Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kajian Mandiri Bidang Studi Penunjang Tugas Akhir

8400102069

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=5.04

3

25 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Suyatno, M.Si.




Prof. Dr. Suyatno, M.Si.




Prof. Dr. Suyatno, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains

PLO-7

Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional

PLO-8

Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang keahlian yang akan ditekuni sesuai dengan rencana penelitian untuk disertasi melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji.

PO - 2

Memecahkan permasalahan bidang keahlian yang akan ditekuni sesuai dengan rencana penelitian untuk disertasi melalui pendekatan inter atau multi atau transdisipliner.

PO - 3

Mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan bidang keahlian yang akan ditekuni sesuai dengan rencana penelitian untuk disertasi yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional maupun internasional.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1    
PO-2    
PO-3    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah penunjang disertasi ini, isi dan nama mata kuliahnya ditentukan oleh promotor bersama-sama dengan Ketua Program Studi, disesuaikan dengan keperluan disertasi mahasiswa yang bersangkutan. Tujuan mata kuliah ini adalah member kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendalami bidang keahlian yang akan ditekuni sesuai dengan rencana penelitian untuk disertasi. Kajian mandiri ini diharapkan dapat mematangkan rancangan penelitian untuk disertasinya di bawah bimbingan ahli/pakar.

Pustaka

Utama :

  1. Ditentukan sesuai dengan bidang studi yang dipilih

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami, memiliki arah, dan target yang jelas tentang rencana disertasi yang akan dikembangkan, termasuk strategi penyelesaian disertasi.

Menyajikan tulisan yang berisikan rencana aksi dalam penyelesaian disertasi.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
• Studi literatur oleh mahasiswa sebelum tatap muka (tatap maya).
• Diskusi para pihak (mahasiswa, promotor, dan kopromotor) melalui case method
2 x 50 menit

Materi: Pengembangan rencana aksi, Acuan umum dalam penulisan: APA, PUPBI.
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Menghasilkan sebuah bahan paparan tertelaah (oleh promotor & kopromotor) mengenai latar belakang dan rumusan masalah yang akan dipecahkan melalui penelitian disertasi.

  1. Hasil analisis kesenjangan antara das Sollen dan das Sein yang melatar-belakangi perumusan masalah.
  2. Rumusan Masalah yang akan dipecahkan melalui penelitian disertasi.
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Di luar jam tatap muka: Review berbagai literatur terkait menggunakan metode gap analysis (PjBL)
Tatap muka untuk mendiskusikan hasil analisis mahasiswa
2 x 50 menit

Materi: Textbook terkait standard; Artikel terkait dan terbaru; Produk Hukum berisi kebijakan pemerintah di bidang pendidikan
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Menghasilkan sebuah bahan paparan tertelaah (oleh promotor & kopromotor) mengenai latar belakang dan rumusan masalah yang akan dipecahkan melalui penelitian disertasi.

  1. Hasil analisis kesenjangan antara das Sollen dan das Sein yang melatar-belakangi perumusan masalah.
  2. Rumusan Masalah yang akan dipecahkan melalui penelitian disertasi.
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Di luar jam tatap muka: Review berbagai literatur terkait menggunakan metode gap analysis (PjBL)
Tatap muka untuk mendiskusikan hasil analisis mahasiswa dengan alokasi
2 x 50 menit

Materi: Textbook terkait standard.; Artikel terkait dan terbaru; Produk Hukum berisi kebijakan pemerintah di bidang pendidikan
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Menghasilkan sebuah bahan paparan tertelaah (oleh promotor & kopromotor) tentang definisi konseptual dan definisi operasional atas variabel-variabel penelitian disertasi.

  1. Rumusan definisi konseptuan atas variabel penelitian disertasi.
  2. Rumusan definisi operasional atas variabel penelitian disertasi.
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Di luar jam tatap muka: Review berbagai literatur terkait variabel penelitian disertasi (PjBL)
Tatap muka untuk mendiskusikan hasil perumusan konseptual dan operasional atas variabel penelitian
2 x 50 menit

Materi: Textbook terkait standard; Artikel terkait dan terbaru.
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Menghasilkan sebuah bahan paparan tertelaah (oleh promotor & kopromotor) kerangka konseptual penelitian disertasi generasi awal, yang menggambarkan koneksitas antar variabel yang terkandung di dalam rumusan masalah yang akan dipecahkan.

Menghasilakan kerangka konseptual penelitian disertasi.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik pengembangan Kerangka Konseptual Penelitai menggunakan logika silogisme melalui PjBL. Dilakukan sebelum tatap muka dan didiskusikan bersama dosen pembimbing
2 x 50 menit

Materi: PPT Bagaimana mengembangkan kerangka berpikir atau kerangka konseptual penelitian
Pustaka:
7%

6

Minggu ke 6

Menghasilkan rancangan awal (raw blue-print) bagi (!) pelaksanaan aksi dalam mengeja-wantahkan variabel treatment dan (2) pengembangan instrument untuk mengassess variabel respon.

  1. Menghasilkan rancangan awal pelaksanaan aksi dalam pengejawantahan variabel treatment
  2. Menghasilkan rancangan awal pengembangan instrument untuk mengassess variabel respon.
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Content Analysis oleh mahasiswa terhadap berbagai sumber pustaka pendukung penulisan disertasi. Pekerjaan yang dihasilkan di luar jam tatap muka ini selanjutnya diduskusikan bersama promotor dan kopromotor. Metode yang digunakan PjBL
2 x 50 menit

Materi: Pengorganisasian buah pikir ke dalam sistem tabulasi untuk memudahkan penyajian.
Pustaka:
7%

7

Minggu ke 7

Menghasilkan rancangan awal (raw blue-print) bagi (!) pelaksanaan aksi dalam mengeja-wantahkan variabel treatment dan (2) pengembangan instrument untuk mengassess variabel respon.

  1. Menghasilkan rancangan awal pelaksanaan aksi dalam pengejawantahan variabel treatment
  2. Menghasilkan rancangan awal pengembangan instrument untuk mengassess variabel respon.
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Content Analysis oleh mahasiswa terhadap berbagai sumber pustaka pendukung penulisan disertasi. Pekerjaan yang dihasilkan di luar jam tatap muka ini selanjutnya diduskusikan bersama promotor dan kopromotor. Model pembelajaran yang digunakan PjBL.
2 x 50 menit

Materi: Pengorganisasian buah pikir ke dalam sistem tabulasi untuk memudahkan penyajian.
Pustaka:
7%

8

Minggu ke 8

Kemampuan Akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7

Indikator TM-1 sampai dengan indikator TM-7

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS
2 x 50 menit

Materi: Topik pembelajaran dari TM-1 sampai TM-7
Pustaka:
5%

9

Minggu ke 9

Menghasilkan karya tertelaah berupa kisi (blue-print) pengembangan instrument pengukur variabel respon dan rubrik penilaiannya.

Menghasilkan kisi (blue-print) pengembangan instrument pengukur variabel respon dan rubrik penilaiannya

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas pengembangan instrument, sesuai metode penelitian pengembangan. Model pembelajaran yang digunakan PjBL
2 x 50 menit

Materi: Artikel terkait dan terbaru
Pustaka:
7%

10

Minggu ke 10

Menghasilkan lima contoh item tes pengukur variabel respon tertelaah oleh promotor dan kopromotor.

Menghasilkan lima contoh item tes pengukur variabel respon tertelaah oleh promotor dan kopromotor

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi 5 contoh item tes pengukur variabel respon. Model pembelajaran yang digunakan PjBL
2 x 50 menit

Materi: Artikel ilmiah terkait yang memuat petunjuk penyusunan kisi soal
Pustaka:
7%

11

Minggu ke 11

Menghasilkan lembar telaah dan validasi untuk uji kelayaan instrumen pengukur variabel respon.

Menghasilkan lembar telaah dan validasi item tes pengukur variabel respon tertelaah oleh promotor dan kopromotor

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Dikembangkan di luar jam tatap muka yang selanjutnya didiskusikan bersama dosen pembimbing pada jam tatap muka. Model pembelajaran yang digunakan PjBL
2 x 50 menit

Materi: Artikel ilmiah terkait yang memuat petunjuk penyusunan kisi soal.
Pustaka:
7%

12

Minggu ke 12

Menghasilkan karya tertelaah (oleh promotor dan kopromotor) berupa kisi (blue-print) pelaksanaan aksi dalam pengeja-wantahan variabel treatmen, termasuk prosedur operasional standarnya (POS).

Menghasilkan hasil analisis artikel ilmiah khususnya pada 4 cara pengkondisian proses akomodasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Article Review dan presentasi hasil. Model pembelajaran yang digunakan PjBL
2 x 50 menit

Materi: Artikel ilmiah terkait dan terbaru.; File hasil analisis yang pernah dibuar Rosalina Permatasari
Pustaka:
7%

13

Minggu ke 13

Menghasilkan draft awal tentang perangkat pembelajaran (learning divice) dalam melaksanakan POS sebagaimana disebutkan di atas.

Menghasilkan kisi (blue-print) pengembangan dan draft awal learning atau training device.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas pengembangan instrument, sesuai metode penel pengembangan.Selanjutnya didiskusikan Bersama dosen pembimbing. Model pembelajaran yang digunakan PjBL
2 x 50 menit

Materi: Artikel terkait dan terbaru
Pustaka:
7%

14

Minggu ke 14

Menghasilkan draft final tentang perangkat pembelajaran (learning divice) dalam melaksanakan POS sebagaimana disebutkan di atas.

Draft final perangkat pembelajaran (learning divice) dalam melaksanakan POS.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik pengembangan strategi CC. Model pembelajaran yang digunakan PjBL
2 x 50 menit

Materi: Artikel ilmiah terkait dan terbaru; Disertasi yang ditulis oleh Napsin Palisoa dan Ayun.
Pustaka:
7%

15

Minggu ke 15

Menghasilkan lembar tetaah dan validasi untuk uji kelayaan perangkat pembelajaran (learning divice) atau pelatihan (training divece).

Menghasilkan lembar telaah dan validasi untuk uji kelayaan perangkat pembelajaran (learning divice) atau pelatihan (training divice).

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Dikembangkan di luar jam tatap muka yang selanjutnya didiskusikan bersama dosen pembimbing pada jam tatap muka
2 x 50 menit

Materi: Artikel ilmiah terkait yang memuat petunjuk penyusunan kisi soal.
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

Kemampuan Akhir dari TM-9 sampai dengan TM-15

Indikator TM-9 sampai dengan indikator TM-15

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS
2 x 50 menit

Materi: Topik pembelajaran dari TM-9 sampai TM-15
Pustaka:
7%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.