|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Pembelajaran Sains Berbasis ICT |
8400102072 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
2 |
25 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. I Gusti Made Sanjaya, M.Si
|
Dr. I Gusti Made Sanjaya, M.Si
|
Prof. Dr. Suyatno, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional |
PLO-8 |
Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memanfaatkan dunia maya untuk mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa terkait dengan Pembelajaran Sains Berbasis TIK
|
PO - 2 |
Mahasiswa memiliki pengetahuan dan wawasan tentang pembelajaran sains berbasis TIK meliputi: Pembelajaran Sains Berbasis Industri 5.0 (Cyber Physical Systems, internet of things, networks), Pembelajaran Sains berbasis Online Learning, dan Pembelajaran Sains berbasis Blended Learning.
|
PO - 3 |
Mahasiswa memiliki keterampilan untuk melakukan reviu pustaka, menganalisis, merumuskan konsep tentang Pembelajaran Sains berbasis TIK serta mengomunikasikan kepada pihak lain.
|
PO - 4 |
Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab, objektif dalam mengidentifikasi isu-isu terkait Pembelajaran Sains Berbasis TIK.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | | | | | PO-2 | | | | | | PO-3 | | | | | | PO-4 | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini mengaji peran ICT dalam pembelajaran sains yang meliputi pembelajaran sains pada era Industri 5.0 yang menekankan pada cyber physical systems, internet of things, dan networks; implementasi ICT dalam pembelajaran sains; pembelajaran sains dengan online learning dan pembelajaran sains dengan blended learning yang berbasis web ataupun berbasis mobile melalui diskusi hasil review dan analisis pustaka, praktek komputasional sains, diskusi hasil review dan analisis course management system (CMS) atau learning management Systems (LMS) yang berbasis web ataupun mobile, pengembangan perangkat pembelajaran berbasis TIK, praktek menggunakan CMS atau LMS, analisis dan diskusi hasil praktek pembelajaran sains berbasis TIK, dan refleksi hasil pembelajaran sains berbasis TIK |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Abhay Saxena, Durgesh Pant, Amit Saxena, Chandrashekhar Patel. (2020). Emergence of Educators for Industry 5.0 – An ndological Perspective. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering (IJITEE), 9(12), 359-363
- Gleason, Nancy W. (2018). Higher Education in the Era of the Fourth Industrial Revolution. Singapore: Springer Nature Singapore Pte Ltd.
- Team National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine. (2016). A 21st Century Cyber-Physical Systems Education. Washington, DC: The National Academies Press.
- Dr. Shahbaz Pervez, Shafiq ur Rehman, Dr Gasim Alandjani. (2018). Proceedings of ADVED 2018- 4th International Conference on Advances in Education and Social Sciences, 15-17 October 2018- Istanbul, Turkey
- Dr. Ovidiu Vermesan and Dr. Peter Friess (editor). (2016). Digitising the Industry Internet of Things Connecting the, Physical, Digital and Virtual Worlds. Netherlands: River Publishers
- Bates A.W. (2015). Teaching in a Digital Age. U.K.: a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Faithe Wempen. (2014). Computing Fundamentals. Digital Literacy Edition. UK: John Wiley & Sons Ltd.
- Pier Cesare Rivoltella. (2008). Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. USA: IGI Publishing
- Pier Cesare Rivoltella. (2008). Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. USA: IGI Publishing.
- OECD Team. (2016). Innovating Education and Educating for Innovation: The Power of Digital Technologies and Skills. Paris: OECD Publishing.
