Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S3 Pendidikan Vokasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kajian Manajemen, Kepemimpinan dan Kebijakan Vokasi

8300102245

T=2

P=0

ECTS=5.04

1

23 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Muchlas Samani, M.Pd




Prof. Dr. Tri Wrahatnolo, M.Pd., M.T




Dr. Ratna Suhartini, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai filsafat ilmu, filsafat, konsep dan teori dalam bidang pendidikan vokasi dan ilmu murni dalam bidangnya

PLO-6

Mampu mengkaji teori kependidikan vokasi secara mendalam dan interdisipliner ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di dalam bidang keilmuan vokasi melalui inter, multi/trandisipliner

PLO-7

Mampu menganalisis metodologi penelitian bidang pendidikan dan keilmuan vokasi secara komprehensif dan kontekstual melalui riset

PLO-8

Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat

PLO-10

Mampu menyelesaikan masalah pendidikan dan pembelajaran dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, orijinal, teruji, dan bermanfaat bagi pengembangan keilmuan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, orijinal, teruji, dan bermanfaat bagi pengembangan keilmuan bidang Kajian Menajemen Kepemimpinan dan Kebijakan Pendidikan Vokasi.

PO - 2

Mampu mengkomunikasikan ide-ide secara ilmiah, baik lisan maupun tertulis dalam bidang Kajian Menajemen Kepemimpinan dan Kebijakan Pendidikan Vokasi.

PO - 3

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, dan bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan yang diimplementasikan dalam bentuk inovasi bidang Kajian Menajemen Kepemimpinan dan Kebijakan Pendidikan Vokasi.

PO - 4

Mampu menyusun paper/karya ilmiah tentang Kajian Menajemen Kepemimpinan dan Kebijakan dalam pendidikan mencakup kajian teoritis dan/atau empirik pada bidang Pendidikan Vokasi yang diharapkan dalam bentuk draft artikel yang diterbitkan dalam seminar internasional atau jurnal internasional bereputasi.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8PLO-10
PO-1      
PO-2   
PO-3     
PO-4     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian mengenai Standar, values, dan praktik kepemimpinan; Konteks dan perspektif kepemimpinan dalam pendidikan; Teori dan praktek kepemimpinan dalam pendidikan; Kepemimpinan Pendidikan;Kepemimpinan menurut sistem dan konteks;Strategic Leadership, Responsible Leadership, Community Based Leadership, dan Culturally Relevant Leadership; Proses Relasional dalam Kepemimpinan: Servant Leadership, Proses Relasional dalam Kepemimpinan:Ethical Leadership, Narcissistic Leadership;Kepemimpinan Pendidikan yang berpengaruh: Authentic Leadership, Spiritual Leadership, Positive Leadership; Reformasi sosial, kekuasaan, peran, dan relasi dalam kepemimpinan pendidikan; Hukum dan kebijakan dalam pendidikan;Kebijakan pendidikan dalam perspektif sejarah-pengambilan keputusan dan perubahan sosial, kebijakan, politic dan ideologi; Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: Praktek kebijakan, globalisasi dan pendidikan, pendidikan untuk keadilan sosial, kebijakan sistem persekolahan, kebijakan penerapan kurikulum, kebijakan, praktek, dan profesionalisme pendidik dan instruktur TVET. Pembelajaran diselenggarakan dengan menggunakan pendekatan yang berpusat pada mahasiswa, yaitu inquiry-based learning dan project-based learning dengan metode pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis proyek (team based project).

Pustaka

Utama :

  1. André Kraak, Andrew Paterson and Kedibone Boka . (2016). Change management in TVET colleges Lessons learnt from the field of practice. Johannesburg,: JET Education Services.
  2. J. Roth . (2014) Classroom Management for Successful Instruction. New York; Shell Educational Publishing. Khalid Arar & Izhar Oplatka. (2022). Advanced Theories of Educational Leadership. Cham, Switzerland: Springer Nature Switzerland AG.
  3. Paula Cordeiro and William Cunningham (2014). Educational Leadership: A Bridge to Improved Practice Fifth Edition. USA: Pearson Education Limited.
  4. Jane Bates, Sue Lewis and Andy Pickard. (2019). Education Policy, Practice and the Professional Second Edition. New York: Bloomsbury Publishing.
  5. Stephen Gorard.(2018) Education Policy. Evidence of equity and effectiveness. Bristol: Policy Press.

Pendukung :

  1. Helen M. Gunter. (2023). A Political Sosiology of Education Policy. Bristol: Policy Press.
  2. Paul Glewwe. (2023) Education Policy in Developing Countries. Chicago: The University of Chicago Press.
  3. Duncan Waite and Ira Bogotch. (2017). The Wiley International Handbook of Educational Leadership. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons, Inc.
  4. Fenwick W. English. (2022).The Palgrave Handbook of Educational Leadership and Management Discourse. Switzerland AG: Springer Nature

Dosen Pengampu

Prof. Dr. H. Muchlas, M.Pd.

Prof.Dr. Tri Wrahatnolo, M.Pd., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Melakukan analisis dan sintesis tentang Standar, values, dan praktik kepemimpinan

Menghasilkan telaah teori (theory review) tentang Standar, values, dan praktik kepemimpinan

Kriteria:

Bentuk: -Cognitive test -Assignment test Instrumen: -Form Oral Cognitive test dan rubrik penilaian -Form Assignment test dan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Directed Learning
1x50
Penugasan Mahasiswa pada Case-based Learning :

Tugas 1: Mencari dan melakukan anotasi artikel dari jurnal berreputasi minimal sebanyak 10 buah
1x50
Materi: Standar, values, dan praktik kepemimpinan (Paula Cordeiro and William Cunningham, 2014: Ch. 1)
Pustaka: Stephen Gorard.(2018) Education Policy. Evidence of equity and effectiveness. Bristol: Policy Press.
10%

2

Minggu ke 2

Melakukan analisis dan sintesis tentang Konteks dan perspektif kepemimpinan dalam pendidikan

Menghasilkan telaah teori (theory review) tentang Konteks dan perspektif kepemimpinan dalam pendidikan

Kriteria:

Bentuk: -Cognitive test -Assignment test Instrumen: -Form Oral Cognitive test dan rubrik penilaian -Form Assignment test dan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Directed Learning
Contextual Learning
Case Based Learning
1x50
Mahasiswa pada Case-based Learning :
Tugas 2: Membuat Literatur Review 1 dengan tema Manajemen Kepemimpinan dalam Pendidikan Vokasi
1x50
Materi: Konteks dan perspektif kepemimpinan dalam pendidikan (Paula Cordeiro and William Cunningham, 2014: Ch. 2).
Pustaka: Jane Bates, Sue Lewis and Andy Pickard. (2019). Education Policy, Practice and the Professional Second Edition. New York: Bloomsbury Publishing.
15%

3

Minggu ke 3

Melakukan analisis dan sintesis tentang Teori dan praktek kepemimpinan dalam pendidikan

Menghasilkan telaah teori (theory review) tentang Teori dan praktek kepemimpinan dalam pendidikan

Kriteria:

Bentuk: Assignment test Instrumen: Form Assignment test dan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Strategi Pembelajaran:
 Directed Learning,
 Contextual Learning
 Case Based Learning
1x50
Penugasan Mahasiswa pada Case-based Learning :
Melanjutkan Tugas 2 Membuat Literatur Review 1 dengan tema Manajemen Kepemimpinan dalam Pendidikan Vokasi
1x50
Materi: Teori dan praktek kepemimpinan dalam pendidikan (Paula Cordeiro and William Cunningham, 2014: Ch. 3)
Pustaka: Paul Glewwe. (2023) Education Policy in Developing Countries. Chicago: The University of Chicago Press.
5%

4

Minggu ke 4

Melakukan analisis dan sintesis tentang Konsep Kepemimpinan Pendidikan

Menghasilkan telaah teori (theory review) tentang Konsep Kepemimpinan Pendidikan

Kriteria:

Bentuk: Perfomance test Instrumen: Form tes kinerja dan rubrik penilaian presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
 Directed Learning,
 Contextual Learning
 Case Based Learning
50
Penugasan Mahasiswa :
Presentasi Tugas 2: Literatur Review 1 dengan tema Manajemen Kepemimpinan dalam Pendidikan Vokasi
50
Materi: Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Teori Awal Kepemimpinan, Transformational Leadership, Instructional Leadership, Shared Leadership, Distributed Leadership Kepemimpinan untuk Keadilan Sosial, Perempuan dan Kepemimpinan.(Khalid Arar & Izhar Oplatka, 2022: Ch. 1)
Pustaka: Paul Glewwe. (2023) Education Policy in Developing Countries. Chicago: The University of Chicago Press.
10%

5

Minggu ke 5

elakukan analisis dan sintesis tentang Kepemimpinan menurut sistem dan konteks: Strategic Leadership, Responsible Leadership dalam praktek pendidikan

Bentuk:Perfomance testInstrumen: Formtes kinerja danrubrik penilaianpresentas

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif,Penilaian HasilProject / PenilaianProduk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Collaborative Learning
diskusi kelompok dan kolaborasi dalam penugasan berbasis tim.
50
Penugasan Mahasiswa :
Tugas 3: Membuat Literatur Review 2 dengan tema Manajemen Kepemimpinan dalam Pendidikan Vokasi
50
Materi: Kepemimpinan menurut sistem dan konteks: Strategic Leadership dan Responsible Leadership (Khalid Arar & Izhar Oplatka, 2022: Ch. 2, 3)
Pustaka: Jane Bates, Sue Lewis and Andy Pickard. (2019). Education Policy, Practice and the Professional Second Edition. New York: Bloomsbury Publishing.
5%

6

Minggu ke 6

Melakukan analisis dan sintesis tentang Kepemimpinan menurut sistem dan konteks: Community Based Leadership, dan Culturally Relevant Leadership dalam praktek pendidikan

Menghasilkan telaah teori (theory review) tentang Kepemimpinan menurut sistem dan konteks: Community Based Leadership, dan Culturally Relevant Leadership dalam praktek pendidikan

Kriteria:

Bentuk: Assignment test Instrumen: Form Assignment test dan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
 Directed Learning,
 Contextual Learning
 Case Based Learning
Collaborative Learning
diskusi kelompok dan kolaborasi dalam penugasan berbasis tim.
50
Penugasan Mahasiswa :
Melanjutkan Membuat Literatur Review 2 dengan tema Manajemen Kepemimpinan dalam Pendidikan Vokasi
50
Materi: Kepemimpinan menurut sistem dan konteks: Community Based Leadership, dan Culturally Relevant Leadership (Khalid Arar & Izhar Oplatka, 2022: Ch. 4, 5)
Pustaka: Helen M. Gunter. (2023). A Political Sosiology of Education Policy. Bristol: Policy Press.
4%

7

Minggu ke 7

Melakukan analisis dan sintesis tentang Proses Relasional dalam Kepemimpinan: Ethical Leadership, Narcissistic Leadership

Menghasilkan telaah teori (theory review) tentang Proses Relasional dalam Kepemimpinan: Ethical Leadership, Narcissistic Leadership

Kriteria:

Bentuk: Perfomance test Instrumen: Form tes kinerja dan rubrik penilaian presentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Case-Based Learning dan Focus Group Discussion (FGD)
50
Penugasan Mahasiswa :
Presentasi Tugas 3 Kajian Teori (Literatur Review 2) dengan tema Kebijakan dalam Pendidikan Vokasi
Diskusi kasus nyata terkait Ethical Leadership dan Narcissistic Leadership mendorong mahasiswa untuk bertanya dan berbagi pendapat.
50
Materi: Proses Relasional dalam Kepemimpinan: Servant Leadership, Proses Relasional dalam Kepemimpinan:Ethical Leadership, Narcissistic Leadership ((Khalid Arar & Izhar Oplatka, 2022: Ch. 6, 7, 8)
Pustaka: Helen M. Gunter. (2023). A Political Sosiology of Education Policy. Bristol: Policy Press.
5%

8

Minggu ke 8

Melakukan analisis dan sintesis tentang Proses Relasional dalam Kepemimpinan: Ethical Leadership, Narcissistic Leadership

Menghasilkan telaah teori (theory review) tentang Proses Relasional dalam Kepemimpinan: Ethical Leadership, Narcissistic Leadership

Kriteria:

Bentuk: Perfomance test Instrumen: Form tes kinerja dan rubrik penilaian presentasi


Bentuk Penilaian :
Tes
 Directed Learning,
 Contextual Learning
 Case Based Learning
50
Penugasan Mahasiswa :
Presentasi Tugas 3 Kajian Teori (Literatur Review 2) dengan tema Kebijakan dalam Pendidikan Vokasi
50
Materi: Proses Relasional dalam Kepemimpinan: Servant Leadership, Proses Relasional dalam Kepemimpinan:Ethical Leadership, Narcissistic Leadership ((Khalid Arar & Izhar Oplatka, 2022: Ch. 6, 7, 8)
Pustaka: Helen M. Gunter. (2023). A Political Sosiology of Education Policy. Bristol: Policy Press.
10%

9

Minggu ke 9

Melakukan analisis dan sintesis tentang Kepemimpinan Pendidikan yang berpengaruh

Menghasilkan telaah teori dan empirik (theory review) tentang Kepemimpinan Pendidikan yang berpengaruh: Authentic Leadership, Spiritual Leadership, Positive Leadership

Kriteria:

Bentuk: -Cognitive test -Assignment test Instrumen: -Form Oral Cognitive test dan rubrik penilaian -Form Assignment test dan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
 Directed Learning,
 Contextual Learning
 Project Based Learning
50
Penugasan Mahasiswa :
Tugas Akhir: Menyusun paper/artikel ilmiah tentang Manajemen Kepemimpinan dan Kebijakan dalam Pendidikan Vokasi untuk dipublish pada Jurnal terindeks nasional (Sinta 1-3) atau internasional Conference.
50
Materi: Kepemimpinan Pendidikan yang berpengaruh: Authentic Leadership, Spiritual Leadership, Positive Leadership (Khalid Arar & Izhar Oplatka, 2022: Ch. 9, 10, 11)
Pustaka: J. Roth . (2014) Classroom Management for Successful Instruction. New York; Shell Educational Publishing. Khalid Arar & Izhar Oplatka. (2022). Advanced Theories of Educational Leadership. Cham, Switzerland: Springer Nature Switzerland AG.
5%

10

Minggu ke 10

Melakukan analisis dan sintesis tentang Reformasi sosial, kekuasaan, peran, dan relasi dalam kepemimpinan pendidikan

Menghasilkan telaah teori dan empirik (theory review) tentang Reformasi sosial, kekuasaan, peran, dan relasi dalam kepemimpinan pendidikan

Kriteria:

Bentuk: -Cognitive test -Assignment test Instrumen: -Form Oral Cognitive test dan rubrik penilaian -Form Assignment test dan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
 Directed Learning,
 Contextual Learning
 Project Based Learning
50
Penugasan Mahasiswa :
Melanjutkan Tugas Akhir: Menyusun paper/artikel ilmiah tentang Manajemen Kepemimpinan dan Kebijakan dalam Pendidikan Vokasi untuk dipublish pada Jurnal terindeks nasional (Sinta 1-3) atau internasional Conference.
50
Materi: Reformasi sosial, kekuasaan, peran, dan relasi dalam kepemimpinan pendidikan (Paula Cordeiro and William Cunningham, 2014: Ch. 4).
Pustaka: Stephen Gorard.(2018) Education Policy. Evidence of equity and effectiveness. Bristol: Policy Press.
5%

11

Minggu ke 11

Melakukan analisis dan sintesis tentang Kebijakan dalam pendidikan

Menghasilkan telaah teori (theory review) tentang Kebijakan dalam pendidikan

Kriteria:

Bentuk: -Cognitive test -Assignment test Instrumen: -Form Oral Cognitive test dan rubrik penilaian -Form Assignment test dan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
 Directed Learning,
 Contextual Learning
 Project Based Learning
1x50
Penugasan Mahasiswa :
Melanjutkan Tugas Akhir: Menyusun paper/artikel ilmiah tentang Manajemen Kepemimpinan dan Kebijakan dalam Pendidikan Vokasi untuk dipublish pada Jurnal terindeks nasional (Sinta 1-3) atau internasional Conference.
1x50
Materi: Kebijakan dalam pendidikan (Stephen Gorard, 2018; Paula Cordeiro and William Cunningham, 2014: Ch.10)
Pustaka: J. Roth . (2014) Classroom Management for Successful Instruction. New York; Shell Educational Publishing. Khalid Arar & Izhar Oplatka. (2022). Advanced Theories of Educational Leadership. Cham, Switzerland: Springer Nature Switzerland AG.
5%

12

Minggu ke 12

Melakukan analisis dan sintesis tentang Kebijakan pendidikan dalam perspektif sejarah-pengambilan keputusan dan perubahan sosial, kebijakan, politik dan ideologi

Kebijakan pendidikan dalam perspektif sejarah-pengambilan keputusan dan perubahan sosial, kebijakan, politik dan ideologi

Kriteria:

Bentuk: -Cognitive test -Assignment test Instrumen: -Form Oral Cognitive test dan rubrik penilaian -Form Assignment test dan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
 Directed Learning,
 Contextual Learning
 Project Based Learning
Analisis konteks kebijakan pendidikan dalam perspektif sejarah dan global
1x50
Penugasan Mahasiswa :
Melanjutkan Tugas Akhir: Menyusun paper/artikel ilmiah tentang Manajemen Kepemimpinan dan Kebijakan dalam Pendidikan Vokasi untuk dipublish pada Jurnal terindeks nasional (Sinta 1-3) atau internasional Conference.
1x50
Materi: Kebijakan pendidikan dalam perspektif sejarah-pengambilan keputusan dan perubahan sosial, kebijakan, politic dan ideologi (Jane Bates, Sue Lewis & Andy Pickard, 2019: Part I, Ch. 1, 2)
Pustaka: Jane Bates, Sue Lewis and Andy Pickard. (2019). Education Policy, Practice and the Professional Second Edition. New York: Bloomsbury Publishing.
5%

13

Minggu ke 13

Melakukan analisis dan sintesis tentang Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: Praktek kebijakan, globalisasi dan pendidikan, pendidikan untuk keadilan sosial TVET

Menghasilkan telaah teori dan empirik (theory review) tentang Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: Praktek kebijakan, globalisasi dan pendidikan, pendidikan untuk keadilan sosial TVET

Kriteria:

Bentuk: Perfomance test Instrumen: Form tes kinerja dan rubrik penilaian presentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
 Focus Group Discussion, Directed Learning, Collaborative Learning
 Contextual Learning
 Project Based Learning
Analisis konteks kebijakan pendidikan dalam perspektif sejarah dan global
1x50
Pengembangan SDM dan Karir untuk dipublish pada Jurnal terindeks nasional (Sinta 1-3) atau internasional Conference.
1x50
Materi: Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: Praktek kebijakan, globalisasi dan pendidikan, pendidikan untuk keadilan sosial TVET (Jane Bates, Sue Lewis & Andy Pickard, 2019: Part I, Ch. 3,4,5)
Pustaka: Stephen Gorard.(2018) Education Policy. Evidence of equity and effectiveness. Bristol: Policy Press.
5%

14

Minggu ke 14

Melakukan analisis dan sintesis tentang Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: kebijakan sistem persekolahan, kebijakan kurikulum dan penyelenggaraan pendidikan.

Menghasilkan telaah teori dan empirik (theory review) tentang Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: kebijakan sistem persekolahan, kebijakan kurikulum dan penyelenggaraan pendidikan.

Kriteria:

Bentuk: Perfomance test Instrumen: Form tes kinerja dan rubrik penilaian presentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
 Project Based Learning
1x50
Presentasi Tugas akhir membuat paper/artikel ilmiah tentang Pengembangan SDM dan Karir untuk dipublish pada Jurnal terindeks nasional (Sinta 1-3) atau internasional Conference.
1x50
Materi: Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: kebijakan sistem persekolahan, kebijakan kurikulum, kebijakandan penyelenggaraan pendidikan. (Jane Bates, Sue Lewis & Andy Pickard, 2019: Part I, Ch. 6, 7)
Pustaka: André Kraak, Andrew Paterson and Kedibone Boka . (2016). Change management in TVET colleges Lessons learnt from the field of practice. Johannesburg,: JET Education Services.
6%

15

Minggu ke 15

Melakukan analisis dan sintesis tentang Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: penyediaan dan pengembangan pendidik dan Instruktur TVET yang profesional

Menghasilkan telaah teori dan empirik (theory review) tentang Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: penyediaan dan pengembangan pendidik dan Instruktur TVET yang profesional

Kriteria:

Bentuk: Assignment test Instrumen: Form Assignment test dan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
 Project Based Learning
Mahasiswa diminta untuk melakukan penelitian berbasis bukti, seperti menyusun literature review dan mempublikasikan artikel ilmiah.
1x50
Tugas akhir:
Publikasi paper/artikel ilmiah dengan tema Manajemen Kepemimpinan dan Kebijakan dalam Pendidikan Vokasi untuk dipublish pada Jurnal terindeks nasional (Sinta 1-3) atau internasional Conference.
1x50
Materi: Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: penyediaan dan pengembangan pendidik dan Instruktur TVET yang profesional (Jane Bates, Sue Lewis & Andy Pickard, 2019: Part I, Ch. 9)
Pustaka: Helen M. Gunter. (2023). A Political Sosiology of Education Policy. Bristol: Policy Press.
0%

16

Minggu ke 16

Melakukan analisis dan sintesis tentang Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: penyediaan dan pengembangan pendidik dan Instruktur TVET yang profesional

Menghasilkan telaah teori dan empirik (theory review) tentang Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: penyediaan dan pengembangan pendidik dan Instruktur TVET yang profesional

Kriteria:

Bentuk: Assignment test Instrumen: Form Assignment test dan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
 Project Based Learning
1x50
Tugas akhir:
Publikasi paper/artikel ilmiah dengan tema Manajemen Kepemimpinan dan Kebijakan dalam Pendidikan Vokasi untuk dipublish pada Jurnal terindeks nasional (Sinta 1-3) atau internasional Conference.
1x50
Materi: Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: penyediaan dan pengembangan pendidik dan Instruktur TVET yang profesional (Jane Bates, Sue Lewis & Andy Pickard, 2019: Part I, Ch. 9)
Pustaka: Helen M. Gunter. (2023). A Political Sosiology of Education Policy. Bristol: Policy Press.

Materi: Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: penyediaan dan pengembangan pendidik dan Instruktur TVET yang profesional (Jane Bates, Sue Lewis & Andy Pickard, 2019: Part I, Ch. 9)
Pustaka: Paul Glewwe. (2023) Education Policy in Developing Countries. Chicago: The University of Chicago Press.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 59%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 5%
3. Penilaian Portofolio 3%
4. Penilaian Praktikum 2.5%
5. Praktik / Unjuk Kerja 2.5%
6. Tes 28%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.