Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Instrumen Penelitian

8811102265

T=0

P=0

ECTS=0

3

1 Desember 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Titik Indarti, M.Pd.




Dr. Titik Indarti, M.Pd.




Dr. Titik Indarti, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-7

Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

PLO-11

Menguasai konsep teoretis keterampilan berbahasa dan bersastra secara integratif

PLO-12

Menguasai konsep metodologi penelitian pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya;

Program Objectives (PO)

PO - 1

memahami konsep dasar validitas dan reliabilitas instrumen penelitian

PO - 2

merancang instrumen penelitian yang sesuai dengan kebutuhan penelitian

PO - 3

mengevaluasi instrumen penelitian menggunakan pendekatan statistika dan empiris

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-7PLO-11PLO-12
PO-1   
PO-2   
PO-3   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pengembangan Instrumen Penelitian pada jenjang S2 program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang proses pengembangan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Mahasiswa akan mempelajari teori-teori dasar dalam pengembangan instrumen penelitian, teknik pengukuran, serta langkah-langkah praktis dalam merancang instrumen penelitian yang sesuai dengan kebutuhan penelitian di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra. Ruang lingkup mata kuliah mencakup analisis kebutuhan instrumen penelitian, validitas dan reliabilitas instrumen, teknik pengembangan instrumen, serta uji coba dan evaluasi instrumen penelitian yang telah dibuat.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, John W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
  2. Cohen, Louis, et al. (2018). Research Methods in Education. Routledge.
  3. Anastasi, Anne, & Urbina, Susana. (1997). Psychological Testing. Prentice Hall.
  4. Kvale, Steinar, & Brinkmann, Svend. (2009). InterViews: Learning the Craft of Qualitative Research Interviewing. Sage Publications.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian

Kemampuan menjelaskan konsep dasar

Kriteria:

Kehadiran (10%), Pemahaman (90%)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: -
Pustaka: Creswell, John W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
5%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasi jenis-jenis instrumen penelitian

Kemampuan mengidentifikasi jenis instrumen

Kriteria:

Keakuratan deskripsi, partisipasi aktif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Studi kasus, diskusi panel

Materi: -
Pustaka: Cohen, Louis, et al. (2018). Research Methods in Education. Routledge.
5%

3

Minggu ke 3

Menganalisis validitas dan reliabilitas instrumen penelitian

Ketepatan analisis validitas dan reliabilitas

Kriteria:

Kelengkapan data, argumentasi logis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi berbasis teks, brainstorming

Materi: -
Pustaka: Cohen, Louis, et al. (2018). Research Methods in Education. Routledge.
5%

4

Minggu ke 4

Menentukan format dan skala pengukuran dalam instrumen penelitian

Kemampuan menentukan format skala

Kriteria:

Kreativitas, relevansi format


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok, simulasi

Materi: -
Pustaka: Anastasi, Anne, & Urbina, Susana. (1997). Psychological Testing. Prentice Hall.
5%

5

Minggu ke 5

Merancang instrumen kuesioner berbasis penelitian pendidikan

Ketepatan rancangan kuesioner

Kriteria:

Keberhasilan simulasi, inovasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Simulasi, diskusi kelompok

Materi: -
Pustaka: Anastasi, Anne, & Urbina, Susana. (1997). Psychological Testing. Prentice Hall.
5%

6

Minggu ke 6

Merancang instrumen wawancara untuk penelitian kualitatif

Kejelasan dan kesesuaian instrumen

Kriteria:

Rubrik evaluasi instrumen


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project-based learning (PBL)

Materi: -
Pustaka: Kvale, Steinar, & Brinkmann, Svend. (2009). InterViews: Learning the Craft of Qualitative Research Interviewing. Sage Publications.
5%

7

Minggu ke 7

Mengevaluasi instrumen observasi untuk penelitian pendidikan

Ketajaman evaluasi instrumen observasi

Kriteria:

Pemahaman evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi panel, role play

Materi: -
Pustaka: Creswell, John W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
UTS

Materi: -
Pustaka: Anastasi, Anne, & Urbina, Susana. (1997). Psychological Testing. Prentice Hall.
15%

9

Minggu ke 9

Menganalisis data uji validitas dan reliabilitas

Kemampuan menganalisis data uji validitas

Kriteria:

Relevansi dan ketepatan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi kelompok, kerja proyek

Materi: -
Pustaka: Anastasi, Anne, & Urbina, Susana. (1997). Psychological Testing. Prentice Hall.
5%

10

Minggu ke 10

Menilai kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian

Kemampuan menilai kekuatan dan kelemahan

Kriteria:

Akurasi, kelengkapan data


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Studi kasus, simulasi

Materi: -
Pustaka: Anastasi, Anne, & Urbina, Susana. (1997). Psychological Testing. Prentice Hall.
5%

11

Minggu ke 11

Merancang instrumen berbasis teknologi untuk penelitian pendidikan

Kreativitas dan inovasi desain instrumen

Kriteria:

Ketepatan desain instrumen


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
PBL, diskusi kelompok

Materi: -
Pustaka: Creswell, John W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
5%

12

Minggu ke 12

Menguji instrumen penelitian secara praktis

Ketepatan hasil uji coba instrumen

Kriteria:

Originalitas, kelengkapan analisis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Simulasi, presentasi

Materi: -
Pustaka: Kvale, Steinar, & Brinkmann, Svend. (2009). InterViews: Learning the Craft of Qualitative Research Interviewing. Sage Publications.
5%

13

Minggu ke 13

Mengevaluasi hasil uji coba instrumen penelitian

Ketepatan evaluasi hasil uji coba

Kriteria:

Ketajaman analisis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, role play

Materi: -
Pustaka: Anastasi, Anne, & Urbina, Susana. (1997). Psychological Testing. Prentice Hall.
5%

14

Minggu ke 14

Presentasi hasil pengembangan instrumen penelitian

Ketepatan konsep dan aplikasi

Kriteria:

Kelengkapan, inovasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi kelompok

Materi: -
Pustaka: Anastasi, Anne, & Urbina, Susana. (1997). Psychological Testing. Prentice Hall.
5%

15

Minggu ke 15

Menyusun strategi publikasi instrumen penelitian dalam jurnal

Ketepatan strategi publikasi

Kriteria:

Kreativitas, relevansi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi panel, simulasi

Materi: -
Pustaka: Cohen, Louis, et al. (2018). Research Methods in Education. Routledge.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS): Evaluasi Komprehensif Pengembangan Instrumen

Pemahaman holistik

Kriteria:

Ketepatan jawaban


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ujian

Materi: -
Pustaka: Kvale, Steinar, & Brinkmann, Svend. (2009). InterViews: Learning the Craft of Qualitative Research Interviewing. Sage Publications.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 5.84%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 48.34%
3. Praktik / Unjuk Kerja 33.34%
4. Tes 12.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.