep, struktur dan materi pada keilmuan desain pesan yang berkaitan dengan komunikasi pembelajaran sebagai pengembang Teknologi Pembelajaran, Analisis Pendidikan dan Pelatihan

PO - 5

Mahasiswa memiliki rasa tanggung jawab serta sikap ilmiah, kritis dan inovatif dalam mengkaji desain pesan sebagai pengembang Teknologi Pendidikan dan Analis Pendidikan/Pelatihan secara profesional

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mempelajari dan mengkaji merancang komunikasi dan pesan pembelajaran secara efektif. Matakuliah ini membahas tentang tujuan, fungsi dan peran komunikasi dalam kehidupan bentuk-bentuk komunikasi, unsur-unsur dan model proses komunikasi, hubungan unsur-unsur komunikasi dan proses belajar melalui pembelajaran studi kasus dan berbasis proyek. Matakuliah ini mengkaji tentang prinsip-prinsip desain pesan, macam-macam simbol pesan (visual, audio, audio-visual) dan bagaimana merancang pesan agar pesan dapat diterima sesuai dengan tujuan dan menghasilkan perubahan perilaku yang ditentukan.

Pustaka

Utama :

  1. Khotimah, K., & Safirah, A. D. (2023). Integrasi Teknologi Pendidikan dalam Menganalisis Kesalahan Fonologis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Tingkat Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 3580–3592. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5298
  2. Khotimah, K. (2020). Panduan Desain Grafis. Jember: Cerdas Ulet Kreatif
  3. Mulyana, D. 2016. Komunikasi suatu pengantar. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
  4. Cangara, H. 2019. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali pers
  5. Littlejohn, Stephen W. and Karen A. Foss ,Theories of Human Communication 9 th. Ed. California : Wadsworth Publishing Company, 2008
  6. Fleming, M. L. 1993. Instructional message design: Principles from the behavioral and cognitive sciences. Educational Technology.
  7. Pettersson, R. 2013. Message design . Institute for infology.
  8. Smalldino, 2011. Instructional Technology and Media for Learning. Jakarta : Kencana
  9. Chapman, N. & Chapman, J. 2004. Digital multimedia (Second Edition). London: John Wiley & Sons, Ltd.

Pendukung :

  1. YouTube Channel Nultima Studio

Dosen Pengampu

Irena Yolanita Maureen, S.Pd., M.Sc., Ph.D.

Dr. Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd.

Arqoma Nurveda Carreza, S.I.Kom., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Kontrak Pembelajaran
  2. Mahasiswa mampu mendiskripsikan landasan teori desain pembelajaran
  1. Mampu menjelaskan dan mengemukakan definisi komunikasi
  2. Mampu menjelaskan dan mengemukakan unsur-unsur komunikasi
  3. Mampu menjelaskan dan mengemukakan pentingnya komunikasi dalam pembelajaran
Kriteria:
  1. Ketepatan menjelaskan dan mengemukakan definisi komunikasi
  2. Ketepatan menjelaskan dan mengemukakan unsur-unsur komunikasi
  3. Ketepatan menjelaskan dan mengemukakan pentingnya komunikasi dalam pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah dan Diskusi Kelas
3 X 50

Materi: Definisi Komunikasi, Unsur-unsur Komunikasi, Jenis-jenis Komunikasi
Pustaka: Mulyana, D. 2016. Komunikasi suatu pengantar. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
2%

2

Minggu ke 2

Kontrak Pembelajaran

  1. Menyebutkan prinsip komunikasi
  2. Menjelaskan prinsip-prinsip komunikasi
Kriteria:
  1. Ketepatan menyebutkan prinsip komunikasi
  2. Ketepatan menjelaskan prinsip-prinsip komunikasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah dan Diskusi Kelas
3 X 50

Materi: Prinsip-Prinsip Komunikasi
Pustaka: Mulyana, D. 2016. Komunikasi suatu pengantar. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Materi: 1. Komunikasi sebagai proses simbolik 2. Komunikasi tak dapat dihindari 3. Komunikasi bersifat transaksional 4. Komunikasi bersifat sistemik 5. Komunikasi adalah kontinu 6. Komunikasi terjadi dalam konteks ruang dan waktu 7. Komunikasi mencakup dimensi isi dan hubungan 8. Komunikasi tak dapat dibalik
Pustaka: Cangara, H. 2019. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali pers
2%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memperjelas prinsip, proses, dan praktik analisis kebutuhan, dalam menentukan jenis perubahan yang harus dilakukan

  1. Menyebutkan komponen komunikasi
  2. Memahami fenomena komunikasi dengan menggunakan model-model komunikasi
Kriteria:
  1. Ketepatan menyebutkan komponen komunikasi
  2. Ketepatan memahami fenomena komunikasi dengan menggunakan model-model komunikasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ceramah dan Diskusi Kelas
3 X 50

