Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi Islam

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Ekonomi Moneter Islam

6020203129

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Moh. Farih Fahmi, S.Pd., M.Pd.




Dr. Moh. Farih Fahmi, S.Pd., M.Pd.




Dr. Ahmad Ajib Ridlwan, S.Pd., M.SEI.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai konsep teoritis bidang Ekonomi Islam, Bisnis Islam dan Keuangan Islam secara umum dan khusus untuk menyelesaikan masalah secara prosedural sesuai dengan lingkup pekerjaannya.

PLO-9

Mampu mengaplikasikan keilmuan Ekonomi Islam, Bisnis Islam, dan Keuangan Islam dalam penyelesaian permasalahan dengan memanfaatkan IPTEKS.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu bekerja mandiri dalam menyelesaikan tugas

PO - 2

Mampu menguasai konsep-konsep teoritis Ekonomi Moneter Islam untuk menyelesaikan masalah

PO - 3

Mampu menerapkan pengetahuan Ekonomi Moneter Islam dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan berpikir logis, kritis, sistematis, dan kreatif

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5PLO-9
PO-1  
PO-2   
PO-3   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Ekonomi Moneter Islam membahas tentang konsep-konsep ekonomi moneter dalam perspektif Islam. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memahamkan mahasiswa tentang prinsip-prinsip ekonomi moneter yang sesuai dengan ajaran Islam, serta mampu menerapkannya dalam konteks keuangan Islam. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman tentang sistem moneter dalam Islam, instrumen keuangan syariah, kebijakan moneter dalam ekonomi Islam, serta peran lembaga keuangan syariah dalam menjaga stabilitas moneter.

Pustaka

Utama :

  1. Solikin M Juhro, Darsono, Ferry Syarifuddin, Ali Sakti Editor Muhamad Syafii Antonio. 2018. Kebijakan moneter syariah dalam sistem keuangan ganda : teori dan praktek. Jakarta : Tazkia Press
  2. Juhro, S.M., Syarifuddin, F., dan Sakti, A. 2020. Ekonomi Moneter Islam Suatu Pengantar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada
  3. Muhamad. 2018. Ekonomi Moneter Islam. Yogyakarta: UII Press.
  4. Zulkhibri, M., dan Manap, T.A.A. 2019. Islamic Monetary Economics and Institutions Theory and Practice. Switzerland: Springer.
  5. Egri, T., dan Orhanm Z.H. 2021. Islamic Monetary Economics. New York: Routledge.
  6. Chapra, H Umer. 2000. Sistem Moneter Islam. Jakarta: Gema Insani Pers
  7. Khamidah, K, et al. 2024. Buku Ajar Ekonomi Moneter Islam. Eureka Media Aksara: Purbalingga.

Pendukung :

  1. Nurafini et al. 2023. Macroeconomics Variable and Non-Performing MSMEs Financing: A Vector Autoregressive Analysis. International Journal of Communication, Humanities and Management.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem ekonomi Islam

  1. Mampu menjelaskan sistem ekonomi Islam
  2. Mampu menjelaskan konsep keadilan ekonomi
  3. Mampu menjelaskan peranan negara dalam sistem perekonomian
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan Diskusi Kelompok

Materi: Sistem ekonomi Islam, keadilan ekonomi, peran negara dalam sistem perekonomian
Pustaka: Chapra, H Umer. 2000. Sistem Moneter Islam. Jakarta: Gema Insani Pers

Materi: Sistem ekonomi Islam, keadilan ekonomi, peran negara dalam sistem perekonomian
Pustaka: Solikin M Juhro, Darsono, Ferry Syarifuddin, Ali Sakti Editor Muhamad Syafii Antonio. 2018. Kebijakan moneter syariah dalam sistem keuangan ganda : teori dan praktek. Jakarta : Tazkia Press

Materi: Sistem ekonomi Islam, keadilan ekonomi, peran negara dalam sistem perekonomian
Pustaka: Muhamad. 2018. Ekonomi Moneter Islam. Yogyakarta: UII Press.

Materi: Sistem ekonomi Islam, keadilan ekonomi, peran negara dalam sistem perekonomian
Pustaka: Khamidah, K, et al. 2024. Buku Ajar Ekonomi Moneter Islam. Eureka Media Aksara: Purbalingga.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem keuangan Islam

  1. Mampu menjelaskan pengertian dan prinsip sistem keuangan Islam
  2. Mampu menjelaskan instrumen keuangan Islam
  3. Mampu menjelaskan peran lembaga keuangan Islam
  4. Mampu menjelaskan infrastuktur sistem keuangan di Indonesia
Kuliah dan Diskusi Kelompok

Tugas:
Menganalisis artikel tentang sistem keuangan Islam dan mempresentasikannya

0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 5%
5%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.