Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perencanaan Pengajaran

8720504109

T=4

P=0

ECTS=6.36

5

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Listyaningsih, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pengkajian dan pemahaman tentang perangkat pembelajaran dalam pendidikan dan pengajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, serta prosedur pengembangan perangkat pembelajaran. Konsep dasar perangkat pembelajaran, pengembangan tujuan pembelajaran, pengembangan materi ajar, pengembangan strategi pembelajaran, pengembangan asesmen, rencana program pembelajaran termasuk workshop pengembangan perangkat pembelajaran melalui analisis hasil pengamatan dan pengkajian kurikulum. Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan konstruktivistik, diskusi kelompok, tugas proyek dan produk, latihan, dan refleksi.

Pustaka

Utama :

  1. Dick Walter, LounCarey, James O Carey. 2001. The Systematic Desain of Instruction . By Addison Wesley educational publishers Inc. New York.

    Djamarah Syaiful Bahri, Aswan Zein. 2010 . Strategi Belajar Mengajar . Rineka Cipta. Jakarta.

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Kurikulum 2013 . Jakarta.

    Komalasari Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual . PT Refika Aditama. Bandung.

    Kunandar. 2008. Guru Profesional . PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

    Kurniasih Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 . Kata Pena. Surabaya.

    Majid Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran . PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

    Prastowo Andi. 2014. Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif . Diva Press. Jogyakarta.

    Pribadi A Benny. 2011. Model Assure . Dian Rakyat. Jakarta.

    Rohman Muhammad dan Sofan Amri. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran . Prestasi Pustaka. Jakarta.

    Sudjana Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo. Bandung.

    Sanjaya Wina. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

    Uno Hamzah B. Dan Satria Koni. 2012. Asesmen Pembelajaran . PT Bumi Aksara.

    Yamin Martinis dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru . Gaung Persada (GP). Jaka :

    Yamin Martinis. 2012. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivstik . Ciputat Mega Mall. Jakarta.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Suharningsih, M.Si.

Dr. Oksiana Jatiningsih, M.Si.

Dr. Harmanto, S.Pd., M.Pd.

Dr. Listyaningsih, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.