Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Seminar Skripsi

8722002148

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

7

1 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ladi wajuba perdini fisabilillah,M.SE




Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.




Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu menganalisis konsep teoritis ekonomi secara keseluruhan

PLO-8

Mampu menerapkan teknologi informasi dalam pemecahan masalah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu ekonomi, metodologi penelitian, dan statistika untuk menyelesaikan permasalahan terkait ilmu ekonomi

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar ilmu ekonomi, metodologi penelitian, serta teknik analisis data untuk menyusun suatu gagasan tertulis pemecahan permasalahan ekonomi dan membuktikannya dalam kegiatan penelitian

PO - 3

Mahasiswa mampu menganalisis keputusan berdasarkan hasil analisis nalar ilmiahnya terhadap upaya pemecahan masalah ekonomi dan menuliskannya dalam bentuk skripsi

PO - 4

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam menerapkan gagasan tertulisnya terkait pemecahan masalah ekonomi dalam forum akademik mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam menerapkan gagasan tertulisnya terkait pemecahan masalah ekonomi dalam forum akademik

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-4PLO-5PLO-8
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengembangkan daya nalar ilmiah melalui studi pustaka, lapangan mengenai topik ekonomi, mencari, mensistematikan, kemudian menuliskannya dalam bentuk project serta menyajikan secara lisan dan melakukan penelitian berdasarkan kajian-kajian ilmiah untuk memecahkan permasalahan ekonomi

Pustaka

Utama :

  1. Tim. 2023. Buku Panduan Skripsi. Surabaya: Unesa

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.

Dr. Lucky Rachmawati, S.E., M.Si.

Dr. Prayudi Setiawan Prabowo, S.E., M.E.

Hendry Cahyono, S.E., M.E.

Dr. Mohammad Wasil, S.Pd., M.E.

Aprillia Nilasari, S.Pd., M.S.E.

Ladi Wajuba Perdini Fisabilillah, S.Pd., M.SE.

Ruth Eviana Hutabarat, S.E., M.E.

Nurul Hanifa, S.E., M.Si.

Kukuh Arisetyawan, S.Pd., M.E.

Risqi Noor Hidayati Putri, M.E.

Wenny Restikasari, S.E., M.S.E.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menganalisis teknik penyusunan suatu karya ilmiah

Mahasiswa mampu menganalisis teknik penyusunan suatu karya ilmiah

Kriteria:

Rubrik Penilaian Tugas Akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
2 X 50

Materi: Penulisan Skripsi
Pustaka: Tim. 2023. Buku Panduan Skripsi. Surabaya: Unesa
0%

2

Minggu ke 2

Menganalisis teknik penyusunan suatu karya ilmiah

Mahasiswa mampu menganalisis teknik penyusunan suatu karya ilmiah

Kriteria:

Rubrik Penilaian Tugas Akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50

Materi: Penulisan Skripsi
Pustaka: Tim. 2023. Buku Panduan Skripsi. Surabaya: Unesa
0%

3

Minggu ke 3

Menganalisis penelusuran bahan pustaka dan menuangkan dalam bentuk proposal

Mahasiswa mampu menganalisis penelusuran bahan pustaka dan menuangkan dalam bentuk proposal

Kriteria:

Rubrik Penilaian Tugas Akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50

Materi: Panduan Skripsi
Pustaka: Tim. 2023. Buku Panduan Skripsi. Surabaya: Unesa
0%

4

Minggu ke 4

Menganalisis penelusuran bahan pustaka dan menuangkan dalam bentuk proposal

Mahasiswa mampu menganalisis penelusuran bahan pustaka dan menuangkan dalam bentuk proposal

Kriteria:

Rubrik Penilaian Tugas Akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Menganalisis penelusuran bahan pustaka dan menyusun proposal skripsi

Mahasiswa mampu menganalisis penelusuran bahan pustaka dan menyusun proposal skripsi

Kriteria:

Rubrik Penilaian Tugas Akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50

Materi: Panduan Skripsi
Pustaka: Tim. 2023. Buku Panduan Skripsi. Surabaya: Unesa
0%

6

Minggu ke 6

Menganalisis penelusuran bahan pustaka dan menyusun proposal skripsi

Mahasiswa mampu menganalisis penelusuran bahan pustaka dan menyusun proposal skripsi

Kriteria:

Rubrik Penilaian Tugas Akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50

Materi: Panduan Skripsi
Pustaka: Tim. 2023. Buku Panduan Skripsi. Surabaya: Unesa
0%

