Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Manajemen Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Sistem Pengelolaan PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah

8603103928

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

1

4 September 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Prof. Dr. Sujarwanto, M.Pd




Dr. Nunuk Hariyati, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menginternalisasikan karakter”cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan tangguh sesuai dengan peran dan fungsi yang diemban di dalam maupun di luar lingkungan kerja, maupun dalam konteks bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Memiliki landasan pengetahuan konseptual yang kuat tentang sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui kajian literatur maupun studi empirik untuk menghasilkan karya kreatif, original dan teruji. Mampu menghasilkan pengetahuan konseptual teori dan perkembangan sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin Mampu memecahkan permasalahan dalam sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah dalam mengembangkan satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi lain pada berbagai level dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian mengenai; (1) Pengembangan teori administrasi; (2) Struktur organisasi; (3) Budaya organisasi; (4) Motivasi; (5) Kepemimpinan; (6) Pengambilan keputusan; (7) Komunikasi ; (8) Perubahan organisasi; (9) Pemerintah dan pendidikan; (10) Keunggulan, kesetaraan dan pendidikan; (11) Keuangan dan produktivitas sekolah; (12) Pertimbangan hukum dan pendidikan; (13) Pengembangan dan implementasi kurikulum; (14) Analisis dan peningkatan pembelajaran; (15 Administrasi/manajemen sumber daya manusia. Kajian-kajian tersebut diharapkan dapat diimplementasikan kaitannya dengan system pengelolaan pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar dan menengah dalam system pengelolaan pendidikan yang efektif dan efesien. Mahasiswa diharapkan memahami secara konseptual mengenai analisis system pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, termasuk hasil-hasil penelitian dan novelty (aspek kebaruan) baik secara substantif dan metodologis yang dapat dipelajari dan dijadikan model atau bahan perbandingan untuk menunjang penulisan disertasi. Hasil akhir dari perkuliahan ini adalah terwujudnya laporan chapter review. Adapun sistematika penulisan chapter review meliputi: (A) isi rangkuman berdasarkan bab yang ditelaah (lihat kemampuan akhir tiap tahapan belajar/materi pelajaran); (B) kelebihan konsep/teori yang ditelaah; (C) penerapan praktis terkait teori yang ditelaah kaitannya dengan sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah; (D) hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki/ditingkatkan/dikembangkan untuk pengelolaan sekolah ke depan/selanjutnya; (E) bagaimana hasilnya menurut pendapat penulis; (F) tawaran baru penulis berdasarkan hasil studi literature dan hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan; (G) recommended model yang ditawarkan berupa diagram konteks. Perkuliahan diselenggarakan dalam bentuk pemberian tugas untuk disajikan dalam seminar kelas, dilaksanakan dengan system ceramah secara online maupun offline (sinkronus dan asinkronus) melalui platform pembelajaran, baik melalui zoom meetings, google meet, WA Group, presentasi, diskusi, penugasan dan refleksi (hal-hal apa saja yang sudah dipahami dan hal-hal apa saja yang belum dipahami) serta penguatan mata kuliah.

Pustaka

Utama :

  1. Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning

Pendukung :

  1. Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Sujarwanto, M.Pd.

Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd.

Dr. Karwanto, S.Ag., M.Pd.

Dr. Muhamad Sholeh, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menginternalisasikan karakter”cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan tangguh sesuai dengan peran dan fungsi yang diemban di dalam maupun di luar lingkungan kerja, maupun dalam konteks bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

mahasiswa mampu memahami kontrak perkuliahan dan Development of administrative theory

Kriteria:

Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
kontrak perkuliahan
Development of administrative theory
100 menit

Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson
Pustaka:
10%

2

Minggu ke 2

Mampu menginternalisasikan karakter”cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan tangguh sesuai dengan peran dan fungsi yang diemban di dalam maupun di luar lingkungan kerja, maupun dalam konteks bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

mahasiswa memahami tentang Organizational structure , Organizational culture


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
2. Organizational structure
3. Organizational culture
100 menit

Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Mampu menginternalisasikan karakter”cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan tangguh sesuai dengan peran dan fungsi yang diemban di dalam maupun di luar lingkungan kerja, maupun dalam konteks bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

mahasiswa memahami tentang Motivation study


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Motivation study
100 menit

Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menginternalisasikan karakter”cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan tangguh sesuai dengan peran dan fungsi yang diemban di dalam maupun di luar lingkungan kerja, maupun dalam konteks bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

mahasiswa mampu memahami tentang Leadership in school

Kriteria:

Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Leadership in school
100

Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Memiliki landasan pengetahuan konseptual yang kuat tentang sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui kajian literatur maupun studi empirik untuk menghasilkan karya kreatif, original dan teruji.

mahasiswa mampu memahami konsep tentang Decision making in school

Kriteria:

Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Decision making in school
100 menit

Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Memiliki landasan pengetahuan konseptual yang kuat tentang sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui kajian literatur maupun studi empirik untuk menghasilkan karya kreatif, original dan teruji.

mahasiswa bisa memahami tentang Communication staff in school

Kriteria:

Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Communication staff in school
100 menit

Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Memiliki landasan pengetahuan konseptual yang kuat tentang sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui kajian literatur maupun studi empirik untuk menghasilkan karya kreatif, original dan teruji.

mahasiswa memahami tentang Organization change in school

Kriteria:

Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Organization change in school
100 menit

5%

8

Minggu ke 8

Memiliki landasan pengetahuan konseptual yang kuat tentang sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui kajian literatur maupun studi empirik untuk menghasilkan karya kreatif, original dan teruji.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Government and education
100 menit

Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson
Pustaka:
5%

9

Minggu ke 9

Mampu menghasilkan pengetahuan konseptual teori dan perkembangan sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin

mahasiswa memahami tentang Excellence, equality and education

Kriteria:

Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Excellence, equality and education
100

Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menghasilkan pengetahuan konseptual teori dan perkembangan sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin

mahasiswa mampu menguasai tentang School finance and productivity


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
11. School finance and productivity
100 menit

Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menghasilkan pengetahuan konseptual teori dan perkembangan sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin

mahasiswa mampu memahami tentang Legal considerations and education

Kriteria:

Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
12. Legal considerations and education
100

Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Mampu menghasilkan pengetahuan konseptual teori dan perkembangan sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin

mahasiswa mampu memahami Curriculum development and implementation

Kriteria:

Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Curriculum development and implementation
100menit

Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Mampu memecahkan permasalahan dalam sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah dalam mengembangkan satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi lain pada berbagai level dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif.

mahasiswa mampu melakukan Analyzing and improving teaching

Kriteria:

Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
14. Analyzing and improving teaching
100 menit

Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Mampu memecahkan permasalahan dalam sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah dalam mengembangkan satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi lain pada berbagai level dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif.

mahasiswa bisa melakukan Pemahaman dan penguasaan materi Human resources administration

Kriteria:

Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
presentasi, diskusi tentang Human resources administration
100 menit

Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Mampu memecahkan permasalahan dalam sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah dalam mengembangkan satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi lain pada berbagai level dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif.

mahasiswa berhasil menyelesaikan semua produc base learning dan project base learning

Kriteria:

Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penyusuna Artikel, Submit, penyusunan buku bahan ajar.
100

Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson
Pustaka:
25%

16

Minggu ke 16

Mampu memecahkan permasalahan dalam sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah dalam mengembangkan satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi lain pada berbagai level dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif.

mahasiswa mampu menyelesaikan semua aspek penilaian meliputi tugas, partisipasi, uts dan UAS

Kriteria:

penugasan. case study, project base learning, product base learning


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
UAS
100

Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson
Pustaka:
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 48.36%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 23.36%
3. Praktik / Unjuk Kerja 38.36%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.