
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Matematika Diskrit |
8310102140 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
30 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Dian Savitri, M.Si.
|
.......................................
|
Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-12 |
Memiliki pengetahuan yang komprehensif sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dan mengikuti kaidah penulisan ilmiah |
PLO-13 |
Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan konsep dasar matematika diskrit dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan struktur data dan algoritma (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis masalah dan merancang solusi menggunakan prinsip kombinatorik dan teori graf untuk aplikasi nyata dalam teknologi kejuruan (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas algoritma dan struktur data menggunakan prinsip matematika diskrit dalam konteks pengembangan perangkat lunak (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan model matematis baru untuk mengoptimalkan sistem atau proses dalam bidang teknologi kejuruan menggunakan konsep matematika diskrit (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teori bilangan dalam pengembangan algoritma kriptografi untuk meningkatkan keamanan data (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis dan mengevaluasi keefektifan algoritma berbasis graf dalam menyelesaikan masalah optimasi dan jaringan (C4, C5)
|
PO - 7 |
Menciptakan solusi inovatif untuk masalah industri yang kompleks dengan mengintegrasikan berbagai konsep matematika diskrit (C6)
|
PO - 8 |
Menerapkan logika dan aljabar Boolean dalam desain dan analisis rangkaian digital dan sistem kontrol (C3)
|
PO - 9 |
Menganalisis struktur data yang kompleks dengan menggunakan teknik-teknik matematika diskrit untuk optimasi memori dan waktu proses (C4)
|
PO - 10 |
Mengevaluasi dan mengoptimalkan algoritma berdasarkan prinsip matematika diskrit untuk aplikasi real-time dalam teknologi kejuruan (C5)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-12 | PLO-13 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | | PO-4 | | | PO-5 | ✔ | | PO-6 | | ✔ | PO-7 | | | PO-8 | | | PO-9 | ✔ | | PO-10 | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matematika Diskrit pada jenjang S2 dalam program studi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan membahas konsep-konsep dasar dalam matematika diskrit yang relevan dengan kebutuhan teknologi dan kejuruan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang struktur diskrit, algoritma, logika, dan teori graf. Ruang lingkupnya meliputi pembahasan mengenai kombinatorika, teori himpunan, relasi, fungsi, graf, dan analisis kompleksitas algoritma. Dengan memahami matematika diskrit, mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam pemecahan masalah teknologi dan kejuruan secara efektif. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Jean Gallier. 2016. Discrete Mathematics, Second Edition In Progress. Springer.
|
Pendukung : |
|
- Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.
- Seymour Lipschutz. 2007. Theory and Problems of Discrete Mathematics Third Edition. Mc Graw Hill.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Dian Savitri, S.Si., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dasar matematika diskrit dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan struktur data dan algoritma. |
Penerapan konsep matematika diskrit dalam pemecahan masalah |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
|
|
|
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dasar matematika diskrit dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan struktur data dan algoritma. |
- Penerapan konsep matematika diskrit dalam pemecahan masalah
- Kemampuan menganalisis struktur data dan algoritma
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
|
Pengumpulan tugas pemecahan masalah terkait struktur data dan algoritma
|
Materi: Konsep himpunan, Relasi dan fungsi, Pohon pencarian, Kompleksitas algoritma Pustaka: Jean Gallier. 2016. Discrete Mathematics, Second Edition In Progress. Springer. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis masalah teknologi kejuruan dengan menggunakan prinsip kombinatorik dan teori graf, serta merancang solusi yang efektif dan efisien. |
- Kemampuan menganalisis masalah dengan prinsip kombinatorik
- Kemampuan merancang solusi menggunakan teori graf
- Kemampuan mengaplikasikan konsep kombinatorik dan teori graf dalam konteks teknologi kejuruan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Pembuatan Project dengan Penerapan Prinsip Kombinatorik dan Teori Graf
|
Materi: Konsep dasar matematika diskrit, termasuk teori himpunan, relasi, logika, teori graf, dan teori bilangan serta aplikasinya dalam pemrograman dan teknologi informatika Pustaka: Jean Gallier. 2016. Discrete Mathematics, Second Edition In Progress. Springer. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis masalah teknologi kejuruan dengan menggunakan prinsip kombinatorik dan teori graf, serta merancang solusi yang efektif dan efisien. |
- Kemampuan menganalisis masalah dengan prinsip kombinatorik
- Kemampuan merancang solusi menggunakan teori graf
- Kemampuan mengaplikasikan konsep kombinatorik dan teori graf dalam konteks teknologi kejuruan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Pembuatan Project dengan Penerapan Prinsip Kombinatorik dan Teori Graf
|
Materi: Konsep dasar matematika diskrit, termasuk teori himpunan, relasi, logika, teori graf, dan teori bilangan serta aplikasinya dalam pemrograman dan teknologi informatika Pustaka: Jean Gallier. 2016. Discrete Mathematics, Second Edition In Progress. Springer. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model matematis baru yang dapat mengoptimalkan sistem atau proses dalam bidang teknologi kejuruan dengan menggunakan konsep matematika diskrit. |
- Pemahaman konsep matematika diskrit
- Kemampuan menciptakan model matematis baru
- Kemampuan mengoptimalkan sistem atau proses
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
|
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori bilangan dalam pengembangan algoritma kriptografi untuk meningkatkan keamanan data. |
- Penerapan teori bilangan dalam algoritma kriptografi
- Kemampuan mengidentifikasi kelemahan keamanan data
- Kemampuan mengembangkan algoritma kriptografi yang efektif
|
Kriteria:
studi kasus Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Penugasan proyek pengembangan algoritma kriptografi
|
Materi: Konsep dasar teori bilangan, Penerapan teori bilangan dalam kriptografi, Algoritma kriptografi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi keefektifan algoritma berbasis graf dalam menyelesaikan masalah optimasi dan jaringan. |
- Analisis keefektifan algoritma graf
- Evaluasi kinerja algoritma graf
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Diskusi daring tentang penerapan algoritma graf dalam kasus nyata
|
Materi: Pengenalan algoritma berbasis graf, Penerapan algoritma graf dalam optimasi, Penerapan algoritma graf dalam jaringan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Semua materi sebelum UTS |
Kriteria:
- Tes essay secara luring
- Skor maksimal 100
Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 100 |
|
Materi: Semua materi sebelum UTS Pustaka: Jean Gallier. 2016. Discrete Mathematics, Second Edition In Progress. Springer. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi keefektifan algoritma berbasis graf dalam menyelesaikan masalah optimasi dan jaringan. |
- Analisis algoritma graf dalam optimasi
- Evaluasi keefektifan algoritma dalam jaringan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Penugasan online memungkinkan. Jenis penugasan yang cocok adalah membuat analisis keefektifan algoritma berbasis graf dalam kasus studi tertentu dan menyajikannya dalam bentuk laporan.
|
Materi: Pengenalan algoritma berbasis graf, Penerapan algoritma dalam optimasi, Penggunaan algoritma dalam jaringan Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill. |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif untuk masalah industri yang kompleks dengan mengintegrasikan berbagai konsep matematika diskrit. |
- Integrasi konsep matematika diskrit
- Kreativitas dalam menciptakan solusi inovatif
- Kemampuan analisis dalam menyelesaikan masalah industri kompleks
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Diskusi daring tentang penerapan konsep matematika diskrit dalam industri, Membuat presentasi proyek berbasis konsep matematika diskrit
|
Materi: Teori Graf, Algoritma dan Kompleksitas, Kombinatorika, Teori Bilangan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif untuk masalah industri yang kompleks dengan mengintegrasikan berbagai konsep matematika diskrit. |
- integrasi konsep matematika diskrit
- kreativitas dalam menciptakan solusi inovatif
- analisis terhadap masalah industri kompleks
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Diskusi daring untuk menciptakan solusi inovatif berdasarkan konsep matematika diskrit
|
Materi: Penerapan Teorema Graf dalam Optimisasi Jaringan, Pemodelan Matematika untuk Rencana Produksi, Strategi Algoritma dalam Penjadwalan Produksi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan logika dan aljabar Boolean dalam desain dan analisis rangkaian digital dan sistem kontrol. |
- Penerapan logika Boolean dalam desain rangkaian digital
- Analisis sistem kontrol menggunakan aljabar Boolean
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Pengumpulan tugas desain rangkaian digital menggunakan logika Boolean
|
Materi: Dasar-dasar logika Boolean, Implementasi logika Boolean dalam desain rangkaian digital, Analisis sistem kontrol menggunakan aljabar Boolean Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis struktur data yang kompleks dengan menggunakan teknik matematika diskrit untuk mengoptimalkan memori dan waktu proses. |
- Analisis struktur data yang kompleks
- Penerapan teknik matematika diskrit
- Optimasi memori dan waktu proses
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Penugasan pemodelan optimasi memori dan waktu proses menggunakan teknik matematika diskrit
|
Materi: Struktur data kompleks, Teknik matematika diskrit, Optimasi memori dan waktu proses Pustaka: Seymour Lipschutz. 2007. Theory and Problems of Discrete Mathematics Third Edition. Mc Graw Hill. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan mengoptimalkan algoritma berdasarkan prinsip matematika diskrit untuk aplikasi real-time dalam teknologi kejuruan. |
- Kemampuan menganalisis algoritma
- Kemampuan mengoptimalkan algoritma
- Kemampuan menerapkan prinsip matematika diskrit dalam teknologi kejuruan
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Penugasan Proyek
|
Materi: Analisis Algoritma, Optimasi Algoritma, Prinsip Matematika Diskrit dalam Teknologi Kejuruan Pustaka: Seymour Lipschutz. 2007. Theory and Problems of Discrete Mathematics Third Edition. Mc Graw Hill. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep matematika diskrit dan menerapkannya dalam mengoptimalkan algoritma untuk aplikasi real-time dalam teknologi kejuruan. |
- Kemampuan menganalisis algoritma berbasis matematika diskrit
- Kemampuan mengoptimalkan algoritma untuk aplikasi real-time
- Kemampuan menjelaskan prinsip matematika diskrit dalam konteks teknologi kejuruan
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Penugasan proyek online
|
Materi: Konsep Matematika Diskrit, Algoritma dan Optimisasi, Aplikasi Real-Time dalam Teknologi Kejuruan Pustaka: Seymour Lipschutz. 2007. Theory and Problems of Discrete Mathematics Third Edition. Mc Graw Hill. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan mengoptimalkan algoritma berdasarkan prinsip matematika diskrit untuk aplikasi real-time dalam teknologi kejuruan. |
UAS |
Kriteria:
- Tes essay secara luring
- Skor maksimal 100
Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 100 |
|
Materi: Semua materi sebelum UAS Pustaka: Seymour Lipschutz. 2007. Theory and Problems of Discrete Mathematics Third Edition. Mc Graw Hill. |
30% |