|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Keselamatan dan Kesehatan Kerja |
8320102275 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
2 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Ir. Fendi Achmad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis dan mengevaluasi konsep-konsep, teori, jenis, karakteristik bahan dan aplikasinya di bidang teknik elektro, meliputi bahan penghantar, bahan penyekat, bahan tahanan, bahan kontak listrik, bahan kemagnetan, bahan khusus dan bahan struktur listrik serta serat optik
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemahaman dan pengkajian konsep-konsep, teori serta aplikasi bahan-bahan listrik meliputi: bahan penghantar, bahan penyekat, bahan tahanan, bahan kontak listrik, bahan kemagnetan, bahan khusus dan bahan struktur listrik serta serat optik |
Pustaka
|
Utama : |
|
- William D. Callister, JR., David AG. Rethwisch. 2017. Materials Science and Engineering An Introduction, 10th Edition. Hoboken NJ : Wiley
- Kapur, P.L. 1984. A Textbook of Electrical Enginnering Materials . New Delhi: Khanna Publisher
- Salahuddin. 2014. Bahan Ajar Bahan Listrik. Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Jurusan Teknik Elektro
- I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana
|
Pendukung : |
|
- Joko, 2023. RPS Mata Kuliah Bahan Listrik, S1 Prodi Pendidikan Teknik Elektro. FT, Unesa
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami Kontrak Kuliah |
Memahami kontrak kuliah |
Kriteria:
- Ketepatan penjelasan, skor maks 50
- Partisipatif, skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Presentasi, diskusi, tanyajawab, dan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: RPS Pustaka: Joko, 2023. RPS Mata Kuliah Bahan Listrik, S1 Prodi Pendidikan Teknik Elektro. FT, Unesa |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami konsep dasar bahan listik |
Menelusur sumber informasi yang relevan, diskusi, menganalisis, menyimpulkan dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi |
Kriteria:
- Ketepatan sumber informasi skor maks 5
- Diskusi kelompok skor maks 10
- Ketepatan hasil analisis skor maks 10
- Ketepatan simpulan skor maks 10
- Ketepatan presentasi dengan PPT skor maks 10
- Refleksi skor maks 5
- Partisipatif, skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Memutar video tutorial dan grafis, diskusi dan tanyajawab, penugasan menelusur sumber informasi yang relevan, diskusi kelas, menganalisis, menyimpulkan dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: Konsep dasar bahan listik Pustaka: William D. Callister, JR., David AG. Rethwisch. 2017. Materials Science and Engineering An Introduction, 10th Edition. Hoboken NJ : Wiley |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami konsep ikatan |
Menelusur sumber informasi, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil menggunakan PPT, dan refleksi berkaitan dengan ikatan |
Kriteria:
- Ketepatan sumber informasi skor maks 10
- Ketepatan diskusi skor maks 5
- Katepatan hasil analisis skor maks 10
- Ketepatan simpulkan skor maks 10
- Ketepatan presentasikan kelas menggunakan PPT skor maks 10
- Hasil refleksi skor maks 5
- Partisipatif, skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi singkat dosen, diskusi, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan klasikal hasil menggunakan PPT, dan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: Konsep ihthisar ikatan Pustaka: Salahuddin. 2014. Bahan Ajar Bahan Listrik. Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Jurusan Teknik Elektro Materi: Konsep ikatan Pustaka: Salahuddin. 2014. Bahan Ajar Bahan Listrik. Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Jurusan Teknik Elektro |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami konsep Polarisasi Dielektrik |
Menelusur sumber informasi, melakukan diskusi kelompok, melakukan analisis, menyimpulkan, mempresentasikan hasil secara klasikal, dan melakukan refleksi serta partisipatif |
Kriteria:
- Ketepatan menelusur sumber informasi skor maks 5
- Ketepatan diskusi kelompok skor maks 5
- Ketepatan hasil analisis skor maks 15
- Ketepatan simpulan skor maks 15
- Ketepatatan mempresentasikan hasil menggunakan PPT skor maks 5
- Ketepatan melakukan refleksi skor maks 5
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Presentasi singkat dosen, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil menggunakan PPT, dan melakukan refleksi tentang polarisasi, permifitasi, dan mekanisme dasar polarisasi dielektrik 2 X 50 |
|
Materi: konsep polarisasi, permifitasi, dan mekanisme dasar polarisasi dielektrik Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami konsep Klasifikasi Material Listrik |
Menelusur sumber informasi konsep klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi |
Kriteria:
- Ketepatan =sumber informasi skor maks 10
- Ketepatan diskusi kelompok skor maks 5
- Ketepatan hasil alisis skor maks 10
- Ketepatan simpulan skor maks 10
- Ketepatan presentasi klasikal skor maks 5
- Ketepatan refleksi skor maks 10
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Penjelasan singkat dosen, diskusi dan tanyajawab, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi tentang klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer 2 X 50 |
|
Materi: Klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami konsep Klasifikasi Material Listrik |
Menelusur sumber informasi konsep klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi |
Kriteria:
- Ketepatan =sumber informasi skor maks 10
- Ketepatan diskusi kelompok skor maks 5
- Ketepatan hasil alisis skor maks 10
- Ketepatan simpulan skor maks 10
- Ketepatan presentasi klasikal skor maks 5
- Ketepatan refleksi skor maks 10
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Penjelasan singkat dosen, diskusi dan tanyajawab, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi tentang klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer 2 X 50 |
|
Materi: Klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa memahami ciri – ciri, sifat, dan karakteristik bahan-bahan Isolator |
Menelusur sumber informasi konsep klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi |
Kriteria:
- Ketepatan =sumber informasi skor maks 10
- Ketepatan diskusi kelompok skor maks 5
- Ketepatan hasil alisis skor maks 10
- Ketepatan simpulan skor maks 10
- Ketepatan presentasi klasikal skor maks 5
- Ketepatan refleksi skor maks 10
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Penjelasan singkat dosen, diskusi dan tanyajawab, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi tentang Mahasiswa memahami ciri – ciri, sifat, dan karakteristik bahan-bahan Isolator 2 X 50 |
|
Materi: Klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana Materi: Mahasiswa memahami ciri – ciri, sifat, dan karakteristik bahan-bahan Isolator Pustaka: William D. Callister, JR., David AG. Rethwisch. 2017. Materials Science and Engineering An Introduction, 10th Edition. Hoboken NJ : Wiley |
4% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
- Membuat PPT lengkap materi pertemuan 2 untuk kelompok 1 dan mempresentasikan pada saat UTS
- Membuat PPT lengkap materi pertemuan 3 untuk kelompok 2 dan mempresentasikan pada saat UTS
- Membuat PPT lengkap materi pertemuan 4 untuk kelompok 3 dan mempresentasikan pada saat UTS
- Membuat PPT lengkap materi pertemuan 5 untuk kelompok 4 dan mempresentasikan pada saat UTS
- Membuat PPT lengkap materi pertemuan 6 untuk kelompok 5 dan mempresentasikan pada saat UTS
- Membuat PPT lengkap materi pertemuan 7 untuk materi a kelompok 6 dan mempresentasikan pada saat UTS
- Membuat PPT lengkap materi pertemuan 8 untuk materi b kelompok 6 dan mempresentasikan pada saat UTS
- Partisipatif
|
Kriteria:
- ketepatan PPT, skor maks 10
- Ketepatan isi PPT skor makas 10
- Keserasian dan keindahan PPT skor maks 10
- Kelengkapan PPT skor maks 10
- Ketepatan penyajian, diskusi, menyampaikan ide, dan beragumentasi skor maks 10
- Partisipatif, skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
2 X 50 |
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami konsep Isolator (Part 2) |
Menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan refleksi ciri – ciri, sifat, dan karakteristik bahan-bahan Isolator |
Kriteria:
- Ketepatan sumber informasi skor maks 10
- Ketepatan diskusi kelompok skor maks 5
- Ketepatan hasil analisis skor maks 10
- Ketepatan menyimpulkan skor maks 10
- Ketepatan mempresentasikan hasil menggunakan PPT skor maks 5
- Lebaharuan sumber pustaka skor maks 5
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Presentasi singkat dosen, diskusi, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan refleksi ciri – ciri, sifat, dan karakteristik bahan-bahan Isolator (lanjutan) 2 X 50 |
|
Materi: Ciri – ciri, sifat, dan karakteristik bahan-bahan Isolator Pustaka: Salahuddin. 2014. Bahan Ajar Bahan Listrik. Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Jurusan Teknik Elektro |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami konduktor, bahan konduktor, dan sifat bahan konduktor |
Menelusur sumber informasi, melakukan diskusi kelompok, melakukan analisis, menyimpulkan, mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal, melakukan refleksi, dan partisipatif |
Kriteria:
- Ketepatan sumber informasi skor maks 10
- Ketepatan diskusi kelompok skor maks 5
- Ketepatan hasil analisis skor maks 10
- Ketepatan menyimpulkan skor maks 10
- Ketepatan mempresentasikan menggunakan PPT skor maks 5
- Ketepatan refleksi skor maks 5
- Kebaharuan sumber pustaka skor maks 5
- Partisipatif, skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan singkat dosen, diskusi, penugasan proyek menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan melakukan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: Konduktor, bahan konduktor, dan sifat bahan konduktor Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami semikonduktor dan pita energi serta karakteristik dan bahannya |
Menelusur sumber informasi semikonduktor dan pita energi serta karakteristik dan bahannya, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan melakukan refleksi |
Kriteria:
- Ketepatan sumber informasi skor maks 10
- Diskusi kelompok skor maks 5
- Ketepatan analisis skor maks 10
- Ketepatan simpulan skor maks 10
