|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S3 Pendidikan Vokasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Manajemen, Kepemimpinan dan Kebijakan Vokasi |
8300102245 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
1 |
23 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Muchlas Samani, M.Pd
|
Prof. Dr. Tri Wrahatnolo, M.Pd., M.T
|
Dr. Ratna Suhartini, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai filsafat ilmu, filsafat, konsep dan teori dalam bidang pendidikan vokasi dan ilmu murni dalam bidangnya |
PLO-6 |
Mampu mengkaji teori kependidikan vokasi secara mendalam dan interdisipliner ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di dalam bidang keilmuan vokasi melalui inter, multi/trandisipliner |
PLO-7 |
Mampu menganalisis metodologi penelitian bidang pendidikan dan keilmuan vokasi secara komprehensif dan kontekstual melalui riset |
PLO-8 |
Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat |
PLO-10 |
Mampu menyelesaikan masalah pendidikan dan pembelajaran dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, orijinal, teruji, dan bermanfaat bagi pengembangan keilmuan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, orijinal, teruji, dan bermanfaat bagi pengembangan keilmuan bidang Kajian Menajemen Kepemimpinan dan Kebijakan Pendidikan Vokasi.
|
PO - 2 |
Mampu mengkomunikasikan ide-ide secara ilmiah, baik lisan maupun tertulis dalam bidang Kajian Menajemen Kepemimpinan dan Kebijakan Pendidikan Vokasi.
|
PO - 3 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, dan bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan yang diimplementasikan dalam bentuk inovasi bidang Kajian Menajemen Kepemimpinan dan Kebijakan Pendidikan Vokasi.
|
PO - 4 |
Mampu menyusun paper/karya ilmiah tentang Kajian Menajemen Kepemimpinan dan Kebijakan dalam pendidikan mencakup kajian teoritis dan/atau empirik pada bidang Pendidikan Vokasi yang diharapkan dalam bentuk draft artikel yang diterbitkan dalam seminar internasional atau jurnal internasional bereputasi.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-10 | PO-1 | | | | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | | | | ✔ | PO-4 | | | | | ✔ | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | ✔ | | | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian mengenai Standar, values, dan praktik kepemimpinan; Konteks dan perspektif kepemimpinan dalam pendidikan; Teori dan praktek kepemimpinan dalam pendidikan; Kepemimpinan Pendidikan;Kepemimpinan menurut sistem dan konteks;Strategic Leadership, Responsible Leadership, Community Based Leadership, dan Culturally Relevant Leadership; Proses Relasional dalam Kepemimpinan: Servant Leadership, Proses Relasional dalam Kepemimpinan:Ethical Leadership, Narcissistic Leadership;Kepemimpinan Pendidikan yang berpengaruh: Authentic Leadership, Spiritual Leadership, Positive Leadership; Reformasi sosial, kekuasaan, peran, dan relasi dalam kepemimpinan pendidikan; Hukum dan kebijakan dalam pendidikan;Kebijakan pendidikan dalam perspektif sejarah-pengambilan keputusan dan perubahan sosial, kebijakan, politic dan ideologi; Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: Praktek kebijakan, globalisasi dan pendidikan, pendidikan untuk keadilan sosial, kebijakan sistem persekolahan, kebijakan penerapan kurikulum, kebijakan, praktek, dan profesionalisme pendidik dan instruktur TVET. Pembelajaran diselenggarakan dengan menggunakan pendekatan yang berpusat pada mahasiswa, yaitu inquiry-based learning dan project-based learning dengan metode pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis proyek (team based project). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- André Kraak, Andrew Paterson and Kedibone Boka . (2016). Change management in TVET colleges Lessons learnt from the field of practice. Johannesburg,: JET Education Services.
- J. Roth . (2014) Classroom Management for Successful Instruction. New York; Shell Educational Publishing. Khalid Arar & Izhar Oplatka. (2022). Advanced Theories of Educational Leadership. Cham, Switzerland: Springer Nature Switzerland AG.