|
Pendukung : |
|
- Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menganalisis orientasi pembelajaran sains pada era Industri 5.0 |
- Mengidentifikasi orientasi pembelajaran sains pada era industry 5.0
- Menganalisis komponen-komponen pembelajaran sains pada era industry 5.0
- Mengevaluasi efektivitas implementasi pembelajaran sains pada era 5.0
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2 X 50 menit |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2 X 50 menit |
Materi: Orientasi pembelajaran sains pada era industri 5.0 Pustaka: OECD Team. (2016). Innovating Education and Educating for Innovation: The Power of Digital Technologies and Skills. Paris: OECD Publishing. Materi: Orientasi pembelajaran sains pada era industri 5.0 Pustaka: Abhay Saxena, Durgesh Pant, Amit Saxena, Chandrashekhar Patel. (2020). Emergence of Educators for Industry 5.0 – An ndological Perspective. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering (IJITEE), 9(12), 359-363 Materi: Orientasi pembelajaran sains pada era industri 5.0 Pustaka: Gleason, Nancy W. (2018). Higher Education in the Era of the Fourth Industrial Revolution. Singapore: Springer Nature Singapore Pte Ltd. Materi: Orientasi pembelajaran sains pada era industri 5.0 Pustaka: Pier Cesare Rivoltella. (2008). Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. USA: IGI Publishing. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mengevaluasi free online courses dari berbagai perguruan tinggi internasional dalam pembelajaran sains |
- Menggunakan beberapa contoh free online courses dari berbagai perguruan tinggi internasional
- Mengevaluasi keunggulan dan kekurangan free online courses dari berbagai perguruan tinggi internasional
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2 X 50 menit |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2 X 50 menit |
Materi: https://www.edx.org dan https://www.coursera.org Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mengevaluasi berbagai platform daring untuk pembelajaran sains |
- Mengidentifikasi berbagai platform daring untuk pembelajaran sains
- Menganalisis komponen-komponen platform daring untuk pembelajaran sains
- Mengevaluasi keunggulan dan kelemahan berbagai platform daring untuk pembelajaran sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2 X 50 menit |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2 X 50 menit |
Materi: Google Classroom, Moodle, Edmodo, Office Suite, dll. Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis pembelajaran sains secara full online learning |
- Mengidentifikasi beberapa contoh pembelajaran sains secara full online learning
- Menganalisis model, metode, strategi, dan pendekatan yang efektif dalam pembelajaran sains secara full online learning
- Mengevaluasi keunggulan dan kelemahan pembelajaran sains secara full online learning
- Mengembangkan contoh perangkat pembelajaran sains pada pembelajaran full online learning
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2 X 50 menit |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2 X 50 menit |
Materi: Power Point Pustaka: Bates A.W. (2015). Teaching in a Digital Age. U.K.: a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Materi: Power Point Pustaka: Pier Cesare Rivoltella. (2008). Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. USA: IGI Publishing |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis pembelajaran sains secara full online learning |
- Mengidentifikasi beberapa contoh pembelajaran sains secara full online learning
- Menganalisis model, metode, strategi, dan pendekatan yang efektif dalam pembelajaran sains secara full online learning
- Mengevaluasi keunggulan dan kelemahan pembelajaran sains secara full online learning
- Mengembangkan contoh perangkat pembelajaran sains pada pembelajaran full online learning
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2 X 50 menit |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2 X 50 menit |
Materi: Power Point Pustaka: Bates A.W. (2015). Teaching in a Digital Age. U.K.: a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Materi: Power Point Pustaka: Pier Cesare Rivoltella. (2008). Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. USA: IGI Publishing |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis pembelajaran sains secara blended learning |
- Mengidentifikasi beberapa contoh pembelajaran sains secara blended learning
- Menganalisis model, metode, strategi, dan pendekatan yang efektif dalam pembelajaran sains secara blended learning
- Mengevaluasi keunggulan dan kelemahan pembelajaran secara blended learning
- Mengembangkan contoh perangkat pembelajaran sains pada pembelajaran sains secara blended learning
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2 X 50 menit |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2 X 50 menit |
Materi: Power Point Pustaka: Bates A.W. (2015). Teaching in a Digital Age. U.K.: a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Materi: Power Point Pustaka: Faithe Wempen. (2014). Computing Fundamentals. Digital Literacy Edition. UK: John Wiley & Sons Ltd. Materi: Power Point Pustaka: Pier Cesare Rivoltella. (2008). Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. USA: IGI Publishing |
7% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Kemampuan akhir dari TM-1 sampai TM-7 |
Indikator dari TM-1 sampai TM-7 |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS 2 X 50 menit |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS 2 X 50 menit |
Materi: Topik pembelajaran dari TM-1 sampai TM-7 Pustaka: |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami penggunaan cyber physical systems dalam pembelajaran sains |
