|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan HOTS dan Literasi Sains dalam Pembelajaran Sains |
8400102071 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
2 |
25 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Wahono Widodo, M.Si
|
Prof. Dr. Rudiana Agustini, M.Pd.
|
Prof. Dr. Suyatno, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional |
PLO-8 |
Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis hasil penelitian pengembangan kecakapan berpikir tingkat tinggi (transfer, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, berpikir kritis, dan berpikir kreatif) serta literasi dalam pembelajaran sains
|
PO - 2 |
Merancang pembelajaran sains untuk pengembangan kecakapan berpikir tingkat tinggi dan literasi
|
PO - 3 |
Merancang asesmen kecakapan berpikir tingkat tinggi dan literasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | | | | PO-2 | | | | | PO-3 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan kajian hasil penelitian pengembangan kecakapan berpikir tingkat tinggi (transfer, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, berpikir kritis, dan berpikir kreatif) dalam pembelajaran sains, merancang pembelajaran sains dan asesmen untuk pengembangan kecakapan berpikir tingkat tinggi dan/atau literasi. Perkuliahan dilakukan dengan metode seminar, workshop, dan project. Penilaian meliputi produk hasil kajian dan produk rancangan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Brookhart, S.M. (2010). How to Access HOTS in Your Classroom. Virginia: ASDC.
- By Butterworth, John & Thwaites, Geoff. (2016). Thinking Skills: Critical Thinking and Problem Solving . Cambridge: Cambridge Press.
- Ennis, R.H.(1996). Critical Thinking. Prentice Hall
- OECD (2019), PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do , PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
- OECD (2019), PISA 2018 Results (Volume II): Where All Students Can Succeed , PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/b5fd1b8f-en
- OECD. (2015). Programme for International Students Assessment. http://www.oecd.org/pisa/ .
- Peacock, A. (2000). Science Skills A Problem-solving Activities Book. London: Routledge.
|
Pendukung : |
|
- Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan
- Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menganalisis kecakapan berpikir |
- Mendeskripsikan kecakapan berpikir dan penalaran
- Menganalisis instrumen soal untuk HOTS
- Membuat soal untuk HOTS
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Flip learning dan Diskusi 2 X 50 |
Case based: mengkaji kasus capaiann kecakapan HOTs/literasi sains mahasiswa Indonesia 2x 50 |
Materi: HOTs Pustaka: Brookhart, S.M. (2010). How to Access HOTS in Your Classroom. Virginia: ASDC. Materi: literasi Pustaka: OECD (2019), PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do , PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/... Materi: Kasus pencapaian literasi sains dan hasil AKM Pustaka: Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis kecakapan berpikir |
- Mendeskripsikan kecakapan berpikir dan penalaran
- Menganalisis instrumen soal untuk HOTS
- Membuat soal untuk HOTS
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning dan Diskusi 2 X 50 |
Case based: mengkaji kasus penelitian kecakapan HOTs/literasi sains untuk membuat PPT dan makalah yang relevan dengan rencana disertasi 2x 45 |
Materi: Berpikir kritis Pustaka: Ennis, R.H.(1996). Critical Thinking. Prentice Hall Materi: HOTs Pustaka: Brookhart, S.M. (2010). How to Access HOTS in Your Classroom. Virginia: ASDC. Materi: Literasi sains Pustaka: OECD (2019), PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do , PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/... Materi: Contoh penelitian Literasi Sains Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208. |
7% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis kecakapan berpikir |
- Mendeskripsikan kecakapan berpikir dan penalaran
- Menganalisis instrumen soal untuk HOTS
- Membuat soal untuk HOTS
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning dan Diskusi 2 X 50 |
Case based: mengkaji kasus penelitian kecakapan HOTs/literasi sains untuk membuat PPT dan makalah yang relevan dengan rencana disertasi 2x50 |
Materi: HOTs Pustaka: Brookhart, S.M. (2010). How to Access HOTS in Your Classroom. Virginia: ASDC. Materi: Berikir kritis Pustaka: Ennis, R.H.(1996). Critical Thinking. Prentice Hall Materi: HOTs Pustaka: By Butterworth, John & Thwaites, Geoff. (2016). Thinking Skills: Critical Thinking and Problem Solving . Cambridge: Cambridge Press. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk penyelesaian masalah |
- Mendeskripsikan kecakapan berpikir penyelesaian masalah
- Menganalisis artikel tentang hasil penelitian penyelesaian masalah dalam pembelajaran IPA
- Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk kecakapan penyelesaian masalah
- Menganalisis instrumen soal penyelesaian masalah
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning analisis kasus HOTs/Literasi sains khususnya pemecahan masalah dan diskusi 2 X 50 |
Case based: mengkaji kasus penelitian kecakapan HOTs/literasi sains untuk membuat PPT dan makalah yang relevan dengan rencana disertasi 2x50 |
Materi: Pemecahan masalah Pustaka: By Butterworth, John & Thwaites, Geoff. (2016). Thinking Skills: Critical Thinking and Problem Solving . Cambridge: Cambridge Press. |
7% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk penyelesaian masalah |
- Mendeskripsikan kecakapan berpikir penyelesaian masalah
- Menganalisis artikel tentang hasil penelitian penyelesaian masalah dalam pembelajaran IPA
- Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk kecakapan penyelesaian masalah
- Menganalisis instrumen soal penyelesaian masalah
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Flip learning, membuat analisis kasus pemecahan masalah, dan diskusi 2 X 50 |
Case based: mengkaji kasus penelitian kecakapan HOTs/literasi sains untuk membuat PPT dan makalah yang relevan dengan rencana disertasi 2x50 |
|
7% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk penyelesaian masalah |
- Mendeskripsikan kecakapan berpikir penyelesaian masalah
- Menganalisis artikel tentang hasil penelitian penyelesaian masalah dalam pembelajaran IPA
- Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk kecakapan penyelesaian masalah
- Menganalisis instrumen soal penyelesaian masalah
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Flip learning, projek, dan diskusi terkait HOTs 2 X 50 |
Case based: mengkaji kasus penelitian kecakapan HOTs/literasi sains untuk membuat PPT dan makalah yang relevan dengan rencana disertasi 2 x 50 |
Materi: Pemecahan masalah Pustaka: Peacock, A. (2000). Science Skills A Problem-solving Activities Book. London: Routledge. Materi: Asesmen HOTs Pustaka: Brookhart, S.M. (2010). How to Access HOTS in Your Classroom. Virginia: ASDC. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk berpikir kritis |
- Mendeskripsikan kecakapan berpikir kritis
- Menganalisis artikel tentang hasil penelitian berpikir kritid dalam pembelajaran IPA
- Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk kecakapan berpikir kritis
- Menganalisis instrumen soal berpikir kritis
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, projek, dan diskusi terkait berpikir kritis 2 X 50 |
Case based: mengkaji kasus penelitian kecakapan HOTs/literasi sains untuk membuat PPT dan makalah yang relevan dengan rencana disertasi 2 x 50 |
Materi: Berpikir kritis Pustaka: Ennis, R.H.(1996). Critical Thinking. Prentice Hall Materi: Berpikir kritis Pustaka: By Butterworth, John & Thwaites, Geoff. (2016). Thinking Skills: Critical Thinking and Problem Solving . Cambridge: Cambridge Press. |
7% |
8
Minggu ke 8 |
Kemampuan akhir dari TM-1 sampai TM-7 |
Indikator dari TM-1 sampai TM-7 |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS 2 X 50 |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS
|
Materi: HOTs Pustaka: Brookhart, S.M. (2010). How to Access HOTS in Your Classroom. Virginia: ASDC. Materi: Berpikir kritis Pustaka: By Butterworth, John & Thwaites, Geoff. (2016). Thinking Skills: Critical Thinking and Problem Solving . Cambridge: Cambridge Press. Materi: Literasi sains Pustaka: OECD. (2015). Programme for International Students Assessment. http://www.oecd.org/... . Materi: pemecahan masalah Pustaka: Peacock, A. (2000). Science Skills A Problem-solving Activities Book. London: Routledge. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk berpikir kritis |
- Mendeskripsikan kecakapan berpikir kritis
- Menganalisis artikel tentang hasil penelitian berpikir kritid dalam pembelajaran IPA
- Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk kecakapan berpikir kritis
- Menganalisis instrumen soal berpikir kritis
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, studi kasus dilanjutkan projek pribadi, dan diskusi 2 X 50 |
Studi kasus: membuat kajian pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan HOTs/Literasi sains dilanjutkan merumuskan model pembelajaran hipotetik 2x50 |
Materi: studi kasus penelitian untuk meningkatkan HOTs dan literasi Pustaka: Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan Materi: contoh Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208. |
7% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk berpikir kreatif |
- Mendeskripsikan kecakapan berpikir kreatif
- Menganalisis artikel tentang hasil penelitian berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA
- Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk kecakapan berpikir kreatif
- Menganalisis instrumen soal berpikir kreatif
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, projek, dan diskusi 2 X 50 |
Studi kasus: membuat kajian pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan HOTs/Literasi sains dilanjutkan merumuskan model pembelajaran hipotetik 2 x 50 |
Materi: analisis kasus Pustaka: Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan Materi: contoh Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208. |
7% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk berpikir kreatif |
- Mendeskripsikan kecakapan berpikir kreatif
- Menganalisis artikel tentang hasil penelitian berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA
- Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk kecakapan berpikir kreatif
- Menganalisis instrumen soal berpikir kreatif
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Flip learning, projek, dan diskusi 2 X 50 |
Studi kasus: membuat kajian pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan HOTs/Literasi sains dilanjutkan merumuskan model pembelajaran hipotetik 2 x 50 |
Materi: analisis kasus Pustaka: Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan Materi: contoh Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk berpikir kreatif |
- Mendeskripsikan kecakapan berpikir kreatif
- Menganalisis artikel tentang hasil penelitian berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA
- Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk kecakapan berpikir kreatif
- Menganalisis instrumen soal berpikir kreatif
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, projek, dan diskusi 2 X 50 |
Studi kasus: membuat kajian pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan HOTs/Literasi sains dilanjutkan merumuskan model pembelajaran hipotetik 2 x 50 |
Materi: analisis kasus Pustaka: Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan Materi: contoh Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208. |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk literasi sains |
- Mendeskripsikan literasi sains
- Menganalisis artikel tentang hasil penelitian literasi sains dalam pembelajaran IPA
- Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk literasi sains
- Menganalisis instrumen soal literasi sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, projek, dan diskusi 2 X 50 |
Studi kasus: membuat kajian pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan HOTs/Literasi sains dilanjutkan merumuskan model pembelajaran hipotetik 2x50 |
Materi: analisis kasus Pustaka: Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan Materi: Literasi sains Pustaka: OECD. (2015). Programme for International Students Assessment. http://www.oecd.org/... . Materi: contoh Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208. |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk literasi sains |
- Mendeskripsikan literasi sains
- Menganalisis artikel tentang hasil penelitian literasi sains dalam pembelajaran IPA
- Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk literasi sains
- Menganalisis instrumen soal literasi sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, projek, dan diskusi 2 X 50 |
Studi kasus: membuat kajian pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan HOTs/Literasi sains dilanjutkan merumuskan model pembelajaran hipotetik 2x50 |
Materi: Literasi sains Pustaka: OECD. (2015). Programme for International Students Assessment. http://www.oecd.org/... . Materi: untuk studi kasus Pustaka: Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis, merancang pembelajaran dan asesmen pembelajaran IPA untuk literasi sains |
- Mendeskripsikan literasi sains
- Menganalisis artikel tentang hasil penelitian literasi sains dalam pembelajaran IPA
- Merancang pembelajaran IPA dan asesmennya untuk literasi sains
- Menganalisis instrumen soal literasi sains
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, projek, dan diskusi 2 X 50 |
Studi kasus: membuat kajian pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan HOTs/Literasi sains dilanjutkan merumuskan model pembelajaran hipotetik 2 x 50 |
Materi: untuk analisis kasus Pustaka: Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan Materi: contoh penelitian Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208. |
7% |
16
Minggu ke 16 |
Kemampuan akhir dari TM-9 sampai TM-15 |
Indikator dari TM-9 sampai TM-15 |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS berupa perumusan model pembelajaran hipotetik untuk meningkatkan HOTs/literas sains dan ide perangkat dan instrumen pendukungnya 2 X 50 |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS berupa perumusan model pembelajaran hipotetik untuk meningkatkan HOTs/literas sains dan ide perangkat dan instrumen pendukungnya 2 x 50 |
Materi: untuk bahan analisis kasus dan perumusan model pembelajaran hipotetik Pustaka: Jurnal-jurnal dan referensi-referensi mutakhir yang relevan |
5% |