Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Pembelajaran Sains Berbasis ICT

8400102072

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=5.04

2

25 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. I Gusti Made Sanjaya, M.Si




Dr. I Gusti Made Sanjaya, M.Si




Prof. Dr. Suyatno, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains

PLO-7

Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional

PLO-8

Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memanfaatkan dunia maya untuk mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa terkait dengan Pembelajaran Sains Berbasis TIK

PO - 2

Mahasiswa memiliki pengetahuan dan wawasan tentang pembelajaran sains berbasis TIK meliputi: Pembelajaran Sains Berbasis Industri 5.0 (Cyber Physical Systems, internet of things, networks), Pembelajaran Sains berbasis Online Learning, dan Pembelajaran Sains berbasis Blended Learning.

PO - 3

Mahasiswa memiliki keterampilan untuk melakukan reviu pustaka, menganalisis, merumuskan konsep tentang Pembelajaran Sains berbasis TIK serta mengomunikasikan kepada pihak lain.

PO - 4

Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab, objektif dalam mengidentifikasi isu-isu terkait Pembelajaran Sains Berbasis TIK.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini mengaji peran ICT dalam pembelajaran sains yang meliputi pembelajaran sains pada era Industri 5.0 yang menekankan pada cyber physical systems, internet of things, dan networks; implementasi ICT dalam pembelajaran sains; pembelajaran sains dengan online learning dan pembelajaran sains dengan blended learning yang berbasis web ataupun berbasis mobile melalui diskusi hasil review dan analisis pustaka, praktek komputasional sains, diskusi hasil review dan analisis course management system (CMS) atau learning management Systems (LMS) yang berbasis web ataupun mobile, pengembangan perangkat pembelajaran berbasis TIK, praktek menggunakan CMS atau LMS, analisis dan diskusi hasil praktek pembelajaran sains berbasis TIK, dan refleksi hasil pembelajaran sains berbasis TIK

Pustaka

Utama :

  1. Abhay Saxena, Durgesh Pant, Amit Saxena, Chandrashekhar Patel. (2020). Emergence of Educators for Industry 5.0 – An ndological Perspective. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering (IJITEE), 9(12), 359-363
  2. Gleason, Nancy W. (2018). Higher Education in the Era of the Fourth Industrial Revolution. Singapore: Springer Nature Singapore Pte Ltd.
  3. Team National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine. (2016). A 21st Century Cyber-Physical Systems Education. Washington, DC: The National Academies Press.
  4. Dr. Shahbaz Pervez, Shafiq ur Rehman, Dr Gasim Alandjani. (2018). Proceedings of ADVED 2018- 4th International Conference on Advances in Education and Social Sciences, 15-17 October 2018- Istanbul, Turkey
  5. Dr. Ovidiu Vermesan and Dr. Peter Friess (editor). (2016). Digitising the Industry Internet of Things Connecting the, Physical, Digital and Virtual Worlds. Netherlands: River Publishers
  6. Bates A.W. (2015). Teaching in a Digital Age. U.K.: a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
  7. Faithe Wempen. (2014). Computing Fundamentals. Digital Literacy Edition. UK: John Wiley & Sons Ltd.
  8. Pier Cesare Rivoltella. (2008). Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. USA: IGI Publishing
  9. Pier Cesare Rivoltella. (2008). Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. USA: IGI Publishing.
  10. OECD Team. (2016). Innovating Education and Educating for Innovation: The Power of Digital Technologies and Skills. Paris: OECD Publishing.

Pendukung :

  1. Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menganalisis orientasi pembelajaran sains pada era Industri 5.0

  1. Mengidentifikasi orientasi pembelajaran sains pada era industry 5.0
  2. Menganalisis komponen-komponen pembelajaran sains pada era industry 5.0
  3. Mengevaluasi efektivitas implementasi pembelajaran sains pada era 5.0
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi dan PjBL
2 X 50 menit
Presentasi, diskusi dan PjBL
2 X 50 menit
Materi: Orientasi pembelajaran sains pada era industri 5.0
Pustaka: OECD Team. (2016). Innovating Education and Educating for Innovation: The Power of Digital Technologies and Skills. Paris: OECD Publishing.

Materi: Orientasi pembelajaran sains pada era industri 5.0
Pustaka: Abhay Saxena, Durgesh Pant, Amit Saxena, Chandrashekhar Patel. (2020). Emergence of Educators for Industry 5.0 – An ndological Perspective. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering (IJITEE), 9(12), 359-363

Materi: Orientasi pembelajaran sains pada era industri 5.0
Pustaka: Gleason, Nancy W. (2018). Higher Education in the Era of the Fourth Industrial Revolution. Singapore: Springer Nature Singapore Pte Ltd.