- Mengidentifikasi pemanfaatan cyber physical systems dalam pembelajaran sains
- Mengevaluasi keberhasilan penggunaan cyber physical systems dalam pembelajaran sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi dan case method 2 X 50 menit |
Presentasi, diskusi dan case method 2x50 menit |
Materi: Power Point Pustaka: Team National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine. (2016). A 21st Century Cyber-Physical Systems Education. Washington, DC: The National Academies Press. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami pemanfaatan internet of thing dalam pembelajaran sains |
- Mengidentifikasi pemanfaatan internet of thing dalam pembelajaran sains
- Mengevaluasi keberhasilan penggunaan internet of thing dalam pembelajaran sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi,diskusi dan case method 2 X 50 menit |
Presentasi,diskusi dan case method 2 x 50 menit |
Materi: Power Point Pustaka: Dr. Ovidiu Vermesan and Dr. Peter Friess (editor). (2016). Digitising the Industry Internet of Things Connecting the, Physical, Digital and Virtual Worlds. Netherlands: River Publishers |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis penggunaan virtual reality dalam pembelajaran sains |
- Mengidentifikasi jenis-jenis virtual reality dalam pembelajaran sains
- Menganalisis efektivitas virtual reality dalam pembelajaran sains
- Mengevaluasi keunggulan dan kekurangan virtual reality dalam pembelajaran sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2 X 50 menit |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2x50 menit |
Materi: Power Point Pustaka: Team National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine. (2016). A 21st Century Cyber-Physical Systems Education. Washington, DC: The National Academies Press. Materi: Power Point Pustaka: Dr. Ovidiu Vermesan and Dr. Peter Friess (editor). (2016). Digitising the Industry Internet of Things Connecting the, Physical, Digital and Virtual Worlds. Netherlands: River Publishers |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis penggunaan augmented reality dalam pembelajaran sains |
- Mengidentifikasi jenis-jenis augmented reality dalam pembelajaran sains
- Menganalisis efektivitas augmented reality dalam pembelajaran sains
- Mengevaluasi keunggulan dan kekurangan augmented reality dalam pembelajaran sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2 X 50 menit |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2x50 menit |
Materi: Power Point Pustaka: Dr. Shahbaz Pervez, Shafiq ur Rehman, Dr Gasim Alandjani. (2018). Proceedings of ADVED 2018- 4th International Conference on Advances in Education and Social Sciences, 15-17 October 2018- Istanbul, Turkey Materi: Power Point Pustaka: Bates A.W. (2015). Teaching in a Digital Age. U.K.: a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Menganalisis penggunaan Artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran sains |
- Mengidentifikasi pemanfaatan Artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran sains
- Mengevaluasi keberhasilan penggunaan Artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2 X 50 menit |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2 x 50 menit |
Materi: Power Point Pustaka: Bates A.W. (2015). Teaching in a Digital Age. U.K.: a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Materi: Power Point Pustaka: Faithe Wempen. (2014). Computing Fundamentals. Digital Literacy Edition. UK: John Wiley & Sons Ltd. Materi: Power Point Pustaka: Pier Cesare Rivoltella. (2008). Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. USA: IGI Publishing |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Menganalisis penggunaan machine learning dalam pembelajaran sains |
- Menganalisis penggunaan machine learning dalam pembelajaran sains
- pemanfaatan machine learning dalam pembelajaran sains
- Mengevaluasi keberhasilan penggunaan machine learning dalam pembelajaran sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2 X 50 menit |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2x 50 menit |
Materi: Power Point Pustaka: Bates A.W. (2015). Teaching in a Digital Age. U.K.: a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Materi: Power Point Pustaka: Faithe Wempen. (2014). Computing Fundamentals. Digital Literacy Edition. UK: John Wiley & Sons Ltd. Materi: Power Point Pustaka: Pier Cesare Rivoltella. (2008). Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. USA: IGI Publishing |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis penggunaan deep learning dalam pembelajaran sains |
- Mengidentifikasi pemanfaatan deep learning dalam pembelajaran sains
- Mengevaluasi keberhasilan penggunaan deep learning dalam pembelajaran sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2 X 50 menit |
Presentasi, diskusi dan PjBL 2 X 50 menit |
Materi: Power Point Pustaka: Bates A.W. (2015). Teaching in a Digital Age. U.K.: a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Materi: Power Point Pustaka: Faithe Wempen. (2014). Computing Fundamentals. Digital Literacy Edition. UK: John Wiley & Sons Ltd. Materi: Power Point Pustaka: Pier Cesare Rivoltella. (2008). Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. USA: IGI Publishing |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Kemampuan akhir dari TM-9 sampai TM-15 |
Indikator dari TM-9 sampai TM-15 |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS 2 X 50 menit |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS 2 X 50 menit |
Materi: Topik pembelajaran dari TM-9 sampai TM-15 Pustaka: |
5% |