
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Eksperimen Fisika III |
8420302255 |
|
T=0 |
P=2 |
ECTS=3.18 |
6 |
22 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Mita Anggaryani, M.Pd., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai dan mendemonstrasikan prinsip-prinsip teori fisika klasik dan modern |
PLO-6 |
Merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familiar maupun baru |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan prinsip-prinsip teori fisika klasik dan modern dalam merancang dan melaksanakan eksperimen yang relevan (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis data eksperimental untuk memahami fenomena fisika dengan menggunakan metode statistik dan analisis error (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi hasil eksperimen dengan membandingkannya terhadap teori dan prediksi yang ada untuk menilai keakuratan dan validitas (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan setup eksperimental baru atau memodifikasi yang ada untuk mengatasi masalah atau keterbatasan dalam pengamatan (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teknik komputasi dan pemodelan matematika dalam analisis data eksperimental (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis kesalahan eksperimental dan sumber ketidakpastian dalam pengukuran untuk meningkatkan keandalan hasil eksperimen (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi efektivitas metode eksperimental yang digunakan dalam eksperimen untuk mengusulkan perbaikan (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan laporan ilmiah yang mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur yang relevan untuk mendukung kesimpulan (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan alat ukur dan teknologi terkini dalam pengambilan data eksperimental untuk meningkatkan presisi dan akurasi (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis interaksi antara variabel eksperimental untuk memahami pengaruhnya terhadap hasil eksperimen (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | | ✔ | ✔ | PO-3 | | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | | ✔ | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | ✔ | ✔ | PO-7 | ✔ | | ✔ | PO-8 | ✔ | ✔ | | PO-9 | | ✔ | | PO-10 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | ✔ | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | ✔ | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | PO-9 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Eksperimen Fisika III pada jenjang S1 program studi Pendidikan Fisika bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang eksperimen fisika lanjutan. Mata kuliah ini mencakup eksperimen yang lebih kompleks dan mendalam dibandingkan dengan tingkat sebelumnya. Mahasiswa akan belajar tentang metode eksperimen fisika yang lebih canggih, analisis data yang lebih kompleks, serta penerapan konsep fisika yang lebih lanjut dalam eksperimen. Ruang lingkup mata kuliah mencakup eksperimen dalam berbagai bidang fisika seperti optik, mekanika, termodinamika, dan elektromagnetisme dengan pendekatan praktis dan teoritis. Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan eksperimen, analisis data, dan pemecahan masalah fisika melalui praktikum yang menantang dan mendalam. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip teori fisika klasik dan modern dalam merancang dan melaksanakan eksperimen yang relevan. |
- Penerapan prinsip teori fisika klasik dan modern dalam merancang eksperimen
- Penerapan prinsip teori fisika klasik dan modern dalam melaksanakan eksperimen
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 2 X 50 |
Penugasan Proyek Online 2 X 50 |
Materi: Prinsip-prinsip Teori Fisika Klasik, Prinsip-prinsip Teori Fisika Modern, Merancang Eksperimen Fisika, Melaksanakan Eksperimen Fisika Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis data eksperimental dengan menggunakan metode statistik, memahami fenomena fisika yang diamati, serta mampu melakukan analisis error untuk meningkatkan validitas hasil eksperimen. |
- Analisis data eksperimental menggunakan metode statistik
- Pemahaman fenomena fisika melalui data eksperimental
- Kemampuan mengidentifikasi dan mengatasi error
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 2 X 50 |
Penugasan Analisis Data Eksperimental
|
Materi: Konsep dasar analisis data eksperimental, Metode statistik dalam fisika, Analisis error dalam eksperimen fisika Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis data eksperimental dengan menggunakan metode statistik dan analisis error untuk memahami fenomena fisika yang diamati. |
- Analisis data eksperimental menggunakan metode statistik
- Penerapan analisis error dalam memahami fenomena fisika
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah. 2 X 50 |
Penugasan online memungkinkan. Mahasiswa diminta untuk menganalisis data eksperimental yang diberikan melalui platform LMS dan menyajikan hasil analisis menggunakan metode statistik yang relevan. 2 X 50 |
Materi: Konsep dasar analisis data eksperimental, Pengenalan metode statistik dalam fisika, Penerapan analisis error Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai kemampuan evaluasi eksperimen fisika dengan membandingkannya terhadap teori dan prediksi yang ada untuk menilai keakuratan dan validitas. |
- Kemampuan membandingkan hasil eksperimen dengan teori
- Kemampuan menilai keakuratan hasil eksperimen
- Kemampuan menilai validitas hasil eksperimen
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi, Demonstrasi, Tanya Jawab, Studi Kasus.
