Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

8620702261

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

26 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAUD

PO - 2

Mampu bekerja sama, berpartisipasi dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungannya.

PO - 3

Merancang dokumen perencanaan pembelajaran PAUD.

PO - 4

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan dan implementasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang perencanaan pembelajaran PAUDsesuai kurikulum yang berlaku.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pengakajian tentang; Hakikat perencanaan pembelajaran, tujuan perencanaan, keterkaitan perencanaan dengan kurikulum terbaru yang adaptif dan pengintegrasian tehnologi dalam pembelajaran serta perancangan perangkat pembelajaran yang dilengkapi sistem penilaian secara autentik.

Pustaka

Utama :

  1. Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137. 2014. Standar PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 146. 2014. Kurikulum PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Pendukung :

  1. Eka Cahya Maulidiyah. 2017. Panduan Microteaching PAUD. IAIN Tulungagung Press

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pemahaman tentang hakikat perencanaan pembelajaran, tujuan perencanaan dan hubungan perencanaan pembelajaran dengan kurikulum

Menjelaskan hakikat perencanaan pembelajaran.

Kriteria:

Menjelaskan hakikat perencanaan pembelajaran. dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Kolaboratif
3 X 50
Kolaboratif
3 X 50
Materi: Memahami komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAUD
Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.
3%

2

Minggu ke 2

Pemahaman tentang hakikat perencanaan pembelajaran, tujuan perencanaan dan hubungan perencanaan pembelajaran dengan kurikulum

Menjelaskan hakikat perencanaan pembelajaran.

Kriteria:

Menjelaskan hakikat perencanaan pembelajaran dengan baik dan benar.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Kolaboratif
3x50
Kolaboratif
3x50
Materi: Memahami komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAUD
Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.
3%

3

Minggu ke 3

Pemetaan tujuan pembelajaran serta muatan materi

Memetakan tujuan pembelajaran serta muatan materi

Kriteria:

Jawaban rinci dan tepat.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
diskusi dan presentasi
3x50
diskusi dan presentasi
3x50
Materi: Pemetaan STPPA, KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran serta muatan materi
Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.
3%

4

Minggu ke 4

Pemetaan tujuan pembelajaran serta muatan materi

Memetakan tujuan pembelajaran serta muatan materi

Kriteria:

Jawaban rinci dan tepat.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
diskusi dan presentasi
3x50
diskusi dan presentasi
3x50
Materi: Pemetaan STPPA, KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran serta muatan materi
Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.
8%

5

Minggu ke 5

Pemetaan tujuan pembelajaran serta muatan materi

Memetakan tujuan pembelajaran serta muatan materi

Kriteria:

Jawaban rinci dan tepat.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
diskusi dan presentasi
3x50
diskusi dan presentasi
3x50
Materi: Pemetaan STPPA, KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran serta muatan materi
Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.
8%

6

Minggu ke 6

Pengembangan tema semester ganjil dan genap

Mengembangkan tema semester ganjil dan genap menjadi kegiatan

Kriteria:

Mengembangkan tema semester ganjil dan genap menjadi kegiatan dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan Presentasi
3x50
Diskusi dan Presentasi
3x50
Materi: pengembangan tema semester ganjil dan genap
Pustaka: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137. 2014. Standar PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
10%

7

Minggu ke 7

Pengembangan tema semester ganjil dan genap

Mengembangkan tema semester ganjil dan genap menjadi kegiatan

Kriteria:

Mengembangkan tema semester ganjil dan genap menjadi kegiatan dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan presentasi
3x50
Diskusi dan presentasi
3x50
Materi: pengembangan tema semester ganjil dan genap
Pustaka: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137. 2014. Standar PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
10%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan pada soal UTS dengan benar

Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan pada soal UTS dengan benar.

Kriteria:

Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan pada soal UTS dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Tes
Test
3x50
Test
3x50
Materi: pengembangan tema semester ganjil dan genap
Pustaka: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137. 2014. Standar PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
5%

9

Minggu ke 9

Menguasai materi pada pertemuan 1-8


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dan presentasi
3x50
Diskusi dan presentasi
3x50
Materi: pengembangan tema semester ganjil dan genap
Pustaka: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137. 2014. Standar PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
3%

10

Minggu ke 10

Merancang Prosem semester ganjil dan genap

Menyusun perencanaan semester ganjil dan genap.

Kriteria:

Menyusun perencanaan semester ganjil dan genap dengan tepat.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dan presentasi
3x50
Diskusi dan presentasi
3x50
Materi: Merancang Prosem semester ganjil dan genap
Pustaka: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 146. 2014. Kurikulum PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
3%

11

Minggu ke 11

Merancang Prosem semester ganjil dan genap

Menyusun perencanaan semester ganjil dan genap.

Kriteria:

Menyusun perencanaan semester ganjil dan genap dengan tepat.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dan presentasi
3x50
Diskusi dan presentasi
3x50
Materi: Merancang Prosem semester ganjil dan genap
Pustaka: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 146. 2014. Kurikulum PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
3%

12

Minggu ke 12

Merancang perencanaan mingguan

Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian

Kriteria:

Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian dengan baik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dan presentasi
3x50
Diskusi dan presentasi
3x50
Materi: Merancang perencanaan mingguan
Pustaka: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 146. 2014. Kurikulum PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
6%

13

Minggu ke 13

Merancang perencanaan mingguan

Merancang perencanaan mingguan

Kriteria:

Merancang perencanaan mingguan dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan presentasi
3x50
Diskusi dan presentasi
3x50
Materi: Merancang perencanaan mingguan
Pustaka: Eka Cahya Maulidiyah. 2017. Panduan Microteaching PAUD. IAIN Tulungagung Press
10%

14

Minggu ke 14

Penyusunan perencanaan Harian

Mahasiswa dapat menyusun perencanaan harian dengan menggunakan salah satu model pembelajaran TK dengan benar.

Kriteria:

Mahasiswa dapat menyusun perencanaan harian dengan menggunakan salah satu model pembelajaran TK dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Saintifik
3x50
saintifik
3x50
Materi: Penyusunan Perencanaan Harian
Pustaka: Eka Cahya Maulidiyah. 2017. Panduan Microteaching PAUD. IAIN Tulungagung Press
10%

15

Minggu ke 15

Penerapan perencanaan harian yang telah disusun

Mahasiswa dapat menerapkan perencanaan harian yang telah disusun dengan baik

Kriteria:

Mahasiswa dapat menerapkan perencanaan harian yang telah disusun dengan baik.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Saintifik
3x50
Saintifik
3x50
Materi: Penyusunan Perencanaan Harian
Pustaka: Eka Cahya Maulidiyah. 2017. Panduan Microteaching PAUD. IAIN Tulungagung Press
10%

16

Minggu ke 16

Menguasai materi pada pertemuan 1-15

Mahasiswa dapat mengerjakan soal UAS dengan benar

Kriteria:

Mahasiswa dapat mengerjakan soal UAS dengan benar


Bentuk Penilaian :
Tes
Test
3x50
Test
3x50
Materi: Penguasaan materi
Pustaka: Eka Cahya Maulidiyah. 2017. Panduan Microteaching PAUD. IAIN Tulungagung Press
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
2. Praktik / Unjuk Kerja 40%
3. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.