Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pemerintahan Daerah

6320103653

T=3

P=0

ECTS=4.77

2

14 Maret 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Eva Hany Fanida, S.AP., M.AP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukan sikap bertanggungjawab sebagai Administrator Pemerintahan di daerah

PO - 2

Mampu menguraikan konsep teoritis dalam konteks Politik Pemerintahan Lokal

PO - 3

Mampu menganalisis interaksi antar aktor dalam penyusunan kebijakan dan manajemen publik di daerah

PO - 4

Mampu menganalisis teori politik dan interaksi antar aktor secara cara logis, kritis, sistematis dan inovatif yang berbasis Iptek yang humanis

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan gambaran serta penjelasan tentang konsep dasar pemerintahan daerah, azas penyelenggaraan pemerintahan daerah, pola hubungan pemerintahan pusat dan daerah, pembagian kewenangan serta konsep pemerintahan lokal. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan konsep dasar serta azas penyelenggaraan pemerintahan daerah dan juga mampu untuk menganalisis perbedaan antara kewenangan yang ada di pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

Pustaka

Utama :

  1. Afiffudin. 2014. Administrasi Pemerintahan Daerah . Graha Ilmu
  2. Mahmudi. 2012. Analisis Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah. UPP STIM YKPN
  3. Adisasmita, Rahardjo. 2011. Manajemen Pemerintahan Daerah. Graha Ilmu
  4. Smith, Kevin B. 2014. Governing States and Localities. SAGE Publication Ltd.
  5. Smith, Kevin B. 2014. State and Local Government. SAGE Publica Lions (Asia Pasifik)

Pendukung :

  1. Artikel Jurnal
  2. Regulasi (UU, PP, Perda dan lain lain)

Dosen Pengampu

Muhammad Farid Ma'ruf, S.Sos., M.AP.

Galih Wahyu Pradana, S.A.P., M.Si.

M. Noer Falaq Al Amin, SIP., M.KP.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar Administrasi Pemerintah Daerah

  1. Mahasiswa mampu menguraikan pengertian administrasi,pemerintahan, dan pemerintahan daerah
  2. Mahasiswa mampu mencirikan pemerintahan Unitarian dan federal
Kriteria:
  1. Ketepatan memahami konsep Admininistrasi
  2. Ketepatan dalam menjelaskan konsep pemerintahan negara dan pemerintahan di daerah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Mimbar, Tanya Jawab, FGD
2 X 50
Luring
Materi: Konsep Dasar Administrasi Pemerintah Daerah
Pustaka: Afiffudin. 2014. Administrasi Pemerintahan Daerah . Graha Ilmu
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjabarkan sejarah Pemerintahan Daerah di Indonesia

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pelaksanaan pemerintahan daerah di Indonesia dari waktu ke waktu
  2. Mahasiswa mampu membedakan pelaksanaan pemerintahan daerah di Indonesia sejak sebelum kemerdekaan sampai pasca reformasi
Kriteria:

Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati maupun menganalisa daerah dengan menggali potensi daerah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Tatap Muka
2 X 50

Materi: Konsep Politik dalam Pemerintahan Daerah
Pustaka: Smith, Kevin B. 2014. State and Local Government. SAGE Publica Lions (Asia Pasifik)
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjabarkan sejarah Pemerintahan Daerah di Indonesia

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pelaksanaan pemerintahan daerah di Indonesia dari waktu ke waktu
  2. Mahasiswa mampu membedakan pelaksanaan pemerintahan daerah di Indonesia sejak sebelum kemerdekaan sampai pasca reformasi
Kriteria:
  1. ketepatan menguraikan sejarah perkembangan praktek administrasi di indonesia
  2. kejelasan menguraikan praktek administrasi pemerintahan daerah di indonesia dari masa ke masa
  3. kelengkapan dalam menyampaikan data dan kajian praktek penyelenggaraan pemerintahan daerah diindonesia dari masa ke masa

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah Tatap Muka
2 X 50

Materi: Konsep Politik dalam Pemerintahan Daerah
Pustaka: Smith, Kevin B. 2014. State and Local Government. SAGE Publica Lions (Asia Pasifik)
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa menganalisa Sistem Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Indonesia dengan di beberapa Negara lain

  1. Ketepatan dalam mengidentifikasi aktor dalam penyusunan kebijakan di daerah
  2. Ketepatan menjabarkan hubungan antar aktor dalam penyusunan kebijakan publik di daerah
Kriteria:
  1. ketepatan dalam menjelaskan aktor dalam penyusunan kebijakan
  2. Kejelasan dalam menguraikan peran aktor dalam penyusunan kebijakan di daerah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Tatap Muka
2 X 50

Materi: Aktor-Aktor Pemerintah Daerah
Pustaka: Smith, Kevin B. 2014. Governing States and Localities. SAGE Publication Ltd.

Materi: Struktur Pemerintah Daerah
Pustaka: Adisasmita, Rahardjo. 2011. Manajemen Pemerintahan Daerah. Graha Ilmu
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa menganalisa Sistem Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Indonesia dengan di beberapa Negara lain

  1. Ketepatan dalam mengidentifikasi aktor dalam penyusunan kebijakan di daerah
  2. Ketepatan menjabarkan hubungan antar aktor dalam penyusunan kebijakan publik di daerah
Kriteria:

ketepatan menguraiakan Hubungan antar aktor dalam penyusunan kebijakan di p[emerintahan daerah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Tatap Muka
2 X 50

Materi: Aktor-Aktor Pemerintah Daerah
Pustaka: Smith, Kevin B. 2014. Governing States and Localities. SAGE Publication Ltd.