Materi: Orientasi pembelajaran sains pada era industri 5.0
Pustaka: Pier Cesare Rivoltella. (2008). Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. USA: IGI Publishing.
5%

2

Minggu ke 2

Mengevaluasi free online courses dari berbagai perguruan tinggi internasional dalam pembelajaran sains

  1. Menggunakan beberapa contoh free online courses dari berbagai perguruan tinggi internasional
  2. Mengevaluasi keunggulan dan kekurangan free online courses dari berbagai perguruan tinggi internasional
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi dan PjBL
2 X 50 menit
Presentasi, diskusi dan PjBL
2 X 50 menit
Materi: https://www.edx.org dan https://www.coursera.org
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Mengevaluasi berbagai platform daring untuk pembelajaran sains

  1. Mengidentifikasi berbagai platform daring untuk pembelajaran sains
  2. Menganalisis komponen-komponen platform daring untuk pembelajaran sains
  3. Mengevaluasi keunggulan dan kelemahan berbagai platform daring untuk pembelajaran sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi dan PjBL
2 X 50 menit
Presentasi, diskusi dan PjBL
2 X 50 menit
Materi: Google Classroom, Moodle, Edmodo, Office Suite, dll.
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Menganalisis pembelajaran sains secara full online learning

  1. Mengidentifikasi beberapa contoh pembelajaran sains secara full online learning
  2. Menganalisis model, metode, strategi, dan pendekatan yang efektif dalam pembelajaran sains secara full online learning
  3. Mengevaluasi keunggulan dan kelemahan pembelajaran sains secara full online learning
  4. Mengembangkan contoh perangkat pembelajaran sains pada pembelajaran full online learning
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi dan PjBL
2 X 50 menit
Presentasi, diskusi dan PjBL
2 X 50 menit
Materi: Power Point
Pustaka: Bates A.W. (2015). Teaching in a Digital Age. U.K.: a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Materi: Power Point
Pustaka: Pier Cesare Rivoltella. (2008). Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. USA: IGI Publishing
10%

5

Minggu ke 5

Menganalisis pembelajaran sains secara full online learning

  1. Mengidentifikasi beberapa contoh pembelajaran sains secara full online learning
  2. Menganalisis model, metode, strategi, dan pendekatan yang efektif dalam pembelajaran sains secara full online learning
  3. Mengevaluasi keunggulan dan kelemahan pembelajaran sains secara full online learning
  4. Mengembangkan contoh perangkat pembelajaran sains pada pembelajaran full online learning
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi dan PjBL
2 X 50 menit
Presentasi, diskusi dan PjBL
2 X 50 menit
Materi: Power Point
Pustaka: Bates A.W. (2015). Teaching in a Digital Age. U.K.: a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Materi: Power Point
Pustaka: Pier Cesare Rivoltella. (2008). Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. USA: IGI Publishing
10%

6

Minggu ke 6

Menganalisis pembelajaran sains secara blended learning

  1. Mengidentifikasi beberapa contoh pembelajaran sains secara blended learning
  2. Menganalisis model, metode, strategi, dan pendekatan yang efektif dalam pembelajaran sains secara blended learning
  3. Mengevaluasi keunggulan dan kelemahan pembelajaran secara blended learning
  4. Mengembangkan contoh perangkat pembelajaran sains pada pembelajaran sains secara blended learning
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi dan PjBL
2 X 50 menit
Presentasi, diskusi dan PjBL
2 X 50 menit
Materi: Power Point
Pustaka: Bates A.W. (2015). Teaching in a Digital Age. U.K.: a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Materi: Power Point
Pustaka: Faithe Wempen. (2014). Computing Fundamentals. Digital Literacy Edition. UK: John Wiley & Sons Ltd.

Materi: Power Point
Pustaka: Pier Cesare Rivoltella. (2008). Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. USA: IGI Publishing
7%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8

Kemampuan akhir dari TM-1 sampai TM-7

Indikator dari TM-1 sampai TM-7

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS
2 X 50 menit
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS
2 X 50 menit
Materi: Topik pembelajaran dari TM-1 sampai TM-7
Pustaka:
5%

9

Minggu ke 9

Memahami penggunaan cyber physical systems dalam pembelajaran sains

  1. Mengidentifikasi pemanfaatan cyber physical systems dalam pembelajaran sains
  2. Mengevaluasi keberhasilan penggunaan cyber physical systems dalam pembelajaran sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi dan case method
2 X 50 menit
Presentasi, diskusi dan case method
2x50 menit
Materi: Power Point
Pustaka: Team National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine. (2016). A 21st Century Cyber-Physical Systems Education. Washington, DC: The National Academies Press.
5%

