Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PLP 1

8520201583

T=0

P=0

ECTS=0

4

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah wajib tempuh mahasiswa pendidikan jenjang S-1yang berisi penugasan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan hasil belajar melalui pengamatan proses pembelajaran di sekolah/lembaga pendidikan, perlatihan mengembangkan perangkat pembelajaran, dan belajar mengajar terbimbing, serta disertai tindakan reflektif di bawah bimbingan dan pengawasan dosen pembimbing dan guru pamong secara berjenjang.

Pustaka

Utama :

  1. Direktorat Pembelajaran Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan. 2017. Panduan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan Program Sarjana Pendidikan . Jakarta.
  2. Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 2017. Permenristekdikti-Nomor-55-Tahun-2017. Jakarta.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Wijono, M.Pd.

Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan

  1. mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
  2. mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
  3. mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
  4. mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
  5. mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
  6. mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
  7. mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
observasi dan praktek terbimbing
4 X 50

0%

2

Minggu ke 2

mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan

  1. mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
  2. mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
  3. mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
  4. mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
  5. mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
  6. mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
  7. mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
observasi dan praktek terbimbing
4 X 50

0%

3

Minggu ke 3

mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan

  1. mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
  2. mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
  3. mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
  4. mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
  5. mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
  6. mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
  7. mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
observasi dan praktek terbimbing
4 X 50

0%

4

Minggu ke 4

mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan

  1. mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
  2. mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
  3. mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
  4. mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
  5. mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
  6. mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
  7. mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
observasi dan praktek terbimbing
4 X 50

0%

5

Minggu ke 5

mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan

  1. mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
  2. mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
  3. mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
  4. mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
  5. mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
  6. mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
  7. mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
observasi dan praktek terbimbing
4 X 50

0%

6

Minggu ke 6

mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan

  1. mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
  2. mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
  3. mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
  4. mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
  5. mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
  6. mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
  7. mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
observasi dan praktek terbimbing
4 X 50

0%

7

Minggu ke 7

mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan

  1. mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
  2. mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
  3. mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
  4. mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
  5. mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
  6. mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
  7. mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
observasi dan praktek terbimbing
4 X 50

0%

8

Minggu ke 8

mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan

  1. mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
  2. mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
  3. mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
  4. mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
  5. mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
  6. mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
  7. mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
observasi dan praktek terbimbing
4 X 50

0%

9

Minggu ke 9

mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan

  1. mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
  2. mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
  3. mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
  4. mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
  5. mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
  6. mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
  7. mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
observasi dan praktek terbimbing
4 X 50

0%

10

Minggu ke 10

mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan

  1. mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
  2. mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
  3. mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
  4. mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
  5. mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
  6. mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
  7. mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
observasi dan praktek terbimbing
4 X 50

0%

11

Minggu ke 11

kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan

mampu melaksanakan latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing PLP, dengan tujuan merasakan langsung proses pembelajaran, serta pemantapan jati diri calon pendidik

praktek terbimbing
4 X 50

0%

12

Minggu ke 12

kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan

mampu melaksanakan latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing PLP, dengan tujuan merasakan langsung proses pembelajaran, serta pemantapan jati diri calon pendidik

praktek terbimbing
4 X 50

0%

13

Minggu ke 13

kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan

mampu melaksanakan latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing PLP, dengan tujuan merasakan langsung proses pembelajaran, serta pemantapan jati diri calon pendidik

praktek terbimbing
4 X 50

0%

14

Minggu ke 14

kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan

mampu melaksanakan latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing PLP, dengan tujuan merasakan langsung proses pembelajaran, serta pemantapan jati diri calon pendidik

praktek terbimbing
4 X 50

0%

15

Minggu ke 15

kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan

mampu melaksanakan latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing PLP, dengan tujuan merasakan langsung proses pembelajaran, serta pemantapan jati diri calon pendidik

praktek terbimbing
4 X 50

0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.