|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
PLP 1 |
8520201583 |
|
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
4 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah wajib tempuh mahasiswa pendidikan jenjang S-1yang berisi penugasan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan hasil belajar melalui pengamatan proses pembelajaran di sekolah/lembaga pendidikan, perlatihan mengembangkan perangkat pembelajaran, dan belajar mengajar terbimbing, serta disertai tindakan reflektif di bawah bimbingan dan pengawasan dosen pembimbing dan guru pamong secara berjenjang. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Direktorat Pembelajaran Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan. 2017. Panduan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan Program Sarjana Pendidikan . Jakarta.
- Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 2017. Permenristekdikti-Nomor-55-Tahun-2017. Jakarta.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Wijono, M.Pd. Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan |
- mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
- mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
- mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
- mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
- mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
|
|
observasi dan praktek terbimbing 4 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan |
- mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
- mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
- mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
- mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
- mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
|
|
observasi dan praktek terbimbing 4 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan |
- mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
- mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
- mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
- mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
- mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
|
|
observasi dan praktek terbimbing 4 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan |
- mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
- mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
- mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
- mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
- mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
|
|
observasi dan praktek terbimbing 4 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan |
- mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
- mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
- mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
- mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
- mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
|
|
observasi dan praktek terbimbing 4 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan |
- mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
- mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
- mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
- mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
- mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
|
|
observasi dan praktek terbimbing 4 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan |
- mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
- mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
- mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
- mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
- mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
|
|
observasi dan praktek terbimbing 4 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan |
- mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
- mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
- mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
- mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
- mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
|
|
observasi dan praktek terbimbing 4 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan |
- mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
- mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
- mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
- mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
- mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
|
|
observasi dan praktek terbimbing 4 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
mempunyai kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan |
- mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
- mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
- mampu membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi
- mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
- mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler
- mampu membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru
|
|
observasi dan praktek terbimbing 4 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan |
mampu melaksanakan latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing PLP, dengan tujuan merasakan langsung proses pembelajaran, serta pemantapan jati diri calon pendidik |
|
praktek terbimbing 4 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan |
mampu melaksanakan latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing PLP, dengan tujuan merasakan langsung proses pembelajaran, serta pemantapan jati diri calon pendidik |
|
praktek terbimbing 4 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan |
mampu melaksanakan latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing PLP, dengan tujuan merasakan langsung proses pembelajaran, serta pemantapan jati diri calon pendidik |
|
praktek terbimbing 4 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan |
mampu melaksanakan latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing PLP, dengan tujuan merasakan langsung proses pembelajaran, serta pemantapan jati diri calon pendidik |
|
praktek terbimbing 4 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
kemantapan kepribadian sebagai calon guru, konselor, fasilitator, serta berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan |
mampu melaksanakan latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing PLP, dengan tujuan merasakan langsung proses pembelajaran, serta pemantapan jati diri calon pendidik |
|
praktek terbimbing 4 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |