|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Mandiri Bidang Studi Penunjang Tugas Akhir |
8400102069 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
3 |
25 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Suyatno, M.Si.
|
Prof. Dr. Suyatno, M.Si.
|
Prof. Dr. Suyatno, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional |
PLO-8 |
Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang keahlian yang akan ditekuni sesuai dengan rencana penelitian untuk disertasi melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji.
|
PO - 2 |
Memecahkan permasalahan bidang keahlian yang akan ditekuni sesuai dengan rencana penelitian untuk disertasi melalui pendekatan inter atau multi atau transdisipliner.
|
PO - 3 |
Mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan bidang keahlian yang akan ditekuni sesuai dengan rencana penelitian untuk disertasi yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional maupun internasional.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | | | | PO-2 | | | | | PO-3 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah penunjang disertasi ini, isi dan nama mata kuliahnya ditentukan oleh promotor bersama-sama dengan Ketua Program Studi, disesuaikan dengan keperluan disertasi mahasiswa yang bersangkutan. Tujuan mata kuliah ini adalah member kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendalami bidang keahlian yang akan ditekuni sesuai dengan rencana penelitian untuk disertasi. Kajian mandiri ini diharapkan dapat mematangkan rancangan penelitian untuk disertasinya di bawah bimbingan ahli/pakar. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Ditentukan sesuai dengan bidang studi yang dipilih
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami, memiliki arah, dan target yang jelas tentang rencana disertasi yang akan dikembangkan, termasuk strategi penyelesaian disertasi. |
Menyajikan tulisan yang berisikan rencana aksi dalam penyelesaian disertasi. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
• Studi literatur oleh mahasiswa sebelum tatap muka (tatap maya).
• Diskusi para pihak (mahasiswa, promotor, dan kopromotor) melalui case method 2 x 50 menit |
|
Materi: Pengembangan rencana aksi, Acuan umum dalam penulisan: APA, PUPBI. Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menghasilkan sebuah bahan paparan tertelaah (oleh promotor & kopromotor) mengenai latar belakang dan rumusan masalah yang akan dipecahkan melalui penelitian disertasi. |
- Hasil analisis kesenjangan antara das Sollen dan das Sein yang melatar-belakangi perumusan masalah.
- Rumusan Masalah yang akan dipecahkan melalui penelitian disertasi.
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Di luar jam tatap muka: Review berbagai literatur terkait menggunakan metode gap analysis (PjBL)
Tatap muka untuk mendiskusikan hasil analisis mahasiswa 2 x 50 menit |
|
Materi: Textbook terkait standard; Artikel terkait dan terbaru; Produk Hukum berisi kebijakan pemerintah di bidang pendidikan Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menghasilkan sebuah bahan paparan tertelaah (oleh promotor & kopromotor) mengenai latar belakang dan rumusan masalah yang akan dipecahkan melalui penelitian disertasi. |
- Hasil analisis kesenjangan antara das Sollen dan das Sein yang melatar-belakangi perumusan masalah.
- Rumusan Masalah yang akan dipecahkan melalui penelitian disertasi.
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Di luar jam tatap muka: Review berbagai literatur terkait menggunakan metode gap analysis (PjBL)
Tatap muka untuk mendiskusikan hasil analisis mahasiswa dengan alokasi 2 x 50 menit |
|
Materi: Textbook terkait standard.; Artikel terkait dan terbaru; Produk Hukum berisi kebijakan pemerintah di bidang pendidikan Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menghasilkan sebuah bahan paparan tertelaah (oleh promotor & kopromotor) tentang definisi konseptual dan definisi operasional atas variabel-variabel penelitian disertasi. |
- Rumusan definisi konseptuan atas variabel penelitian disertasi.
- Rumusan definisi operasional atas variabel penelitian disertasi.
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Di luar jam tatap muka: Review berbagai literatur terkait variabel penelitian disertasi (PjBL)
Tatap muka untuk mendiskusikan hasil perumusan konseptual dan operasional atas variabel penelitian 2 x 50 menit |
|
Materi: Textbook terkait standard; Artikel terkait dan terbaru. Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menghasilkan sebuah bahan paparan tertelaah (oleh promotor & kopromotor) kerangka konseptual penelitian disertasi generasi awal, yang menggambarkan koneksitas antar variabel yang terkandung di dalam rumusan masalah yang akan dipecahkan. |
Menghasilakan kerangka konseptual penelitian disertasi. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktik pengembangan Kerangka Konseptual Penelitai menggunakan logika silogisme melalui PjBL. Dilakukan sebelum tatap muka dan didiskusikan bersama dosen pembimbing 2 x 50 menit |
|
Materi: PPT Bagaimana mengembangkan kerangka berpikir atau kerangka konseptual penelitian Pustaka: |
7% |
6
Minggu ke 6 |
Menghasilkan rancangan awal (raw blue-print) bagi (!) pelaksanaan aksi dalam mengeja-wantahkan variabel treatment dan (2) pengembangan instrument untuk mengassess variabel respon. |
- Menghasilkan rancangan awal pelaksanaan aksi dalam pengejawantahan variabel treatment
- Menghasilkan rancangan awal pengembangan instrument untuk mengassess variabel respon.
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Content Analysis oleh mahasiswa terhadap berbagai sumber pustaka pendukung penulisan disertasi. Pekerjaan yang dihasilkan di luar jam tatap muka ini selanjutnya diduskusikan bersama promotor dan kopromotor. Metode yang digunakan PjBL 2 x 50 menit |
|
Materi: Pengorganisasian buah pikir ke dalam sistem tabulasi untuk memudahkan penyajian. Pustaka: |
7% |
7
Minggu ke 7 |
Menghasilkan rancangan awal (raw blue-print) bagi (!) pelaksanaan aksi dalam mengeja-wantahkan variabel treatment dan (2) pengembangan instrument untuk mengassess variabel respon. |
- Menghasilkan rancangan awal pelaksanaan aksi dalam pengejawantahan variabel treatment
- Menghasilkan rancangan awal pengembangan instrument untuk mengassess variabel respon.
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Content Analysis oleh mahasiswa terhadap berbagai sumber pustaka pendukung penulisan disertasi. Pekerjaan yang dihasilkan di luar jam tatap muka ini selanjutnya diduskusikan bersama promotor dan kopromotor. Model pembelajaran yang digunakan PjBL. 2 x 50 menit |
|
Materi: Pengorganisasian buah pikir ke dalam sistem tabulasi untuk memudahkan penyajian. Pustaka: |
7% |
8
Minggu ke 8 |
Kemampuan Akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7 |
Indikator TM-1 sampai dengan indikator TM-7 |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS 2 x 50 menit |
|
Materi: Topik pembelajaran dari TM-1 sampai TM-7 Pustaka: |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Menghasilkan karya tertelaah berupa kisi (blue-print) pengembangan instrument pengukur variabel respon dan rubrik penilaiannya. |
Menghasilkan kisi (blue-print) pengembangan instrument pengukur variabel respon dan rubrik penilaiannya |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas pengembangan instrument, sesuai metode penelitian pengembangan. Model pembelajaran yang digunakan PjBL 2 x 50 menit |
|
Materi: Artikel terkait dan terbaru Pustaka: |
7% |
10
Minggu ke 10 |
Menghasilkan lima contoh item tes pengukur variabel respon tertelaah oleh promotor dan kopromotor. |
Menghasilkan lima contoh item tes pengukur variabel respon tertelaah oleh promotor dan kopromotor |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi 5 contoh item tes pengukur variabel respon. Model pembelajaran yang digunakan PjBL 2 x 50 menit |
|
Materi: Artikel ilmiah terkait yang memuat petunjuk penyusunan kisi soal Pustaka: |
7% |
11
Minggu ke 11 |
Menghasilkan lembar telaah dan validasi untuk uji kelayaan instrumen pengukur variabel respon. |
Menghasilkan lembar telaah dan validasi item tes pengukur variabel respon tertelaah oleh promotor dan kopromotor |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Dikembangkan di luar jam tatap muka yang selanjutnya didiskusikan bersama dosen pembimbing pada jam tatap muka. Model pembelajaran yang digunakan PjBL 2 x 50 menit |
|
Materi: Artikel ilmiah terkait yang memuat petunjuk penyusunan kisi soal. Pustaka: |
7% |
12
Minggu ke 12 |
Menghasilkan karya tertelaah (oleh promotor dan kopromotor) berupa kisi (blue-print) pelaksanaan aksi dalam pengeja-wantahan variabel treatmen, termasuk prosedur operasional standarnya (POS). |
Menghasilkan hasil analisis artikel ilmiah khususnya pada 4 cara pengkondisian proses akomodasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Article Review dan presentasi hasil. Model pembelajaran yang digunakan PjBL 2 x 50 menit |
|
Materi: Artikel ilmiah terkait dan terbaru.; File hasil analisis yang pernah dibuar Rosalina Permatasari Pustaka: |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Menghasilkan draft awal tentang perangkat pembelajaran (learning divice) dalam melaksanakan POS sebagaimana disebutkan di atas. |
Menghasilkan kisi (blue-print) pengembangan dan draft awal learning atau training device. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas pengembangan instrument, sesuai metode penel pengembangan.Selanjutnya didiskusikan Bersama dosen pembimbing. Model pembelajaran yang digunakan PjBL 2 x 50 menit |
|
Materi: Artikel terkait dan terbaru Pustaka: |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Menghasilkan draft final tentang perangkat pembelajaran (learning divice) dalam melaksanakan POS sebagaimana disebutkan di atas. |
Draft final perangkat pembelajaran (learning divice) dalam melaksanakan POS. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktik pengembangan strategi CC. Model pembelajaran yang digunakan PjBL 2 x 50 menit |
|
Materi: Artikel ilmiah terkait dan terbaru; Disertasi yang ditulis oleh Napsin Palisoa dan Ayun. Pustaka: |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Menghasilkan lembar tetaah dan validasi untuk uji kelayaan perangkat pembelajaran (learning divice) atau pelatihan (training divece). |
Menghasilkan lembar telaah dan validasi untuk uji kelayaan perangkat pembelajaran (learning divice) atau pelatihan (training divice). |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Dikembangkan di luar jam tatap muka yang selanjutnya didiskusikan bersama dosen pembimbing pada jam tatap muka 2 x 50 menit |
|
Materi: Artikel ilmiah terkait yang memuat petunjuk penyusunan kisi soal. Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Kemampuan Akhir dari TM-9 sampai dengan TM-15 |
Indikator TM-9 sampai dengan indikator TM-15 |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS 2 x 50 menit |
|
Materi: Topik pembelajaran dari TM-9 sampai TM-15 Pustaka: |
7% |