7

Minggu ke 7

Menunjukkan karya proposal yang disusun di hadapan pembimbing proposal dengan penuh rasa tanggung jawab

Mahasiswa mampu menunjukkan karya proposal yang disusun di hadapan pembimbing proposal dengan penuh rasa tanggung jawab

Kriteria:

Rubrik Penilaian Tugas Akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50

Materi: Panduan Skripsi
Pustaka: Tim. 2023. Buku Panduan Skripsi. Surabaya: Unesa
0%

8

Minggu ke 8

Menunjukkan karya proposal yang disusun di hadapan pembimbing proposal dengan penuh rasa tanggung jawab

Mahasiswa mampu menunjukkan karya proposal yang disusun di hadapan pembimbing proposal dengan penuh rasa tanggung jawab

Kriteria:

Rubrik Penilaian Tugas Akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
2 X 50

Materi: Panduan Skripsi
Pustaka: Tim. 2023. Buku Panduan Skripsi. Surabaya: Unesa
0%

9

Minggu ke 9

Seminar Proposal

Mahasiswa mampu memaparkan proposal dan mempertahankannya di depan forum

Kriteria:

Rubrik Penilaian Tugas Akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi
2 X 50

Materi: Panduan Skripsi
Pustaka: Tim. 2023. Buku Panduan Skripsi. Surabaya: Unesa
0%

10

Minggu ke 10

Menghasilkan karya penelitian di laboratorium berdasarkan proposal penelitian yang telah disusun

Mahasiswa mampu menghasilkan karya penelitian di laboratorium berdasarkan proposal penelitian yang telah disusun

Kriteria:

Rubrik Penilaian Tugas Akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50

Materi: Panduan Skripsi
Pustaka: Tim. 2023. Buku Panduan Skripsi. Surabaya: Unesa
0%

11

Minggu ke 11

Menghasilkan karya penelitian di laboratorium berdasarkan proposal penelitian yang telah disusun

Mahasiswa mampu menghasilkan karya penelitian di laboratorium berdasarkan proposal penelitian yang telah disusun

Kriteria:

Rubrik Penilaian Tugas Akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50

Materi: Panduan Skripsi
Pustaka: Tim. 2023. Buku Panduan Skripsi. Surabaya: Unesa
0%

12

Minggu ke 12

Menghasilkan karya penelitian (laporan) berdasarkan hasil penelitian

Mahasiswa mampu menghasilkan karya penelitian (laporan) berdasarkan hasil penelitian

Kriteria:

Rubrik Penilaian Tugas Akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50

Materi: Panduan Skripsi
Pustaka: Tim. 2023. Buku Panduan Skripsi. Surabaya: Unesa
0%

13

Minggu ke 13

Menghasilkan karya penelitian (laporan) berdasarkan hasil penelitian

Mahasiswa mampu menghasilkan karya penelitian (laporan) berdasarkan hasil penelitian

Kriteria:

Rubrik Penilaian Tugas Akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50

Materi: Panduan Skripsi
Pustaka: Tim. 2023. Buku Panduan Skripsi. Surabaya: Unesa
0%

14

Minggu ke 14

Menunjukkan hasil karya penelitian (laporan) berupa skripsi di hadapan pembimbing dengan penuh tanggungjawab.

Mahasiswa mampu menunjukkan hasil karya penelitian (laporan) berupa skripsi di hadapan pembimbing dengan penuh tanggungjawab.

Kriteria:

Rubrik Penilaian Tugas Akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50

Materi: Panduan Skripsi
Pustaka: Tim. 2023. Buku Panduan Skripsi. Surabaya: Unesa
0%

15

Minggu ke 15

Menunjukkan hasil karya penelitian (laporan) berupa skripsi di hadapan pembimbing dengan penuh tanggungjawab.

Mahasiswa mampu menunjukkan hasil karya penelitian (laporan) berupa skripsi di hadapan pembimbing dengan penuh tanggungjawab.

Kriteria:

Rubrik Penilaian Tugas Akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50

Materi: Panduan Skripsi
Pustaka: Tim. 2023. Buku Panduan Skripsi. Surabaya: Unesa
0%

16

Minggu ke 16

Ujian Skripsi

Mahasiswa mampu mempresentasikan skripsi dan mempertahankannya di depan penguji

Kriteria:

Rubrik Penilaian Tugas Akhir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi
2 X 50

Materi: Panduan Skripsi
Pustaka: Tim. 2023. Buku Panduan Skripsi. Surabaya: Unesa
100%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.