|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Manajemen
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
KOLOKIUM |
6100104020 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=10.08 |
3 |
17 Januari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Yessy Artanti, S.E., M.Si.,
|
Prof. Dr. Sri Setyo Iriani S.E., M.Si.,
|
Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-9 |
Lulusan mampu mengimplementasikan teori bidang manajemen dalam mengelola organisasi secara efektif. |
PLO-12 |
Lulusan mampu mengembangkan teori bidang manajemen secara menyeluruh. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu merumuskan masalah penelitian berdasarkan kajian teori dan kebutuhan praktis.
|
PO - 2 |
Mampu menyajikan rencana penelitian secara sistematis dan ilmiah.
|
PO - 3 |
Mampu mempertahankan argumen dan gagasan penelitian dalam diskusi akademik.
|
PO - 4 |
Mampu memberikan masukan konstruktif terhadap karya ilmiah rekan sejawat.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-9 | PLO-12 | PO-1 | | ✔ | | ✔ | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | ✔ | | | | | | | | | | ✔ | PO-2 | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | | | | | | | ✔ | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | | | | ✔ | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kolokium adalah mata kuliah wajib pada program doktoral yang dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan penelitian lanjutan, kemampuan analitis, dan kemampuan presentasi akademik. Mata kuliah ini memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mendiskusikan hasil penelitian, ide, dan temuan awal secara kritis dengan rekan sejawat dan dosen pembimbing. Melalui kolokium, mahasiswa diharapkan mampu menyusun, menyajikan, dan mempertahankan gagasan penelitian secara ilmiah sesuai standar akademik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
- 2. Punch, K. F. (2014). Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches (3rd ed.). SAGE Publications.
- 3. Buku panduan disertasi program studi.
- 4. Jurnal ilmiah terkini sesuai bidang penelitian mahasiswa.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof.Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd. Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si. Prof. Dr. Sri Setyo Iriani, S.E., M.Si. Prof. Dr. Hariyati, Ak., M.Si., CA. Prof. Drs. Ec. Abdul Mongid, M.A., Ph.D. Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E., M.Si. Dr. Sanaji, S.E., M.Si. Prof. Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si. Dr. Andre Dwijanto Witjaksono, S.T., M.Si. Dr. Nadia Asandimitra Haryono, S.E., M.M. Prof. Dr. Dian Anita Nuswantara, S.E., M.Si., Ak. Dr. Yessy Artanti, S.E., M.Si. Dr. Ulil Hartono, S.E., M.Si. Dr. Raya Sulistyowati, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami tujuan kolokium dan dapat menyusun outline penelitian awal |
Outline penelitian disusun dengan jelas dan terstruktur |
Kriteria:
Rubrik analisis masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 4x50 menit |
|
Materi: Tujuan penelitian Pustaka: 2. Punch, K. F. (2014). Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches (3rd ed.). SAGE Publications. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi literatur relevan dan menyusun kajian teoritis |
Kajian teoritis tersusun dengan referensi yang valid |
Kriteria:
Rubrik evaluasi literatur Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4x50 menit |
|
Materi: Kajian Literatur Pustaka: 4. Jurnal ilmiah terkini sesuai bidang penelitian mahasiswa. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat merumuskan masalah penelitian secara spesifik dan relevan |
Rumusan masalah relevan dengan bidang kajian |
Kriteria:
Rubrik analisis masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4x50 menit |
|
Materi: Perumusan Masalah Penelitian Pustaka: 4. Jurnal ilmiah terkini sesuai bidang penelitian mahasiswa. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menyusun tujuan dan signifikansi penelitian |
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi proposal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 4x50 menit |
|
Materi: Tujuan dan Signifikansi Penelitian Pustaka: 4. Jurnal ilmiah terkini sesuai bidang penelitian mahasiswa. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat menyusun kerangka teori yang mendukung penelitian |
Kerangka teori sesuai dengan rumusan masalah |
Kriteria:
Rubrik analisis teori Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4x50 menit |
|
Materi: Kerangka Teori Pustaka: 2. Punch, K. F. (2014). Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches (3rd ed.). SAGE Publications. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu merancang metodologi penelitian yang relevan dan terukur |
Metodologi penelitian disusun dengan komprehensif |
Kriteria:
Rubrik evaluasi proposal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 4x50 menit |
|
Materi: Metodologi Penelitian Pustaka: 1. Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat menyusun instrumen penelitian yang sesuai |
Instrumen sesuai dengan kebutuhan penelitian |
Kriteria:
Rubrik evaluasi instrumen Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4x50 menit |
|
Materi: Metodologi Penelitian Pustaka: 1. Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications. Materi: Instrumen Penelitian Pustaka: 2. Punch, K. F. (2014). Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches (3rd ed.). SAGE Publications. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
- Kemampuan mempertahankan argumen
- Kemampuan mengemukakan gagasan penelitian
- Kemampuan berargumentasi secara akademik
|
Kriteria:
Penilaian UTS Bentuk Penilaian : Tes |
Luring 4x50 menit |
|
Materi: Strategi mempertahankan argumen, Teknik berdiskusi akademik, Etika dalam diskusi ilmiah Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal penelitian secara sistematis |
Proposal mencakup semua elemen dengan runtut |
Kriteria:
Rubrik presentasi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4x50 menit |
|
Materi: Proposal Penelitian Pustaka: 3. Buku panduan disertasi program studi. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat memberikan masukan konstruktif terhadap proposal penelitian sejawat |
Masukan yang diberikan relevan dan membangun |
Kriteria:
Rubrik peer review Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4x50 menit |
|
Materi: Masukan Konstruktif Pustaka: 4. Jurnal ilmiah terkini sesuai bidang penelitian mahasiswa. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mengolah data awal dengan metode yang sesuai |
Data awal diolah dengan metode yang relevan |
Kriteria:
Rubrik evaluasi data awal Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Luring 4x50 menit |
|
Materi: Mengolah Data Pustaka: 2. Punch, K. F. (2014). Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches (3rd ed.). SAGE Publications. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat mempresentasikan temuan awal secara profesional |
Temuan awal disampaikan secara sistematis dan menarik |
Kriteria:
Rubrik presentasi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4x50 menit |
|
Materi: Temuan Awal Pustaka: 1. Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan laporan akhir dalam kolokium |
Laporan disusun dengan substansi yang memadai |
Kriteria:
Laporan disusun dengan substansi yang memadai Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4x50 menit |
|
Materi: Laporan Akhir Kolokium Pustaka: 1. Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat memberikan umpan balik terhadap hasil penelitian sejawat |
Masukan relevan dan membangun terhadap penelitian sejawat |
Kriteria:
Rubrik peer review Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4x50 menit |
|
Materi: Umpan Balik Hasil Penelitian Pustaka: 2. Punch, K. F. (2014). Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches (3rd ed.). SAGE Publications. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menyelesaikan laporan final dan mempertahankan penelitian dalam kolokium akhir |
Laporan final memenuhi standar akademik yang ditetapkan |
Kriteria:
Rubrik laporan final |
Luring 4x50 menit |
|
Materi: Laporan Final Pustaka: 3. Buku panduan disertasi program studi. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
- Kemampuan mengidentifikasi masalah penelitian
- Kemampuan merumuskan masalah penelitian
- Kemampuan mengaitkan masalah penelitian dengan teori dan praktik
|
Kriteria:
Penilaian UAS Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Luring 4x50 menit |
|
Materi: Pengertian masalah penelitian, Langkah-langkah merumuskan masalah penelitian, Kajian teori dalam merumuskan masalah penelitian, Kebutuhan praktis dalam penelitian Manajemen Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Penilaian UAS Pustaka: |
10% |