Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Biologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Laboratorium Pendidikan

8410502030

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

3

1 Juli 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr.Yuliani,M.Si




Prof.Dr.Yuliani,M.Si




Prof. Dr. Yuliani, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya dengan memperhatikan etika akademik dalam menjalankan tugas profesionalnya, dan mampu mewujudkan karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh dalam perilaku keseharian.

PLO-8

Mampu melakukan telaah terhadap kebijakan, dan mengimplementasikannya di bidang Biologi dan Pendidikan Biologi melalui pendekatan inter dan multidisipliner

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai teori managemen laboratorium dan mampu mengaplikasikan dalam bidang Biologi dan pembelajaran Biologi melalui pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan tehnologi.

PO - 2

Memiliki pemikiran yang sistematis dan keterampilan untuk membuat rekomendasi/kebijakan di dalam penerapan managemen laboratorium di sekolah, perguruan tinggi maupun instansi terkait

PO - 3

Mampu Menyusun ide, hasil pemikiran dan argument saintifik dalam bidang manajemen laboratorium serta mengkomunikasikannya ke masyarakat

PO - 4

Mampu mengembangkan konsep bioecoprneurship dalam manajemen laboratorium untuk menunjang kemanfirian masyarakat

PO - 5

Memiliki sikap bertanggung jawab, mandiri, jujur, Tangguh serta memperhatikan etika di dalam menerapkan managemen laboratorium

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4PLO-6PLO-8
PO-1    
PO-2    
PO-3   
PO-4    
PO-5    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini mengkaji manajemen laboratorium (Sumber daya manusia, organisasi laboratorium, fasilitas, peralatan, keuangan, administrasi, mutu dan keselamatan kerja) beserta fungsi sebagai manajer di laboratorium dan mampu mengimplementasikan dalam bentuk pelatihan. Manajemen laboratorium dilaksanakan melalui diskusi, presentasi dan praktek penanganan manajemen laboratoriumdisertai dengan penugasan project

Pustaka

Utama :

  1. 1. Suranto, dkk, 2020. Managemen Laboratorium. Yogyakarta: Fakultas Teknologi Mineral UPN Yogyakarta.
  2. 2. Amien Mohammad. 1988. Buku Pedoman Laboratorium dan Petunjuk Praktikum Pendidikan IPA Umum (General Science) untuk Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Proyek Pengembangan LPTK Dirjen Dikti Depdikbud RI.
  3. 3. Garcia, Lynne S.2019.Clinical laboratory Management.2nd edition.Amazon
  4. 4. Indrawan, irjus dkk.2020. Manajemen laboratorium Pendidikan.Pasuruan: Qiara Media
  5. 5. Reynolds M. Salerno, Jennifer Gaudioso. 2015. Laboratory Biorisk Management: Biosafety and Biosecurity.CRC Press Inc.
  6. 6. Tri Asri, Mahanani, Yuliani, Sunu Kuntjoro.2019. Dasar dasar Pengelolaan Laboratorium. Surabaya: Unesa University Press
  7. 7. Gustini, Neng dan wulandari.2020.manajemen Laboratorium Sains untuk meningkatkan Mutu pembelajaran.Jurnal isema.5 (2) 231-244.

Pendukung :

  1. Artikel yang relevan dan Kajian literatur SOP laboratorium di Internet

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.