Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Program Magang Praktik Industri

7920209110

T=0

P=4

ECTS=6.36

6

25 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-10

Mampu menghasilkan karya akademik atau non-akademik dengan baik dalam bentuk lisan maupun tulisan untuk beragam audiens dan tujuan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu merancang program magang yang relevan dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi terbaru.

PO - 2

Mahasiswa mampu menerapkan manajemen dan evaluasi program magang yang efektif.

PO - 3

Mahasiswa mampu bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk industri dan institusi pendidikan, dalam pelaksanaan program magang.

PO - 4

Mahasiswa mampu mengevaluasi dampak program magang terhadap pengembangan kompetensi mahasiswa.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pemahaman dalam merancang, mengelola, dan mengevaluasi program magang praktik industri di berbagai bidang. Mahasiswa akan belajar bagaimana mengintegrasikan kebutuhan industri dengan kurikulum pendidikan tinggi, serta mengembangkan program magang yang berorientasi pada pengembangan kompetensi profesional mahasiswa. Mata kuliah ini mencakup topik-topik seperti manajemen proyek, evaluasi kinerja, dan kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri.

Pustaka

Utama :

  1. Internship in Higher Education: A Literature Review and Research Agenda (Zegwaard, K.E., 2019) – Menyediakan analisis kritis mengenai pengembangan program magang berbasis kompetensi di perguruan tinggi.
  2. Industry-Based Learning: Enhancing Employability through Work-Integrated Learning (Patrick, C.-J., et al., 2008) – Artikel penting yang membahas kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri dalam konteks magang.
  3. Work-Based Learning in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning (Raelin, J.A., 2012) – Jurnal yang membahas dampak pembelajaran berbasis pengalaman dalam pendidikan tinggi.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Perencanaan Program Magang

Proposal program magang memuat analisis kebutuhan yang komprehensif, tujuan yang jelas, serta rencana pelaksanaan yang rinci.

Kriteria:
  1. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
  2. Persentase Nilai Evaluasi: 30%
  3. Persentase Nilai Evaluasi: 20%
  4. Persentase Nilai Evaluasi: 25%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Perencanaan Program Magang
Pustaka: Internship in Higher Education: A Literature Review and Research Agenda (Zegwaard, K.E., 2019) – Menyediakan analisis kritis mengenai pengembangan program magang berbasis kompetensi di perguruan tinggi.
5%

2

Minggu ke 2

Perencanaan Program Magang

Proposal program magang memuat analisis kebutuhan yang komprehensif, tujuan yang jelas, serta rencana pelaksanaan yang rinci.

Kriteria:
  1. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
  2. Persentase Nilai Evaluasi: 30%
  3. Persentase Nilai Evaluasi: 20%
  4. Persentase Nilai Evaluasi: 25%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Perencanaan Program Magang
Pustaka: Internship in Higher Education: A Literature Review and Research Agenda (Zegwaard, K.E., 2019) – Menyediakan analisis kritis mengenai pengembangan program magang berbasis kompetensi di perguruan tinggi.
5%

3

Minggu ke 3

Perencanaan Program Magang

Proposal program magang memuat analisis kebutuhan yang komprehensif, tujuan yang jelas, serta rencana pelaksanaan yang rinci.

Kriteria:
  1. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
  2. Persentase Nilai Evaluasi: 30%
  3. Persentase Nilai Evaluasi: 20%
  4. Persentase Nilai Evaluasi: 25%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Perencanaan Program Magang
Pustaka: Internship in Higher Education: A Literature Review and Research Agenda (Zegwaard, K.E., 2019) – Menyediakan analisis kritis mengenai pengembangan program magang berbasis kompetensi di perguruan tinggi.
5%

4

Minggu ke 4

Perencanaan Program Magang

Proposal program magang memuat analisis kebutuhan yang komprehensif, tujuan yang jelas, serta rencana pelaksanaan yang rinci.

Kriteria:
  1. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
  2. Persentase Nilai Evaluasi: 30%
  3. Persentase Nilai Evaluasi: 20%
  4. Persentase Nilai Evaluasi: 25%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Perencanaan Program Magang
Pustaka: Internship in Higher Education: A Literature Review and Research Agenda (Zegwaard, K.E., 2019) – Menyediakan analisis kritis mengenai pengembangan program magang berbasis kompetensi di perguruan tinggi.
5%

5

Minggu ke 5

Pelaksanaan dan Manajemen Program Magang

Kriteria:
  1. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
  2. Persentase Nilai Evaluasi: 30%
  3. Persentase Nilai Evaluasi: 20%
  4. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
Offline
2 X 50
Online
2 X 50
Materi: Pelaksanaan dan Manajemen Program Magang
Pustaka: Industry-Based Learning: Enhancing Employability through Work-Integrated Learning (Patrick, C.-J., et al., 2008) – Artikel penting yang membahas kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri dalam konteks magang.
5%

6

Minggu ke 6

Pelaksanaan dan Manajemen Program Magang

Kriteria:
  1. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
  2. Persentase Nilai Evaluasi: 30%
  3. Persentase Nilai Evaluasi: 20%
  4. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
Offline
2 X 50
Online
2 X 50
Materi: Pelaksanaan dan Manajemen Program Magang
Pustaka: Industry-Based Learning: Enhancing Employability through Work-Integrated Learning (Patrick, C.-J., et al., 2008) – Artikel penting yang membahas kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri dalam konteks magang.
5%

7

Minggu ke 7

Pelaksanaan dan Manajemen Program Magang

Kriteria:
  1. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
  2. Persentase Nilai Evaluasi: 30%
  3. Persentase Nilai Evaluasi: 20%
  4. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
Offline
2 X 50
Online
2 X 50
Materi: Pelaksanaan dan Manajemen Program Magang
Pustaka: Industry-Based Learning: Enhancing Employability through Work-Integrated Learning (Patrick, C.-J., et al., 2008) – Artikel penting yang membahas kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri dalam konteks magang.
5%

8

Minggu ke 8

Pelaksanaan dan Manajemen Program Magang

Kriteria:
  1. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
  2. Persentase Nilai Evaluasi: 30%
  3. Persentase Nilai Evaluasi: 20%
  4. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
Offline
2 X 50
Online
2 X 50
Materi: Pelaksanaan dan Manajemen Program Magang
Pustaka: Industry-Based Learning: Enhancing Employability through Work-Integrated Learning (Patrick, C.-J., et al., 2008) – Artikel penting yang membahas kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri dalam konteks magang.
5%

9

Minggu ke 9

Evaluasi Kinerja Program Magang

Evaluasi dilakukan secara menyeluruh, menggunakan alat evaluasi yang valid dan reliabel.

Kriteria:
  1. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
  2. Persentase Nilai Evaluasi: 30%
  3. Persentase Nilai Evaluasi: 20%
  4. Persentase Nilai Evaluasi: 25%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 X 50
Online
2 X 50
Materi: Evaluasi Kinerja Program Magang
Pustaka: Work-Based Learning in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning (Raelin, J.A., 2012) – Jurnal yang membahas dampak pembelajaran berbasis pengalaman dalam pendidikan tinggi.
5%

10

Minggu ke 10

Evaluasi Kinerja Program Magang

Evaluasi dilakukan secara menyeluruh, menggunakan alat evaluasi yang valid dan reliabel.

Kriteria:
  1. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
  2. Persentase Nilai Evaluasi: 30%
  3. Persentase Nilai Evaluasi: 20%
  4. Persentase Nilai Evaluasi: 25%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 X 50
Online
2 X 50
Materi: Evaluasi Kinerja Program Magang
Pustaka: Work-Based Learning in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning (Raelin, J.A., 2012) – Jurnal yang membahas dampak pembelajaran berbasis pengalaman dalam pendidikan tinggi.
5%

11

Minggu ke 11

Evaluasi Kinerja Program Magang

Evaluasi dilakukan secara menyeluruh, menggunakan alat evaluasi yang valid dan reliabel.

Kriteria:
  1. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
  2. Persentase Nilai Evaluasi: 30%
  3. Persentase Nilai Evaluasi: 20%
  4. Persentase Nilai Evaluasi: 25%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 X 50
Online
2 X 50
Materi: Evaluasi Kinerja Program Magang
Pustaka: Work-Based Learning in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning (Raelin, J.A., 2012) – Jurnal yang membahas dampak pembelajaran berbasis pengalaman dalam pendidikan tinggi.
5%

12

Minggu ke 12

Evaluasi Kinerja Program Magang

Evaluasi dilakukan secara menyeluruh, menggunakan alat evaluasi yang valid dan reliabel.

Kriteria:
  1. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
  2. Persentase Nilai Evaluasi: 30%
  3. Persentase Nilai Evaluasi: 20%
  4. Persentase Nilai Evaluasi: 25%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 X 50
Online
2 X 50
Materi: Evaluasi Kinerja Program Magang
Pustaka: Work-Based Learning in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning (Raelin, J.A., 2012) – Jurnal yang membahas dampak pembelajaran berbasis pengalaman dalam pendidikan tinggi.
5%

13

Minggu ke 13

Penyusunan Laporan Akhir Program Magang

Laporan memuat data evaluasi yang lengkap, serta memberikan rekomendasi yang realistis untuk perbaikan di masa depan.

Kriteria:
  1. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
  2. Persentase Nilai Evaluasi: 30%
  3. Persentase Nilai Evaluasi: 20%
  4. Persentase Nilai Evaluasi: 25%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 X 50
Online
2 X 50
Materi: Evaluasi Kinerja Program Magang
Pustaka: Work-Based Learning in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning (Raelin, J.A., 2012) – Jurnal yang membahas dampak pembelajaran berbasis pengalaman dalam pendidikan tinggi.
5%

14

Minggu ke 14

Penyusunan Laporan Akhir Program Magang

Laporan memuat data evaluasi yang lengkap, serta memberikan rekomendasi yang realistis untuk perbaikan di masa depan.

Kriteria:
  1. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
  2. Persentase Nilai Evaluasi: 30%
  3. Persentase Nilai Evaluasi: 20%
  4. Persentase Nilai Evaluasi: 25%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 X 50
Online
2 X 50
Materi: Evaluasi Kinerja Program Magang
Pustaka: Work-Based Learning in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning (Raelin, J.A., 2012) – Jurnal yang membahas dampak pembelajaran berbasis pengalaman dalam pendidikan tinggi.
5%

15

Minggu ke 15

Penyusunan Laporan Akhir Program Magang

Laporan memuat data evaluasi yang lengkap, serta memberikan rekomendasi yang realistis untuk perbaikan di masa depan.

Kriteria:
  1. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
  2. Persentase Nilai Evaluasi: 30%
  3. Persentase Nilai Evaluasi: 20%
  4. Persentase Nilai Evaluasi: 25%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 X 50
Online
2 X 50
Materi: Evaluasi Kinerja Program Magang
Pustaka: Work-Based Learning in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning (Raelin, J.A., 2012) – Jurnal yang membahas dampak pembelajaran berbasis pengalaman dalam pendidikan tinggi.
5%

16

Minggu ke 16

Penilaian Akhir Semester

Kualitas laporan, kemampuan presentasi, dan tanggapan terhadap

Kriteria:
  1. Persentase Nilai Evaluasi: 25%
  2. Persentase Nilai Evaluasi: 30%
  3. Persentase Nilai Evaluasi: 20%
  4. Persentase Nilai Evaluasi: 25%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 X 50
Online
2 X 50
Materi: Evaluasi Kinerja Program Magang
Pustaka: Work-Based Learning in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning (Raelin, J.A., 2012) – Jurnal yang membahas dampak pembelajaran berbasis pengalaman dalam pendidikan tinggi.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 33.36%
2. Penilaian Praktikum 13.36%
3. Praktik / Unjuk Kerja 13.36%
60.08%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.