
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Biologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Laboratorium Pendidikan |
8410502030 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
3 |
1 Juli 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr.Yuliani,M.Si
|
Prof.Dr.Yuliani,M.Si
|
YULIANI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya dengan memperhatikan etika akademik dalam menjalankan tugas profesionalnya, dan mampu mewujudkan karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh dalam perilaku keseharian. |
PLO-8 |
Mampu melakukan telaah terhadap kebijakan, dan mengimplementasikannya di bidang Biologi dan Pendidikan Biologi melalui pendekatan inter dan multidisipliner |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai teori managemen laboratorium dan mampu mengaplikasikan dalam bidang Biologi dan pembelajaran Biologi melalui pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan tehnologi.
|
PO - 2 |
Menguasai teori managemen laboratorium dan mampu mengaplikasikan dalam bidang Biologi dan pembelajaran Biologi melalui pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan tehnologi.
|
PO - 3 |
Mampu Menyusun ide, hasil pemikiran dan argument saintifik dalam bidang manajemen laboratorium serta mengkomunikasikannya ke masyarakat
|
PO - 4 |
Mampu mengembangkan konsep bioecoprneurship dalam manajemen laboratorium untuk menunjang kemanfirian masyarakat
|
PO - 5 |
Memiliki sikap bertanggung jawab, mandiri, jujur, Tangguh serta memperhatikan etika di dalam menerapkan managemen laboratorium
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-8 | | PO-1 | | | | | | PO-2 | | | | | | PO-3 | | | | | | PO-4 | | | | | | PO-5 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini mengkaji manajemen laboratorium (Sumber daya manusia, organisasi laboratorium, fasilitas, peralatan, keuangan, administrasi, mutu dan keselamatan kerja) beserta fungsi sebagai manajer di laboratorium dan mampu mengimplementasikan dalam bentuk pelatihan. Manajemen laboratorium dilaksanakan melalui diskusi, presentasi dan praktek penanganan manajemen laboratorium disertai dengan penugasan Project. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Reynolds M. Salerno, Jennifer Gaudioso. 2015. Laboratory Biorisk Management: Biosafety and Biosecurity.CRC Press In
- Amien Mohammad. 1988. Buku Pedoman Laboratorium dan Petunjuk Praktikum Pendidikan IPA Umum (General Science) untuk Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Proyek Pengembangan LPTK Dirjen Dikti Depdikbud RI.
- Garcia, Lynne S.2019.Clinical laboratory Management.2nd edition.Amazon
- Indrawan, irjus dkk.2020. Manajemen laboratorium Pendidikan.Pasuruan: Qiara Media
- Tri Asri, Mahanani, Yuliani, Sunu Kuntjoro.2019. Dasar dasar Pengelolaan Laboratorium. Surabaya: Unesa University Press
- Gustini, Neng dan wulandari.2020.manajemen Laboratorium Sains untuk meningkatkan Mutu pembelajaran.Jurnal isema.5 (2) 231-244.
|
Pendukung : |
|
- Artikel yang relevan dan Kajian literatur SOP laboratorium di Internet
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Yuliani, M.Si. Dr. H. Sunu Kuntjoro, S.Si., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami pengertian, fungsi dan peran laboratorium |
- Mendiskripsikan pengertian dan ruang ingkup laboratorium
- Menganalisis fungsi laboratorium bagi proses Pendidikan
- Memberikan contoh peran laboratorium dalam pembelajaran atau Pendidikan
|
Kriteria:
Bentuk: Tes Tertulis ,Penugasan dan Proyek, dengan Kriteria: Indikator dicapai melalui Penugasan di tugas mandiri, terstruktur dan tugas proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case methode
1.Pre existhing Material. Dosen meminta mahasiswa secara individu membaca refrensi mengenai pengertian dan ruang lingkup laboratorium dan peranannya dalam pembelajaran Biologi. Bik di perti maupun di sekolah menengah
2.Aktivitas dalam kelompok . Dosen memberikan kasus permasalahan mengenai peran Lab dalam pembelajaran Mahasiswa mengeksploras irefrensi yang diperoleh untuk menjawab berbagai peranan tesrsebut.Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa dapat mengembangkan ide atau gagasan untuk memecahkan permasalahan. Mahasiswa secara individu dalam kelompok dapat menyampaikan pendapatnya
3. .Class Room Discusion
Dosen menfasilitasi mahasiswa untuk berdiskusi dalam kelas, mempresentasikan hasil yang diperoleh dalam kelompok . dan secara klasikal diperoleh kesimpulan dari diskusi yang dilakukan. Mahasiswa diminta untuk membaca referensi lebih lanjut..2 X 50
|
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Presentasi dan diskusi mengenai pengertian, fungsi dan peran laboratorium di Perti dan di sekolah
• Memberi tanggapan terkait berbagai tipe laboratorium (2 x 50 menit)
|
Materi: Pengertian, Fungsi dan Peran laboratorium Pustaka: Reynolds M. Salerno, Jennifer Gaudioso. 2015. Laboratory Biorisk Management: Biosafety and Biosecurity.CRC Press In Materi: Ruang linhkup Laboratorium Pustaka: Reynolds M. Salerno, Jennifer Gaudioso. 2015. Laboratory Biorisk Management: Biosafety and Biosecurity.CRC Press In |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis kedudukan dan fungsi manajemen laboratorium |
- Menganalisis kedudukan manajemen dalam suatu laboratorium
- Mengidentifikasi berbagai bagian dari manajemen laboratorium
- Menyimpulkan berbagai fungsi manajemen dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasa
|
Kriteria:
Bentuk: Tes Tertulis ,Penugasan dan Proyek, dengan Kriteria: Indikator dicapai melalui Penugasan di tugas mandiri, terstruktur dan tugas proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
• Mendiskusikan tentang manajemen laboratorium
• Mengunjungi web untuk mencari berbagai fungsi manajemen dalam hal perencanaan,
pelaksanaan dan pengawasan (2 x 50 menit)
|
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Presentasi dan diskusi konsep-konsep manajemen laboratorium
• Memberi tanggapan antar mahasiswa (2 x 50 menit)
|
Materi: Manajemen Laboratorium Pustaka: Reynolds M. Salerno, Jennifer Gaudioso. 2015. Laboratory Biorisk Management: Biosafety and Biosecurity.CRC Press In |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Membuat desain perencanaan dan Pembangunan suatu laboratorium secara sistematis sesuai kebutuhan laboratorium di sekolah ,perguruan tinggi maupun instansi terkait |
- • Memahami desain suatu laboratorium sesuai tujuannya • • Membuat rekomendasi desain laboratorium yang sesuai peruntukannya bagi masyarakat
- Membuat desain perencanaan dan pembangunan laboratorium
|
Kriteria:
Bentuk: Tes Tertulis ,Penugasan dan Proyek, dengan Kriteria: Indikator dicapai melalui Penugasan di tugas mandiri, terstruktur dan tugas proyek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case methode
1.Pre existhing Material. Dosen meminta mahasiswa secara individu membaca refrensi desain perencanaan dan Pembangunan suatu laboratorium
2.Aktivitas dalam kelompok . Dosen memberikan kasus permasalahan mengenai desain perencanaan dan Pembangunan suatu laboratorium secara sistematis sesuai kebutuhan laboratorium di sekolah ,perguruan tinggi maupun instansi terkait dan mengeksplorasi refrensi yang diperoleh untuk membuat desain tersebut..Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa dapat mengembangkan ide atau gagasan Mahasiswa secara individu dalam kelompok dapat menyampaikan pendapatnya
3. .Class Room Discusion
Dosen menfasilitasi mahasiswa untuk berdiskusi dalam kelas, mempresentasikan hasil yang diperoleh dalam kelompok . dan secara klasikal diperoleh Kesimpulan dan rekomendasi desain lab seuai kebutuhan Masyarakat,
dari diskusi yang dilakukan. Mahasiswa diminta untuk membaca referensi lebih lanjut..2 X 50 menit
|
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Presentasi dan diskusi kelompok perencanaan dan pembangunan laboratorium
• Memberi tanggapan antar mahasiswa (2 x 50 menit)
|
Materi: Desain perencanaan Lab. Pustaka: Garcia, Lynne S.2019.Clinical laboratory Management.2nd edition.Amazon |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis struktur Organisasi dan Kepemimpinan di Laboratorium |
• Menganalisis struktur organisasi dan kepemimpinan dalam suatu laboratorium |
Kriteria:
Bentuk: Tes Tertulis ,Penugasan dan Proyek, dengan Kriteria: Indikator dicapai melalui Penugasan di tugas mandiri, terstruktur dan tugas proyek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
• Mendiskusikan tentang struktur organisasi dan kepemimpinan di laboratorium
• Mengunjungi web untuk mencari dan menganalisis berbagai tugas, pokok dan fungsi dari berbagai struktur di laboratorium (2 x 50 menit)
|
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Presentasi dan diskusi struktur organisasi dan kepemimpinan di laboratorium (2 x 50 menit
|
Materi: Struktur Organisasi lab. Pustaka: Amien Mohammad. 1988. Buku Pedoman Laboratorium dan Petunjuk Praktikum Pendidikan IPA Umum (General Science) untuk Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Proyek Pengembangan LPTK Dirjen Dikti Depdikbud RI. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Membuat penataan dan Administrasi dari suatu Laboratorium |
- • Membuat desain penataaan suatu laboratorium
- Praktek Membuat berbagai berkas administrasi laboratorium
- Menyusun rekomendasi desaian penataan dan administrasi laboratorium yang dapat diaplikasikan oleh masyarakat
|
Kriteria:
Bentuk: Tes Tertulis ,Penugasan dan Proyek, dengan Kriteria: Indikator dicapai melalui Penugasan di tugas mandiri, terstruktur dan tugas proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
• Mendiskusikan tentang penataan dan administrasi laboratorium
• Mengunjungi web untuk mencari berbagai contoh penataan laboratorium sesuai peruntukannya
• Diskusi kelompok dan berkegiatan Membuat berbagai berkas administrasi laboratorium
• Diskusi kelas dalam Menyusun rekomendasi desaian penataan dan administrasi laboratorium yang dapat diaplikasikan oleh masyarakat
|
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Presentasi dan diskusi penataan dan administrasi laboratorium
• Memberi tanggapan antar mahasiswa (2 x 50 menit)
|
Materi: Administrasi Laboratorium Pustaka: Tri Asri, Mahanani, Yuliani, Sunu Kuntjoro.2019. Dasar dasar Pengelolaan Laboratorium. Surabaya: Unesa University Press |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menyusun ide tentang pengembangan manajemen laboratorium secara sistematis untuk dapat diaplikasikan ke masyarakat |
- • Menyusun berbagai ide untuk mengembangkan suatu laboratorium berdasarkan kondisi dari laboratorium yang ada
- • Membuat suatu laporan yang sistematik terkait pengembangan laboratorium
|
Kriteria:
Bentuk: Tes Tertulis ,Penugasan dan Proyek, dengan Kriteria: Indikator dicapai melalui Penugasan di tugas mandiri, terstruktur dan tugas proyek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case methode
1.Pre existhing Material. Dosen meminta mahasiswa secara individu membaca refrensi pengembangan manajemen laboratorium
2.Aktivitas dalam kelompok . Dosen meminta mahasiswa untuk Menyusun berbagai ide untuk mengembangkan suatu laboratorium berdasarkan kondisi dari laboratorium yang ada
dan mengeksplorasi refrensi yang diperoleh untuk membuat pengembangan lab. tersebut.. Mahasiswa secara individu dalam kelompok dapat menyampaikan pendapatnya
3. .Class Room Discusion
Dosen menfasilitasi mahasiswa untuk berdiskusi dalam kelas, mempresentasikan hasil yang diperoleh dalam kelompok . dan secara klasikal diperoleh Kesimpulan dan rekomendasi pengembangan lab seuai kebutuhan Masyarakat,
dari diskusi yang dilakukan. Mahasiswa diminta untuk membaca referensi lebih lanjut
|
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Presentasi dan diskusi konsep-konsep pengembangan manajemen laboratorium
• Memberi tanggapan antar mahasiswa (2 x 50 menit)
|
Materi: Pengembangan Manajemen Lab Pustaka: Indrawan, irjus dkk.2020. Manajemen laboratorium Pendidikan.Pasuruan: Qiara Media |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mengkomunikasikan hasil rancangan /ide untuk pengembangan manajemen laboratorium secara objektif dan bertanggung jawab |
Mengkomunikasikan hasil rancangan /ide untuk pengembangan manajemen laboratorium secara objektif dan bertanggung jawab |
Kriteria:
Bentuk: Tes Tertulis ,Penugasan dan Proyek, dengan Kriteria: Indikator dicapai melalui Penugasan di tugas mandiri, terstruktur dan tugas proyek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
• Presentasi tentang pengembangan manajemen laboratorium
(2 x 50 menit
|
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Presentasi dan diskusi (2 x 50 menit)
|
Materi: Pengembangan laboratorium Pustaka: Amien Mohammad. 1988. Buku Pedoman Laboratorium dan Petunjuk Praktikum Pendidikan IPA Umum (General Science) untuk Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Proyek Pengembangan LPTK Dirjen Dikti Depdikbud RI. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Memahamai konsep pertemuan 1 sampai 8 |
UTS |
Kriteria:
Bentuk: Tes Tertulis ,Penugasan dan Proyek, dengan Kriteria: Indikator dicapai melalui Penugasan di tugas mandiri, terstruktur dan tugas proyek Bentuk Penilaian : Tes |
UTS
|
UTS
|
Materi: Materi 1 sampai 7 Pustaka: Tri Asri, Mahanani, Yuliani, Sunu Kuntjoro.2019. Dasar dasar Pengelolaan Laboratorium. Surabaya: Unesa University Press |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis Keamanan, keselamatan, dan Kesehatan kerja di laboratorium |
• Menganalisis perlunya K3 dalam suatu laboratorium • Mengidentifikasi berbagai K3 yang diperlukan di laboratorium |
Kriteria:
Bentuk: Tes Tertulis ,Penugasan dan Proyek, dengan Kriteria: Indikator dicapai melalui Penugasan di tugas mandiri, terstruktur dan tugas proyek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
• Mendiskusikan tentang K3 di laboratorium
• Mengunjungi web untuk mencari berbagai peran dan contoh K 3 dalam berbagai laboratorium (2 x 50 menit)
• Diskusi kelas terkait manfaat K# dalam laboratorium
PENUGASAN PROJECT-PENYUSUNAN SOP LABORATORIUM
|
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Presentasi dan diskusi K3 laboratorium
• Memberi tanggapan antar mahasiswa (2 x 50 menit)
|
Materi: K3 Pustaka: Reynolds M. Salerno, Jennifer Gaudioso. 2015. Laboratory Biorisk Management: Biosafety and Biosecurity.CRC Press In |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menyusun SOP dan Instruksi kerja di laboratorium |
• Menyusun SOP di laboratorium • Menyusun Instruksi Kerja di laboratorium |
Kriteria:
Bentuk: Tes Tertulis ,Penugasan dan Proyek, dengan Kriteria: Indikator dicapai melalui Penugasan di tugas mandiri, terstruktur dan tugas proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
• Mendiskusikan tentang SOP dan instruksi kerja laboratorium Secara umum
• Mengunjungi web untuk mencari literatur tentang SOP
(2 x 50 menit)
• Dosen memberikan orientasi permasalahan pada mahasiswa mengenai
Kendali di dalam pelaksanaan kerja lab. Dan kendali tersebut mengarah kepada SOP
• Dosen mengorganisasi mahasiswa dalam pembelajaran untuk Menyusun SOP yang diperlukan dalam manajemen lab (setiap kelomp0k dengan topik berbeda).Setiap kelompok membuat desain sendiri sesuai keperluannya
• Membimbimbing mahasiswa untuk menelusur kajian mengenai topik yang diinginkan
• Mahasiswa Menyusun jadwal kegiatan dan menentukan jadwal presentasi.
|
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Presentasi dan diskusi konsep-konsep SOP
• Memberi tanggapan antar mahasiswa (2 x 50 menit)
|
Materi: SOP Pustaka: Indrawan, irjus dkk.2020. Manajemen laboratorium Pendidikan.Pasuruan: Qiara Media |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami Penanganan Limbah di laboratorium |
• Memahami penanganan limbah di laboratorium • Membuat desain penaganan limbah di laboratorium |
Kriteria:
Bentuk: Tes Tertulis ,Penugasan dan Proyek, dengan Kriteria: Indikator dicapai melalui Penugasan di tugas mandiri, terstruktur dan tugas proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
• Mendiskusikan tentang penanganan limbah laboratorium
• Mengunjungi web untuk mencari berbagai desain penanganan limbah (2 x 50 menit)
• Dosen memantau perkembangan project yang dikerjakan oleh mahasiswa menanyakan hambatan atau kendala yang ditemukan
|
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Presentasi dan diskusi konsep-konsep penanganan limbah laboratorium (2 x 50 menit
|
Materi: Penanganan Limbah Lab. Pustaka: Reynolds M. Salerno, Jennifer Gaudioso. 2015. Laboratory Biorisk Management: Biosafety and Biosecurity.CRC Press In |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Merancang secara sistematis dan melakukan Evaluasi system kerja di suatu Laboratorium untuk membuat suatu rekomendasi |
- • Merancang sistem evaluasi di laboratorium
- • Melakukan evaluasi kinerja di laboratorium
- • Membuat rekomendasi system evaluasi kinerja di laboratorium
|
Kriteria:
Bentuk: Tes Tertulis ,Penugasan dan Proyek, dengan Kriteria: Indikator dicapai melalui Penugasan di tugas mandiri, terstruktur dan tugas proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
• Mendiskusikan tentang sistem evaluasi laboratorium
• Mengunjungi web untuk mencari sistem evaluasi linerja di laboratorium
(2 x 50 menit)
|
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Presentasi dan diskusi system evaluasi di laboratorium (2 x 50 menit)
|
Materi: Sistem Evaluasi Lab. Pustaka: Gustini, Neng dan wulandari.2020.manajemen Laboratorium Sains untuk meningkatkan Mutu pembelajaran.Jurnal isema.5 (2) 231-244. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami system manajemen mutu di laboratorium |
- • Memahami system manajemen mutu di laboratorium
- • Mengidentifikasi bagian dari laboratorium yang memerlukan system penjaminan mutu
|
Kriteria:
Bentuk: Tes Tertulis ,Penugasan dan Proyek, dengan Kriteria: Indikator dicapai melalui Penugasan di tugas mandiri, terstruktur dan tugas proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
• Mendiskusikan tentang system manajemen mutu laboratorium
• Mengunjungi web untuk mencari system manajemen mutu laboratorium
(2 x 50 menit)
|
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Presentasi dan diskusi konsep-konsep Sistem Penjaminan Mutu
Laboratorium
(2 x 50 menit
|
Materi: System penjaminan mutu lab Pustaka: Gustini, Neng dan wulandari.2020.manajemen Laboratorium Sains untuk meningkatkan Mutu pembelajaran.Jurnal isema.5 (2) 231-244. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Merancang dan Menyusun ide pengembangan kegiatan laboatorium terkait dengan Bioecopreneurship |
• Merancang dan Menyusun ide pengembangan kegiatan laboatorium terkait dengan Bioecopreneurship |
Kriteria:
Bentuk: Tes Tertulis ,Penugasan dan Proyek, dengan Kriteria: Indikator dicapai melalui Penugasan di tugas mandiri, terstruktur dan tugas proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
• Mendiskusikan ide pengembangan kegiatan laboatorium terkait dengan Bio-
Ecopreneurship
• Mengkomunikasikan tugas project SOP laboratorium. Mahasiswa mengumpukan SOP sesuai ketentuan dan PPT untuk dipresentasikan
• Diskusi kelas terkait tugas project untuk menemukan ide pengembangan selanjutnya
|
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Presentasi dan diskusi pengembangan kegiatan laboatorium terkait dengan Bio-
Ecopreneurship(2 x 50 menit)
|
Materi: Pengembangan Lab dan SOP Presentasi Pustaka: Indrawan, irjus dkk.2020. Manajemen laboratorium Pendidikan.Pasuruan: Qiara Media |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mengkomunikasikan hasil rancangan pengembangan laboratorium dan SOP (tugas project) secara objektif dan bertanggung jawab |
• Mengkomunikasikan hasil rancangan pengembangan laboratorium secara objektif dan bertanggung jawab |
Kriteria:
Bentuk: Tes Tertulis ,Penugasan dan Proyek, dengan Kriteria: Indikator dicapai melalui Penugasan di tugas mandiri, terstruktur dan tugas proyek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
• Mengkomunikasikan tugas project SOP laboratorium. Mahasiswa mengumpukan SOP sesuai ketentuan dan PPT untuk dipresentasikan
• Diskusi kelas terkait tugas project untuk menemukan ide pengembangan selanjutnya
• Evaluasi penilaian tugas project beserta umpan balik ke mahasiswa
|
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Presentasi dan diskusi tugas project ( 2 x 50 menit)
|
Materi: Pengembangan Manajemen Lab Bioedupreneurship dan Presentasi project Pustaka: Tri Asri, Mahanani, Yuliani, Sunu Kuntjoro.2019. Dasar dasar Pengelolaan Laboratorium. Surabaya: Unesa University Press |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Memahami materi 9 sampai 15 |
Memahami materi 9 sampai 15 |
Kriteria:
Bentuk: Tes Tertulis ,Penugasan dan Proyek, dengan Kriteria: Indikator dicapai melalui Penugasan di tugas mandiri, terstruktur dan tugas proyek Bentuk Penilaian : Tes |
UAS
|
UAS
|
Materi: Materi 9 sampai 15 Pustaka: Indrawan, irjus dkk.2020. Manajemen laboratorium Pendidikan.Pasuruan: Qiara Media |
10% |