|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Alat Ukur Digital |
8320302250 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
6 |
25 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah alat ukur digital membahas tentang pemahaman dan penguasaan teknik pengukuran dengan menggunakan alat-alat ukur digital dan alat-alatukur teliti/presisi pada elemen dan konstruksi mesin serta pemahaman danpenguasaan peralatan yang dipergunakan untuk mengukur komponen-komponen mekanik dan elektrik pada suatu mesin/motor. |
Pustaka
|
Utama : |
|
Rochim. Wirjomartono.SpesifikasiGeometris Metrologi Industri dan Kontrol Kualitas, Bandung: Jurusan MesinITB. 1985. Munadji, Sudji. 1988.DasarMetrologi Industri. Surabaya: Depdikbud. Dirjen Dikti P2LPTK.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengetahui dan Memahami tentang alat ukur digital |
Definisi alat ukur digital Mengenalsistem pengukuran secara umum Mempelajari definisi dan cara kalibrasi Mempelajari standar, dimensi dan satuan pengukuran |
Kriteria:
Sesuai Rubrik |
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami cara pemakaian teknik digital untuk pengukuran mekanik |
Definisi pengukuran mekanik. Mengenalsistem pengukuran secara umum Mempelajari definisi dan cara kalibrasi Mempelajari standar, dimensi dan satuan pengukuran |
Kriteria:
Sesuai Rubrik |
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami cara pemakaian teknik digital untuk pengukuran mekanik |
Memahami penggunaan metode digital dan cara mendigitalkan masukan mekanis Memahami Elemen-elemen dasar rangkaian digital Mengerti sistem-sistem angka Dapat menjelaskan skema rangkaian digital sederhana Mengenal dan memahami pengolah mikro dan mikrokomputerpengaruh analog ke digital (A/D) dan digital ke analog (D/A) |
Kriteria:
Sesuai Rubrik |
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu mengetahui dan memahami standar pengukuran |
Dapat memahami sistem metrik Dapat memahami standar panjang, massa, waktu dan frekuensi Mengerti standar-standar suhu dan satuan-satuan listrik |
Kriteria:
Sesuai Rubrik |
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu mengetahui dan memahami standar pengukuran |
Dapat memahami sistem metrik Dapat memahami standar panjang, massa, waktu dan frekuensi Mengerti standar-standar suhu dan satuan-satuan listrik |
Kriteria:
Sesuai Rubrik |
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu mengetahui dan memahami pembacaan dan pemrosesan data |
Memahami konsep dari pencacahan elektronik Memahami dan mengerti pembacaan dari alat-alat pengukuran dan pemrosesan data dengan menggunakan listrik analog maupun digital Mempelajari indikator-indikator listrik analog Mempelajari dan memahami osiloskop sinar katoda (OSK), Mengetahui teknik pencatatan OSK Mengetahui Osilograf |
Kriteria:
Sesuai Rubrik |
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mengetahui dan memahami pembacaan dan pemrosesan data |
Memahami konsep dari pencacahan elektronik Memahami dan mengerti pembacaan dari alat-alat pengukuran dan pemrosesan data dengan menggunakan listrik analog maupun digital Mempelajari indikator-indikator listrik analog Mempelajari dan memahami osiloskop sinar katoda (OSK), Mengetahui teknik pencatatan OSK Mengetahui Osilograf |
Kriteria:
Sesuai Rubrik |
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Materi : Bab pada Pertemuan 2-7 |
USS-Ujian Sub Sumatif/UTS Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
USS-Ujian Sub Sumatif/UTS Ujian Tengah Semester |
USS-Ujian Sub Sumatif/UTS Ujian Tengah Semester 2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mengetahui dan memahami perlakuan terhadap ketidakpastian |
Memahami klasifikasi kesalahan Memahami perlakuan ketidak pastian sistematis dan cuplikan tunggal diskusi Memahami propagasi ketidak pastian |
Kriteria:
Sesuai Rubrik |
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mengetahui dan memahami perlakuan terhadap ketidakpastian |
Memahami klasifikasi kesalahan Memahami perlakuan ketidak pastian sistematis dan cuplikan tunggal diskusi Memahami propagasi ketidak pastian |
Kriteria:
Sesuai Rubrik |
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mengetahui dan memahami perlakuan terhadap ketidakpastian |
Memahami klasifikasi kesalahan Memahami perlakuan ketidak pastian sistematis dan cuplikan tunggal diskusi Memahami propagasi ketidak pastian |
Kriteria:
Sesuai Rubrik |
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |