Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Karate

8520203700

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

5

2 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Afifan Yulfadinata, S.Pd., M.Pd.




.......................................




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-6

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam mengelola dan melaksanakan program latihan elit bagi atlet karate. Fokus utama dari mata kuliah ini adalah pengembangan performa atlet melalui pendekatan ilmiah dan metode pelatihan yang terstruktur.

Pustaka

Utama :

  1. Clemente, F. M., & Nikolaidis, P. T. (2021). Training Load and Performance: Current Insights from Elite Team Sports. Sports, 9(3), 39.

Pendukung :

  1. Tabben, M., Sioud, R., Haddad, M., Franchini, E., Chaouachi, A., Tourny-Chollet, C., & Chamari, K. (2020). Physiological and Performance Responses during Karate Sparring: Differences between Weight Categories. Biology of Sport, 37(1), 69–75.
  2. Tabben, M., Ouergui, I., Sioud, R., Franchini, E., Chaouachi, A., & Chamari, K. (2021). Monitoring Training Load and Training Outcomes in Karate: A Case Study of an Elite Athlete. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(3), 1207.
  3. Granacher, U., Lesinski, M., Büsch, D., Muehlbauer, T., Prieske, O., & Behm, D. G. (2020). Effects of Resistance Training in Youth Athletes on Muscular Fitness and Athletic Performance: A Conceptual Model for Long-Term Athlete Development. Frontiers in Physiology, 11, 1013.
  4. Souissi, N., Gabbett, T. J., & Moalla, W. (2020). Tracking Training Load in Karate: Correlations between Internal and External Training Loads during Elite Karatekas Training. Sports, 8(3), 39.
  5. Ouergui, I., Hammouda, O., Chtourou, H., Gabbett, T. J., & Franchini, E. (2020). External and Internal Training Load in Combat Sports: A Brief Review. Journal of Strength and Conditioning Research, 34(3), 687-694.
  6. Slimani, M., Chaabene, H., Miarka, B., Franchini, E., Chamari, K., & Cheour, F. (2020). Kickboxing Review: Training, Physiological and Psychological Aspects. Biology of Sport, 37(4), 371-381.
  7. García-García, O., & Gómez-López, M. (2022). Effect of a Core Training Program on Dynamic Stability and Physical Performance in Karate Athletes. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(1), 320.
  8. Yulfadinata, A. (2022). High Intensity Interval Training Method Potentially Increases Muscle Strength in Karate Athletes. Journal of Physical Education and Sport (JPES), 22(12), 3051-3055.

Dosen Pengampu

Dr. David Agus Prianto, S.Pd., M.Pd.

Dr. Afifan Yulfadinata, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: Pendahuluan dan Ruang Lingkup Karate
Pustaka: Clemente, F. M., & Nikolaidis, P. T. (2021). Training Load and Performance: Current Insights from Elite Team Sports. Sports, 9(3), 39.
0%

2

Minggu ke 2



Materi: Prinsip Dasar Ilmu Kepelatihan
Pustaka:

Materi: Prinsip Dasar Ilmu Kepelatihan
Pustaka:

Materi: Prinsip Dasar Ilmu Kepelatihan
Pustaka:

Materi: Prinsip Dasar Ilmu Kepelatihan
Pustaka: Souissi, N., Gabbett, T. J., & Moalla, W. (2020). Tracking Training Load in Karate: Correlations between Internal and External Training Loads during Elite Karatekas Training. Sports, 8(3), 39.
0%

3

Minggu ke 3



Materi: Metodologi Pelatihan Karate
Pustaka: Clemente, F. M., & Nikolaidis, P. T. (2021). Training Load and Performance: Current Insights from Elite Team Sports. Sports, 9(3), 39.
0%

4

Minggu ke 4



Materi: Teknik Dasar Karate
Pustaka: García-García, O., & Gómez-López, M. (2022). Effect of a Core Training Program on Dynamic Stability and Physical Performance in Karate Athletes. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(1), 320.
0%

5

Minggu ke 5



Materi: Teknik Lanjutan Karate
Pustaka: García-García, O., & Gómez-López, M. (2022). Effect of a Core Training Program on Dynamic Stability and Physical Performance in Karate Athletes. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(1), 320.
0%

6

Minggu ke 6



Materi: Fisiologi Olahraga
Pustaka: Yulfadinata, A. (2022). High Intensity Interval Training Method Potentially Increases Muscle Strength in Karate Athletes. Journal of Physical Education and Sport (JPES), 22(12), 3051-3055.
0%

7

Minggu ke 7



Materi: Kekuatan dan Daya Tahan Atlet
Pustaka: Tabben, M., Sioud, R., Haddad, M., Franchini, E., Chaouachi, A., Tourny-Chollet, C., & Chamari, K. (2020). Physiological and Performance Responses during Karate Sparring: Differences between Weight Categories. Biology of Sport, 37(1), 69–75.
0%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes


Materi: Psikologi Olahraga
Pustaka: Souissi, N., Gabbett, T. J., & Moalla, W. (2020). Tracking Training Load in Karate: Correlations between Internal and External Training Loads during Elite Karatekas Training. Sports, 8(3), 39.
29%

9

Minggu ke 9



Materi: Nutrisi untuk Atlet Karate
Pustaka: Souissi, N., Gabbett, T. J., & Moalla, W. (2020). Tracking Training Load in Karate: Correlations between Internal and External Training Loads during Elite Karatekas Training. Sports, 8(3), 39.
0%

10

Minggu ke 10



Materi: Analisis Video dalam Pelatihan
Pustaka: Tabben, M., Ouergui, I., Sioud, R., Franchini, E., Chaouachi, A., & Chamari, K. (2021). Monitoring Training Load and Training Outcomes in Karate: A Case Study of an Elite Athlete. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(3), 1207.
0%

11

Minggu ke 11



Materi: Manajemen Program Latihan
Pustaka: Ouergui, I., Hammouda, O., Chtourou, H., Gabbett, T. J., & Franchini, E. (2020). External and Internal Training Load in Combat Sports: A Brief Review. Journal of Strength and Conditioning Research, 34(3), 687-694.
0%

12

Minggu ke 12



Materi: Pemulihan dan Pencegahan Cedera
Pustaka: Clemente, F. M., & Nikolaidis, P. T. (2021). Training Load and Performance: Current Insights from Elite Team Sports. Sports, 9(3), 39.
0%

13

Minggu ke 13



Materi: Etika dan Tanggung Jawab Pelatih
Pustaka: Clemente, F. M., & Nikolaidis, P. T. (2021). Training Load and Performance: Current Insights from Elite Team Sports. Sports, 9(3), 39.

Materi: Etika dan Tanggung Jawab Pelatih
Pustaka: García-García, O., & Gómez-López, M. (2022). Effect of a Core Training Program on Dynamic Stability and Physical Performance in Karate Athletes. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(1), 320.
0%

14

Minggu ke 14



Materi: Persiapan Kompetisi
Pustaka: García-García, O., & Gómez-López, M. (2022). Effect of a Core Training Program on Dynamic Stability and Physical Performance in Karate Athletes. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(1), 320.
0%

15

Minggu ke 15



Materi: Presentasi dan Ujian Akhir
Pustaka: Yulfadinata, A. (2022). High Intensity Interval Training Method Potentially Increases Muscle Strength in Karate Athletes. Journal of Physical Education and Sport (JPES), 22(12), 3051-3055.
0%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes


Materi: UAS Tulis
Pustaka: Clemente, F. M., & Nikolaidis, P. T. (2021). Training Load and Performance: Current Insights from Elite Team Sports. Sports, 9(3), 39.
70%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 21.25%
2. Penilaian Portofolio 14%
3. Penilaian Praktikum 21.25%
4. Praktik / Unjuk Kerja 21.25%
5. Tes 21.25%
99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.