|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Praktik Kerja Lapangan (PKL) Perencanaan |
2220102094 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
6 |
19 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Yogie Risdianto, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Mampu menganalisis, mendesain, merancang, serta mengevaluasi dalam mengambil keputusan yang strategis dalam bidang teknik sipil. |
PLO-7 |
Mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan permasalahan keteknisksipilan dan sains melalui penerapan ilmu atau menggunakan aplikasi pendukung. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan laporan PI/PKL.
|
PO - 2 |
Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
|
PO - 3 |
Mampu merancang pekerjaan ketekniksipilan sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan, yang peduli pada lingkungan dan berorientasi pada keselamatan kerja.
|
PO - 4 |
Mampu membuat dan melakukan sistem administrasi proyek konstruksi pada seluruh tahapan/proses perencanaan proyek secara jujur dengan menggunakan teknologi informasi dan komputer.
|
PO - 5 |
Menguasai dan mampu menggunakan kelompok matakuliah keilmuan dan keterampilan yang terdiri dari kelompok matematika, fisika, kimia, statika, dan ilmu dasar ketekniksipilan lainnya untuk cerdas dalam menghadapi berbagai persoalan yang muncul di lapangan.
|
PO - 6 |
Mampu merencanakan penggunaan sumber daya proyek (man,money,material,method, danmachine) untuk mencapai sasaran biaya, jadwal, dan mutu proyek.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-6 | PLO-7 | PO-1 | | | PO-2 | | | PO-3 | | | PO-4 | | | PO-5 | | | PO-6 | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Deskripsi materi PI/PKL program studi S-I Teknik Sipil, memuat bidang-bidang pekerjaan di perusahaan/industri/instansi pemerintah yang relevan dengan disiplin ilmu masing-masing program studi, mencakup perencanaan pekerjaan di berbagai proyek pembangunan dan pelayanan jasa bidang kostruksi bangunan gedung, irigasi dan bangunan air, sarana dan prasarana transportasi serta industri konstruksi. Bidang pekerjaan program studi S-I Teknik Sipil adalah sebagai berikut : Bidang Pekerjaan Bangunan Gedung, Bidang Pekerjaan Irigasi dan Bangunan Air, Bidang Pekerjaan Sarana dan Prasarana Transportasi |
Pustaka
|
Utama : |
|
- TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Yogie Risdianto, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu mempersiapkan kegiatan praktik kerja lapangan |
- Mampu memahami hakikat dan tujuan Praktik Kerja Lapangan serta dunia kerja
- Mampu memahami Ruang lingkup dan materi Praktik Kerja Lapangan
- Mampu memahami prosedur Praktik Kerja Lapangan'
|
Kriteria:
Bentuk non-tes: Mahasiswa mendapat Pengarahan PKL oleh kordinator PKL. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 x 50 |
|
Materi: pedoman pkl Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan |
Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL |
Kriteria:
Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 x 50 |
|
Materi: pedoman pkl Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan |
Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL |
Kriteria:
Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 x 50 |
|
Materi: pedoman pkl Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan |
Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL |
Kriteria:
Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 x 50 |
|
Materi: pedoman pkl Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan |
Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL |
Kriteria:
Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 x 50 |
|
Materi: pedoman pkl Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan |
Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL |
Kriteria:
Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 x 50 |
|
Materi: pedoman pkl Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan |
Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL |
Kriteria:
Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 x 50 |
|
Materi: pedoman pkl Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan |
Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL |
Kriteria:
Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 x 50 |
|
Materi: pedoman pkl Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan |
Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL |
Kriteria:
Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 x 50 |
|
Materi: pedoman pkl Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan |
Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL |
Kriteria:
Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 x 50 |
|
Materi: pedoman pkl Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan |
Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL |
Kriteria:
Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 x 50 |
|
Materi: pedoman pkl Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan |
Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL |
Kriteria:
Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 x 50 |
|
Materi: pedoman pkl Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan |
Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL |
Kriteria:
Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 x 50 |
|
Materi: pedoman pkl Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan |
Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL |
Kriteria:
Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 x 50 |
|
Materi: pedoman pkl Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan |
Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL |
Kriteria:
Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 x 50 |
|
Materi: pedoman pkl Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan laporan akhir praktik kerja lapangan |
Persiapan Presentasi Laporan Hasil PKL |
Kriteria:
Mampu mempersiapkan presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas: Persiapan presentasi Laporan Hasil PKL 2 x 50 |
|
Materi: pedoman pkl Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
10% |