Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Bahasa Inggris Anak Usia Dini

8620702252

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Eka Cahya Maulidiyah., S.Pd., M.Pd.




Sri Widayati, S.Pd., M.Pd.




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa

PLO-7

Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD.

PLO-8

Menguasai tahap perkembangan, konsep hidup sehat, dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan dan implementasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang keilmuan pendidikan anak usia dini sesuai kurikulum yang berlaku

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5PLO-7PLO-8
PO-1   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yangn harus ditempuh oleh mahasiswa S1 PG PAUD. Mata kuliah ini memberikan pandangan dan juga praktik tentang pengembangan bahasa inggris untuk anak usia dini. Adapun cakupan bahasan dalam mata kuliah ini adalah bahasa dan anak usia dini, pentingnya bahasa inggris untuk anak usia dini, pengembangan kurikulum dan manajemen kelas bahasa inggris, pembelajaran bahasa inggris untuk anak usia dini, dan menyusun kegiatan pembelajaran bahasa inggris untuk anak usia dini. Mata kuliah ini menggunakan strategi pembelajaran berupa ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi.

Pustaka

Utama :

  1. Azar, Betty Schrampfer and Stacy Hagen. 2014.Basic English Grammar Fourth Edition.New York: Pearson.
  2. Echols, John. M. dan Hassan Shadily. 2014.Kamus Inggris - Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  3. Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.

Pendukung :

  1. Widayati, S., & Adhe, K. R. (2020). Media Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dosen Pengampu

Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd.

FATIHA KHOIROTUNNISA ELFAHMI

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mapu mengetahui arah kajian pengembangan bahasa Inggris AUD

Memahami cakupan kajian yang akan dibahas dalam mata kuliah

Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yng sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
Materi: Pengembangan bahasa Inggris AUD
Pustaka: Azar, Betty Schrampfer and Stacy Hagen. 2014.Basic English Grammar Fourth Edition.New York: Pearson.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami korelasi bahasa dengan anak usia dini

  1. Memahami bahasa sebagai alat komunikasi manusia
  2. Memahami ragam bahasa
  3. Memahami perkembangan bahasa pada anak usia dini
Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yng sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Materi: Korelasi bahasa dengan anak usia dini
Pustaka: Widayati, S., & Adhe, K. R. (2020). Media Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami pentingnya bahasa inggris untuk AUD

  1. Mahasiswa memahami bahasa inggris merupakan bahasa global
  2. Mahasiswa mengidentifikasi pentingnya bahasa inggris untuk anak
Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Materi: Pentingnya bahasa inggris untuk AUD
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
5%

4

Minggu ke 4

  1. Mahasiswa mampu memahami prinsip kurikulum untuk pengembangan bahasa Inggris
  2. ahasiswa mampu memahami manajemen kelas dalam pembelajaran bahasa Inggris AUD
  1. Mahamahami jenis prinsip pengembangan kurikulum dalam pengembangan bahasa Inggris AUD
  2. Mengidentifikasi jenis kurikulum yang sesuai untuk lembaga tertentu
  3. Menentukan manajemen kelas yang tepat sesuai dengan kondisi tertentu
Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Materi: Prinsip kurikulum untuk pengembangan bahasa Inggris
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD

memahami cara menjadi guru bahasa inggris untuk AUD

Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Materi: Pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD

  1. Memahami teknik pembelajaran speaking untuk AUD
  2. Mengidentifikasi teknik pembelajaran yang sesuai dengan kondisi tertentu
Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Materi: Pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD

  1. Memahami teknik pembelajaran listening untuk anak usia dini
  2. Mengidentifikasi teknik pembelajaran listening yang sesuai dengan kondisi tertentu
Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Materi: Pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
5%

8

Minggu ke 8

Evaluasi tengah semester

Mahasiswa mampu mengerakan ujian tengah semester

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerakan ujian tengah semester dengan baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Case study
2 x 50
Case study
2 x 50
Materi: Evaluasi tengah semester
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD

  1. Memahami teknik pembelajaran writing untuk anak usia dini
  2. Mengidentifikasi teknik pembelajaran writing untuk AUD
Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Materi: Pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD
Pustaka: Echols, John. M. dan Hassan Shadily. 2014.Kamus Inggris - Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
10%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD

Identifikasi pembelajaran bahasa Inggris yang dilaksanakan di PAUD

Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Materi: Mahasiswa mampu memahami pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD
Pustaka: Echols, John. M. dan Hassan Shadily. 2014.Kamus Inggris - Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
5%

11

Minggu ke 11

Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD

Perencanaan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD

Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Materi: Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
5%

12

Minggu ke 12

Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD

Perencanaan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD

Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Materi: Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
5%

13

Minggu ke 13

Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD

Perencanaan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD

Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Materi: Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
5%

14

Minggu ke 14

Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD

Perencanaan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD

Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Materi: Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
5%

15

Minggu ke 15

Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD

Hasil pembelaaran bahasa Inggris AUD

Kriteria:

Kegiatan pembelajaran dapat diaplikasikan dan dibuktikan dengan video implementasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Materi: Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
5%

16

Minggu ke 16

Evaluasi Akhir Semester

Mahasiswa mampu mengerjakan ujian akhir semester

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan ujian akhir semester dengan baik


Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran berbasis proyek
2 x 50
Pembelajaran berbasis proyek
2 x 50
Materi: Evaluasi Akhir Semester
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 67.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 12.5%
3. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.