|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pendidikan Karakter |
8620602305 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
17 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Tim Rumpun PPKn
|
Hendrik Pandu Paksi, M.Pd
|
Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal. |
PLO-8 |
Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga). |
PLO-9 |
Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga). |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa memahami Definisi Karakter, Proses Terbentuknya Karakter, macam-macam karakter dan fungsinya dalam kehidupan Manusia
|
PO - 2 |
Mahasiswa memahami living values, morality dan cara mendidik untuk membentuk karakter
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi karakter yang berkeadilan ditengah masyarakat yang multikultur
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal yang sesuai dengan karakteristik manusia Indonesia
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu memahami pendidikan karakter anti perundungan dan imlementasinya di sekolah dasar
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu mengkampanyekan pendidikan karakter di sekolah dasar melalui aksi nyata
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | | PO-4 | ✔ | | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-6 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pendidikan karakter mengkaji tentang definisi karakter, faktor-faktor yang membentuk karakter dan fungsi karakter dalam kehidupan manusia. Mata kuliah ini juga membahas bagaimana cara mendidik karakter, implementasi karakter yang berkeadilan di tengah masyarakat multikultur, implementasi karakter berbasis kearifan lokal masyarakat Indonesia dan bagaimana menyelenggarakan pendidikan karakter anti perundungan di sekolah dasar. Output dari mata kuliah ini adalah aksi nyata untuk mengkampanyekan pendidikan karakter di sekolah dasar |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud.
- Paksi, H. P. (2021). Penguatan karakter fast fathonah, amanah, shidiq, tabligh. Scopindo Media Pustaka.
- Puspita, A. M. I. P., Paksi, H. P., & Wicaksono, V. D. (2023). Humanistic Literacy Diagnosis in the Implementation of Javanese Local Wisdom-Based Learning Models for Elementary School Students. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(3).
- Puspita, A. M. I., Saud, U. S., Damayanti, V. S., William, N., & Setiawan, A. (2021, November). The Implementation of Local Wisdom-Based Audio-Visual Media to Improve Cultural Literacy in Elementary Schools. In 1st International Conference Of Education, Social And Humanities (INCESH 2021) (pp. 29-33). Atlantis Press.
- Puspita, A.M.I.P, dkk. 2024. Etnopedagogi Berkelanjutan di Pendidikan Dasar. Indonesia Emas Group
|
Pendukung : |
|
- Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.
- Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.
- Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta.
- Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar.
- Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.
- Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana.
- Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/10.1177/0002716203260082
- Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons.
|
Dosen Pengampu
|
Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd. Helda Kusuma Wardani, S.Pd., M.Pd. Dr. Ari Metalin Ika Puspita, S.Pd.SD., M.Pd. Maretha Dellarosa, M.A., Ph.D. Vicky Dwi Wicaksono, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengantar Mata Kuliah |
Mahasiswa memahami capaian pembelajaran mata kuliah dan menyepakati kontrak perkuliahan |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Menyimak, bertanya, menyepakati kontrak perkuliahan
|
Menyimak, bertanya, menyepakati kontrak perkuliahan
|
Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Definisi dan faktor pembentuk karakter |
Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan faktor pembentuk karakter secara lisan dan tertulis |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Hasil Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik
|
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
|
Materi: Definisi Karakter Pustaka: Materi: Faktor Pembentuk Karakter Pustaka: |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Macam-macam Karakter |
Mahasiswa mampu menganalisis macam-macam karakter disertai contoh |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Hasil DIskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik
|
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
|
Materi: Macam-macam Karakter Pustaka: Materi: Contoh Karakter Pustaka: |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Fungsi Karakter dalam kehidupan manusia |
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi karakter dalam kehidupan manusia |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Hasil DIskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik
|
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
|
Materi: Fungsi Karakter dalam kehidupan Manusia Pustaka: |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Living Values dan penguatan karakter |
Mahasiswa mampu menganalisis konsep Living Values dan penguatan karakter |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Hasil Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik
|
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
|
Materi: Living Values Pustaka: Materi: Penguatan karakter Pustaka: |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter |
Mahasiswa mampu menunjukkan keterkaitan antara Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Hasil Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik
|
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
|
Materi: Moral Knowing Pustaka: Materi: Moral feeling Pustaka: Materi: Moral action Pustaka: |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mendidik untuk membentuk Karakter |
Mahasiswa mampu menunjukkan cara mendidik untuk membentuk Karakter di sekolah dasar |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Project
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Wawancara dengan guru tentang cara guru mendidik karakter
|
Wawancara dengan guru tentang cara guru mendidik karakter dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
|
Materi: Educating for Character Pustaka: |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Mahasiswa menguasai setengah capaian pembelajaran mata kuliah |
Kriteria:
Tes Ujian Tengah Semester Bentuk Penilaian : Tes |
Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester
|
Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester
|
Materi: UTS Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Keberagaman karakter dan dampaknya |
Mahasiswa mampu menunjukkan keberagaman karakter dan dampaknya bagi kehidupan manusia |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian hasil diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah
|
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
|
Materi: Keberagaman karakter Pustaka: Materi: Dampak Keberagaman Karakter Pustaka: |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Studi Implementasi Karakter yang berkeadilan |
Mahasiswa mampu menganalisis Implementasi Karakter yang berkeadilan di masyarakat secara kritis dan ilmiah |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Hasil Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah
|
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
|
Materi: Implementasi Karakter yang Berkeadilan Pustaka: |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal |
Mahasiswa mampu menjelaskan Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal di Indonesia |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Hasil Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah
|
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
|
Materi: Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal Pustaka: |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Karakteristik manusia Indonesia |
Mahasiswa mampu menunjukkan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan jenis kelamin, ras, suku, Agama, dan budaya |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Hasil Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah
|
|
Materi: karakteristik manusia Indonesia berdasarkan jenis kelamin, ras, suku, Agama, dan budaya Pustaka: |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Pendidikan Karakter Anti Perundungan |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pendidikan karakter anti perundungan di sekolah dasar |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Hasil Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah
|
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
|
Materi: Pendidikan karakter anti perundungan Pustaka: |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD |
Mahasiswa mampu mengkaji dan membuat ide Program Anti Perundungan di SD |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Hasil Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah
|
Mencari Permasalahan, membuat PPT, Presentasi Kelompok dan diskusi Pemecahan Masalah dan melengkapi tugas
|
Materi: Program Anti Perundungan Pustaka: |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar |
Mahasiswa mampu mengkampanyekan ide tentang pendidikan karakter melalui Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Project
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Membuat Iklan Layanan Masyarakat / Ajakan berprilaku karakter di sekolah dasar
|
Membuat Iklan Layanan Masyarakat / Ajakan berprilaku karakter di sekolah dasar dan melengkapi tugas-tugas di Sidia
|
Materi: Iklan Layanan Masyarakat tentang Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Pustaka: |
16% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
|
Kriteria:
Ujian Akhir Semester Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Akhir Semester
|
Ujian Akhir Semester
|
Materi: UAS Pustaka: |
20% |