|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Teori Belajar dalam Model Pembelajaran Sains (Learning Theory in Science Learning Models). |
8410102245 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
26 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd. Dr. Elok Sudibyo, M.Pd.
|
Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.
|
Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai filsafat pendidikan IPA sebagai landasan berpikir dalam mengembangkan inovasi yang unggul di bidang pendidikan IPA. |
PLO-9 |
Merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA secara berkelanjutan dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs). |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu berpikir kritis dan kreatif untuk mendukung pembelajaran IPA dengan menerapkan teori belajar tertentu
|
PO - 2 |
Menguasai teori-teori belajar dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran IPA
|
PO - 3 |
Mampu menganalisis contoh kasus pembelajaran IPA di kelas dan menyelesaikan kasus berdasarkan teori belajar yang relevan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | ✔ | | | PO-2 | | | ✔ | | PO-3 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian tentang prinsip-prinsip dan cara siswa belajar menurut teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, pendekatan konstruktivis, teori konektivisme, serta pemotivasian siswa untuk belajar; dan pengaplikasiannya dalam pembelajaran melalui analisis contoh-contoh kasus di kelas. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hergenhahn, B. R. & Olson, Matthew H. 2012. Theories of Learning (Teori Belajar). Edisi Ketujuh. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Santrock, J. W. 2008. Educational Psychology. Third Edition. Boston: McGraw-Hill.
- Slavin, R. E. 2009. Educational Psychology Theory and Prctice. Eight Edition. Boston: Pearson.
- Schunk, Dale. H., 2012. Learning Theories An Educational Perspective. Sixth Edition. Boston: Allyn & Bacon.
- Woolfolk, A. 2010. Educational Psychology, Global Edition. Eleventh Edition. New Jersey: Pearson Education.
|
Pendukung : |
|
- Susantini, E., & Indana, S. (2018). Using metacognitive strategy to teach learning strategies: A study of Indonesian pre-service biology teachers. The New Educational Review, 52(1), 258-268.
- Susantini, E., Lisdiana, L., Isnawati, Tanzih Al Haq, A., & Trimulyono, G. (2017). Designing easy DNA extraction: Teaching creativity through laboratory practice. Biochemistry and Molecular Biology Education, 45(3), 216-225.
- Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2016). Pengembangan instrumen motivasi belajar fisika: angket. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 1(1), 13-21.
- Sudibyo, E., Nurita, T., & Fauziah, A. N. M. (2018). Penggunaan lembar kerja berorientasi pendekatan keterampilan proses untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMP. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 3(1), 21-26.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd. Dr. Elok Sudibyo, S.Pd.,M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami teori belajar perilaku dan penerapannya dalam pembelajaran |
- Memberikan contoh perilaku yang mencerminkan belajar dan bukan belajar
- Mendeskripsikan perkembangan teori belajar perilaku
- Memberikan contoh penerapan teori Pavlov, Thorndike, dan Skinner dalam pembelajaran IPA
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Mendiskusikan materi Teori belajar Perilaku berdasar PPT Teori belajar Perilaku dan buku sumber (1 x 50 menit) |
1. Mengunjungi web untuk kuliah daring
2. Chat terkait cara hakikat teori belajar perilaku
3. Memberi tanggapan terkait hakikat teori perilaku (1 x 50 menit) |
Materi: PPT Teori belajar Perilaku Pustaka: Materi: Pustaka 1 dan 3 Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami teori belajar perilaku dan penerapannya dalam pembelajaran |
- Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran perilaku.
- Memberikan contoh penerapan prinsip-prinsip pembelajaran perilaku dalam pembelajaran IPA berdasarkan artikel.
|
Kriteria:
Rubrik penilaian analisis artikel Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