- Paula Cordeiro and William Cunningham (2014). Educational Leadership: A Bridge to Improved Practice Fifth Edition. USA: Pearson Education Limited.
- Jane Bates, Sue Lewis and Andy Pickard. (2019). Education Policy, Practice and the Professional Second Edition. New York: Bloomsbury Publishing.
- Stephen Gorard.(2018) Education Policy. Evidence of equity and effectiveness. Bristol: Policy Press.
|
Pendukung : |
|
- Helen M. Gunter. (2023). A Political Sosiology of Education Policy. Bristol: Policy Press.
- Paul Glewwe. (2023) Education Policy in Developing Countries. Chicago: The University of Chicago Press.
- Duncan Waite and Ira Bogotch. (2017). The Wiley International Handbook of Educational Leadership. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons, Inc.
- Fenwick W. English. (2022).The Palgrave Handbook of Educational Leadership and Management Discourse. Switzerland AG: Springer Nature
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. H. Muchlas, M.Pd. Prof.Dr. Tri Wrahatnolo, M.Pd., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Melakukan analisis dan sintesis tentang Standar, values, dan praktik kepemimpinan |
Menghasilkan telaah teori (theory review) tentang Standar, values, dan praktik kepemimpinan |
Kriteria:
Bentuk: -Cognitive test -Assignment test Instrumen: -Form Oral Cognitive test dan rubrik penilaian -Form Assignment test dan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Directed Learning 1x50 |
Penugasan Mahasiswa pada Case-based Learning :
Tugas 1: Mencari dan melakukan anotasi artikel dari jurnal berreputasi minimal sebanyak 10 buah 1x50 |
Materi: Standar, values, dan praktik kepemimpinan (Paula Cordeiro and William Cunningham, 2014: Ch. 1) Pustaka: Stephen Gorard.(2018) Education Policy. Evidence of equity and effectiveness. Bristol: Policy Press. |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Melakukan analisis dan sintesis tentang Konteks dan perspektif kepemimpinan dalam pendidikan |
Menghasilkan telaah teori (theory review) tentang Konteks dan perspektif kepemimpinan dalam pendidikan |
Kriteria:
Bentuk: -Cognitive test -Assignment test Instrumen: -Form Oral Cognitive test dan rubrik penilaian -Form Assignment test dan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Directed Learning
Contextual Learning
Case Based Learning 1x50 |
Mahasiswa pada Case-based Learning :
Tugas 2: Membuat Literatur Review 1 dengan tema Manajemen Kepemimpinan dalam Pendidikan Vokasi 1x50 |
Materi: Konteks dan perspektif kepemimpinan dalam pendidikan (Paula Cordeiro and William Cunningham, 2014: Ch. 2). Pustaka: Jane Bates, Sue Lewis and Andy Pickard. (2019). Education Policy, Practice and the Professional Second Edition. New York: Bloomsbury Publishing. |
15% |
3
Minggu ke 3 |
Melakukan analisis dan sintesis tentang Teori dan praktek kepemimpinan dalam pendidikan |
Menghasilkan telaah teori (theory review) tentang Teori dan praktek kepemimpinan dalam pendidikan |
Kriteria:
Bentuk: Assignment test Instrumen: Form Assignment test dan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Tes |
Strategi Pembelajaran:
Directed Learning,
Contextual Learning
Case Based Learning 1x50 |
Penugasan Mahasiswa pada Case-based Learning :
Melanjutkan Tugas 2 Membuat Literatur Review 1 dengan tema Manajemen Kepemimpinan dalam Pendidikan Vokasi 1x50 |
Materi: Teori dan praktek kepemimpinan dalam pendidikan (Paula Cordeiro and William Cunningham, 2014: Ch. 3) Pustaka: Paul Glewwe. (2023) Education Policy in Developing Countries. Chicago: The University of Chicago Press. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Melakukan analisis dan sintesis tentang Konsep Kepemimpinan Pendidikan |
