Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Eksperimen Fisika III

8420302255

T=0

P=2

ECTS=3.18

6

22 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Mita Anggaryani, M.Pd., Ph.D.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai dan mendemonstrasikan prinsip-prinsip teori fisika klasik dan modern

PLO-6

Merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familiar maupun baru

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan prinsip-prinsip teori fisika klasik dan modern dalam merancang dan melaksanakan eksperimen yang relevan (C3)

PO - 2

Menganalisis data eksperimental untuk memahami fenomena fisika dengan menggunakan metode statistik dan analisis error (C4)

PO - 3

Mengevaluasi hasil eksperimen dengan membandingkannya terhadap teori dan prediksi yang ada untuk menilai keakuratan dan validitas (C5)

PO - 4

Menciptakan setup eksperimental baru atau memodifikasi yang ada untuk mengatasi masalah atau keterbatasan dalam pengamatan (C6)

PO - 5

Menerapkan teknik komputasi dan pemodelan matematika dalam analisis data eksperimental (C3)

PO - 6

Menganalisis kesalahan eksperimental dan sumber ketidakpastian dalam pengukuran untuk meningkatkan keandalan hasil eksperimen (C4)

PO - 7

Mengevaluasi efektivitas metode eksperimental yang digunakan dalam eksperimen untuk mengusulkan perbaikan (C5)

PO - 8

Menciptakan laporan ilmiah yang mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur yang relevan untuk mendukung kesimpulan (C6)

PO - 9

Menerapkan alat ukur dan teknologi terkini dalam pengambilan data eksperimental untuk meningkatkan presisi dan akurasi (C3)

PO - 10

Menganalisis interaksi antara variabel eksperimental untuk memahami pengaruhnya terhadap hasil eksperimen (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5  
PO-6 
PO-7 
PO-8 
PO-9  
PO-10  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Eksperimen Fisika III pada jenjang S1 program studi Pendidikan Fisika bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang eksperimen fisika lanjutan. Mata kuliah ini mencakup eksperimen yang lebih kompleks dan mendalam dibandingkan dengan tingkat sebelumnya. Mahasiswa akan belajar tentang metode eksperimen fisika yang lebih canggih, analisis data yang lebih kompleks, serta penerapan konsep fisika yang lebih lanjut dalam eksperimen. Ruang lingkup mata kuliah mencakup eksperimen dalam berbagai bidang fisika seperti optik, mekanika, termodinamika, dan elektromagnetisme dengan pendekatan praktis dan teoritis. Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan eksperimen, analisis data, dan pemecahan masalah fisika melalui praktikum yang menantang dan mendalam.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip teori fisika klasik dan modern dalam merancang dan melaksanakan eksperimen yang relevan.

  1. Penerapan prinsip teori fisika klasik dan modern dalam merancang eksperimen
  2. Penerapan prinsip teori fisika klasik dan modern dalam melaksanakan eksperimen

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran Berbasis Masalah.
2 X 50
Penugasan Proyek Online
2 X 50
Materi: Prinsip-prinsip Teori Fisika Klasik, Prinsip-prinsip Teori Fisika Modern, Merancang Eksperimen Fisika, Melaksanakan Eksperimen Fisika
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis data eksperimental dengan menggunakan metode statistik, memahami fenomena fisika yang diamati, serta mampu melakukan analisis error untuk meningkatkan validitas hasil eksperimen.

  1. Analisis data eksperimental menggunakan metode statistik
  2. Pemahaman fenomena fisika melalui data eksperimental
  3. Kemampuan mengidentifikasi dan mengatasi error

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
2 X 50
Penugasan Analisis Data Eksperimental
Materi: Konsep dasar analisis data eksperimental, Metode statistik dalam fisika, Analisis error dalam eksperimen fisika
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis data eksperimental dengan menggunakan metode statistik dan analisis error untuk memahami fenomena fisika yang diamati.