Materi: Komponen-komponen dan model komunikasi
Pustaka: Mulyana, D. 2016. Komunikasi suatu pengantar. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Materi: Communication model
Pustaka: Littlejohn, Stephen W. and Karen A. Foss ,Theories of Human Communication 9 th. Ed. California : Wadsworth Publishing Company, 2008
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu Menyusun analisis tugas sebagai dasar untuk mengembangkan pembelajaran

  1. Menjelaskan penggunaan bahasa dan makna dalam komunikasi
  2. Menyebutkan prinsip-prinsip penggunaan symbol
  3. Menerapkan pedoman komunikasi verbal yang efektif
  4. Menjelaskan prinsip komunikasi non-verbal
  5. Menyebutkan tipe komunikasi non-verbal
Kriteria:
  1. Ketepatan menjelaskan penggunaan bahasa dan makna dalam komunikasi
  2. Ketepatan menyebutkan prinsip-prinsip penggunaan symbol
  3. Ketepatan menerapkan pedoman komunikasi verbal yang efektif
  4. Ketepatan menjelaskan prinsip komunikasi non-verbal
  5. Ketepatan menyebutkan tipe komunikasi nonverbal

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan Diskusi
3 X 50

Materi: Komunikasi verbal dan non verbal
Pustaka: Mulyana, D. 2016. Komunikasi suatu pengantar. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Materi: Komunikasi verbal dan non verbal
Pustaka: Cangara, H. 2019. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali pers
5%

5

Minggu ke 5

Mahsiswa mampu menjelaskan analisis peserta didik sebagai dasar penyusunan tujuan pembelajaran

  1. menjelaskan tahapan proses listening
  2. hambatan dalam proses listening
  3. Kebiasaan yang tidak baik atau dihindari dalam proses listening
Kriteria:
  1. Ketepatan menjelaskan tahapan proses listening
  2. Ketepatan menjelaskan hambatan dalam proses listening
  3. ketepatan menjelaskan Kebiasaan yang tidak baik atau dihindari dalam proses listening

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan Diskusi Kelas
3 X 50

Materi: Listening in Communication
Pustaka: Littlejohn, Stephen W. and Karen A. Foss ,Theories of Human Communication 9 th. Ed. California : Wadsworth Publishing Company, 2008

Materi: Proses Listening dalam Komunikasi
Pustaka: YouTube Channel Nultima Studio
4%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menyusun tujuan pembelajaran yang terkait dengan kegiatan pembelajaran dalam mendesain pembelajaran

  1. Mampu membedakan antara tujuan umum dan tujuan pembelajaran
  2. Mampu menyusun tujuan pembelajaran
Kriteria:

kesesuaian dengan konsep ABCD


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Project based learning
2 X 50
belajar mandiri
2 X 50
Materi: perumusan tujuan pembelajaran
Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson.

Materi: Rumusan tujuan pembelajaran
Pustaka: Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
9%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menerapkan prinsip, proses, dan praktik pengorganisasian pembelajaran, untuk menentukan ruang lingkup dan urutan kegiatan yang akan dilakukan peserta didik.

  1. Mampu mengorganisir materi dan aktivitas belajar dalam mendasain pembelajaran
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi kurikulum terkait dalam pengembangan desain pembelajaran ·
  3. Mampu menentukan yang dimaksud peristiwa pembelajaran dan pengelaman belajar
  4. Mampu menentukan metode dalam pembelajaran
Kriteria:
  1. Ketepatan mengorganisir materi dan aktivitas belajar dalam mendasain pembelajaran
  2. Ketepatan mengidentifikasi kurikulum terkait dalam pengembangan desain pembelajaran
  3. menentukan yang dimaksud peristiwa pembelajaran dan pengelaman belajar
  4. menentukan metode dalam pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelas
2 X 50
Belajar Mandiri
2 X 50
Materi: organisasi pembelajaran
Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson.

Materi: desain aktivitas pembelajaran
Pustaka: Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:
  1. Keteparan hasil rumusan analisis kebutuhan dan analisis pembelajaran
  2. Ketepatan hasil rumusan analisis peserta didik dan konteks pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi secara kelompok hasil proyek
4 X 50

Materi: Desain sistem pembelajaran
Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson.
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai lingkungan belajar dan kegiatan pembelajaran yang dapat dimasukkan ke dalam desain instruksional

  1. · Mampu mengidentifikasi lingkungan belajar ·
  2. Mampu menentukan aktivitas belajar ·
Kriteria:
  1. Ketepatan mengidentifikasi lingkungan belajar ·
  2. Ketepatan menentukan aktivitas belajar ·
  3. Ketepatan menentukan kegiatan pembelajaran yang tepat dan efektif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelas
2 X 50
Belajar mandiri
2 X 50
Materi: organisasi lingkungan belajar
Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson.

Materi: organisasi aktivitas pembelajaran
Pustaka: Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
5%

10

Minggu ke 10

menetukan prinsip, proses, dan praktik mengevaluasi prestasi pelajar.

  1. · Mampu membedakan evaluasi dan penilaian ·
  2. Mampu mendeskripsikan peran evaluasi dalam proses desain pembelajaran ·
  3. Mampu mengembangkan evaluasi pembelajaran
Kriteria:
  1. Ketepatan membedakan evaluasi dan penilaian ·
  2. Ketepatan mendeskripsikan peran evaluasi dalam proses desain pembelajaran ·
  3. Ketepatan mengembangkan evaluasi pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelas
2 X 50
Belajar Mandiri
2 X 50
Materi: evaluasi pembelajaran
Pustaka: Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Materi: Instrumen penilaian pembelajaran
Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson.
2%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mengembangkan dan menentukan evaluasi pembelajaran didasarkan pada prinsip-prinisp evaluasi

  1. Mampu menentukan perbedaan evaluasi formatif dan sumatif
  2. Mampu menentukan keberhasilan dari evaluasi formatif dan evaluasi sumatif
  3. Mampu menentukan evaluasi yang efektif dan efisien dalam desain pembelajaran
Kriteria:
  1. Ketapatan menentukan perbedaan evaluasi formatif dan sumatif
  2. Keteparan menentukan keberhasilan dari evaluasi formatif dan evaluasi sumatif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Diskusi Kelompok
2 X 50
Materi: evaluasi pembelajaran didasarkan pada prinsip-prinisp evaluasi
Pustaka: Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Materi: Penilaian pembelajaran
Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mengembangkan dan menentukan evaluasi pembelajaran didasarkan pada prinsip-prinisp evaluasi

  1. Mampu menentukan perbedaan evaluasi formatif dan sumatif
  2. Mampu menentukan keberhasilan dari evaluasi formatif dan evaluasi sumatif
  3. Mampu menentukan evaluasi yang efektif dan efisien dalam desain pembelajaran
Kriteria:
  1. Ketapatan menentukan perbedaan evaluasi formatif dan sumatif
  2. Keteparan menentukan keberhasilan dari evaluasi formatif dan evaluasi sumatif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Diskusi Kelompok
2 X 50
Materi: evaluasi pembelajaran didasarkan pada prinsip-prinisp evaluasi
Pustaka: Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Materi: Penilaian pembelajaran
Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menghasilkan media pembelajaran yang sesuai dengan prinsip, strategi pembelajaran, dan tujuan

  1. Mampu mengidentifikasi jenis-jensi media pembelajaran
  2. Mampu menentukan media yang tepat berdasarkan pada tujuan pembelajaran
  3. Mampu memproduksi media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam desain pembelajaran
Kriteria:
  1. Ketepatan mengidentifikasi jenis-jensi media pembelajaran
  2. Ketepatan menentukan media yang tepat berdasarkan pada tujuan pembelajaran
  3. Ketepatan memproduksi media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam desain pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Diskusi Kelompok
2 X 50
Materi: Materi dan media pembelajaran
Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson.

Materi: Materi dan media pembelajaran
Pustaka: Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menghasilkan media pembelajaran yang sesuai dengan prinsip, strategi pembelajaran, dan tujuan

  1. Mampu mengidentifikasi jenis-jensi media pembelajaran
  2. Mampu menentukan media yang tepat berdasarkan pada tujuan pembelajaran
  3. Mampu memproduksi media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam desain pembelajaran
Kriteria:
  1. Ketepatan mengidentifikasi jenis-jensi media pembelajaran
  2. Ketepatan menentukan media yang tepat berdasarkan pada tujuan pembelajaran
  3. Ketepatan memproduksi media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam desain pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Diskusi Kelompok
2 X 50
Materi: Materi dan media pembelajaran
Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson.

Materi: Materi dan media pembelajaran
Pustaka: Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menghasilkan desain pembelajaran yang efektif dan efisien

· Mampu menyusun desain pembelajaran berdasarkan pada tahapan model pengembangan · Mampu menentukan tujuan pembelajaran · Mampu menentukan evaluasi pembelajaran · Mampu menentukan strategi/metode yang teoat Mampu menentukan evaluasi yang tepat

Kriteria:

ketepatan dan kesesuaia tahapan model


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Diskusi Kelompok
2 X 50
Materi: Model desain sistem pembelajaran Dick and Carey
Pustaka: Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Materi: Desain sistem pembelajaran Dick and Carey
Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

mahasiswa seacara individu membuat rancangan pembelajaran

Kriteria:

presentasi proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi laporan hasil
project

Materi: Desain sistem pembelajaran
Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson.

Materi: Model Desain Sistem Pembelajaran Dick and Carey
Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Pearson.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 11.67%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 79.17%
3. Penilaian Portofolio 4.5%
4. Tes 3.67%
99.01%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.