Menghasilkan telaah teori (theory review) tentang Konsep Kepemimpinan Pendidikan |
Kriteria:
Bentuk: Perfomance test Instrumen: Form tes kinerja dan rubrik penilaian presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Directed Learning,
Contextual Learning
Case Based Learning 50 |
Penugasan Mahasiswa :
Presentasi Tugas 2: Literatur Review 1 dengan tema Manajemen Kepemimpinan dalam Pendidikan Vokasi 50 |
Materi: Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Teori Awal Kepemimpinan, Transformational Leadership, Instructional Leadership, Shared Leadership, Distributed Leadership Kepemimpinan untuk Keadilan Sosial, Perempuan dan Kepemimpinan.(Khalid Arar & Izhar Oplatka, 2022: Ch. 1) Pustaka: Paul Glewwe. (2023) Education Policy in Developing Countries. Chicago: The University of Chicago Press. |
10% |
5
Minggu ke 5 |
elakukan analisis dan sintesis tentang Kepemimpinan menurut sistem dan konteks: Strategic Leadership, Responsible Leadership dalam praktek pendidikan |
Bentuk:Perfomance testInstrumen: Formtes kinerja danrubrik penilaianpresentas |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif,Penilaian HasilProject / PenilaianProduk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Collaborative Learning
diskusi kelompok dan kolaborasi dalam penugasan berbasis tim. 50 |
Penugasan Mahasiswa :
Tugas 3: Membuat Literatur Review 2 dengan tema Manajemen Kepemimpinan dalam Pendidikan Vokasi 50 |
Materi: Kepemimpinan menurut sistem dan konteks: Strategic Leadership dan Responsible Leadership (Khalid Arar & Izhar Oplatka, 2022: Ch. 2, 3) Pustaka: Jane Bates, Sue Lewis and Andy Pickard. (2019). Education Policy, Practice and the Professional Second Edition. New York: Bloomsbury Publishing. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Melakukan analisis dan sintesis tentang Kepemimpinan menurut sistem dan konteks: Community Based Leadership, dan Culturally Relevant Leadership dalam praktek pendidikan |
Menghasilkan telaah teori (theory review) tentang Kepemimpinan menurut sistem dan konteks: Community Based Leadership, dan Culturally Relevant Leadership dalam praktek pendidikan |
Kriteria:
Bentuk: Assignment test Instrumen: Form Assignment test dan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Directed Learning,
Contextual Learning
Case Based Learning
Collaborative Learning
diskusi kelompok dan kolaborasi dalam penugasan berbasis tim. 50 |
Penugasan Mahasiswa :
Melanjutkan Membuat Literatur Review 2 dengan tema Manajemen Kepemimpinan dalam Pendidikan Vokasi 50 |
Materi: Kepemimpinan menurut sistem dan konteks: Community Based Leadership, dan Culturally Relevant Leadership (Khalid Arar & Izhar Oplatka, 2022: Ch. 4, 5) Pustaka: Helen M. Gunter. (2023). A Political Sosiology of Education Policy. Bristol: Policy Press. |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Melakukan analisis dan sintesis tentang Proses Relasional dalam Kepemimpinan: Ethical Leadership, Narcissistic Leadership |
Menghasilkan telaah teori (theory review) tentang Proses Relasional dalam Kepemimpinan: Ethical Leadership, Narcissistic Leadership |
Kriteria:
Bentuk: Perfomance test Instrumen: Form tes kinerja dan rubrik penilaian presentasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case-Based Learning dan Focus Group Discussion (FGD) 50 |
Penugasan Mahasiswa :
Presentasi Tugas 3 Kajian Teori (Literatur Review 2) dengan tema Kebijakan dalam Pendidikan Vokasi
Diskusi kasus nyata terkait Ethical Leadership dan Narcissistic Leadership mendorong mahasiswa untuk bertanya dan berbagi pendapat. 50 |
