|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Bahasa Inggris Anak Usia Dini |
8620702252 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
2 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Eka Cahya Maulidiyah., S.Pd., M.Pd.
|
Sri Widayati, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa |
PLO-7 |
Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD. |
PLO-8 |
Menguasai tahap perkembangan, konsep hidup sehat, dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan dan implementasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang keilmuan pendidikan anak usia dini sesuai kurikulum yang berlaku
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yangn harus ditempuh oleh mahasiswa S1 PG PAUD. Mata kuliah ini memberikan pandangan dan juga praktik tentang pengembangan bahasa inggris untuk anak usia dini. Adapun cakupan bahasan dalam mata kuliah ini adalah bahasa dan anak usia dini, pentingnya bahasa inggris untuk anak usia dini, pengembangan kurikulum dan manajemen kelas bahasa inggris, pembelajaran bahasa inggris untuk anak usia dini, dan menyusun kegiatan pembelajaran bahasa inggris untuk anak usia dini. Mata kuliah ini menggunakan strategi pembelajaran berupa ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Azar, Betty Schrampfer and Stacy Hagen. 2014.Basic English Grammar Fourth Edition.New York: Pearson.
- Echols, John. M. dan Hassan Shadily. 2014.Kamus Inggris - Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
|
Pendukung : |
|
- Widayati, S., & Adhe, K. R. (2020). Media Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd. FATIHA KHOIROTUNNISA ELFAHMI |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mapu mengetahui arah kajian pengembangan bahasa Inggris AUD |
Memahami cakupan kajian yang akan dibahas dalam mata kuliah |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yng sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
|
Materi: Pengembangan bahasa Inggris AUD Pustaka: Azar, Betty Schrampfer and Stacy Hagen. 2014.Basic English Grammar Fourth Edition.New York: Pearson. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami korelasi bahasa dengan anak usia dini |
- Memahami bahasa sebagai alat komunikasi manusia
- Memahami ragam bahasa
- Memahami perkembangan bahasa pada anak usia dini
|
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yng sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Materi: Korelasi bahasa dengan anak usia dini Pustaka: Widayati, S., & Adhe, K. R. (2020). Media Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami pentingnya bahasa inggris untuk AUD |
- Mahasiswa memahami bahasa inggris merupakan bahasa global
- Mahasiswa mengidentifikasi pentingnya bahasa inggris untuk anak
|
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Materi: Pentingnya bahasa inggris untuk AUD Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mahasiswa mampu memahami prinsip kurikulum untuk pengembangan bahasa Inggris
- ahasiswa mampu memahami manajemen kelas dalam pembelajaran bahasa Inggris AUD
|
- Mahamahami jenis prinsip pengembangan kurikulum dalam pengembangan bahasa Inggris AUD
- Mengidentifikasi jenis kurikulum yang sesuai untuk lembaga tertentu
- Menentukan manajemen kelas yang tepat sesuai dengan kondisi tertentu
|
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Materi: Prinsip kurikulum untuk pengembangan bahasa Inggris Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD |
memahami cara menjadi guru bahasa inggris untuk AUD |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Materi: Pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD |
- Memahami teknik pembelajaran speaking untuk AUD
- Mengidentifikasi teknik pembelajaran yang sesuai dengan kondisi tertentu
|
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Materi: Pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD |
- Memahami teknik pembelajaran listening untuk anak usia dini
- Mengidentifikasi teknik pembelajaran listening yang sesuai dengan kondisi tertentu
|
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Materi: Pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Evaluasi tengah semester |
Mahasiswa mampu mengerakan ujian tengah semester |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerakan ujian tengah semester dengan baik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case study 2 x 50 |
Case study 2 x 50 |
Materi: Evaluasi tengah semester Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD |
- Memahami teknik pembelajaran writing untuk anak usia dini
- Mengidentifikasi teknik pembelajaran writing untuk AUD
|
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Materi: Pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD Pustaka: Echols, John. M. dan Hassan Shadily. 2014.Kamus Inggris - Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD |
Identifikasi pembelajaran bahasa Inggris yang dilaksanakan di PAUD |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Materi: Mahasiswa mampu memahami pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD Pustaka: Echols, John. M. dan Hassan Shadily. 2014.Kamus Inggris - Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD |
Perencanaan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Materi: Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD |
Perencanaan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Materi: Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD |
Perencanaan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Materi: Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD |
Perencanaan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Materi: Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD |
Hasil pembelaaran bahasa Inggris AUD |
Kriteria:
Kegiatan pembelajaran dapat diaplikasikan dan dibuktikan dengan video implementasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Materi: Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Evaluasi Akhir Semester |
Mahasiswa mampu mengerjakan ujian akhir semester |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan ujian akhir semester dengan baik Bentuk Penilaian : Tes |
Pembelajaran berbasis proyek 2 x 50 |
Pembelajaran berbasis proyek 2 x 50 |
Materi: Evaluasi Akhir Semester Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
20% |