|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini |
8620702261 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
26 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAUD
|
PO - 2 |
Mampu bekerja sama, berpartisipasi dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungannya.
|
PO - 3 |
Merancang dokumen perencanaan pembelajaran PAUD.
|
PO - 4 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan dan implementasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang perencanaan pembelajaran PAUDsesuai kurikulum yang berlaku.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pengakajian tentang; Hakikat perencanaan pembelajaran, tujuan perencanaan, keterkaitan perencanaan dengan kurikulum terbaru yang adaptif dan pengintegrasian tehnologi dalam pembelajaran serta perancangan perangkat pembelajaran yang dilengkapi sistem penilaian secara autentik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137. 2014. Standar PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 146. 2014. Kurikulum PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
|
Pendukung : |
|
- Eka Cahya Maulidiyah. 2017. Panduan Microteaching PAUD. IAIN Tulungagung Press
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pemahaman tentang hakikat perencanaan pembelajaran, tujuan perencanaan dan hubungan perencanaan pembelajaran dengan kurikulum |
Menjelaskan hakikat perencanaan pembelajaran. |
Kriteria:
Menjelaskan hakikat perencanaan pembelajaran. dengan tepat Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Kolaboratif 3 X 50 |
Kolaboratif 3 X 50 |
Materi: Memahami komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAUD Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Pemahaman tentang hakikat perencanaan pembelajaran, tujuan perencanaan dan hubungan perencanaan pembelajaran dengan kurikulum |
Menjelaskan hakikat perencanaan pembelajaran. |
Kriteria:
Menjelaskan hakikat perencanaan pembelajaran dengan baik dan benar. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Kolaboratif 3x50 |
Kolaboratif 3x50 |
Materi: Memahami komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAUD Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Pemetaan tujuan pembelajaran serta muatan materi |
Memetakan tujuan pembelajaran serta muatan materi |
Kriteria:
Jawaban rinci dan tepat. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi dan presentasi 3x50 |
diskusi dan presentasi 3x50 |
Materi: Pemetaan STPPA, KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran serta muatan materi Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Pemetaan tujuan pembelajaran serta muatan materi |
Memetakan tujuan pembelajaran serta muatan materi |
Kriteria:
Jawaban rinci dan tepat. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi dan presentasi 3x50 |
diskusi dan presentasi 3x50 |
Materi: Pemetaan STPPA, KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran serta muatan materi Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press. |
8% |
5
Minggu ke 5 |
Pemetaan tujuan pembelajaran serta muatan materi |
Memetakan tujuan pembelajaran serta muatan materi |
Kriteria:
Jawaban rinci dan tepat. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi dan presentasi 3x50 |
diskusi dan presentasi 3x50 |
Materi: Pemetaan STPPA, KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran serta muatan materi Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press. |
8% |
6
Minggu ke 6 |
Pengembangan tema semester ganjil dan genap |
Mengembangkan tema semester ganjil dan genap menjadi kegiatan |
Kriteria:
Mengembangkan tema semester ganjil dan genap menjadi kegiatan dengan tepat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan Presentasi 3x50 |
Diskusi dan Presentasi 3x50 |
Materi: pengembangan tema semester ganjil dan genap Pustaka: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137. 2014. Standar PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Pengembangan tema semester ganjil dan genap |
Mengembangkan tema semester ganjil dan genap menjadi kegiatan |
Kriteria:
Mengembangkan tema semester ganjil dan genap menjadi kegiatan dengan tepat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan presentasi 3x50 |
Diskusi dan presentasi 3x50 |
Materi: pengembangan tema semester ganjil dan genap Pustaka: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137. 2014. Standar PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan pada soal UTS dengan benar |
Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan pada soal UTS dengan benar. |
Kriteria:
Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan pada soal UTS dengan benar. Bentuk Penilaian : Tes |
Test 3x50 |
Test 3x50 |
Materi: pengembangan tema semester ganjil dan genap Pustaka: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137. 2014. Standar PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Menguasai materi pada pertemuan 1-8 |
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi dan presentasi 3x50 |
Diskusi dan presentasi 3x50 |
Materi: pengembangan tema semester ganjil dan genap Pustaka: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137. 2014. Standar PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Merancang Prosem semester ganjil dan genap |
Menyusun perencanaan semester ganjil dan genap. |
Kriteria:
Menyusun perencanaan semester ganjil dan genap dengan tepat. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi dan presentasi 3x50 |
Diskusi dan presentasi 3x50 |
Materi: Merancang Prosem semester ganjil dan genap Pustaka: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 146. 2014. Kurikulum PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Merancang Prosem semester ganjil dan genap |
Menyusun perencanaan semester ganjil dan genap. |
Kriteria:
Menyusun perencanaan semester ganjil dan genap dengan tepat. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi dan presentasi 3x50 |
Diskusi dan presentasi 3x50 |
Materi: Merancang Prosem semester ganjil dan genap Pustaka: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 146. 2014. Kurikulum PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Merancang perencanaan mingguan |
Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian |
Kriteria:
Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian dengan baik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi dan presentasi 3x50 |
Diskusi dan presentasi 3x50 |
Materi: Merancang perencanaan mingguan Pustaka: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 146. 2014. Kurikulum PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Merancang perencanaan mingguan |
Merancang perencanaan mingguan |
Kriteria:
Merancang perencanaan mingguan dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan presentasi 3x50 |
Diskusi dan presentasi 3x50 |
Materi: Merancang perencanaan mingguan Pustaka: Eka Cahya Maulidiyah. 2017. Panduan Microteaching PAUD. IAIN Tulungagung Press |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Penyusunan perencanaan Harian |
Mahasiswa dapat menyusun perencanaan harian dengan menggunakan salah satu model pembelajaran TK dengan benar. |
Kriteria:
Mahasiswa dapat menyusun perencanaan harian dengan menggunakan salah satu model pembelajaran TK dengan benar. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Saintifik 3x50 |
saintifik 3x50 |
Materi: Penyusunan Perencanaan Harian Pustaka: Eka Cahya Maulidiyah. 2017. Panduan Microteaching PAUD. IAIN Tulungagung Press |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Penerapan perencanaan harian yang telah disusun |
Mahasiswa dapat menerapkan perencanaan harian yang telah disusun dengan baik |
Kriteria:
Mahasiswa dapat menerapkan perencanaan harian yang telah disusun dengan baik. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Saintifik 3x50 |
Saintifik 3x50 |
Materi: Penyusunan Perencanaan Harian Pustaka: Eka Cahya Maulidiyah. 2017. Panduan Microteaching PAUD. IAIN Tulungagung Press |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Menguasai materi pada pertemuan 1-15 |
Mahasiswa dapat mengerjakan soal UAS dengan benar |
Kriteria:
Mahasiswa dapat mengerjakan soal UAS dengan benar Bentuk Penilaian : Tes |
Test 3x50 |
Test 3x50 |
Materi: Penguasaan materi Pustaka: Eka Cahya Maulidiyah. 2017. Panduan Microteaching PAUD. IAIN Tulungagung Press |
5% |