|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
English Prose Fiction |
7920103193 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
7 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Phil. Moh. Rokib, M.A.; Dr. Moh. Arif Susanto, M.Hum.; M. Erwan Saing, M.A.
|
Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.
|
Drs. Parmin, M.Hum. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-5 |
Menguasai dasar-dasar pengetahuan ilmiah di bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia |
PLO-9 |
Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
• Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu melakukan apresiasi prosa melalui teknik-teknik khusus • Menguasai konsep teoretis bidang teori, kritik, dan sejarah sastra yang mencerminkan kemampuan pemahaman terhadap prosa secara sangkil dan mangkus • Mengambil keputusan strategis dalam melakukan apresiasi prosa berdasarkan amatan yang luas • Bertanggung jawab dan menunjukkan kepemilikan karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan apresiasi prosa
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembahasan aspek-aspek apresiasi prosa fiksi dengan berbagai pendekatan maupun teori tertentu melalui kegiatan terstruktur seperti kegiatan pertemuan kelas dan pelatihan guna menghasilkan formulasi apresiasi atau artikel/makalah untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran jurusan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- >
- Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish.
- Nadjid, Moh. 2002. