Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Keselamatan dan Kesehatan Kerja

8320102275

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Ir. Fendi Achmad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis dan mengevaluasi konsep-konsep, teori, jenis, karakteristik bahan dan aplikasinya di bidang teknik elektro, meliputi bahan penghantar, bahan penyekat, bahan tahanan, bahan kontak listrik, bahan kemagnetan, bahan khusus dan bahan struktur listrik serta serat optik

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemahaman dan pengkajian konsep-konsep, teori serta aplikasi bahan-bahan listrik meliputi: bahan penghantar, bahan penyekat, bahan tahanan, bahan kontak listrik, bahan kemagnetan, bahan khusus dan bahan struktur listrik serta serat optik

Pustaka

Utama :

  1. William D. Callister, JR., David AG. Rethwisch. 2017. Materials Science and Engineering An Introduction, 10th Edition. Hoboken NJ : Wiley
  2. Kapur, P.L. 1984. A Textbook of Electrical Enginnering Materials . New Delhi: Khanna Publisher
  3. Salahuddin. 2014. Bahan Ajar Bahan Listrik. Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Jurusan Teknik Elektro
  4. I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana

Pendukung :

  1. Joko, 2023. RPS Mata Kuliah Bahan Listrik, S1 Prodi Pendidikan Teknik Elektro. FT, Unesa

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami Kontrak Kuliah

Memahami kontrak kuliah

Kriteria:
  1. Ketepatan penjelasan, skor maks 50
  2. Partisipatif, skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Presentasi, diskusi, tanyajawab, dan refleksi
2 X 50

Materi: RPS
Pustaka: Joko, 2023. RPS Mata Kuliah Bahan Listrik, S1 Prodi Pendidikan Teknik Elektro. FT, Unesa
4%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep dasar bahan listik

Menelusur sumber informasi yang relevan, diskusi, menganalisis, menyimpulkan dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi

Kriteria:
  1. Ketepatan sumber informasi skor maks 5
  2. Diskusi kelompok skor maks 10
  3. Ketepatan hasil analisis skor maks 10
  4. Ketepatan simpulan skor maks 10
  5. Ketepatan presentasi dengan PPT skor maks 10
  6. Refleksi skor maks 5
  7. Partisipatif, skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Memutar video tutorial dan grafis, diskusi dan tanyajawab, penugasan menelusur sumber informasi yang relevan, diskusi kelas, menganalisis, menyimpulkan dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi
2 X 50

Materi: Konsep dasar bahan listik
Pustaka: William D. Callister, JR., David AG. Rethwisch. 2017. Materials Science and Engineering An Introduction, 10th Edition. Hoboken NJ : Wiley
4%

3

Minggu ke 3

Memahami konsep ikatan

Menelusur sumber informasi, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil menggunakan PPT, dan refleksi berkaitan dengan ikatan

Kriteria:
  1. Ketepatan sumber informasi skor maks 10
  2. Ketepatan diskusi skor maks 5
  3. Katepatan hasil analisis skor maks 10
  4. Ketepatan simpulkan skor maks 10
  5. Ketepatan presentasikan kelas menggunakan PPT skor maks 10
  6. Hasil refleksi skor maks 5
  7. Partisipatif, skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi singkat dosen, diskusi, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan klasikal hasil menggunakan PPT, dan refleksi
2 X 50

Materi: Konsep ihthisar ikatan
Pustaka: Salahuddin. 2014. Bahan Ajar Bahan Listrik. Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Jurusan Teknik Elektro

Materi: Konsep ikatan
Pustaka: Salahuddin. 2014. Bahan Ajar Bahan Listrik. Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Jurusan Teknik Elektro
5%

4

Minggu ke 4

Memahami konsep Polarisasi Dielektrik

Menelusur sumber informasi, melakukan diskusi kelompok, melakukan analisis, menyimpulkan, mempresentasikan hasil secara klasikal, dan melakukan refleksi serta partisipatif

Kriteria:
  1. Ketepatan menelusur sumber informasi skor maks 5
  2. Ketepatan diskusi kelompok skor maks 5
  3. Ketepatan hasil analisis skor maks 15
  4. Ketepatan simpulan skor maks 15
  5. Ketepatatan mempresentasikan hasil menggunakan PPT skor maks 5
  6. Ketepatan melakukan refleksi skor maks 5
  7. Partisipatif skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Presentasi singkat dosen, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil menggunakan PPT, dan melakukan refleksi tentang polarisasi, permifitasi, dan mekanisme dasar polarisasi dielektrik
2 X 50

Materi: konsep polarisasi, permifitasi, dan mekanisme dasar polarisasi dielektrik
Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana
4%

5

Minggu ke 5

Memahami konsep Klasifikasi Material Listrik

Menelusur sumber informasi konsep klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi

Kriteria:
  1. Ketepatan =sumber informasi skor maks 10
  2. Ketepatan diskusi kelompok skor maks 5
  3. Ketepatan hasil alisis skor maks 10
  4. Ketepatan simpulan skor maks 10
  5. Ketepatan presentasi klasikal skor maks 5
  6. Ketepatan refleksi skor maks 10
  7. Partisipatif skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Penjelasan singkat dosen, diskusi dan tanyajawab, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi tentang klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer
2 X 50

Materi: Klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer
Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana
4%

6

Minggu ke 6

Memahami konsep Klasifikasi Material Listrik

Menelusur sumber informasi konsep klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi

Kriteria:
  1. Ketepatan =sumber informasi skor maks 10
  2. Ketepatan diskusi kelompok skor maks 5
  3. Ketepatan hasil alisis skor maks 10
  4. Ketepatan simpulan skor maks 10
  5. Ketepatan presentasi klasikal skor maks 5
  6. Ketepatan refleksi skor maks 10
  7. Partisipatif skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Penjelasan singkat dosen, diskusi dan tanyajawab, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi tentang klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer
2 X 50

Materi: Klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer
Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana
4%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa memahami ciri – ciri, sifat, dan karakteristik bahan-bahan Isolator

Menelusur sumber informasi konsep klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi

Kriteria:
  1. Ketepatan =sumber informasi skor maks 10
  2. Ketepatan diskusi kelompok skor maks 5
  3. Ketepatan hasil alisis skor maks 10
  4. Ketepatan simpulan skor maks 10
  5. Ketepatan presentasi klasikal skor maks 5
  6. Ketepatan refleksi skor maks 10
  7. Partisipatif skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Penjelasan singkat dosen, diskusi dan tanyajawab, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, dan mempresentasikan hasil dengan PPT, dan refleksi tentang Mahasiswa memahami ciri – ciri, sifat, dan karakteristik bahan-bahan Isolator
2 X 50

Materi: Klasifikasi material listrik dari logam, keramik, dan polimer
Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana

Materi: Mahasiswa memahami ciri – ciri, sifat, dan karakteristik bahan-bahan Isolator
Pustaka: William D. Callister, JR., David AG. Rethwisch. 2017. Materials Science and Engineering An Introduction, 10th Edition. Hoboken NJ : Wiley
4%

8

Minggu ke 8

UTS

  1. Membuat PPT lengkap materi pertemuan 2 untuk kelompok 1 dan mempresentasikan pada saat UTS
  2. Membuat PPT lengkap materi pertemuan 3 untuk kelompok 2 dan mempresentasikan pada saat UTS
  3. Membuat PPT lengkap materi pertemuan 4 untuk kelompok 3 dan mempresentasikan pada saat UTS
  4. Membuat PPT lengkap materi pertemuan 5 untuk kelompok 4 dan mempresentasikan pada saat UTS
  5. Membuat PPT lengkap materi pertemuan 6 untuk kelompok 5 dan mempresentasikan pada saat UTS
  6. Membuat PPT lengkap materi pertemuan 7 untuk materi a kelompok 6 dan mempresentasikan pada saat UTS
  7. Membuat PPT lengkap materi pertemuan 8 untuk materi b kelompok 6 dan mempresentasikan pada saat UTS
  8. Partisipatif
Kriteria:
  1. ketepatan PPT, skor maks 10
  2. Ketepatan isi PPT skor makas 10
  3. Keserasian dan keindahan PPT skor maks 10
  4. Kelengkapan PPT skor maks 10
  5. Ketepatan penyajian, diskusi, menyampaikan ide, dan beragumentasi skor maks 10
  6. Partisipatif, skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

2 X 50

15%

9

Minggu ke 9

Memahami konsep Isolator (Part 2)

Menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan refleksi ciri – ciri, sifat, dan karakteristik bahan-bahan Isolator

Kriteria:
  1. Ketepatan sumber informasi skor maks 10
  2. Ketepatan diskusi kelompok skor maks 5
  3. Ketepatan hasil analisis skor maks 10
  4. Ketepatan menyimpulkan skor maks 10
  5. Ketepatan mempresentasikan hasil menggunakan PPT skor maks 5
  6. Lebaharuan sumber pustaka skor maks 5
  7. Partisipatif skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Presentasi singkat dosen, diskusi, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan refleksi ciri – ciri, sifat, dan karakteristik bahan-bahan Isolator (lanjutan)
2 X 50

Materi: Ciri – ciri, sifat, dan karakteristik bahan-bahan Isolator
Pustaka: Salahuddin. 2014. Bahan Ajar Bahan Listrik. Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Jurusan Teknik Elektro
6%

10

Minggu ke 10

Memahami konduktor, bahan konduktor, dan sifat bahan konduktor

Menelusur sumber informasi, melakukan diskusi kelompok, melakukan analisis, menyimpulkan, mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal, melakukan refleksi, dan partisipatif

Kriteria:
  1. Ketepatan sumber informasi skor maks 10
  2. Ketepatan diskusi kelompok skor maks 5
  3. Ketepatan hasil analisis skor maks 10
  4. Ketepatan menyimpulkan skor maks 10
  5. Ketepatan mempresentasikan menggunakan PPT skor maks 5
  6. Ketepatan refleksi skor maks 5
  7. Kebaharuan sumber pustaka skor maks 5
  8. Partisipatif, skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Penjelasan singkat dosen, diskusi, penugasan proyek menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan melakukan refleksi
2 X 50

Materi: Konduktor, bahan konduktor, dan sifat bahan konduktor
Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana
5%

11

Minggu ke 11

Memahami semikonduktor dan pita energi serta karakteristik dan bahannya

Menelusur sumber informasi semikonduktor dan pita energi serta karakteristik dan bahannya, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan melakukan refleksi

Kriteria:
  1. Ketepatan sumber informasi skor maks 10
  2. Diskusi kelompok skor maks 5
  3. Ketepatan analisis skor maks 10
  4. Ketepatan simpulan skor maks 10
  5. Presentasi klasikal menggunakan PPT skor maks 5
  6. Ketepatan refleksi skor maks 5
  7. Kebaharuan sumber pustaka skor maks 5
  8. Partisipatif skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi singkat, diskusi, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan refleksi
2 X 50

Materi: Semikonduktor, pita energi, karakteristik bahan semikonduktor
Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana
5%

12

Minggu ke 12

Memahami semikonduktor dan pita energi serta karakteristik dan bahannya

Menelusur sumber informasi semikonduktor dan pita energi serta karakteristik dan bahannya, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan melakukan refleksi

Kriteria:
  1. Ketepatan sumber informasi skor maks 10
  2. Diskusi kelompok skor maks 5
  3. Ketepatan analisis skor maks 10
  4. Ketepatan simpulan skor maks 10
  5. Presentasi klasikal menggunakan PPT skor maks 5
  6. Ketepatan refleksi skor maks 5
  7. Kebaharuan sumber pustaka skor maks 5
  8. Partisipatif skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi singkat, diskusi, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan menggunakan PPT, dan refleksi
2 X 50

Materi: Semikonduktor, pita energi, karakteristik bahan semikonduktor
Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana
5%

13

Minggu ke 13

Memahami konsep semikonduktor, celah energi semikonduktor, mobilitas muatan pada semikonduktor, dan pemanfaatan semikonduktor

Menelusur sumber informasi jenis semikonduktor, celah energi semikonduktor, mobilitas muatan pada semikonduktor, pemanfaatan semikonduktor, diskusi kelompok, menganalisis, menyimpulkan, presentasi kelompok, dan refleksi

Kriteria:
  1. Ketepatan sumber informasi skor maks 10
  2. Hasil diskusi kelompok, skor maks 5
  3. Ketepatan analisis skor maks 10
  4. Ketepatan simpulan skor maks 10
  5. Hasil presentasi kelompok skor maks 10
  6. Refleksi skor maks 5
  7. Partisipatif skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi singkat, diskusi, penugasan menelusur sumber informasi, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, presentasi kelompok, dan refleksi
2 X 50
Materi: Jenis semikonduktor, celah energi semikonduktor, mobilitas muatan pada semikonduktor, dan pemanfaatan semikonduktor
Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana
5%

14

Minggu ke 14

Memahami konsep Semikonduktor

Melakukan observasi, melakukan diskusi, membuat deskripsi, melakukan analisis, membuat simpulan, melakukan refleksi, membuat laporan tertulis

Kriteria:
  1. Ketepatan hasil observasi skor maks 10
  2. Hasil diskusi kelompok skor maks 5
  3. Ketepatan deskripsi skor maks 10
  4. Ketepatan hasil analisis skor maks 5
  5. Ketepatan simpulan skor maks 5
  6. Ketepatan refleksi skor maks 5
  7. Ketepatan laporan tertulis skor maks 5
  8. Dokumen kegiatan skor maks 5
  9. Partisipatif skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi singkat dosen, diskusi, dan penugasan proyek secara berkelompok melakukan observasi secara langsung, mendiskusikan dan membuat laporan yang berisi deskripsi jenis-jenis bahan-alat dan fungsinya yang digunakan pada sistem penyaluran tenaga listrik di wilayah kampus Unesa Ketintang Surabaya, melakukan analisis dan menyimpulkan hasilnya dan melakukan refleksi. Hasilnya selanjutnya dipresentasikan pada saat UAS.
2 X 50
Materi: Bahan listrik
Pustaka: I Ketut Wijaya. 2015. Material Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana

Materi: Material listrik
Pustaka: William D. Callister, JR., David AG. Rethwisch. 2017. Materials Science and Engineering An Introduction, 10th Edition. Hoboken NJ : Wiley
5%

15

Minggu ke 15

Menganalisis dan mengevaluasi bahan, karakteristik, dan penggunaan bahan optik di bidang teknik tenaga listrik

Kriteria:
  1. Ketepatan menelusur sumber informasi bahan, karakteristik, dan penggunaan penghantar optik, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan, dan melakukan refleksi, skor maks 50.
  2. Partisipatif, skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi singkat dosen, diskusi, penugasan menelusur sumber informasi bahan, karakteristik, dan penggunaan penghantar optik, diskusi, menganalisis, menyimpulkan, mempresentasikan, dan melakukan refleksi.
2 X 50
Materi: Bahan, karakteristik, dan penggunaan penghantar optik
Pustaka: Salahuddin. 2014. Bahan Ajar Bahan Listrik. Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Jurusan Teknik Elektro
5%

16

Minggu ke 16

Melaporkan hasil proyek observasi bahan-bahan dan peralatan listrik yang digunakan pada sistem penyaluran tenaga listrik dari PLN ke Kampus Unesa di lingkungan Ketintang Surabaya secara tertulis dan oral

Membuat PPT, melakukan presentasi, melakukan didkusi, melakukan tanya jawab, dan melakukan revisi, serta refleksi.

Kriteria:
  1. Ketepatan subtansi isi PPT skor maks 10
  2. Kesesuaian format PPT, keserasian ukuran huruf dan gambar, keserasian warna huruf dan gambar skor maks 5
  3. Kebenaran penyajian skor maks 10
  4. Ketepatan tanya jawab skor maks 10
  5. Ketepatan waktu penyajian skor maks 5
  6. Ketepatan waktu dan subtansi rhasil revisi skor maks 5
  7. Softskill slkor maks 5
  8. Partisipatif skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
UAS melakukan presentasi hasil proyek pada pertemuan 14 melakukan observasi bahan-bahan dan peralatan listrik yang digunakan pada sistem penyaluran tenaga listrik dari PLN ke Kampus Unesa di lingkungan Ketintang Surabaya
2 X 50

20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50.66%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 12.82%
3. Penilaian Portofolio 11.99%
4. Praktik / Unjuk Kerja 5.01%
5. Tes 19.5%
99.98%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.