  1. Analisis data eksperimental menggunakan metode statistik
  2. Penerapan analisis error dalam memahami fenomena fisika

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis masalah.
2 X 50
Penugasan online memungkinkan. Mahasiswa diminta untuk menganalisis data eksperimental yang diberikan melalui platform LMS dan menyajikan hasil analisis menggunakan metode statistik yang relevan.
2 X 50
Materi: Konsep dasar analisis data eksperimental, Pengenalan metode statistik dalam fisika, Penerapan analisis error
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai kemampuan evaluasi eksperimen fisika dengan membandingkannya terhadap teori dan prediksi yang ada untuk menilai keakuratan dan validitas.

  1. Kemampuan membandingkan hasil eksperimen dengan teori
  2. Kemampuan menilai keakuratan hasil eksperimen
  3. Kemampuan menilai validitas hasil eksperimen

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi, Demonstrasi, Tanya Jawab, Studi Kasus.
Diskusi Online, Penugasan Menulis Analisis Hasil Eksperimen
Materi: Teori Eksperimen Fisika, Prediksi Eksperimen Fisika, Metode Evaluasi Hasil Eksperimen
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai kemampuan kognitif tingkat tinggi dalam Taksonomi Bloom, yaitu kemampuan mengevaluasi hasil eksperimen dengan kritis dan analitis.

  1. Kemampuan membandingkan hasil eksperimen dengan teori
  2. Kemampuan menilai keakuratan hasil eksperimen
  3. Kemampuan menilai validitas hasil eksperimen

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang hasil eksperimen yang telah dilakukan
Materi: Teori yang relevan dengan eksperimen, Prediksi hasil eksperimen, Metode evaluasi hasil eksperimen
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan setup eksperimental baru atau memodifikasi yang ada untuk mengatasi masalah atau keterbatasan dalam pengamatan.

  1. Kemampuan merancang setup eksperimen baru
  2. Kemampuan memodifikasi setup eksperimental yang ada
  3. Kreativitas dalam mengatasi masalah pengamatan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
2 X 50
Diskusi daring tentang ide setup eksperimen baru, Penugasan membuat proposal modifikasi setup eksperimental
2 X 50
Materi: Prinsip dasar dalam merancang eksperimen fisika, Teknik modifikasi setup eksperimental, Penerapan kreativitas dalam pengamatan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan setup eksperimental baru atau memodifikasi yang ada dengan kreativitas tinggi untuk mengatasi masalah atau keterbatasan dalam pengamatan.

  1. Kemampuan merancang setup eksperimen baru
  2. Kemampuan memodifikasi setup eksperimental yang ada
  3. Kemampuan mengatasi masalah dalam pengamatan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.
2 X 50
Diskusi daring tentang ide setup eksperimen baru, Penugasan membuat proposal modifikasi eksperimen
2 X 50
Materi: Prinsip Dasar Perancangan Eksperimen, Teknik Modifikasi Setup Eksperimental, Strategi Mengatasi Keterbatasan dalam Pengamatan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan laporan ilmiah yang terstruktur dengan baik, mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur yang relevan, dan mampu menyajikan kesimpulan yang jelas dan terukur.

  1. Integrasi hasil eksperimen dengan literatur
  2. Kesesuaian kesimpulan dengan temuan eksperimen
  3. Kualitas penyajian laporan ilmiah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Pembelajaran berbasis proyek.
2 X 50
Penugasan penulisan laporan ilmiah yang mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur relevan
2 X 50
Materi: Cara mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur, Teknik menyusun laporan ilmiah yang baik, Pentingnya mendukung kesimpulan dengan literatur yang relevan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik komputasi dan pemodelan matematika dalam analisis data eksperimental dengan baik dan benar.

  1. Penggunaan perangkat lunak komputasi dengan tepat
  2. Kemampuan memodelkan data eksperimental secara matematis
  3. Kemampuan menganalisis hasil pemodelan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis proyek.
2 X 50
Penugasan proyek online
2 X 50
Materi: Pengenalan perangkat lunak komputasi, Pemodelan matematika dalam fisika, Analisis data eksperimental
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kesalahan eksperimental dan sumber ketidakpastian dalam pengukuran untuk meningkatkan keandalan hasil eksperimen.