Materi: Struktur Pemerintah Daerah
Pustaka: Adisasmita, Rahardjo. 2011. Manajemen Pemerintahan Daerah. Graha Ilmu
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menjelaskan beberapa fungsi dan tugas penyelenggara pemerintah daerah.

  1. Mahasiswa mampu memerinci organ penyelenggara pemerintah daerah
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan TUPOKSI organ penyelenggara pemerintah daerah
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menjelaskan Struktur orgamnisasi penyelenggara pemerintah daerah
  2. Kejelasan dalam menguraiakan tugas dan Fungsi organisasi perangkat daerah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Mimbar Tanya Jawab
2 X 50

Materi: Sistem Penyelenggaraan Pemerintah Daerah
Pustaka: Adisasmita, Rahardjo. 2011. Manajemen Pemerintahan Daerah. Graha Ilmu
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menjelaskan beberapa fungsi dan tugas penyelenggara pemerintah daerah.

  1. Mahasiswa mampu memerinci organ penyelenggara pemerintah daerah
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan TUPOKSI organ penyelenggara pemerintah daerah
Kriteria:
  1. Kejelasan dalam menguraikan hubungan antar penyelenggara pemerintah daerah
  2. Ketepatan dalam menguraikan hubungan antara penyelenggara pemerintahan daerah dengan Organisasi Perangkat daerah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah Mimbar Tanya Jawab
2 X 50

Materi: Hubungan Antar Aktor
Pustaka: Afiffudin. 2014. Administrasi Pemerintahan Daerah . Graha Ilmu
5%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

Mahasiswa menguasai Materi Pertemuan pertama sampai Ketujuh

Kriteria:

Jumlah skor per butir soal


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Tertulis
3 X 50

Materi: Konsep Pemerintah Daerah
Pustaka: Afiffudin. 2014. Administrasi Pemerintahan Daerah . Graha Ilmu

Materi: Politik Lokal
Pustaka: Smith, Kevin B. 2014. State and Local Government. SAGE Publica Lions (Asia Pasifik)
15%

9

Minggu ke 9

Mampu menguraikan pemikiran inovativ yang berbasis IPTEK dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah

  1. Ketepatan menganalisis Pola pembagian dan kewenangan antara pemerintah pusat dengan Pemda.
  2. kejelasan menguraikan membedakan urusan pemerintah pusat dan daerah
Kriteria:

Rubrik: Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Tatap Muka
2 X 50

Materi: Pola Pembagian Kewenangan
Pustaka: Afiffudin. 2014. Administrasi Pemerintahan Daerah . Graha Ilmu
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menguraikan pemikiran inovativ yang berbasis IPTEK dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah

Ketepatan menganalsis penerapan IPTEK dalam penyelenggaraan Pemerintahan di daerah

Kriteria:

Rubrik: Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Tatap Muka
2 X 50

Materi: Penerapan IPTEK dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah
Pustaka: Smith, Kevin B. 2014. Governing States and Localities. SAGE Publication Ltd.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menguraikan pemikiran inovativ yang berbasis IPTEK dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah

Ketepatan menganalsis penerapan IPTEK dalam penyelenggaraan Pemerintahan di daerah

Kriteria:
  1. kejelasan dalam mengidentifikasi berbagai inovasi dalam IPTEK dan Egov di pemerintahan daerah
  2. Ketapatan dalam menganalisis inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Tatap Muka
2 X 50

Materi: Penerapan IPTEK dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah
Pustaka: Smith, Kevin B. 2014. Governing States and Localities. SAGE Publication Ltd.

Materi: Local E-Government
Pustaka: Smith, Kevin B. 2014. State and Local Government. SAGE Publica Lions (Asia Pasifik)
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mendeskripsikan peran Kepegawaian Pemerintah Daerah

Ketepatan menganalisis peran SDM dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah

Kriteria:

Rubrik: Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar Tanya jawab
2 X 50

Materi: Local E-Government
Pustaka: Smith, Kevin B. 2014. State and Local Government. SAGE Publica Lions (Asia Pasifik)
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mendeskripsikan peran Kepegawaian Pemerintah Daerah

Ketepatan menganalisis kompetensi SDM dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah

Kriteria:

ketepatan menganalisis kompetensi SDM di pemerintahan daerah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar Tanya jawab
2 X 50

Materi: Local E-Government
Pustaka: Smith, Kevin B. 2014. State and Local Government. SAGE Publica Lions (Asia Pasifik)
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mendeskripsikan peran Kepegawaian Pemerintah Daerah

Ketepatan menganalisis kompetensi SDM dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah

Kriteria:

ketepatan menganalisis kompetensi SDM di pemerintahan daerah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar Tanya jawab
2 X 50

Materi: Local E-Government
Pustaka: Smith, Kevin B. 2014. State and Local Government. SAGE Publica Lions (Asia Pasifik)
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mendeskripsikan peran Kepegawaian Pemerintah Daerah

Ketepatan menganalisis kompetensi SDM dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah

Kriteria:

ketepatan menganalisis kompetensi SDM di pemerintahan daerah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar Tanya jawab
2 X 50

Materi: Local E-Government
Pustaka: Smith, Kevin B. 2014. State and Local Government. SAGE Publica Lions (Asia Pasifik)
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mendeskripsikan peran Kepegawaian Pemerintah Daerah

Ketepatan menganalisis kompetensi SDM dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah

Kriteria:

ketepatan menganalisis kompetensi SDM di pemerintahan daerah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar Tanya jawab
2 X 50

Materi: Local E-Government
Pustaka: Smith, Kevin B. 2014. State and Local Government. SAGE Publica Lions (Asia Pasifik)
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 77.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 2.5%
4. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.