Materi: Proses Relasional dalam Kepemimpinan: Servant Leadership, Proses Relasional dalam Kepemimpinan:Ethical Leadership, Narcissistic Leadership ((Khalid Arar & Izhar Oplatka, 2022: Ch. 6, 7, 8) Pustaka: Helen M. Gunter. (2023). A Political Sosiology of Education Policy. Bristol: Policy Press. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Melakukan analisis dan sintesis tentang Proses Relasional dalam Kepemimpinan: Ethical Leadership, Narcissistic Leadership |
Menghasilkan telaah teori (theory review) tentang Proses Relasional dalam Kepemimpinan: Ethical Leadership, Narcissistic Leadership |
Kriteria:
Bentuk: Perfomance test Instrumen: Form tes kinerja dan rubrik penilaian presentasi Bentuk Penilaian : Tes |
Directed Learning,
Contextual Learning
Case Based Learning 50 |
Penugasan Mahasiswa :
Presentasi Tugas 3 Kajian Teori (Literatur Review 2) dengan tema Kebijakan dalam Pendidikan Vokasi 50 |
Materi: Proses Relasional dalam Kepemimpinan: Servant Leadership, Proses Relasional dalam Kepemimpinan:Ethical Leadership, Narcissistic Leadership ((Khalid Arar & Izhar Oplatka, 2022: Ch. 6, 7, 8) Pustaka: Helen M. Gunter. (2023). A Political Sosiology of Education Policy. Bristol: Policy Press. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Melakukan analisis dan sintesis tentang Kepemimpinan Pendidikan yang berpengaruh |
Menghasilkan telaah teori dan empirik (theory review) tentang Kepemimpinan Pendidikan yang berpengaruh: Authentic Leadership, Spiritual Leadership, Positive Leadership |
Kriteria:
Bentuk: -Cognitive test -Assignment test Instrumen: -Form Oral Cognitive test dan rubrik penilaian -Form Assignment test dan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Directed Learning,
Contextual Learning
Project Based Learning 50 |
Penugasan Mahasiswa :
Tugas Akhir: Menyusun paper/artikel ilmiah tentang Manajemen Kepemimpinan dan Kebijakan dalam Pendidikan Vokasi untuk dipublish pada Jurnal terindeks nasional (Sinta 1-3) atau internasional Conference. 50 |
Materi: Kepemimpinan Pendidikan yang berpengaruh: Authentic Leadership, Spiritual Leadership, Positive Leadership (Khalid Arar & Izhar Oplatka, 2022: Ch. 9, 10, 11) Pustaka: J. Roth . (2014) Classroom Management for Successful Instruction. New York; Shell Educational Publishing. Khalid Arar & Izhar Oplatka. (2022). Advanced Theories of Educational Leadership. Cham, Switzerland: Springer Nature Switzerland AG. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Melakukan analisis dan sintesis tentang Reformasi sosial, kekuasaan, peran, dan relasi dalam kepemimpinan pendidikan |
Menghasilkan telaah teori dan empirik (theory review) tentang Reformasi sosial, kekuasaan, peran, dan relasi dalam kepemimpinan pendidikan |
Kriteria:
Bentuk: -Cognitive test -Assignment test Instrumen: -Form Oral Cognitive test dan rubrik penilaian -Form Assignment test dan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Directed Learning,
Contextual Learning
Project Based Learning 50 |
Penugasan Mahasiswa :
Melanjutkan Tugas Akhir: Menyusun paper/artikel ilmiah tentang Manajemen Kepemimpinan dan Kebijakan dalam Pendidikan Vokasi untuk dipublish pada Jurnal terindeks nasional (Sinta 1-3) atau internasional Conference. 50 |
Materi: Reformasi sosial, kekuasaan, peran, dan relasi dalam kepemimpinan pendidikan (Paula Cordeiro and William Cunningham, 2014: Ch. 4). Pustaka: Stephen Gorard.(2018) Education Policy. Evidence of equity and effectiveness. Bristol: Policy Press. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Melakukan analisis dan sintesis tentang Kebijakan dalam pendidikan |
Menghasilkan telaah teori (theory review) tentang Kebijakan dalam pendidikan |
Kriteria:
Bentuk: -Cognitive test -Assignment test Instrumen: -Form Oral Cognitive test dan rubrik penilaian -Form Assignment test dan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Directed Learning,
Contextual Learning
Project Based Learning 1x50 |
Penugasan Mahasiswa :
Melanjutkan Tugas Akhir: Menyusun paper/artikel ilmiah tentang Manajemen Kepemimpinan dan Kebijakan dalam Pendidikan Vokasi untuk dipublish pada Jurnal terindeks nasional (Sinta 1-3) atau internasional Conference. 1x50 |
Materi: Kebijakan dalam pendidikan (Stephen Gorard, 2018; Paula Cordeiro and William Cunningham, 2014: Ch.10) Pustaka: J. Roth . (2014) Classroom Management for Successful Instruction. New York; Shell Educational Publishing. Khalid Arar & Izhar Oplatka. (2022). Advanced Theories of Educational Leadership. Cham, Switzerland: Springer Nature Switzerland AG. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Melakukan analisis dan sintesis tentang Kebijakan pendidikan dalam perspektif sejarah-pengambilan keputusan dan perubahan sosial, kebijakan, politik dan ideologi |
Kebijakan pendidikan dalam perspektif sejarah-pengambilan keputusan dan perubahan sosial, kebijakan, politik dan ideologi |
Kriteria:
Bentuk: -Cognitive test -Assignment test Instrumen: -Form Oral Cognitive test dan rubrik penilaian -Form Assignment test dan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Directed Learning,
Contextual Learning
Project Based Learning
Analisis konteks kebijakan pendidikan dalam perspektif sejarah dan global 1x50 |
Penugasan Mahasiswa :
Melanjutkan Tugas Akhir: Menyusun paper/artikel ilmiah tentang Manajemen Kepemimpinan dan Kebijakan dalam Pendidikan Vokasi untuk dipublish pada Jurnal terindeks nasional (Sinta 1-3) atau internasional Conference. 1x50 |
Materi: Kebijakan pendidikan dalam perspektif sejarah-pengambilan keputusan dan perubahan sosial, kebijakan, politic dan ideologi (Jane Bates, Sue Lewis & Andy Pickard, 2019: Part I, Ch. 1, 2) Pustaka: Jane Bates, Sue Lewis and Andy Pickard. (2019). Education Policy, Practice and the Professional Second Edition. New York: Bloomsbury Publishing. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Melakukan analisis dan sintesis tentang Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: Praktek kebijakan, globalisasi dan pendidikan, pendidikan untuk keadilan sosial TVET |
Menghasilkan telaah teori dan empirik (theory review) tentang Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: Praktek kebijakan, globalisasi dan pendidikan, pendidikan untuk keadilan sosial TVET |
Kriteria:
Bentuk: Perfomance test Instrumen: Form tes kinerja dan rubrik penilaian presentasi Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Focus Group Discussion, Directed Learning, Collaborative Learning
Contextual Learning
Project Based Learning
Analisis konteks kebijakan pendidikan dalam perspektif sejarah dan global 1x50 |
Pengembangan SDM dan Karir untuk dipublish pada Jurnal terindeks nasional (Sinta 1-3) atau internasional Conference. 1x50 |
Materi: Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: Praktek kebijakan, globalisasi dan pendidikan, pendidikan untuk keadilan sosial TVET (Jane Bates, Sue Lewis & Andy Pickard, 2019: Part I, Ch. 3,4,5) Pustaka: Stephen Gorard.(2018) Education Policy. Evidence of equity and effectiveness. Bristol: Policy Press. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Melakukan analisis dan sintesis tentang Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: kebijakan sistem persekolahan, kebijakan kurikulum dan penyelenggaraan pendidikan. |
