Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pendidikan Karakter

8620602305

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

17 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Tim Rumpun PPKn




Hendrik Pandu Paksi, M.Pd




Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.

PLO-8

Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).

PLO-9

Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memahami Definisi Karakter, Proses Terbentuknya Karakter, macam-macam karakter dan fungsinya dalam kehidupan Manusia

PO - 2

Mahasiswa memahami living values, morality dan cara mendidik untuk membentuk karakter

PO - 3

Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi karakter yang berkeadilan ditengah masyarakat yang multikultur

PO - 4

Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal yang sesuai dengan karakteristik manusia Indonesia

PO - 5

Mahasiswa mampu memahami pendidikan karakter anti perundungan dan imlementasinya di sekolah dasar

PO - 6

Mahasiswa mampu mengkampanyekan pendidikan karakter di sekolah dasar melalui aksi nyata

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-8PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4 
PO-5
PO-6

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pendidikan karakter mengkaji tentang definisi karakter, faktor-faktor yang membentuk karakter dan fungsi karakter dalam kehidupan manusia. Mata kuliah ini juga membahas bagaimana cara mendidik karakter, implementasi karakter yang berkeadilan di tengah masyarakat multikultur, implementasi karakter berbasis kearifan lokal masyarakat Indonesia dan bagaimana menyelenggarakan pendidikan karakter anti perundungan di sekolah dasar. Output dari mata kuliah ini adalah aksi nyata untuk mengkampanyekan pendidikan karakter di sekolah dasar

Pustaka

Utama :

  1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud.
  3. Paksi, H. P. (2021). Penguatan karakter fast fathonah, amanah, shidiq, tabligh. Scopindo Media Pustaka.
  4. Puspita, A. M. I. P., Paksi, H. P., & Wicaksono, V. D. (2023). Humanistic Literacy Diagnosis in the Implementation of Javanese Local Wisdom-Based Learning Models for Elementary School Students. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(3).
  5. Puspita, A. M. I., Saud, U. S., Damayanti, V. S., William, N., & Setiawan, A. (2021, November). The Implementation of Local Wisdom-Based Audio-Visual Media to Improve Cultural Literacy in Elementary Schools. In 1st International Conference Of Education, Social And Humanities (INCESH 2021) (pp. 29-33). Atlantis Press.
  6. Puspita, A.M.I.P, dkk. 2024. Etnopedagogi Berkelanjutan di Pendidikan Dasar. Indonesia Emas Group

Pendukung :

  1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.
  2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.
  3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta.
  4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar.
  5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.
  6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana.
  7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/10.1177/0002716203260082
  8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons.

Dosen Pengampu

Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd.

Helda Kusuma Wardani, S.Pd., M.Pd.

Dr. Ari Metalin Ika Puspita, S.Pd.SD., M.Pd.

Maretha Dellarosa, M.A., Ph.D.

Vicky Dwi Wicaksono, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengantar Mata Kuliah

Mahasiswa memahami capaian pembelajaran mata kuliah dan menyepakati kontrak perkuliahan

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Menyimak, bertanya, menyepakati kontrak perkuliahan
Menyimak, bertanya, menyepakati kontrak perkuliahan
Materi: Pengantar Mata Kuliah
Pustaka:
0%

2

Minggu ke 2

Definisi dan faktor pembentuk karakter

Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan faktor pembentuk karakter secara lisan dan tertulis

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Hasil Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
Materi: Definisi Karakter
Pustaka:

Materi: Faktor Pembentuk Karakter
Pustaka:
4%

3

Minggu ke 3

Macam-macam Karakter

Mahasiswa mampu menganalisis macam-macam karakter disertai contoh

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Hasil DIskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
Materi: Macam-macam Karakter
Pustaka:

Materi: Contoh Karakter
Pustaka:
4%

4

Minggu ke 4

Fungsi Karakter dalam kehidupan manusia

Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi karakter dalam kehidupan manusia

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Hasil DIskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
Materi: Fungsi Karakter dalam kehidupan Manusia
Pustaka:
4%

5

Minggu ke 5

Living Values dan penguatan karakter

Mahasiswa mampu menganalisis konsep Living Values dan penguatan karakter

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Hasil Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
Materi: Living Values
Pustaka:

Materi: Penguatan karakter
Pustaka:
4%

6

Minggu ke 6

Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter

Mahasiswa mampu menunjukkan keterkaitan antara Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Hasil Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
Materi: Moral Knowing
Pustaka:

Materi: Moral feeling
Pustaka:

Materi: Moral action
Pustaka:
4%

7

Minggu ke 7

Mendidik untuk membentuk Karakter

Mahasiswa mampu menunjukkan cara mendidik untuk membentuk Karakter di sekolah dasar

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Project

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Wawancara dengan guru tentang cara guru mendidik karakter
Wawancara dengan guru tentang cara guru mendidik karakter dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
Materi: Educating for Character
Pustaka:
10%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Mahasiswa menguasai setengah capaian pembelajaran mata kuliah

Kriteria:

Tes Ujian Tengah Semester


Bentuk Penilaian :
Tes
Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester
Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester
Materi: UTS
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

Keberagaman karakter dan dampaknya

Mahasiswa mampu menunjukkan keberagaman karakter dan dampaknya bagi kehidupan manusia

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian hasil diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
Materi: Keberagaman karakter
Pustaka:

Materi: Dampak Keberagaman Karakter
Pustaka:
4%

10

Minggu ke 10

Studi Implementasi Karakter yang berkeadilan

Mahasiswa mampu menganalisis Implementasi Karakter yang berkeadilan di masyarakat secara kritis dan ilmiah

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Hasil Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
Materi: Implementasi Karakter yang Berkeadilan
Pustaka:
4%

11

Minggu ke 11

Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal

Mahasiswa mampu menjelaskan Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal di Indonesia

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Hasil Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
Materi: Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal
Pustaka:
4%

12

Minggu ke 12

Karakteristik manusia Indonesia

Mahasiswa mampu menunjukkan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan jenis kelamin, ras, suku, Agama, dan budaya

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Hasil Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah

Materi: karakteristik manusia Indonesia berdasarkan jenis kelamin, ras, suku, Agama, dan budaya
Pustaka:
4%

13

Minggu ke 13

Pendidikan Karakter Anti Perundungan

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pendidikan karakter anti perundungan di sekolah dasar

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Hasil Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
Materi: Pendidikan karakter anti perundungan
Pustaka:
4%

14

Minggu ke 14

Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD

Mahasiswa mampu mengkaji dan membuat ide Program Anti Perundungan di SD

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Hasil Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah dan melengkapi tugas
Materi: Program Anti Perundungan
Pustaka:
4%

15

Minggu ke 15

Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar

Mahasiswa mampu mengkampanyekan ide tentang pendidikan karakter melalui Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Project

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membuat Iklan Layanan Masyarakat / Ajakan berprilaku karakter di sekolah dasar
Membuat Iklan Layanan Masyarakat / Ajakan berprilaku karakter di sekolah dasar dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
Materi: Iklan Layanan Masyarakat tentang Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar
Pustaka:
16%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Akhir Semester
Ujian Akhir Semester
Materi: UAS
Pustaka:
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 57%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 13%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.