- Presentasi klasikal menggunakan PPT skor maks 5
- Ketepatan refleksi skor maks 5
- Kebaharuan sumber pustaka skor maks 5
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi singkat, diskusi, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: Semikonduktor, pita energi, karakteristik bahan semikonduktor Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami semikonduktor dan pita energi serta karakteristik dan bahannya |
Menelusur sumber informasi semikonduktor dan pita energi serta karakteristik dan bahannya, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan melakukan refleksi |
Kriteria:
- Ketepatan sumber informasi skor maks 10
- Diskusi kelompok skor maks 5
- Ketepatan analisis skor maks 10
- Ketepatan simpulan skor maks 10
- Presentasi klasikal menggunakan PPT skor maks 5
- Ketepatan refleksi skor maks 5
- Kebaharuan sumber pustaka skor maks 5
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi singkat, diskusi, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: Semikonduktor, pita energi, karakteristik bahan semikonduktor Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami konsep semikonduktor, celah energi semikonduktor, mobilitas muatan pada semikonduktor, dan pemanfaatan semikonduktor |
Menelusur sumber informasi jenis semikonduktor, celah energi semikonduktor, mobilitas muatan pada semikonduktor, pemanfaatan semikonduktor, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, presentasi kelompok, dan refleksi |
Kriteria:
- Ketepatan sumber informasi skor maks 10
- Hasil diskusi kelompok, skor maks 5
- Ketepatan analisis skor maks 10
- Ketepatan simpulan skor maks 10
- Hasil presentasi kelompok skor maks 10
- Refleksi skor maks 5
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi singkat, diskusi, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, presentasi kelompok, dan refleksi 2 X 50 |
Materi: Jenis semikonduktor, celah energi semikonduktor, mobilitas muatan pada semikonduktor, dan pemanfaatan semikonduktor Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami konsep Semikonduktor |
Melakukan observasi, melakukan diskusi, membuat deskripsi, melakukan analisis, membuat simpulan, melakukan refleksi, membuat laporan tertulis |
Kriteria:
- Ketepatan hasil observasi skor maks 10
- Hasil diskusi kelompok skor maks 5
- Ketepatan deskripsi skor maks 10
- Ketepatan hasil analisis skor maks 5
- Ketepatan simpulan skor maks 5
- Ketepatan refleksi skor maks 5
- Ketepatan laporan tertulis skor maks 5
- Dokumen kegiatan skor maks 5
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi singkat dosen, diskusi, dan penugasan proyek secara berkelompok melakukan observasi secara langsung, mendiskusikan dan membuat laporan yang berisi deskripsi jenis-jenis bahan-alat dan fungsinya yang digunakan pada sistem penyaluran tenaga listrik di wilayah kampus Unesa Ketintang Surabaya, melakukan analisis dan menyimpulkan hasilnya dan melakukan refleksi. Hasilnya selanjutnya dipresentasikan pada saat UAS. 2 X 50 |
Materi: Bahan listrik Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana Materi: Material listrik Pustaka: William D. Callister, JR., David AG. Rethwisch. 2017. Materials Science and Engineering An Introduction, 10th Edition. Hoboken NJ : Wiley |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis dan mengevaluasi bahan, karakteristik, dan penggunaan bahan optik di bidang teknik tenaga listrik |
|
Kriteria:
- Ketepatan menelusur sumber informasi bahan, karakteristik, dan penggunaan penghantar optik, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan, dan melakukan refleksi, skor maks 50.
- Partisipatif, skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi singkat dosen, diskusi, penugasan menelusur sumber informasi bahan, karakteristik, dan penggunaan penghantar optik, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan, dan melakukan refleksi. 2 X 50 |
Materi: Bahan, karakteristik, dan penggunaan penghantar optik Pustaka: Salahuddin. 2014. Bahan Ajar Bahan Listrik. Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Jurusan Teknik Elektro |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Melaporkan hasil proyek observasi bahan-bahan dan peralatan listrik yang digunakan pada sistem penyaluran tenaga listrik dari PLN ke Kampus Unesa di lingkungan Ketintang Surabaya secara tertulis dan oral |
Membuat PPT, melakukan presentasi, melakukan didkusi, melakukan tanya jawab, dan melakukan revisi, serta refleksi. |
Kriteria:
- Ketepatan subtansi isi PPT skor maks 10
- Kesesuaian format PPT, keserasian ukuran huruf dan gambar, keserasian warna huruf dan gambar skor maks 5
- Kebenaran penyajian skor maks 10
- Ketepatan tanya jawab skor maks 10
- Ketepatan waktu penyajian skor maks 5
- Ketepatan waktu dan subtansi rhasil revisi skor maks 5
- Softskill slkor maks 5
- Partisipatif skor min 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
UAS melakukan presentasi hasil proyek pada pertemuan 14 melakukan observasi bahan-bahan dan peralatan listrik yang digunakan pada sistem penyaluran tenaga listrik dari PLN ke Kampus Unesa di lingkungan Ketintang Surabaya 2 X 50 |
|
|
20% |