Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Magang di Induk Cabang Olahraga

99998520204031

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=3

ECTS=7.95

8

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rizky Muhammad Sidik, S.Pd., M.Ed.




.......................................




Dr. Kunjung Ashadi, S.Pd., M.Fis., AIFO.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menganalisis kebutuhan fisik secara personal, sesuai tuntutan cabang olahraga, maupun olahraga disabilitas berdasar aspek anatomi, fisiologi, biomekanik, dan keterampilan motorik

PLO-6

Mampu melakukan kajian ilmiah terhadap permasalahan kepelatihan fisik olahraga secara mendalam berdasar kajian analisis berbasis sains dan teknologi

PLO-8

Mampu mendesain perangkat penunjang, model latihan, serta modul program latihan yang inovatif dan aplikatif mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan manajerial olahraga dalam konteks dunia nyata.

PO - 2

Berkontribusi dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan olahraga dalam organisasi cabang olahraga.

PO - 3

Mengelola dan mendukung program pengembangan atlet, pelatihan, dan event olahraga.

PO - 4

Menganalisis dan mengevaluasi kegiatan operasional cabang olahraga berdasarkan pengalaman praktis di lapangan.

PO - 5

Berkomunikasi secara profesional dengan berbagai pihak yang terlibat dalam manajemen olahraga (atlet, pelatih, panitia, sponsor, dll).

PO - 6

Menyusun laporan evaluasi terkait kegiatan magang dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan cabang olahraga.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-5PLO-6PLO-8
PO-1      
PO-2      
PO-3      
PO-4      
PO-5      
PO-6      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mahasiswa meliliki kemampuan untuk melatih cabang olahraga

Pustaka

Utama :

  1. Tim. 2012. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 1: Pengenalan Induk Cabang Olahraga
Topik: Pengenalan organisasi induk cabang olahraga, struktur organisasi, dan peranannya dalam pengembangan olahraga.
5 x 50

Materi: ...
Pustaka: Tim. 2012. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
6%

2

Minggu ke 2

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 2: Penugasan dan Pengalaman Lapangan
Topik: Pembagian tugas untuk magang dan persiapan kegiatan lapangan.

Materi: ...
Pustaka: Tim. 2012. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
6%

3

Minggu ke 3

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 3: Manajemen Kegiatan dan Event Olahraga
Topik: Pengelolaan event olahraga mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan.

Materi: ...
Pustaka: Tim. 2012. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
6%

4

Minggu ke 4

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 4: Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Olahraga
Topik: Peran dan tanggung jawab SDM dalam cabang olahraga, termasuk pelatih, atlet, dan staf pendukung.

Materi: ...
Pustaka: Tim. 2012. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
6%

5

Minggu ke 5

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 5: Pengelolaan Keuangan dalam Organisasi Olahraga
Topik: Dasar-dasar pengelolaan anggaran dan sumber pendanaan dalam cabang olahraga.

Materi: ...
Pustaka: Tim. 2012. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
6%

6

Minggu ke 6

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 6: Pengembangan Atlet dan Program Latihan
Topik: Strategi pengembangan atlet dan pengelolaan program latihan dalam cabang olahraga.

Materi: ...
Pustaka: Tim. 2012. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
6%

7

Minggu ke 7

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 7: Komunikasi dalam Organisasi Olahraga
Topik: Teknik komunikasi yang efektif antara manajemen, atlet, pelatih, dan pihak eksternal seperti sponsor.

Materi: ...
Pustaka: Tim. 2012. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
6%

8

Minggu ke 8

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
pertemuan 8: Implementasi Kebijakan dan Regulasi Olahraga
Topik: Pemahaman tentang kebijakan, regulasi, dan etika yang berlaku dalam cabang olahraga.

Materi: ...
Pustaka: Tim. 2012. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
6%

9

Minggu ke 9

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 9: Evaluasi Mid-term (UTS)
Topik: Ujian tengah semester berupa laporan sementara pengalaman magang dan evaluasi awal kegiatan.
5 x 50

Materi: ...
Pustaka: Tim. 2012. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
6%

10

Minggu ke 10

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 10: Analisis Organisasi Cabang Olahraga
Topik: Evaluasi dan analisis manajerial cabang olahraga berdasarkan pengalaman magang.
5 x 50

Materi: ...
Pustaka: Tim. 2012. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
6%

11

Minggu ke 11

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 11: Marketing dan Sponsorship dalam Olahraga
Topik: Strategi pemasaran dan mencari sponsor dalam dunia olahraga.

Materi: ...
Pustaka: Tim. 2012. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
6%

12

Minggu ke 12

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 12: Teknologi dan Inovasi dalam Olahraga
Topik: Penerapan teknologi dalam mendukung manajemen olahraga dan performa atlet.

Materi: ...
Pustaka: Tim. 2012. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
6%

13

Minggu ke 13

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
pertemuan 13: Pengelolaan Infrastruktur dan Fasilitas Olahraga
Topik: Pengelolaan fasilitas olahraga yang efektif dan efisien dalam organisasi cabang olahraga.
5 x 50

Materi: ...
Pustaka: Tim. 2012. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
6%

14

Minggu ke 14

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 14: Pembangunan dan Pengembangan Olahraga di Tingkat Nasional
Topik: Peran induk cabang olahraga dalam pengembangan olahraga di tingkat nasional.

Materi: ...
Pustaka: Tim. 2012. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
6%

15

Minggu ke 15

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 15: Presentasi Proyek Akhir dan Refleksi Pengalaman Magang
Topik: Mahasiswa mempresentasikan pengalaman dan proyek yang telah dilakukan selama magang

Materi: ...
Pustaka: Tim. 2012. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
6%

16

Minggu ke 16

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester (UAS)
Topik: Ujian akhir semester berupa laporan magang yang komprehensif dan analisis kegiatan yang telah dilakukan selama magang.

Materi: ...
Pustaka: Tim. 2012. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 90%
2. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.