Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Manajemen

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

KOLOKIUM

6100104020

T=4

P=0

ECTS=10.08

3

17 Januari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Yessy Artanti, S.E., M.Si.,




Prof. Dr. Sri Setyo Iriani S.E., M.Si.,




Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-9

Lulusan mampu mengimplementasikan teori bidang manajemen dalam mengelola organisasi secara efektif.

PLO-12

Lulusan mampu mengembangkan teori bidang manajemen secara menyeluruh.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu merumuskan masalah penelitian berdasarkan kajian teori dan kebutuhan praktis.

PO - 2

Mampu menyajikan rencana penelitian secara sistematis dan ilmiah.

PO - 3

Mampu mempertahankan argumen dan gagasan penelitian dalam diskusi akademik.

PO - 4

Mampu memberikan masukan konstruktif terhadap karya ilmiah rekan sejawat.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4PLO-9PLO-12
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kolokium adalah mata kuliah wajib pada program doktoral yang dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan penelitian lanjutan, kemampuan analitis, dan kemampuan presentasi akademik. Mata kuliah ini memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mendiskusikan hasil penelitian, ide, dan temuan awal secara kritis dengan rekan sejawat dan dosen pembimbing. Melalui kolokium, mahasiswa diharapkan mampu menyusun, menyajikan, dan mempertahankan gagasan penelitian secara ilmiah sesuai standar akademik.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
  2. 2. Punch, K. F. (2014). Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches (3rd ed.). SAGE Publications.
  3. 3. Buku panduan disertasi program studi.
  4. 4. Jurnal ilmiah terkini sesuai bidang penelitian mahasiswa.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof.Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd.

Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si.

Prof. Dr. Sri Setyo Iriani, S.E., M.Si.

Prof. Dr. Hariyati, Ak., M.Si., CA.

Prof. Drs. Ec. Abdul Mongid, M.A., Ph.D.

Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E., M.Si.

Dr. Sanaji, S.E., M.Si.

Prof. Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si.

Dr. Andre Dwijanto Witjaksono, S.T., M.Si.

Dr. Nadia Asandimitra Haryono, S.E., M.M.

Prof. Dr. Dian Anita Nuswantara, S.E., M.Si., Ak.

Dr. Yessy Artanti, S.E., M.Si.

Dr. Ulil Hartono, S.E., M.Si.

Dr. Raya Sulistyowati, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami tujuan kolokium dan dapat menyusun outline penelitian awal

Outline penelitian disusun dengan jelas dan terstruktur

Kriteria:

Rubrik analisis masalah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
4x50 menit

Materi: Tujuan penelitian
Pustaka: 2. Punch, K. F. (2014). Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches (3rd ed.). SAGE Publications.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengidentifikasi literatur relevan dan menyusun kajian teoritis

Kajian teoritis tersusun dengan referensi yang valid

Kriteria:

Rubrik evaluasi literatur


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4x50 menit

Materi: Kajian Literatur
Pustaka: 4. Jurnal ilmiah terkini sesuai bidang penelitian mahasiswa.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat merumuskan masalah penelitian secara spesifik dan relevan

Rumusan masalah relevan dengan bidang kajian

Kriteria:

Rubrik analisis masalah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4x50 menit

Materi: Perumusan Masalah Penelitian
Pustaka: 4. Jurnal ilmiah terkini sesuai bidang penelitian mahasiswa.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menyusun tujuan dan signifikansi penelitian

Kriteria:

Rubrik evaluasi proposal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
4x50 menit

Materi: Tujuan dan Signifikansi Penelitian
Pustaka: 4. Jurnal ilmiah terkini sesuai bidang penelitian mahasiswa.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat menyusun kerangka teori yang mendukung penelitian

Kerangka teori sesuai dengan rumusan masalah

Kriteria:

Rubrik analisis teori


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4x50 menit

Materi: Kerangka Teori
Pustaka: 2. Punch, K. F. (2014). Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches (3rd ed.). SAGE Publications.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu merancang metodologi penelitian yang relevan dan terukur

Metodologi penelitian disusun dengan komprehensif

Kriteria:

Rubrik evaluasi proposal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
4x50 menit

Materi: Metodologi Penelitian
Pustaka: 1. Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat menyusun instrumen penelitian yang sesuai

Instrumen sesuai dengan kebutuhan penelitian

Kriteria:

Rubrik evaluasi instrumen


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4x50 menit

Materi: Metodologi Penelitian
Pustaka: 1. Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.

Materi: Instrumen Penelitian
Pustaka: 2. Punch, K. F. (2014). Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches (3rd ed.). SAGE Publications.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

  1. Kemampuan mempertahankan argumen
  2. Kemampuan mengemukakan gagasan penelitian
  3. Kemampuan berargumentasi secara akademik
Kriteria:

Penilaian UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
Luring
4x50 menit

Materi: Strategi mempertahankan argumen, Teknik berdiskusi akademik, Etika dalam diskusi ilmiah
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal penelitian secara sistematis

Proposal mencakup semua elemen dengan runtut

Kriteria:

Rubrik presentasi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4x50 menit

Materi: Proposal Penelitian
Pustaka: 3. Buku panduan disertasi program studi.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat memberikan masukan konstruktif terhadap proposal penelitian sejawat

Masukan yang diberikan relevan dan membangun

Kriteria:

Rubrik peer review


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4x50 menit

Materi: Masukan Konstruktif
Pustaka: 4. Jurnal ilmiah terkini sesuai bidang penelitian mahasiswa.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu mengolah data awal dengan metode yang sesuai

Data awal diolah dengan metode yang relevan

Kriteria:

Rubrik evaluasi data awal


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Luring
4x50 menit

Materi: Mengolah Data
Pustaka: 2. Punch, K. F. (2014). Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches (3rd ed.). SAGE Publications.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat mempresentasikan temuan awal secara profesional

Temuan awal disampaikan secara sistematis dan menarik

Kriteria:

Rubrik presentasi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4x50 menit

Materi: Temuan Awal
Pustaka: 1. Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mempresentasikan laporan akhir dalam kolokium

Laporan disusun dengan substansi yang memadai

Kriteria:

Laporan disusun dengan substansi yang memadai


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4x50 menit

Materi: Laporan Akhir Kolokium
Pustaka: 1. Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat memberikan umpan balik terhadap hasil penelitian sejawat

Masukan relevan dan membangun terhadap penelitian sejawat

Kriteria:

Rubrik peer review


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4x50 menit

Materi: Umpan Balik Hasil Penelitian
Pustaka: 2. Punch, K. F. (2014). Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches (3rd ed.). SAGE Publications.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menyelesaikan laporan final dan mempertahankan penelitian dalam kolokium akhir

Laporan final memenuhi standar akademik yang ditetapkan

Kriteria:

Rubrik laporan final

Luring
4x50 menit

Materi: Laporan Final
Pustaka: 3. Buku panduan disertasi program studi.
10%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

  1. Kemampuan mengidentifikasi masalah penelitian
  2. Kemampuan merumuskan masalah penelitian
  3. Kemampuan mengaitkan masalah penelitian dengan teori dan praktik
Kriteria:

Penilaian UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Luring
4x50 menit

Materi: Pengertian masalah penelitian, Langkah-langkah merumuskan masalah penelitian, Kajian teori dalam merumuskan masalah penelitian, Kebutuhan praktis dalam penelitian Manajemen
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Penilaian UAS
Pustaka:
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 2.5%
3. Penilaian Portofolio 3.33%
4. Penilaian Praktikum 5%
5. Praktik / Unjuk Kerja 40.83%
6. Tes 18.33%
89.99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.