|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
METODE MELATIH FISIK, TEKNIK, TAKTIK & MENTAL CABOR WOODBALL |
8520204745 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=2 |
ECTS=6.36 |
3 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Mohammad Faruk, S. Pd., M. Kes.
|
.......................................
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga. |
PLO-6 |
Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif. |
PLO-8 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu membuat Program latihan olahraga sesuai dengan cabang olahraga yang ditekuni
|
PO - 2 |
Ahli di bidang kepelatihan olahraga woodball
|
PO - 3 |
Konsultan peningkatan capaian prestasi olahraga woodball
|
PO - 4 |
Analisis kemampuan dan penampilan atlet saat berlatih dan berlomba
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | PO-2 | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membahas tentang pengetahuan, teknik dan stretegi pelatihan skill permainan dalam woodball yang terdiri dari melatih kemampuan grip, pukulan dan kemampuan menerapkan skill woodball dalam permainan serta penerapan peraturan permaian woodball. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21-27.
- Iman, I. M. I., Rahayu, N. I., & Sultoni, K. (2017). Pengaruh Imagery Training Terhadap Hasil Pukulan Parking dan Gate-in Woodball di UKM Woodball UPI. JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan), 2(2), 91-95.
- Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru.
- Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Mohammad Faruk, S.Pd., M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
mahasiswa memahami konsep filosofi kepelatihan olahraga (cabor woodball) |
mahasiswa memahami konsep filosofi kepelatihan olahraga (cabor woodball) |
Kriteria:
pemahaman tentang konsep filosofi kepelatihan olahraga woodball Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, tanya jawab 200 menit |
review literatur di internet 200 menit |
Materi: fisiologi kepelatihan olahraga Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
mahasiswa mampu merancang program latihan teknik dasar untuk atlet pemula |
mahasiswa mampu merancang program latihan teknik bermain woodball |
Kriteria:
program latihan teknik dasar untuk pemula |
workshop 200 menit |
review literature 200 menit |
Materi: teknik pukulan Pustaka: Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
mahasiswa mampu merancang program latihan teknik dasar untuk atlet pemula |
mahasiswa mampu merancang program latihan teknik bermain woodball |
Kriteria:
program latihan teknik dasar untuk pemula Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
workshop 200 menit |
review literature 200 menit |
Materi: teknik pukulan Pustaka: Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
mahasiswa mampu merancang program latihan teknik dasar untuk atlet pemula |
mahasiswa mampu merancang program latihan teknik bermain woodball |
Kriteria:
program latihan teknik dasar untuk pemula Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
workshop 200 menit |
review literature 200 menit |
Materi: teknik pukulan Pustaka: Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
mahasiswa mampu merancang program latihan teknik dasar untuk atlet pemula |
mahasiswa mampu merancang program latihan teknik bermain woodball |
Kriteria:
program latihan teknik dasar untuk pemula Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
workshop 200 menit |
review literature 200 menit |
Materi: teknik pukulan Pustaka: Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
mahasiswa mampu merancang program latihan fisik untuk atlet pemula |
mahasiswa mampu merancang program latihan fisik woodball |
Kriteria:
program latihan fisik untuk pemula Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
workshop 200 menit |
review literature 200 menit |
Materi: teknik pukulan Pustaka: Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru. Materi: chapter 4 Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
mahasiswa mampu merancang program latihan fisik untuk atlet pemula |
mahasiswa mampu merancang program latihan fisik woodball |
Kriteria:
program latihan fisik untuk pemula Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
workshop 200 menit |
review literature 200 menit |
Materi: chapter 4 Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
mahasiswa mampu merancang program latihan fisik untuk atlet pemula |
mahasiswa mampu merancang program latihan fisik woodball |
Kriteria:
program latihan fisik untuk pemula Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
workshop 200 menit |
review literature 200 menit |
Materi: chapter 4 Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
mahasiswa mampu menerapkan program latihan teknik dasar untuk atlet pemula |
mahasiswa mampu menerapkan program latihan teknik dasar woodball |
Kriteria:
praktik melatih sesuai program latihan teknik untuk pemula Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
workshop 200 menit |
review literature 200 menit |
Materi: chapter 4 Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics. Materi: teaching Pustaka: Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21-27. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
mahasiswa mampu menerapkan program latihan teknik dasar untuk atlet pemula |
mahasiswa mampu menerapkan program latihan teknik dasar woodball |
Kriteria:
praktik melatih sesuai program latihan teknik untuk pemula Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
workshop 200 menit |
review literature 200 menit |
Materi: chapter 4 Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics. Materi: teaching Pustaka: Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21-27. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
mahasiswa mampu menerapkan program latihan teknik dasar untuk atlet pemula |
mahasiswa mampu menerapkan program latihan teknik dasar woodball |
Kriteria:
praktik melatih sesuai program latihan teknik untuk pemula Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
workshop 200 menit |
review literature 200 menit |
Materi: chapter 4 Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics. Materi: teaching Pustaka: Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21-27. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
mahasiswa mampu menerapkan program latihan fisik untuk atlet pemula |
mahasiswa mampu menerapkan program latihan fisik woodball |
Kriteria:
praktik melatih sesuai program latihan teknik untuk pemula Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
workshop 200 menit |
review literature 200 menit |
Materi: chapter 4 Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics. Materi: teaching Pustaka: Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21-27. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
mahasiswa mampu menerapkan program latihan fisik untuk atlet pemula |
mahasiswa mampu menerapkan program latihan fisik woodball |
Kriteria:
praktik melatih sesuai program latihan teknik untuk pemula Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
workshop 200 menit |
review literature 200 menit |
Materi: chapter 4 Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics. Materi: teaching Pustaka: Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21-27. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
mahasiswa mampu menerapkan program latihan fisik untuk atlet pemula |
mahasiswa mampu menerapkan program latihan fisik woodball |
Kriteria:
praktik melatih sesuai program latihan teknik untuk pemula Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
workshop 200 menit |
review literature 200 menit |
Materi: chapter 4 Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics. Materi: teaching Pustaka: Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21-27. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
mahasiswa mampu mengevaluasi penerapan program latihan untuk atlet pemula |
mahasiswa mampu mengevaluasi penerapan program latihan |
Kriteria:
evaluasi program latihan teknik untuk pemula Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
workshop 200 menit |
review literature 200 menit |
Materi: chapter 4 Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics. Materi: teaching Pustaka: Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21-27. |
4% |
16
Minggu ke 16 |
mahasiswa mampu mengevaluasi penerapan program latihan untuk atlet pemula |
mahasiswa mampu mengevaluasi penerapan program latihan |
Kriteria:
evaluasi program latihan teknik untuk pemula Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
workshop 200 menit |
review literature 200 menit |
Materi: chapter 4 Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics. Materi: teaching Pustaka: Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21-27. |
20% |