10

Minggu ke 10

Memahami pemanfaatan internet of thing dalam pembelajaran sains

  1. Mengidentifikasi pemanfaatan internet of thing dalam pembelajaran sains
  2. Mengevaluasi keberhasilan penggunaan internet of thing dalam pembelajaran sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi,diskusi dan case method
2 X 50 menit
Presentasi,diskusi dan case method
2 x 50 menit
Materi: Power Point
Pustaka: Dr. Ovidiu Vermesan and Dr. Peter Friess (editor). (2016). Digitising the Industry Internet of Things Connecting the, Physical, Digital and Virtual Worlds. Netherlands: River Publishers
5%

11

Minggu ke 11

Menganalisis penggunaan virtual reality dalam pembelajaran sains

  1. Mengidentifikasi jenis-jenis virtual reality dalam pembelajaran sains
  2. Menganalisis efektivitas virtual reality dalam pembelajaran sains
  3. Mengevaluasi keunggulan dan kekurangan virtual reality dalam pembelajaran sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi dan PjBL
2 X 50 menit
Presentasi, diskusi dan PjBL
2x50 menit
Materi: Power Point
Pustaka: Team National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine. (2016). A 21st Century Cyber-Physical Systems Education. Washington, DC: The National Academies Press.

Materi: Power Point
Pustaka: Dr. Ovidiu Vermesan and Dr. Peter Friess (editor). (2016). Digitising the Industry Internet of Things Connecting the, Physical, Digital and Virtual Worlds. Netherlands: River Publishers
5%

12

Minggu ke 12

Menganalisis penggunaan augmented reality dalam pembelajaran sains

  1. Mengidentifikasi jenis-jenis augmented reality dalam pembelajaran sains
  2. Menganalisis efektivitas augmented reality dalam pembelajaran sains
  3. Mengevaluasi keunggulan dan kekurangan augmented reality dalam pembelajaran sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi dan PjBL
2 X 50 menit
Presentasi, diskusi dan PjBL
2x50 menit
Materi: Power Point
Pustaka: Dr. Shahbaz Pervez, Shafiq ur Rehman, Dr Gasim Alandjani. (2018). Proceedings of ADVED 2018- 4th International Conference on Advances in Education and Social Sciences, 15-17 October 2018- Istanbul, Turkey

Materi: Power Point
Pustaka: Bates A.W. (2015). Teaching in a Digital Age. U.K.: a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
7%

13

Minggu ke 13

Menganalisis penggunaan Artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran sains

  1. Mengidentifikasi pemanfaatan Artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran sains
  2. Mengevaluasi keberhasilan penggunaan Artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi dan PjBL
2 X 50 menit
Presentasi, diskusi dan PjBL
2 x 50 menit
Materi: Power Point
Pustaka: Bates A.W. (2015). Teaching in a Digital Age. U.K.: a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Materi: Power Point
Pustaka: Faithe Wempen. (2014). Computing Fundamentals. Digital Literacy Edition. UK: John Wiley & Sons Ltd.

Materi: Power Point
Pustaka: Pier Cesare Rivoltella. (2008). Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. USA: IGI Publishing
7%

14

Minggu ke 14

Menganalisis penggunaan machine learning dalam pembelajaran sains

  1. Menganalisis penggunaan machine learning dalam pembelajaran sains
  2. pemanfaatan machine learning dalam pembelajaran sains
  3. Mengevaluasi keberhasilan penggunaan machine learning dalam pembelajaran sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi dan PjBL
2 X 50 menit
Presentasi, diskusi dan PjBL
2x 50 menit
Materi: Power Point
Pustaka: Bates A.W. (2015). Teaching in a Digital Age. U.K.: a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Materi: Power Point
Pustaka: Faithe Wempen. (2014). Computing Fundamentals. Digital Literacy Edition. UK: John Wiley & Sons Ltd.

Materi: Power Point
Pustaka: Pier Cesare Rivoltella. (2008). Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. USA: IGI Publishing
7%

15

Minggu ke 15

Menganalisis penggunaan deep learning dalam pembelajaran sains

  1. Mengidentifikasi pemanfaatan deep learning dalam pembelajaran sains
  2. Mengevaluasi keberhasilan penggunaan deep learning dalam pembelajaran sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi dan PjBL
2 X 50 menit
Presentasi, diskusi dan PjBL
2 X 50 menit
Materi: Power Point
Pustaka: Bates A.W. (2015). Teaching in a Digital Age. U.K.: a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Materi: Power Point
Pustaka: Faithe Wempen. (2014). Computing Fundamentals. Digital Literacy Edition. UK: John Wiley & Sons Ltd.

Materi: Power Point
Pustaka: Pier Cesare Rivoltella. (2008). Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. USA: IGI Publishing
5%

16

Minggu ke 16

Kemampuan akhir dari TM-9 sampai TM-15

Indikator dari TM-9 sampai TM-15

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS
2 X 50 menit
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS
2 X 50 menit
Materi: Topik pembelajaran dari TM-9 sampai TM-15
Pustaka:
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 93%
93%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.