Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan HOTS dan Literasi Sains dalam Pembelajaran Sains

8400102071

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=5.04

2

25 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Wahono Widodo, M.Si




Prof. Dr. Rudiana Agustini, M.Pd.




Prof. Dr. Suyatno, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains

PLO-7

Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional

PLO-8

Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis hasil penelitian pengembangan kecakapan berpikir tingkat tinggi (transfer, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, berpikir kritis, dan berpikir kreatif) serta literasi dalam pembelajaran sains

PO - 2

Merancang pembelajaran sains untuk pengembangan kecakapan berpikir tingkat tinggi dan literasi

PO - 3

Merancang asesmen kecakapan berpikir tingkat tinggi dan literasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1    
PO-2    
PO-3    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan kajian hasil penelitian pengembangan kecakapan berpikir tingkat tinggi (transfer, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, berpikir kritis, dan berpikir kreatif) dalam pembelajaran sains, merancang pembelajaran sains dan asesmen untuk pengembangan kecakapan berpikir tingkat tinggi dan/atau literasi. Perkuliahan dilakukan dengan metode seminar, workshop, dan project. Penilaian meliputi produk hasil kajian dan produk rancangan.

Pustaka

Utama :

  1. Brookhart, S.M. (2010). How to Access HOTS in Your Classroom. Virginia: ASDC.
  2. By Butterworth, John & Thwaites, Geoff. (2016). Thinking Skills: Critical Thinking and Problem Solving . Cambridge: Cambridge Press.
  3. Ennis, R.H.(1996). Critical Thinking. Prentice Hall
  4. OECD (2019), PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do , PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
  5. OECD (2019), PISA 2018 Results (Volume II): Where All Students Can Succeed , PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/b5fd1b8f-en
  6. OECD. (2015). Programme for International Students Assessment. http://www.oecd.org/pisa/ .
  7. Peacock, A. (2000). Science Skills A Problem-solving Activities Book. London: Routledge.

Pendukung :

  1. Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan
  2. Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menganalisis kecakapan berpikir

  1. Mendeskripsikan kecakapan berpikir dan penalaran
  2. Menganalisis instrumen soal untuk HOTS
  3. Membuat soal untuk HOTS
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flip learning dan Diskusi
2 X 50
Case based: mengkaji kasus capaiann kecakapan HOTs/literasi sains mahasiswa Indonesia
2x 50
Materi: HOTs
Pustaka: Brookhart, S.M. (2010). How to Access HOTS in Your Classroom. Virginia: ASDC.

Materi: literasi
Pustaka: OECD (2019), PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do , PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/...

Materi: Kasus pencapaian literasi sains dan hasil AKM
Pustaka: Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan
5%

2

Minggu ke 2

Menganalisis kecakapan berpikir

  1. Mendeskripsikan kecakapan berpikir dan penalaran
  2. Menganalisis instrumen soal untuk HOTS
  3. Membuat soal untuk HOTS
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning dan Diskusi
2 X 50
Case based: mengkaji kasus penelitian kecakapan HOTs/literasi sains untuk membuat PPT dan makalah yang relevan dengan rencana disertasi
2x 45
Materi: Berpikir kritis
Pustaka: Ennis, R.H.(1996). Critical Thinking. Prentice Hall

Materi: HOTs
Pustaka: Brookhart, S.M. (2010). How to Access HOTS in Your Classroom. Virginia: ASDC.

Materi: Literasi sains
Pustaka: OECD (2019), PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do , PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/...

Materi: Contoh penelitian Literasi Sains
Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.
7%

3

Minggu ke 3

Menganalisis kecakapan berpikir

  1. Mendeskripsikan kecakapan berpikir dan penalaran
  2. Menganalisis instrumen soal untuk HOTS
  3. Membuat soal untuk HOTS
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning dan Diskusi
2 X 50
Case based: mengkaji kasus penelitian kecakapan HOTs/literasi sains untuk membuat PPT dan makalah yang relevan dengan rencana disertasi
2x50
Materi: HOTs
Pustaka: Brookhart, S.M. (2010). How to Access HOTS in Your Classroom. Virginia: ASDC.

Materi: Berikir kritis
Pustaka: Ennis, R.H.(1996). Critical Thinking. Prentice Hall

Materi: HOTs
Pustaka: By Butterworth, John & Thwaites, Geoff. (2016). Thinking Skills: Critical Thinking and Problem Solving . Cambridge: Cambridge Press.
5%

4

Minggu ke 4

Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk penyelesaian masalah

  1. Mendeskripsikan kecakapan berpikir penyelesaian masalah
  2. Menganalisis artikel tentang hasil penelitian penyelesaian masalah dalam pembelajaran IPA
  3. Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk kecakapan penyelesaian masalah
  4. Menganalisis instrumen soal penyelesaian masalah
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning analisis kasus HOTs/Literasi sains khususnya pemecahan masalah dan diskusi
2 X 50
Case based: mengkaji kasus penelitian kecakapan HOTs/literasi sains untuk membuat PPT dan makalah yang relevan dengan rencana disertasi
2x50
Materi: Pemecahan masalah
Pustaka: By Butterworth, John & Thwaites, Geoff. (2016). Thinking Skills: Critical Thinking and Problem Solving . Cambridge: Cambridge Press.
7%

5

Minggu ke 5

Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk penyelesaian masalah

  1. Mendeskripsikan kecakapan berpikir penyelesaian masalah
  2. Menganalisis artikel tentang hasil penelitian penyelesaian masalah dalam pembelajaran IPA
  3. Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk kecakapan penyelesaian masalah
  4. Menganalisis instrumen soal penyelesaian masalah
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flip learning, membuat analisis kasus pemecahan masalah, dan diskusi
2 X 50
Case based: mengkaji kasus penelitian kecakapan HOTs/literasi sains untuk membuat PPT dan makalah yang relevan dengan rencana disertasi
2x50
7%

6

Minggu ke 6

Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk penyelesaian masalah

  1. Mendeskripsikan kecakapan berpikir penyelesaian masalah
  2. Menganalisis artikel tentang hasil penelitian penyelesaian masalah dalam pembelajaran IPA
  3. Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk kecakapan penyelesaian masalah
  4. Menganalisis instrumen soal penyelesaian masalah
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flip learning, projek, dan diskusi terkait HOTs
2 X 50
Case based: mengkaji kasus penelitian kecakapan HOTs/literasi sains untuk membuat PPT dan makalah yang relevan dengan rencana disertasi
2 x 50
Materi: Pemecahan masalah
Pustaka: Peacock, A. (2000). Science Skills A Problem-solving Activities Book. London: Routledge.

Materi: Asesmen HOTs
Pustaka: Brookhart, S.M. (2010). How to Access HOTS in Your Classroom. Virginia: ASDC.
5%

7

Minggu ke 7

Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk berpikir kritis

  1. Mendeskripsikan kecakapan berpikir kritis
  2. Menganalisis artikel tentang hasil penelitian berpikir kritid dalam pembelajaran IPA
  3. Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk kecakapan berpikir kritis
  4. Menganalisis instrumen soal berpikir kritis
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, projek, dan diskusi terkait berpikir kritis
2 X 50
Case based: mengkaji kasus penelitian kecakapan HOTs/literasi sains untuk membuat PPT dan makalah yang relevan dengan rencana disertasi
2 x 50
Materi: Berpikir kritis
Pustaka: Ennis, R.H.(1996). Critical Thinking. Prentice Hall

Materi: Berpikir kritis
Pustaka: By Butterworth, John & Thwaites, Geoff. (2016). Thinking Skills: Critical Thinking and Problem Solving . Cambridge: Cambridge Press.
7%

8

Minggu ke 8

Kemampuan akhir dari TM-1 sampai TM-7

Indikator dari TM-1 sampai TM-7

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS
2 X 50
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS
Materi: HOTs
Pustaka: Brookhart, S.M. (2010). How to Access HOTS in Your Classroom. Virginia: ASDC.

Materi: Berpikir kritis
Pustaka: By Butterworth, John & Thwaites, Geoff. (2016). Thinking Skills: Critical Thinking and Problem Solving . Cambridge: Cambridge Press.

Materi: Literasi sains
Pustaka: OECD. (2015). Programme for International Students Assessment. http://www.oecd.org/... .

