|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Manajemen Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Sistem Pengelolaan PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah |
8603103928 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
1 |
4 September 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Prof. Dr. Sujarwanto, M.Pd
|
Dr. Nunuk Hariyati, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menginternalisasikan karakter”cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan tangguh sesuai dengan peran dan fungsi yang diemban di dalam maupun di luar lingkungan kerja, maupun dalam konteks bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Memiliki landasan pengetahuan konseptual yang kuat tentang sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui kajian literatur maupun studi empirik untuk menghasilkan karya kreatif, original dan teruji. Mampu menghasilkan pengetahuan konseptual teori dan perkembangan sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin Mampu memecahkan permasalahan dalam sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah dalam mengembangkan satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi lain pada berbagai level dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian mengenai; (1) Pengembangan teori administrasi; (2) Struktur organisasi; (3) Budaya organisasi; (4) Motivasi; (5) Kepemimpinan; (6) Pengambilan keputusan; (7) Komunikasi ; (8) Perubahan organisasi; (9) Pemerintah dan pendidikan; (10) Keunggulan, kesetaraan dan pendidikan; (11) Keuangan dan produktivitas sekolah; (12) Pertimbangan hukum dan pendidikan; (13) Pengembangan dan implementasi kurikulum; (14) Analisis dan peningkatan pembelajaran; (15 Administrasi/manajemen sumber daya manusia. Kajian-kajian tersebut diharapkan dapat diimplementasikan kaitannya dengan system pengelolaan pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar dan menengah dalam system pengelolaan pendidikan yang efektif dan efesien.
Mahasiswa diharapkan memahami secara konseptual mengenai analisis system pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, termasuk hasil-hasil penelitian dan novelty (aspek kebaruan) baik secara substantif dan metodologis yang dapat dipelajari dan dijadikan model atau bahan perbandingan untuk menunjang penulisan disertasi.
Hasil akhir dari perkuliahan ini adalah terwujudnya laporan chapter review. Adapun sistematika penulisan chapter review meliputi: (A) isi rangkuman berdasarkan bab yang ditelaah (lihat kemampuan akhir tiap tahapan belajar/materi pelajaran); (B) kelebihan konsep/teori yang ditelaah; (C) penerapan praktis terkait teori yang ditelaah kaitannya dengan sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah; (D) hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki/ditingkatkan/dikembangkan untuk pengelolaan sekolah ke depan/selanjutnya; (E) bagaimana hasilnya menurut pendapat penulis; (F) tawaran baru penulis berdasarkan hasil studi literature dan hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan; (G) recommended model yang ditawarkan berupa diagram konteks.
Perkuliahan diselenggarakan dalam bentuk pemberian tugas untuk disajikan dalam seminar kelas, dilaksanakan dengan system ceramah secara online maupun offline (sinkronus dan asinkronus) melalui platform pembelajaran, baik melalui zoom meetings, google meet, WA Group, presentasi, diskusi, penugasan dan refleksi (hal-hal apa saja yang sudah dipahami dan hal-hal apa saja yang belum dipahami) serta penguatan mata kuliah. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning
|
Pendukung : |
|
- Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Sujarwanto, M.Pd. Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd. Dr. Karwanto, S.Ag., M.Pd. Dr. Muhamad Sholeh, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menginternalisasikan karakter”cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan tangguh sesuai dengan peran dan fungsi yang diemban di dalam maupun di luar lingkungan kerja, maupun dalam konteks bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. |
mahasiswa mampu memahami kontrak perkuliahan dan Development of administrative theory |
Kriteria:
Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
kontrak perkuliahan
Development of administrative theory 100 menit |
|
Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson Pustaka: |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menginternalisasikan karakter”cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan tangguh sesuai dengan peran dan fungsi yang diemban di dalam maupun di luar lingkungan kerja, maupun dalam konteks bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. |
mahasiswa memahami tentang Organizational structure , Organizational culture |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
2. Organizational structure
3. Organizational culture 100 menit |
|
Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menginternalisasikan karakter”cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan tangguh sesuai dengan peran dan fungsi yang diemban di dalam maupun di luar lingkungan kerja, maupun dalam konteks bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. |
mahasiswa memahami tentang Motivation study |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Motivation study 100 menit |
|
Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menginternalisasikan karakter”cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan tangguh sesuai dengan peran dan fungsi yang diemban di dalam maupun di luar lingkungan kerja, maupun dalam konteks bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. |
mahasiswa mampu memahami tentang Leadership in school |
Kriteria:
Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Leadership in school 100 |
|
Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memiliki landasan pengetahuan konseptual yang kuat tentang sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui kajian literatur maupun studi empirik untuk menghasilkan karya kreatif, original dan teruji. |
mahasiswa mampu memahami konsep tentang Decision making in school |
Kriteria:
Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Decision making in school 100 menit |
|
Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memiliki landasan pengetahuan konseptual yang kuat tentang sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui kajian literatur maupun studi empirik untuk menghasilkan karya kreatif, original dan teruji. |
mahasiswa bisa memahami tentang Communication staff in school |
Kriteria:
Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Communication staff in school 100 menit |
|
Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memiliki landasan pengetahuan konseptual yang kuat tentang sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui kajian literatur maupun studi empirik untuk menghasilkan karya kreatif, original dan teruji. |
mahasiswa memahami tentang Organization change in school |
Kriteria:
Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Organization change in school 100 menit |
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
Memiliki landasan pengetahuan konseptual yang kuat tentang sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui kajian literatur maupun studi empirik untuk menghasilkan karya kreatif, original dan teruji. |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Government and education 100 menit |
|
Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson Pustaka: |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menghasilkan pengetahuan konseptual teori dan perkembangan sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin |
mahasiswa memahami tentang Excellence, equality and education |
Kriteria:
Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Excellence, equality and education 100 |
|
Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menghasilkan pengetahuan konseptual teori dan perkembangan sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin |
mahasiswa mampu menguasai tentang School finance and productivity |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
11. School finance and productivity 100 menit |
|
Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menghasilkan pengetahuan konseptual teori dan perkembangan sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin |
mahasiswa mampu memahami tentang Legal considerations and education |
Kriteria:
Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
12. Legal considerations and education 100 |
|
Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menghasilkan pengetahuan konseptual teori dan perkembangan sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin |
mahasiswa mampu memahami Curriculum development and implementation |
Kriteria:
Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Curriculum development and implementation 100menit |
|
Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memecahkan permasalahan dalam sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah dalam mengembangkan satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi lain pada berbagai level dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif. |
mahasiswa mampu melakukan Analyzing and improving teaching |
Kriteria:
Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
14. Analyzing and improving teaching 100 menit |
|
Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson Pustaka: |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memecahkan permasalahan dalam sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah dalam mengembangkan satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi lain pada berbagai level dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif. |
mahasiswa bisa melakukan Pemahaman dan penguasaan materi Human resources administration |
Kriteria:
Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
presentasi, diskusi tentang Human resources administration 100 menit |
|
Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu memecahkan permasalahan dalam sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah dalam mengembangkan satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi lain pada berbagai level dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif. |
mahasiswa berhasil menyelesaikan semua produc base learning dan project base learning |
Kriteria:
Pemahaman dan penguasaan materi yang di sampaikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penyusuna Artikel, Submit, penyusunan buku bahan ajar. 100 |
|
Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson Pustaka: |
25% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu memecahkan permasalahan dalam sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah dalam mengembangkan satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi lain pada berbagai level dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif. |
mahasiswa mampu menyelesaikan semua aspek penilaian meliputi tugas, partisipasi, uts dan UAS |
Kriteria:
penugasan. case study, project base learning, product base learning Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
UAS 100 |
|
Materi: Utama : Lunenburg, F.C., & Ornstein, A.C. (2012). Educational Administration: Concepts and Practices. Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning Pendukung : Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2012). Educational Administration: Theory, Research and Practice. 9th.Ed. New York: McGraw Hill. Saitis, C & Saiti, A. (2018). Initiation of Educators into Educational Management Secrets. Switzerland: Springer. Sindhu, I.S. (2012). Educational Administration and Management. Delhi: Pearson Pustaka: |
10% |