1. Mengunduh dua artikel pada jurnal terakreditasi Sinta 1-4 sesuai dengan topik yang diberikan.
2. Menganalisis artikel-artikel tersebut dalam bentuk slide power point dengan mengikuti format yang telah ditentukan.
3. Mendiskusikan kesesuaian artikel dengan teori belajar perilaku. (2 x 50 menit) |
|
Materi: • PPT Teori belajar Perilaku Pustaka: Materi: • Pustaka 1, 2, dan 3 Pustaka: Materi: • Artikel di jurnal bereputasi Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami teori belajar sosial dan penerapannya dalam pembelajaran |
Mendeskripsikan ide pokok teori belajar sosial Albert Bandura |
Kriteria:
Rubrik penilaian makalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
1. Mendiskusikan teori belajar Sosial berdasarkan PPT Teori Belajar Sosial dan buku referensi
2. Membuat keputusan untuk menentukan apakah kasus pembelajaran IPA dapat diselesaikan dengan teori belajar sosial atau tidak (1 x 50 menit) |
1. Mengunjungi web untuk kuliah daring
2. Presentasi dan diskusi konsep-konsep dalam teori belajar sosial (1 x 50 menit) |
Materi: • PPT Teori belajar sosial Pustaka: Materi: • Pustaka 1, 2, dan 3 Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami teori belajar sosial dan penerapannya dalam pembelajaran |
Memberikan contoh penerapan teori belajar sosial dalam pembelajaran IPA |
Kriteria:
Rubrik penilaian LKS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
1. Membuat contoh LKS IPA yang menerapkan teori belajar sosial Bandura
2. Mendiskusikan antar kelompok tentang LKS IPA sesuai teori belajar sosial Bandura
3. Mendiskusikan video tentang teori belajar sosial (2 x 50 menit) |
|
Materi: • PPT Teori belajar sosial Pustaka: Materi: • Pustaka 1, 2, dan 3 Pustaka: |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami teori belajar sosial dan penerapannya dalam pembelajaran |
Membuat contoh LKS IPA yang menerapkan teori belajar sosial |
Kriteria:
Rubrik penilaian LKS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Menyusun LKS IPA yang mengikuti Teori Bandura (1 x 50 menit) |
1. Mengunjungi web untuk kuliah daring
2. Presentasi dan diskusi LKS IPA yang telah disusun (1 x 50 menit) |
Materi: • PPT Teori belajar Perilaku Pustaka: Materi: • Pustaka 1 dan 3 Pustaka: |
15% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami teori pemrosesan informasi dan teori belajar kognitif, dan penerapannya dalam pembelajaran |
- Menjelaskan model pengolahan informasi
- Mendeskripsikan berbagai riset tentang otak
- Menjelaskan penyebab orang ingat atau lupa
|
Kriteria:
Rubrik penilaian analisis artikel Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Mendiskusikan materi Pemrosesan Informasi berdasakan buku referensi dan PPT Pemrosesan Informasi (1 x 50 menit) |
1. Mengunduh dua artikel pada jurnal terakreditasi Sinta 1-4 sesuai dengan topik yang diberikan terkait teori pemrosesan informasi
2. Menganalisis artikel-artikel tersebut dalam bentuk slide power point dengan mengikuti format yang telah ditentukan.
3. Mendiskusikan kesesuaian artikel dengan teori belajar perilaku. (1 x 50 menit) |
Materi: • PPT Teori belajar Perilaku Pustaka: Materi: • Pustaka 1 dan 3 Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami teori pemrosesan informasi dan teori belajar kognitif, dan penerapannya dalam pembelajaran |
- Menjelaskan cara-cara mengajarkan strategi memori
- Mejelaskan faktor-faktor yang membuat suatu informasi menjadi bermakna
|
Kriteria:
Rubrik penilaian LKS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
1. Membuat contoh LKS IPA yang menerapkan teori belajar kognitif
2. Mendiskusikan antar kelompok tentang LKS IPA sesuai teori belajar kognitif menurut Bruner dan Gagne (2 x 50 menit) |
Materi: • PPT Teori belajar Perilaku Pustaka: Materi: • Pustaka 1 dan 3 Pustaka: Materi: Susantini, E., & Indana, S. (2018). Using metacognitive strategy to teach learning strategies: A study of Indonesian pre-service biology teachers. The New Educational Review, 52(1), 258-268. Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Kemampuan akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7 |
Indikator dari TM-1 sampai dengan TM-7 |
Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS (2 x 50 menit) |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS (2 x 50 menit) |
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis teori belajar kognitif kompleks dan penerapannya dalam pembelajaran IPA |
- Menjelaskan strategi belajar untuk membantu siswa belajar
- Menjelaskan strategi metakognitif membantu siswa belajar
- Memberikan contoh penerapan strategi belajar dalam pembelajaran IPA
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Membuat keputusan untuk menentukan apakah kasus pembelajaran IPA dapat diselesaikan dengan teori belajar kognitif atau tidak (1 x 50 menit) |
1. Mengunjungi web untuk kuliah daring
2. Menyajikan contoh-contoh strategi belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA berdasarkan buku referensi (1 x 50 menit) |
Materi: • PPT model pengolahan informasi Pustaka: Materi: • Pustaka 2 dan 3 Pustaka: Materi: • Artikel di jurnal bereputasi Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami teori-teori konstruktivis dan penerapannya dalam pembelajaran |
- Menjelaskan pandangan konstruktivis terhadap pembelajaran
- Membandingkan teori Piaget dan teori Vygotsky
- Menjelaskan implikasi teori Piaget dalam pembelajaran IPA
- Menjelaskan implikasi teori Vygotsky dalam pembelajaran IPA
- Mendeskripsikan cara menggunakan pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran IPA
