Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

REKAYASA PONDASI

2230502036

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dra. Nur Andajani, M.T.




.......................................




Puguh Novi Prasetyono, S.Pd., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pengertian dan fungsi pondasi, macam dan jenis pondasi serta pemahaman tentang perhitungan daya dukung pondasi, baik pondasi dangkal maupun pondasi dalam. Perhitungan daya dukung pondasi dangkal dengan tanah homogen dan tanah berlapis dengan beban vertikal sentris, sentris berinklinasi, dengan eksentrisitas satu dan dua arah, baik untuk tanah pasir maupun tanah lempung. Menghitung penurunan pondasi dangkal. Memberikan pemahaman tentang perhitungan daya dukung pondasi dalam tiang pancang untuk tanah pasir dan lempung, homogen dan tanah berlapis serta dinding penahan tanah.

Pustaka

Utama :

  1. Braja, M. Das 2012, “Principles Of Foundation Engineering”, PWS-KENT: Boston
  2. Hardiyatmo, H.C. 2002, “Teknik Pondasi I”, Penerbit Beta Offset, Yokyakarta.
  3. Andayani, Nur., 2012, “Pondasi Dangkal”, Jurusan Teknik Sipil Unesa.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Drs. Hasan Dani, M.T.

Arik Triarso, S.Pd., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami pengertian pondasi,fungsi utama pondasi, perhitungan daya dukung pondasi dangkal dgn rumus terzaghi

-Mampu menjelaskan pengertian & fungsi pondasi serta keruntuhan geser pond dangkal. - Mampu menghitung daya dukung pondasi dangkal dgn rumus terzaghi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2 X 50

3%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami Pondasi dangkal dgn beban sentris vertikal serta

Mampu menghitung daya dukung Pondasi dangkal dgn beban sentris vertikal dgn keruntuhan geser menyeluruh dan keruntuhan geser setempat

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab sertapemberian tugas
2 X 50

3%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami Pengaruh muka air tanah terhadap perhitugan daya dukung pondasi

Mampu menganalisis pengaruh muka air tanah terhadap perhitugan daya dukung pondasi -Mampu menghit daya dukung Pondasi dangkal dgn kondisi ada MAT

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab sertapemberian tugas
2 X 50

3%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami Pondasi dangkal dgn beban sentris berinklinasi & beban eksentris

Mampu menghitung daya dukung Pondasi dangkal dgn beban sentris berinklinasi & beban eksentris

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab sertapemberian tugas
2 X 50

5%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami Pondasi dangkal dgn beban sentris berinklinasi & beban eksentris

Mampu menghitung daya dukung Pondasi dangkal dgn beban sentris berinklinasi & beban eksentris

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab sertapemberian tugas
2 X 50

3%

6

Minggu ke 6

Mampu memahami Pondasi dangkal di atas lapisan tanah lempung

Mampu menghitung daya dukung Pondasi dangkal di atas lapisan tanah lempung

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab sertapemberian tugas
2 X 50

3%

7

Minggu ke 7

Mampu memahami Pondasi dangkal di atas lapisan tanah pasir

Mampu menghitung daya dukung Pondasi dangkal di atas lapisan tanah pasir

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab sertapemberian tugas
4 X 50

3%

8

Minggu ke 8

Mampu memahami Penurunan pondasi dangkal

Mampu menghitung Penurunan pondasi dangkal

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab sertapemberian tugas
4 X 50

20%

9

Minggu ke 9

Ujian Sub Sumatif

    Kriteria:

    Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif

    2 X 50

    3%

    10

    Minggu ke 10

    Mampu memahami pengertian pondasi dalam tiang pancang dan tiang bor, perhitungan secara umum pondasi tiang pancang.

    - Mhs dpt menjelaskan tent pengertian pondasi dalam.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
    2 X 50

    3%

    11

    Minggu ke 11

    Mahasiswa mampu memahami Pondasi dalam tiang pancang berdasarkan data laboratorium tanah pasir

    Mampu menghitung daya dukung Pondasi untuk tanah pasir homogen & pasir berlapis

    Kriteria:

    Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, diskusi, dan tanya jawab sertapemberian tugas
    2 X 50

    5%

    12

    Minggu ke 12

    Mahasiswa mampu memahami Pondasi dalam tiang pancang berdasarkan data laboratorium untuk tanah lempung homogen & lempung berlapis

    Mampu menghitung daya dukung Pondasi dalam tiang pancang berdasarkan data laboratorium untuk tanah lempung homogen & lempung berlapis

    Kriteria:
    1. - Mhs mendengarkn penjelasan dosen, tanya jawab & berdiskusi.
    2. - Mampu mengerjakan latihan soal.

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, diskusi, dan tanya jawab sertapemberian tugas
    2 X 50

    3%

    13

    Minggu ke 13

    Mahasiswa mampu memahami Pondasi dalam tiang pancang berdasarkan data sondir

    Mampu menghitung daya dukung Pondasi dalam tiang pancang berdasarkan data sondir

    Kriteria:

    Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, diskusi, dan tanya jawab sertapemberian tugas
    2 X 50

    3%

    14

    Minggu ke 14

    Mahasiswa mampu memahami Pondasi tiang pancang kelompok

    Mampu menghitung daya dukung Pondasi tiang pancang kelompok

    Kriteria:

    Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
    Ceramah, diskusi, dan tanya jawab sertapemberian tugas
    2 X 50

    5%

    15

    Minggu ke 15

    Mahasiswa mampu memahami Poer (Pile Cap)

    Mampu menghitung kekuatan Poer (Pile Cap)

    Kriteria:

    Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
    Ceramah, diskusi, dan tanya jawab sertapemberian tugas
    2 X 50

    5%

    16

    Minggu ke 16


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Tes


    30%



    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 67.5%
    2. Penilaian Portofolio 17.5%
    3. Tes 15%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.