Menghasilkan telaah teori dan empirik (theory review) tentang Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: kebijakan sistem persekolahan, kebijakan kurikulum dan penyelenggaraan pendidikan. |
Kriteria:
Bentuk: Perfomance test Instrumen: Form tes kinerja dan rubrik penilaian presentasi Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
Project Based Learning 1x50 |
Presentasi Tugas akhir membuat paper/artikel ilmiah tentang Pengembangan SDM dan Karir untuk dipublish pada Jurnal terindeks nasional (Sinta 1-3) atau internasional Conference. 1x50 |
Materi: Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: kebijakan sistem persekolahan, kebijakan kurikulum, kebijakandan penyelenggaraan pendidikan. (Jane Bates, Sue Lewis & Andy Pickard, 2019: Part I, Ch. 6, 7) Pustaka: André Kraak, Andrew Paterson and Kedibone Boka . (2016). Change management in TVET colleges Lessons learnt from the field of practice. Johannesburg,: JET Education Services. |
6% |
15
Minggu ke 15 |
Melakukan analisis dan sintesis tentang Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: penyediaan dan pengembangan pendidik dan Instruktur TVET yang profesional |
Menghasilkan telaah teori dan empirik (theory review) tentang Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: penyediaan dan pengembangan pendidik dan Instruktur TVET yang profesional |
Kriteria:
Bentuk: Assignment test Instrumen: Form Assignment test dan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning
Mahasiswa diminta untuk melakukan penelitian berbasis bukti, seperti menyusun literature review dan mempublikasikan artikel ilmiah. 1x50 |
Tugas akhir:
Publikasi paper/artikel ilmiah dengan tema Manajemen Kepemimpinan dan Kebijakan dalam Pendidikan Vokasi untuk dipublish pada Jurnal terindeks nasional (Sinta 1-3) atau internasional Conference. 1x50 |
Materi: Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: penyediaan dan pengembangan pendidik dan Instruktur TVET yang profesional (Jane Bates, Sue Lewis & Andy Pickard, 2019: Part I, Ch. 9) Pustaka: Helen M. Gunter. (2023). A Political Sosiology of Education Policy. Bristol: Policy Press. |
0% |
16
Minggu ke 16 |
Melakukan analisis dan sintesis tentang Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: penyediaan dan pengembangan pendidik dan Instruktur TVET yang profesional |
Menghasilkan telaah teori dan empirik (theory review) tentang Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: penyediaan dan pengembangan pendidik dan Instruktur TVET yang profesional |
Kriteria:
Bentuk: Assignment test Instrumen: Form Assignment test dan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Tes |
Project Based Learning 1x50 |
Tugas akhir:
Publikasi paper/artikel ilmiah dengan tema Manajemen Kepemimpinan dan Kebijakan dalam Pendidikan Vokasi untuk dipublish pada Jurnal terindeks nasional (Sinta 1-3) atau internasional Conference. 1x50 |
Materi: Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: penyediaan dan pengembangan pendidik dan Instruktur TVET yang profesional (Jane Bates, Sue Lewis & Andy Pickard, 2019: Part I, Ch. 9) Pustaka: Helen M. Gunter. (2023). A Political Sosiology of Education Policy. Bristol: Policy Press. Materi: Kebijakan pendidikan dalam perspektif kontemporer: penyediaan dan pengembangan pendidik dan Instruktur TVET yang profesional (Jane Bates, Sue Lewis & Andy Pickard, 2019: Part I, Ch. 9) Pustaka: Paul Glewwe. (2023) Education Policy in Developing Countries. Chicago: The University of Chicago Press. |
5% |