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
1. Mengunjungi web untuk kuliah daring
2. Mendiskusikan materi Pendekatan Konstruktivis berdasarkan Ppt Konstruktivis dan Referensi
3. Mengamati video pembelajaran konstruktivis
4. Mengomunikasikan/ mempresentasikan pembelajaran kooperatif berdasarkan PPT dan buku (2 x 50 menit) |
Materi: • Video pembelajaran konstruktivis Pustaka: Materi: • PPT teori belajar konstruktivis Pustaka: Materi: • PPT pembelajaran kooperatif Pustaka: Materi: • Pustaka 2 dan 4 Pustaka: Materi: Susantini, E., Lisdiana, L., Isnawati, Tanzih Al Haq, A., & Trimulyono, G. (2017). Designing easy DNA extraction: Teaching creativity through laboratory practice. Biochemistry and Molecular Biology Education, 45(3), 216-225. Pustaka: Materi: Sudibyo, E., Nurita, T., & Fauziah, A. N. M. (2018). Penggunaan lembar kerja berorientasi pendekatan keterampilan proses untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMP. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 3(1), 21-26. Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami teori-teori konstruktivis dan penerapannya dalam pembelajaran |
- Memberikan contoh penerapan pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran IPA
- Memberikan contoh LKS IPA berbasis pembelajaran kooperatif
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
1. Melakukan simulasi pembelajaran IPA diawali konflik kognitif melalui kooperatif
2. Melakukan refleksi tentang pembelajaran kooperatif
3. Memiliki sikap tanggung jawab terhadap penyelesaian tugas-tugas yang diberikan dosen
4. Membuat LKS IPA berbasis pembelajaran kooperatif berdasarkan buku referensi
5. Mendiskusikan LKS IPA buatan mahasiswa
Memiliki sikap tanggung jawab terhadap penyelesaian tugas-tugas yang diberikan dosen (2 x 50 menit) |
|
Materi: • PPT pembelajaran kooperatif Pustaka: Materi: • Pustaka 3 dan 4 Pustaka: Materi: • Artikel di jurnal bereputasi Pustaka: |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami teori-teori konstruktivis dan penerapannya dalam pembelajaran |
- Mendeskripsikan cara mengajarkan keterampilan menyelesaikan masalah dan berpikir
- Memberikan contoh penerapan keterampilan menyelesaikan masalah dan berpikir dalam pembelajaran IPA
- Memberikan contoh LKS IPA yang melatih keterampilan berpikir
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
1. Mengomunikasikan/ mempresentasikan konsep-konsep keterampilan Berpikir berdasarkan buku referensi
2. Membuat LKS IPA yang dapat melatih keterampilan berpikir berdasarkan buku referensi (1 x 50 menit) |
1. Mengunjungi web untuk kuliah daring
2. Presentasi dan diskusi LKS IPA buatan mahasiswa (1 x 50 menit) |
Materi: • PPT keterampilan berpikir Pustaka: Materi: staka 1, 2, dan 3 Pustaka: Materi: Pustaka 1, 2, dan 3 Pustaka: |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami teori konektivisme dan penerapannya dalam pembelajaran |
- Menjelaskan peran penting teori konektivisme di era digital
- Membandingkan keunggulan teori konektivisme dengan teori sebelumnya (perilaku, sosial, kognitif, dan konstruktivisme)
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
1. Mengomunikasikan/ mempresentasikan ide-ide penting teori konektivisme berdasarkan buku referensi dan jurnal-jurnal ilmiah
2. Membuat skenario pembelajaran yang menerapkan teori konektivisme
3. Mendiskusikan skenario pembelajaran yang dihasilkan oleh mahasiswa (1 x 50 menit) |
1. Mengunjungi web untuk kuliah daring
2. Presentasi dan diskusi LKS IPA buatan mahasiswa (1 x 50 menit) |
Materi: • PPT teori Konektivisme Pustaka: Materi: • Artikel-artikel di jurnal bereputasi Pustaka: |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami teori konektivisme dan penerapannya dalam pembelajaran |
Memberikan contoh penerapan teori konektivisme dalam pembelajaran |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
1. Mendiskusikan materi Teori Konektivisme berdasarkan PPT dan artikel
2. Memiliki sikap tanggung jawab terhadap penyelesaian tugas-tugas yang diberikan dosen (1 x 50 menit) |
1. Mengunjungi web untuk kuliah daring
2. Diskusi tentang teori konektivisme (1 x 50 menit) |
Materi: • PPT teori Konektivisme Pustaka: Materi: • Artikel-artikel di jurnal bereputasi Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami teori-teori motivasi dan penerapannya dalam pembelajaran |
- Menjelaskan teori-teori motivasi
- Memberikan contoh penerapan teori-teori motivasi dalam pembelajaran
- Menjelaskan cara meningkatkan motivasi pencapaian
- Memberikan contoh penerapan motivasi pencapaian untuk membantu siswa mengatasi ketidakberdayaan belajar
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
1. Mengunjungi web untuk kuliah daring
2. Mengomunikasikan/ mempresentasikan cara meningkatkan motivasi berdasarkan buku referensi
3. Megamati video pemebelajaran motivasi
4. Melakukan refleksi setelah mengamati video pembelajaran motivasi
5. Memiliki sikap tanggung jawab dalam menerapkan teori motivasi dalam pembelajaran IPA (2 x 50 menit) |
Materi: • Video pembelajaran motivasi Pustaka: Materi: • Pustaka 2, 3, dan 5 Pustaka: Materi: Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2016). Pengembangan instrumen motivasi belajar fisika: angket. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 1(1), 13-21. Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Kemampuan akhir dari TM-9 sampai dengan TM-15 |
Indikator dari TM-9 sampai dengan TM-15 |
Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS (2 x 50 menit) |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS (2 x 50 menit) |
|
0% |