Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Divais Semikonduktor dan Rangkaian Ter

2020102031

T=2

P=0

ECTS=3.18

0

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

: mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang berbasis proyek yang mempunyai tujuan untuk menerapkan dari beberapa komponen elektronika menjadi sustu sistem elektronika yang dapat digunakan oleh laboratorium elektronika. Mata kuliah ini meliputi pemahaman tentang komponen aktif-pasip, sensor maupun transduser, pemahaman tentang peralatan dan perkakas bengkel, pembuatan barang jadi untuk laboratorium Elektronika, komponen dasar elektronik layout PCB, administrasi alat dan bahan, perencanaan fasilitas, pengawasan bahan, pencatatan dan pemeliharaan, organisasi pengelolaan, anggaran biaya operasional bengkel, keamanan dan perencanaan fasilitas dan optimasi pemakaiannya, keselamatan kerja.

Pustaka

Utama :

  1. : [1]. Buctami Achir. 1985. Perencanaan Kebutuhan Fasilitas Pelajaran Praktek dan Optimasi Pemakaiannya. Bandung: P3GT Depdik.bud.
  2. [2]. Kavanaugh, William A. 1982. Consideration. When Planning Electricity Electronic Shop, in Modern School Shop Planning. Michigan: Praken Publications, Inc.
  3. [3]. Strom, George. 1979. Managing the Occupational Edlucation Laboratory. Michigan: Praken Publication, Inc..
  4. [4]. Hayt, WH. & Kimmerly. 1978. Engineering Circut Analysis. Singapore: McGraw-Hill Book Co.
  5. [5]. Theraja, BL. 1979. Electric Technology. New Delhi: S. Chand & Company, Ltd. Paul, Clayton R. 1989. Analysis of Linear Circuits. New york: McGraw- Hill.
  6. [6]. Hayt, WH. & Kimmerly. 1978. Engineering Circut Analysis. Singapore: McGraw-Hill Book Co.
  7. [7]. Edminister. 1972. Electrical Cicuits, Schaum Series Outline. New York: McGraw-Hill Book Company
  8. [8]. Paul, Clayton R. 1989. Analysis of Linear Circuits. New york: McGraw- Hill.
  9. [9]. Albert D. Helfrick. 1990. Modern Electronic Instrumentation and Measurement Thecniques.
  10. [10]. J.B. Gupta. 1979. Electrical Measurements and Measuring Instruments.
  11. [11]. Soedjana Sapiie. 1979. Pengukuran dan Alat Ukur Listrik.
  12. [12]. Tech. M. 1979. Electrical Measurements and Measuring Instruments India: Khanna Publisher.
  13. [13]. Molville, B. Stout. 1981. Basic Electrical Measurement. New Delhi: Prelitice-Hall.
  14. [14]. Soewarsono. 1992. Pengukuran Listrik. Surabaya: University Press IKIP Surabaya.
  15. [15]. A.P. Malvino. 1993. Electronic Principle. Singapore: McGraw-Hill.
  16. [16]. Schultz, M.E. 1994. Electronics Devices. Singapore: Glencoe.
  17. [17]. Cooper, William D. 1991. Electronic Instrumentation and Measurement Techniques. USA: Prentice-Hill.
  18. [18]. Helfrick, Albert D. and Cops William D. 1990. Modern Electronic Instrumentation and Measurement Technique. USA Prentice-Hall.

Pendukung :

Dosen Pengampu

AGUS BUDI SANTOSO

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.