Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Alat Ukur Digital

8320302250

T=2

P=0

ECTS=3.18

6

25 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah alat ukur digital membahas tentang pemahaman dan penguasaan teknik pengukuran dengan menggunakan alat-alat ukur digital dan alat-alatukur teliti/presisi pada elemen dan konstruksi mesin serta pemahaman danpenguasaan peralatan yang dipergunakan untuk mengukur komponen-komponen mekanik dan elektrik pada suatu mesin/motor.

Pustaka

Utama :

  1. Rochim. Wirjomartono.SpesifikasiGeometris Metrologi Industri dan Kontrol Kualitas, Bandung: Jurusan MesinITB. 1985.

    Munadji, Sudji. 1988.DasarMetrologi Industri. Surabaya: Depdikbud. Dirjen Dikti P2LPTK.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengetahui dan Memahami tentang alat ukur digital

Definisi alat ukur digital Mengenalsistem pengukuran secara umum Mempelajari definisi dan cara kalibrasi Mempelajari standar, dimensi dan satuan pengukuran

Kriteria:

Sesuai Rubrik

Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami cara pemakaian teknik digital untuk pengukuran mekanik

Definisi pengukuran mekanik. Mengenalsistem pengukuran secara umum Mempelajari definisi dan cara kalibrasi Mempelajari standar, dimensi dan satuan pengukuran

Kriteria:

Sesuai Rubrik

Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami cara pemakaian teknik digital untuk pengukuran mekanik

Memahami penggunaan metode digital dan cara mendigitalkan masukan mekanis Memahami Elemen-elemen dasar rangkaian digital Mengerti sistem-sistem angka Dapat menjelaskan skema rangkaian digital sederhana Mengenal dan memahami pengolah mikro dan mikrokomputerpengaruh analog ke digital (A/D) dan digital ke analog (D/A)

Kriteria:

Sesuai Rubrik

Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mampu mengetahui dan memahami standar pengukuran

Dapat memahami sistem metrik Dapat memahami standar panjang, massa, waktu dan frekuensi Mengerti standar-standar suhu dan satuan-satuan listrik

Kriteria:

Sesuai Rubrik

Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mampu mengetahui dan memahami standar pengukuran

Dapat memahami sistem metrik Dapat memahami standar panjang, massa, waktu dan frekuensi Mengerti standar-standar suhu dan satuan-satuan listrik

Kriteria:

Sesuai Rubrik

Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mampu mengetahui dan memahami pembacaan dan pemrosesan data

Memahami konsep dari pencacahan elektronik Memahami dan mengerti pembacaan dari alat-alat pengukuran dan pemrosesan data dengan menggunakan listrik analog maupun digital Mempelajari indikator-indikator listrik analog Mempelajari dan memahami osiloskop sinar katoda (OSK), Mengetahui teknik pencatatan OSK Mengetahui Osilograf

Kriteria:

Sesuai Rubrik

Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mampu mengetahui dan memahami pembacaan dan pemrosesan data

Memahami konsep dari pencacahan elektronik Memahami dan mengerti pembacaan dari alat-alat pengukuran dan pemrosesan data dengan menggunakan listrik analog maupun digital Mempelajari indikator-indikator listrik analog Mempelajari dan memahami osiloskop sinar katoda (OSK), Mengetahui teknik pencatatan OSK Mengetahui Osilograf

Kriteria:

Sesuai Rubrik

Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Materi : Bab pada Pertemuan 2-7

USS-Ujian Sub Sumatif/UTS Ujian Tengah Semester

Kriteria:

USS-Ujian Sub Sumatif/UTS Ujian Tengah Semester

USS-Ujian Sub Sumatif/UTS Ujian Tengah Semester
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Mengetahui dan memahami perlakuan terhadap ketidakpastian

Memahami klasifikasi kesalahan Memahami perlakuan ketidak pastian sistematis dan cuplikan tunggal diskusi Memahami propagasi ketidak pastian

Kriteria:

Sesuai Rubrik

Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mengetahui dan memahami perlakuan terhadap ketidakpastian

Memahami klasifikasi kesalahan Memahami perlakuan ketidak pastian sistematis dan cuplikan tunggal diskusi Memahami propagasi ketidak pastian

Kriteria:

Sesuai Rubrik

Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mengetahui dan memahami perlakuan terhadap ketidakpastian

Memahami klasifikasi kesalahan Memahami perlakuan ketidak pastian sistematis dan cuplikan tunggal diskusi Memahami propagasi ketidak pastian

Kriteria:

Sesuai Rubrik

Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanyajawab
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.