Materi: pemecahan masalah
Pustaka: Peacock, A. (2000). Science Skills A Problem-solving Activities Book. London: Routledge.
5%

9

Minggu ke 9

Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk berpikir kritis

  1. Mendeskripsikan kecakapan berpikir kritis
  2. Menganalisis artikel tentang hasil penelitian berpikir kritid dalam pembelajaran IPA
  3. Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk kecakapan berpikir kritis
  4. Menganalisis instrumen soal berpikir kritis
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, studi kasus dilanjutkan projek pribadi, dan diskusi
2 X 50
Studi kasus: membuat kajian pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan HOTs/Literasi sains dilanjutkan merumuskan model pembelajaran hipotetik
2x50
Materi: studi kasus penelitian untuk meningkatkan HOTs dan literasi
Pustaka: Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan

Materi: contoh
Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.
7%

10

Minggu ke 10

Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk berpikir kreatif

  1. Mendeskripsikan kecakapan berpikir kreatif
  2. Menganalisis artikel tentang hasil penelitian berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA
  3. Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk kecakapan berpikir kreatif
  4. Menganalisis instrumen soal berpikir kreatif
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, projek, dan diskusi
2 X 50
Studi kasus: membuat kajian pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan HOTs/Literasi sains dilanjutkan merumuskan model pembelajaran hipotetik
2 x 50
Materi: analisis kasus
Pustaka: Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan

Materi: contoh
Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.
7%

11

Minggu ke 11

Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk berpikir kreatif

  1. Mendeskripsikan kecakapan berpikir kreatif
  2. Menganalisis artikel tentang hasil penelitian berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA
  3. Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk kecakapan berpikir kreatif
  4. Menganalisis instrumen soal berpikir kreatif
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flip learning, projek, dan diskusi
2 X 50
Studi kasus: membuat kajian pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan HOTs/Literasi sains dilanjutkan merumuskan model pembelajaran hipotetik
2 x 50
Materi: analisis kasus
Pustaka: Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan

Materi: contoh
Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.
5%

12

Minggu ke 12

Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk berpikir kreatif

  1. Mendeskripsikan kecakapan berpikir kreatif
  2. Menganalisis artikel tentang hasil penelitian berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA
  3. Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk kecakapan berpikir kreatif
  4. Menganalisis instrumen soal berpikir kreatif
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, projek, dan diskusi
2 X 50
Studi kasus: membuat kajian pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan HOTs/Literasi sains dilanjutkan merumuskan model pembelajaran hipotetik
2 x 50
Materi: analisis kasus
Pustaka: Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan

Materi: contoh
Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.
7%

13

Minggu ke 13

Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk literasi sains

  1. Mendeskripsikan literasi sains
  2. Menganalisis artikel tentang hasil penelitian literasi sains dalam pembelajaran IPA
  3. Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk literasi sains
  4. Menganalisis instrumen soal literasi sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, projek, dan diskusi
2 X 50
Studi kasus: membuat kajian pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan HOTs/Literasi sains dilanjutkan merumuskan model pembelajaran hipotetik
2x50
Materi: analisis kasus
Pustaka: Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan

Materi: Literasi sains
Pustaka: OECD. (2015). Programme for International Students Assessment. http://www.oecd.org/... .

Materi: contoh
Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.
7%

14

Minggu ke 14

Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk literasi sains

  1. Mendeskripsikan literasi sains
  2. Menganalisis artikel tentang hasil penelitian literasi sains dalam pembelajaran IPA
  3. Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk literasi sains
  4. Menganalisis instrumen soal literasi sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, projek, dan diskusi
2 X 50
Studi kasus: membuat kajian pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan HOTs/Literasi sains dilanjutkan merumuskan model pembelajaran hipotetik
2x50
Materi: Literasi sains
Pustaka: OECD. (2015). Programme for International Students Assessment. http://www.oecd.org/... .

Materi: untuk studi kasus
Pustaka: Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan
7%

15

Minggu ke 15

Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk literasi sains

  1. Mendeskripsikan literasi sains
  2. Menganalisis artikel tentang hasil penelitian literasi sains dalam pembelajaran IPA
  3. Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk literasi sains
  4. Menganalisis instrumen soal literasi sains
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, projek, dan diskusi
2 X 50
Studi kasus: membuat kajian pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan HOTs/Literasi sains dilanjutkan merumuskan model pembelajaran hipotetik
2 x 50
Materi: untuk analisis kasus
Pustaka: Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan

Materi: contoh penelitian
Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.
7%

16

Minggu ke 16

Kemampuan akhir dari TM-9 sampai TM-15

Indikator dari TM-9 sampai TM-15

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS berupa perumusan model pembelajaran hipotetik untuk meningkatkan HOTs/literas sains dan ide perangkat dan instrumen pendukungnya
2 X 50
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS berupa perumusan model pembelajaran hipotetik untuk meningkatkan HOTs/literas sains dan ide perangkat dan instrumen pendukungnya
2 x 50
Materi: untuk bahan analisis kasus dan perumusan model pembelajaran hipotetik
Pustaka: Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 56%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 39%
3. Tes 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.