  1. Analisis kesalahan eksperimental
  2. Identifikasi sumber ketidakpastian
  3. Penggunaan metode analisis yang tepat

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Diskusi, Studi Kasus, Demonstrasi.
2 X 50
Diskusi daring tentang kesalahan eksperimental yang pernah dialami, Menganalisis video eksperimen dan mengidentifikasi kesalahan eksperimental
2 X 50
Materi: Pengenalan kesalahan eksperimental, Pengukuran ketidakpastian, Metode analisis kesalahan eksperimental
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kesalahan eksperimental dan sumber ketidakpastian dalam pengukuran untuk meningkatkan keandalan hasil eksperimen.

  1. Analisis kesalahan eksperimental
  2. Identifikasi sumber ketidakpastian
  3. Evaluasi dampak terhadap keandalan hasil eksperimen

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Penilaian Portofolio
Diskusi, studi kasus, dan simulasi.
2 X 50
Diskusi daring tentang kesalahan eksperimental dan sumber ketidakpastian, Penugasan analisis kasus eksperimen
2 X 50
Materi: Konsep kesalahan eksperimental, Sumber ketidakpastian dalam pengukuran, Metode analisis kesalahan eksperimental
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi metode eksperimental yang digunakan, mengidentifikasi kelemahan, dan mengusulkan perbaikan untuk meningkatkan efektivitas eksperimen fisika.

  1. Kemampuan menganalisis metode eksperimental
  2. Kemampuan mengidentifikasi kelemahan
  3. Kemampuan mengusulkan perbaikan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Diskusi, Studi Kasus, Simulasi.
2 X 50
Diskusi daring tentang evaluasi metode eksperimental yang dilakukan dalam eksperimen fisika
2 X 50
Materi: Pengenalan Metode Eksperimental, Analisis Kelemahan Metode, Strategi Perbaikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan laporan ilmiah yang mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur yang relevan untuk mendukung kesimpulan.

  1. Kemampuan menyusun laporan ilmiah dengan struktur yang jelas
  2. Kemampuan mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur yang relevan
  3. Kemampuan menyajikan kesimpulan yang didukung oleh literatur

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis proyek.
2 X 50
Penugasan penulisan laporan ilmiah yang mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur relevan
2 X 50
Materi: Struktur laporan ilmiah yang baik, Teknik mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur, Pentingnya mendukung kesimpulan dengan literatur
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan alat ukur dan teknologi terkini dengan baik dalam pengambilan data eksperimental untuk meningkatkan presisi dan akurasi.

  1. Penggunaan alat ukur dengan tepat
  2. Penerapan teknologi terkini dalam pengambilan data eksperimental

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran Berbasis Proyek.
2 X 50
Penugasan online memungkinkan. Jenis penugasan online yang cocok adalah Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
2 X 50
Materi: Pengenalan alat ukur yang digunakan, Teknologi terkini dalam eksperimen fisika, Pengambilan data eksperimental
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis interaksi antara variabel eksperimental untuk memahami pengaruhnya terhadap hasil eksperimen.

  1. Kemampuan menganalisis interaksi variabel eksperimental
  2. Kemampuan menjelaskan pengaruh variabel eksperimental terhadap hasil eksperimen

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Pembelajaran berbasis masalah.
2 X 50
Diskusi daring tentang contoh kasus interaksi variabel eksperimental
2 X 50
Materi: Konsep interaksi variabel eksperimental, Pengaruh variabel eksperimental terhadap hasil eksperimen
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur yang relevan untuk menyusun laporan ilmiah yang komprehensif.

  1. Integrasi hasil eksperimen dengan literatur
  2. Ketepatan kesimpulan yang didukung oleh literatur
  3. Kualitas penyajian laporan ilmiah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Pembelajaran berbasis proyek.
2 X 50

2 X 50
Materi: Cara mengintegrasikan hasil eksperimen dengan literatur, Teknik menyusun laporan ilmiah yang baik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 25.76%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 6.67%
3. Penilaian Portofolio 29.59%
4. Penilaian Praktikum 29.59%
5. Praktik / Unjuk Kerja 6.17%
6. Tes 1.25%
99.03%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.