|
Diskusi Online, Penugasan Menulis Analisis Hasil Eksperimen
|
Materi: Teori Eksperimen Fisika, Prediksi Eksperimen Fisika, Metode Evaluasi Hasil Eksperimen Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai kemampuan kognitif tingkat tinggi dalam Taksonomi Bloom, yaitu kemampuan mengevaluasi hasil eksperimen dengan kritis dan analitis. |
- Kemampuan membandingkan hasil eksperimen dengan teori
- Kemampuan menilai keakuratan hasil eksperimen
- Kemampuan menilai validitas hasil eksperimen
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang hasil eksperimen yang telah dilakukan
|
Materi: Teori yang relevan dengan eksperimen, Prediksi hasil eksperimen, Metode evaluasi hasil eksperimen Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan setup eksperimental baru atau memodifikasi yang ada untuk mengatasi masalah atau keterbatasan dalam pengamatan. |
- Kemampuan merancang setup eksperimen baru
- Kemampuan memodifikasi setup eksperimental yang ada
- Kreativitas dalam mengatasi masalah pengamatan
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang ide setup eksperimen baru, Penugasan membuat proposal modifikasi setup eksperimental 2 X 50 |
Materi: Prinsip dasar dalam merancang eksperimen fisika, Teknik modifikasi setup eksperimental, Penerapan kreativitas dalam pengamatan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan setup eksperimental baru atau memodifikasi yang ada dengan kreativitas tinggi untuk mengatasi masalah atau keterbatasan dalam pengamatan. |
- Kemampuan merancang setup eksperimen baru
- Kemampuan memodifikasi setup eksperimental yang ada
- Kemampuan mengatasi masalah dalam pengamatan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang ide setup eksperimen baru, Penugasan membuat proposal modifikasi eksperimen 2 X 50 |
Materi: Prinsip Dasar Perancangan Eksperimen, Teknik Modifikasi Setup Eksperimental, Strategi Mengatasi Keterbatasan dalam Pengamatan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan laporan ilmiah yang terstruktur dengan baik, mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur yang relevan, dan mampu menyajikan kesimpulan yang jelas dan terukur. |
- Integrasi hasil eksperimen dengan literatur
- Kesesuaian kesimpulan dengan temuan eksperimen
- Kualitas penyajian laporan ilmiah
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Pembelajaran berbasis proyek. 2 X 50 |
Penugasan penulisan laporan ilmiah yang mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur relevan 2 X 50 |
Materi: Cara mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur, Teknik menyusun laporan ilmiah yang baik, Pentingnya mendukung kesimpulan dengan literatur yang relevan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik komputasi dan pemodelan matematika dalam analisis data eksperimental dengan baik dan benar. |
- Penggunaan perangkat lunak komputasi dengan tepat
- Kemampuan memodelkan data eksperimental secara matematis
- Kemampuan menganalisis hasil pemodelan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis proyek. 2 X 50 |
Penugasan proyek online 2 X 50 |
Materi: Pengenalan perangkat lunak komputasi, Pemodelan matematika dalam fisika, Analisis data eksperimental Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kesalahan eksperimental dan sumber ketidakpastian dalam pengukuran untuk meningkatkan keandalan hasil eksperimen. |
- Analisis kesalahan eksperimental
- Identifikasi sumber ketidakpastian
- Penggunaan metode analisis yang tepat
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Diskusi, Studi Kasus, Demonstrasi. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang kesalahan eksperimental yang pernah dialami, Menganalisis video eksperimen dan mengidentifikasi kesalahan eksperimental 2 X 50 |
Materi: Pengenalan kesalahan eksperimental, Pengukuran ketidakpastian, Metode analisis kesalahan eksperimental Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kesalahan eksperimental dan sumber ketidakpastian dalam pengukuran untuk meningkatkan keandalan hasil eksperimen. |
- Analisis kesalahan eksperimental
- Identifikasi sumber ketidakpastian
- Evaluasi dampak terhadap keandalan hasil eksperimen
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Penilaian Portofolio |
Diskusi, studi kasus, dan simulasi. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang kesalahan eksperimental dan sumber ketidakpastian, Penugasan analisis kasus eksperimen 2 X 50 |
Materi: Konsep kesalahan eksperimental, Sumber ketidakpastian dalam pengukuran, Metode analisis kesalahan eksperimental Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi metode eksperimental yang digunakan, mengidentifikasi kelemahan, dan mengusulkan perbaikan untuk meningkatkan efektivitas eksperimen fisika. |
- Kemampuan menganalisis metode eksperimental
- Kemampuan mengidentifikasi kelemahan
- Kemampuan mengusulkan perbaikan
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi, Studi Kasus, Simulasi. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang evaluasi metode eksperimental yang dilakukan dalam eksperimen fisika 2 X 50 |
Materi: Pengenalan Metode Eksperimental, Analisis Kelemahan Metode, Strategi Perbaikan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan laporan ilmiah yang mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur yang relevan untuk mendukung kesimpulan. |
- Kemampuan menyusun laporan ilmiah dengan struktur yang jelas
- Kemampuan mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur yang relevan
- Kemampuan menyajikan kesimpulan yang didukung oleh literatur
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek. 2 X 50 |
Penugasan penulisan laporan ilmiah yang mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur relevan 2 X 50 |
Materi: Struktur laporan ilmiah yang baik, Teknik mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur, Pentingnya mendukung kesimpulan dengan literatur Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan alat ukur dan teknologi terkini dengan baik dalam pengambilan data eksperimental untuk meningkatkan presisi dan akurasi. |
- Penggunaan alat ukur dengan tepat
- Penerapan teknologi terkini dalam pengambilan data eksperimental
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran Berbasis Proyek. 2 X 50 |
Penugasan online memungkinkan. Jenis penugasan online yang cocok adalah Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 2 X 50 |
Materi: Pengenalan alat ukur yang digunakan, Teknologi terkini dalam eksperimen fisika, Pengambilan data eksperimental Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis interaksi antara variabel eksperimental untuk memahami pengaruhnya terhadap hasil eksperimen. |
- Kemampuan menganalisis interaksi variabel eksperimental
- Kemampuan menjelaskan pengaruh variabel eksperimental terhadap hasil eksperimen
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Pembelajaran berbasis masalah. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang contoh kasus interaksi variabel eksperimental 2 X 50 |
Materi: Konsep interaksi variabel eksperimental, Pengaruh variabel eksperimental terhadap hasil eksperimen Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur yang relevan untuk menyusun laporan ilmiah yang komprehensif. |
- Integrasi hasil eksperimen dengan literatur
- Ketepatan kesimpulan yang didukung oleh literatur
- Kualitas penyajian laporan ilmiah
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Pembelajaran berbasis proyek. 2 X 50 |
2 X 50 |
Materi: Cara mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur, Teknik menyusun laporan ilmiah yang baik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |