|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Kedokteran
Program Studi S1 Kedokteran
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
INTEGUMEN |
1120306035 |
|
T=5 |
P=1 |
ECTS=9.54 |
5 |
12 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
dr. Nieke Andina Wijaya, M.Biomed, Sp.DVE, FINSDV
|
.......................................
|
Nur Ilahi Anjani, S.Ked., M.Kes. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai pengetahuan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu kedokteran klinik, ilmu Kesehatan Masyarakat/Kedokteran Pencegahan/Kedokteran Komunitas, dan kedokteran olahraga. |
PLO-6 |
Terampil dalam melakukan komunikasi yang efektif kepada individu, masyarakat, dan tim kerja. |
PLO-7 |
Terampil dalam memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dan informasi kesehatan. |
PLO-8 |
Terampil mensimulasikan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain dalam ranah layanan kesehatan primer. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis,dan kreatif dalam menentukan etiopatomekanisme, pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang kedokteran dalam ilmu Integumen
|
PO - 2 |
Menguasai pengetahuan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu kedokteran klinik, IKM/KP/KK yang terkait dengan Integumen
|
PO - 3 |
Terampil dalam melakukan komunikasi yang efektif dalam tim seusai peran pada mata kuliah Integumen
|
PO - 4 |
Terampil dalam memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi terkait dengan Integumen
|
PO - 5 |
Terampil mensimulasikan prosedur klinis (pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE) yang berkaitan dengan masalah Integumen dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain dalam ranah layanan kesehatan primer
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | | | | | PO-2 | | | | | | PO-3 | | | | | | PO-4 | | | | | | PO-5 | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mendalam tentang Integumen yang meliputi Infeksi pada kulit yang disebabkan oleh Virus, Parasit, dan/atau gigitan serangga, serta Infeksi bakteri dan/atau jamur. Selain itu juga memberikan pengetahuan tentang Integumen meliputi Dermatitis eksim, kelainan eritro-skuamosa, gangguan keratinisasi, penyakit kulit alergi, neoplasma, kelainan pigmentasi, kelainan kelenjar sebasea dan ekrin, kelainan pada rambut, Trauma pada kulit, Reaksi obat, Kedaruratan dermatologi dan tumor kulit. Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan SPICES dan model PBL. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah kuliah, tutorial, dan praktikum. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Kang, S., et al. 2019. Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition. New York: McGraw-Hill Education.
- Saavedra A.P., & Roh E.K., & Mikailov A, Eds. 2023. Fitzpatrick’s Color Atlas and Synopsis of Clinical Dermatology, 9e. McGraw-Hill Education.
- James, W, et al. 2019. Andrews’ Diseases of the Skin (Clinical Dermatology), 13th Ed. Elsevier.
- Griffith, C., et al. 2024. Rook’s Textbook of Dermatology, 10th Edition. Wiley Blackwell.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE tentang Infeksi pada kulit yang disebabkan oleh Virus, Parasit, dan/atau gigitan serangga |
- Mampu menjelaskan etiopatomekanisme
- Mampu menentukan pemeriksaan fisik/penunjang berdasarkan kasus
- Mampu menegakkan diagnosis berdasarkan kasus
- Mampu merekomendasikan tata laksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako
- Mampu memberi saran KIE yang tepat bagi pasien
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah
Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL
Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik
|
|
Materi: - Pustaka: Kang, S., et al. 2019. Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition. New York: McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: Saavedra A.P., & Roh E.K., & Mikailov A, Eds. 2023. Fitzpatrick’s Color Atlas and Synopsis of Clinical Dermatology, 9e. McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: James, W, et al. 2019. Andrews’ Diseases of the Skin (Clinical Dermatology), 13th Ed. Elsevier. Materi: - Pustaka: Griffith, C., et al. 2024. Rook’s Textbook of Dermatology, 10th Edition. Wiley Blackwell. |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE tentang Infeksi pada kulit yang disebabkan oleh Bakteri dan/atau Jamur |
- Mampu menjelaskan etiopatomekanisme
- Mampu menentukan pemeriksaan fisik/penunjang berdasarkan kasus
- Mampu menegakkan diagnosis berdasarkan kasus
- Mampu merekomendasikan tata laksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako
- Mampu memberi saran KIE yang tepat bagi pasien
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah
Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL
Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik
|
|
Materi: - Pustaka: Kang, S., et al. 2019. Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition. New York: McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: Saavedra A.P., & Roh E.K., & Mikailov A, Eds. 2023. Fitzpatrick’s Color Atlas and Synopsis of Clinical Dermatology, 9e. McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: James, W, et al. 2019. Andrews’ Diseases of the Skin (Clinical Dermatology), 13th Ed. Elsevier. Materi: - Pustaka: Griffith, C., et al. 2024. Rook’s Textbook of Dermatology, 10th Edition. Wiley Blackwell. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE tentang Dermatitis eksim dan kelainan eritro-skuamosa,gangguan keratinisasi, penyakit kulit alergi, dan neoplasma |
- Mampu menjelaskan etiopatomekanisme
- Mampu menentukan pemeriksaan fisik/penunjang berdasarkan kasus
- Mampu menegakkan diagnosis berdasarkan kasus
- Mampu merekomendasikan tata laksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako
- Mampu memberi saran KIE yang tepat bagi pasien
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah
Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL
Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik
|
|
Materi: - Pustaka: Kang, S., et al. 2019. Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition. New York: McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: Saavedra A.P., & Roh E.K., & Mikailov A, Eds. 2023. Fitzpatrick’s Color Atlas and Synopsis of Clinical Dermatology, 9e. McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: James, W, et al. 2019. Andrews’ Diseases of the Skin (Clinical Dermatology), 13th Ed. Elsevier. Materi: - Pustaka: Griffith, C., et al. 2024. Rook’s Textbook of Dermatology, 10th Edition. Wiley Blackwell. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE tentang kelainan pigmentasi, kelainan kelenjar sebasea dan ekrin, serta mampu mengenali, menjelaskan, mendiagnosis dan merujuk tentang kelainan pada rambut |
- Mampu menjelaskan etiopatomekanisme
- Mampu menentukan pemeriksaan fisik/penunjang berdasarkan kasus
- Mampu menegakkan diagnosis berdasarkan kasus
- Mampu merekomendasikan tata laksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako
- Mampu memberi saran KIE yang tepat bagi pasien
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah
Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL
Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik
|
|
Materi: - Pustaka: Kang, S., et al. 2019. Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition. New York: McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: Saavedra A.P., & Roh E.K., & Mikailov A, Eds. 2023. Fitzpatrick’s Color Atlas and Synopsis of Clinical Dermatology, 9e. McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: James, W, et al. 2019. Andrews’ Diseases of the Skin (Clinical Dermatology), 13th Ed. Elsevier. Materi: - Pustaka: Griffith, C., et al. 2024. Rook’s Textbook of Dermatology, 10th Edition. Wiley Blackwell. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE tentang Trauma pada kulit, Reaksi obat, dan Kedaruratan dermatologi, serta mampu mengenali, menjelaskan, mendiagnosis dan merujuk tentang tumor pada kulit |
- Mampu menjelaskan etiopatomekanisme
- Mampu menentukan pemeriksaan fisik/penunjang berdasarkan kasus
- Mampu menegakkan diagnosis berdasarkan kasus
- Mampu merekomendasikan tata laksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako Mampu memberi saran KIE yang tepat bagi pasien
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah
Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL
Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik
|
|
Materi: - Pustaka: Kang, S., et al. 2019. Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition. New York: McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: Saavedra A.P., & Roh E.K., & Mikailov A, Eds. 2023. Fitzpatrick’s Color Atlas and Synopsis of Clinical Dermatology, 9e. McGraw-Hill Education. Materi: - Pustaka: James, W, et al. 2019. Andrews’ Diseases of the Skin (Clinical Dermatology), 13th Ed. Elsevier. Materi: - Pustaka: Griffith, C., et al. 2024. Rook’s Textbook of Dermatology, 10th Edition. Wiley Blackwell. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Ujian Akhir BLOK |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Tes |
CBT & Praktikum
|
|
|
80% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |