|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Program Magang Praktik Industri |
7920209110 |
|
T=0 |
P=4 |
ECTS=6.36 |
6 |
25 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-10 |
Mampu menghasilkan karya akademik atau non-akademik dengan baik dalam bentuk lisan maupun tulisan untuk beragam audiens dan tujuan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu merancang program magang yang relevan dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi terbaru.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menerapkan manajemen dan evaluasi program magang yang efektif.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk industri dan institusi pendidikan, dalam pelaksanaan program magang.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi dampak program magang terhadap pengembangan kompetensi mahasiswa.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | | ✔ | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pemahaman dalam merancang, mengelola, dan mengevaluasi program magang praktik industri di berbagai bidang. Mahasiswa akan belajar bagaimana mengintegrasikan kebutuhan industri dengan kurikulum pendidikan tinggi, serta mengembangkan program magang yang berorientasi pada pengembangan kompetensi profesional mahasiswa. Mata kuliah ini mencakup topik-topik seperti manajemen proyek, evaluasi kinerja, dan kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Internship in Higher Education: A Literature Review and Research Agenda (Zegwaard, K.E., 2019) – Menyediakan analisis kritis mengenai pengembangan program magang berbasis kompetensi di perguruan tinggi.
- Industry-Based Learning: Enhancing Employability through Work-Integrated Learning (Patrick, C.-J., et al., 2008) – Artikel penting yang membahas kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri dalam konteks magang.
- Work-Based Learning in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning (Raelin, J.A., 2012) – Jurnal yang membahas dampak pembelajaran berbasis pengalaman dalam pendidikan tinggi.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Perencanaan Program Magang |
Proposal program magang memuat analisis kebutuhan yang komprehensif, tujuan yang jelas, serta rencana pelaksanaan yang rinci. |
Kriteria:
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
- Persentase Nilai Evaluasi: 30%
- Persentase Nilai Evaluasi: 20%
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Offline 2x50 |
Online 2x50 |
Materi: Perencanaan Program Magang Pustaka: Internship in Higher Education: A Literature Review and Research Agenda (Zegwaard, K.E., 2019) – Menyediakan analisis kritis mengenai pengembangan program magang berbasis kompetensi di perguruan tinggi. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Perencanaan Program Magang |
Proposal program magang memuat analisis kebutuhan yang komprehensif, tujuan yang jelas, serta rencana pelaksanaan yang rinci. |
Kriteria:
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
- Persentase Nilai Evaluasi: 30%
- Persentase Nilai Evaluasi: 20%
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Offline 2x50 |
Online 2x50 |
Materi: Perencanaan Program Magang Pustaka: Internship in Higher Education: A Literature Review and Research Agenda (Zegwaard, K.E., 2019) – Menyediakan analisis kritis mengenai pengembangan program magang berbasis kompetensi di perguruan tinggi. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Perencanaan Program Magang |
Proposal program magang memuat analisis kebutuhan yang komprehensif, tujuan yang jelas, serta rencana pelaksanaan yang rinci. |
Kriteria:
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
- Persentase Nilai Evaluasi: 30%
- Persentase Nilai Evaluasi: 20%
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Offline 2x50 |
Online 2x50 |
Materi: Perencanaan Program Magang Pustaka: Internship in Higher Education: A Literature Review and Research Agenda (Zegwaard, K.E., 2019) – Menyediakan analisis kritis mengenai pengembangan program magang berbasis kompetensi di perguruan tinggi. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Perencanaan Program Magang |
Proposal program magang memuat analisis kebutuhan yang komprehensif, tujuan yang jelas, serta rencana pelaksanaan yang rinci. |
Kriteria:
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
- Persentase Nilai Evaluasi: 30%
- Persentase Nilai Evaluasi: 20%
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Offline 2x50 |
Online 2x50 |
Materi: Perencanaan Program Magang Pustaka: Internship in Higher Education: A Literature Review and Research Agenda (Zegwaard, K.E., 2019) – Menyediakan analisis kritis mengenai pengembangan program magang berbasis kompetensi di perguruan tinggi. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Pelaksanaan dan Manajemen Program Magang |
|
Kriteria:
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
- Persentase Nilai Evaluasi: 30%
- Persentase Nilai Evaluasi: 20%
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
|
Offline 2 X 50 |
Online 2 X 50 |
Materi: Pelaksanaan dan Manajemen Program Magang Pustaka: Industry-Based Learning: Enhancing Employability through Work-Integrated Learning (Patrick, C.-J., et al., 2008) – Artikel penting yang membahas kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri dalam konteks magang. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Pelaksanaan dan Manajemen Program Magang |
|
Kriteria:
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
- Persentase Nilai Evaluasi: 30%
- Persentase Nilai Evaluasi: 20%
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
|
Offline 2 X 50 |
Online 2 X 50 |
Materi: Pelaksanaan dan Manajemen Program Magang Pustaka: Industry-Based Learning: Enhancing Employability through Work-Integrated Learning (Patrick, C.-J., et al., 2008) – Artikel penting yang membahas kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri dalam konteks magang. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Pelaksanaan dan Manajemen Program Magang |
|
Kriteria:
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
- Persentase Nilai Evaluasi: 30%
- Persentase Nilai Evaluasi: 20%
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
|
Offline 2 X 50 |
Online 2 X 50 |
Materi: Pelaksanaan dan Manajemen Program Magang Pustaka: Industry-Based Learning: Enhancing Employability through Work-Integrated Learning (Patrick, C.-J., et al., 2008) – Artikel penting yang membahas kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri dalam konteks magang. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Pelaksanaan dan Manajemen Program Magang |
|
Kriteria:
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
- Persentase Nilai Evaluasi: 30%
- Persentase Nilai Evaluasi: 20%
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
|
Offline 2 X 50 |
Online 2 X 50 |
Materi: Pelaksanaan dan Manajemen Program Magang Pustaka: Industry-Based Learning: Enhancing Employability through Work-Integrated Learning (Patrick, C.-J., et al., 2008) – Artikel penting yang membahas kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri dalam konteks magang. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Evaluasi Kinerja Program Magang |
Evaluasi dilakukan secara menyeluruh, menggunakan alat evaluasi yang valid dan reliabel. |
Kriteria:
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
- Persentase Nilai Evaluasi: 30%
- Persentase Nilai Evaluasi: 20%
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 X 50 |
Online 2 X 50 |
Materi: Evaluasi Kinerja Program Magang Pustaka: Work-Based Learning in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning (Raelin, J.A., 2012) – Jurnal yang membahas dampak pembelajaran berbasis pengalaman dalam pendidikan tinggi. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Evaluasi Kinerja Program Magang |
Evaluasi dilakukan secara menyeluruh, menggunakan alat evaluasi yang valid dan reliabel. |
Kriteria:
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
- Persentase Nilai Evaluasi: 30%
- Persentase Nilai Evaluasi: 20%
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 X 50 |
Online 2 X 50 |
Materi: Evaluasi Kinerja Program Magang Pustaka: Work-Based Learning in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning (Raelin, J.A., 2012) – Jurnal yang membahas dampak pembelajaran berbasis pengalaman dalam pendidikan tinggi. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Evaluasi Kinerja Program Magang |
Evaluasi dilakukan secara menyeluruh, menggunakan alat evaluasi yang valid dan reliabel. |
Kriteria:
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
- Persentase Nilai Evaluasi: 30%
- Persentase Nilai Evaluasi: 20%
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 X 50 |
Online 2 X 50 |
Materi: Evaluasi Kinerja Program Magang Pustaka: Work-Based Learning in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning (Raelin, J.A., 2012) – Jurnal yang membahas dampak pembelajaran berbasis pengalaman dalam pendidikan tinggi. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Evaluasi Kinerja Program Magang |
Evaluasi dilakukan secara menyeluruh, menggunakan alat evaluasi yang valid dan reliabel. |
Kriteria:
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
- Persentase Nilai Evaluasi: 30%
- Persentase Nilai Evaluasi: 20%
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 X 50 |
Online 2 X 50 |
Materi: Evaluasi Kinerja Program Magang Pustaka: Work-Based Learning in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning (Raelin, J.A., 2012) – Jurnal yang membahas dampak pembelajaran berbasis pengalaman dalam pendidikan tinggi. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Penyusunan Laporan Akhir Program Magang |
Laporan memuat data evaluasi yang lengkap, serta memberikan rekomendasi yang realistis untuk perbaikan di masa depan. |
Kriteria:
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
- Persentase Nilai Evaluasi: 30%
- Persentase Nilai Evaluasi: 20%
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 X 50 |
Online 2 X 50 |
Materi: Evaluasi Kinerja Program Magang Pustaka: Work-Based Learning in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning (Raelin, J.A., 2012) – Jurnal yang membahas dampak pembelajaran berbasis pengalaman dalam pendidikan tinggi. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Penyusunan Laporan Akhir Program Magang |
Laporan memuat data evaluasi yang lengkap, serta memberikan rekomendasi yang realistis untuk perbaikan di masa depan. |
Kriteria:
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
- Persentase Nilai Evaluasi: 30%
- Persentase Nilai Evaluasi: 20%
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 X 50 |
Online 2 X 50 |
Materi: Evaluasi Kinerja Program Magang Pustaka: Work-Based Learning in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning (Raelin, J.A., 2012) – Jurnal yang membahas dampak pembelajaran berbasis pengalaman dalam pendidikan tinggi. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Penyusunan Laporan Akhir Program Magang |
Laporan memuat data evaluasi yang lengkap, serta memberikan rekomendasi yang realistis untuk perbaikan di masa depan. |
Kriteria:
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
- Persentase Nilai Evaluasi: 30%
- Persentase Nilai Evaluasi: 20%
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 X 50 |
Online 2 X 50 |
Materi: Evaluasi Kinerja Program Magang Pustaka: Work-Based Learning in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning (Raelin, J.A., 2012) – Jurnal yang membahas dampak pembelajaran berbasis pengalaman dalam pendidikan tinggi. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Penilaian Akhir Semester |
Kualitas laporan, kemampuan presentasi, dan tanggapan terhadap |
Kriteria:
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
- Persentase Nilai Evaluasi: 30%
- Persentase Nilai Evaluasi: 20%
- Persentase Nilai Evaluasi: 25%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 X 50 |
Online 2 X 50 |
Materi: Evaluasi Kinerja Program Magang Pustaka: Work-Based Learning in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning (Raelin, J.A., 2012) – Jurnal yang membahas dampak pembelajaran berbasis pengalaman dalam pendidikan tinggi. |
5% |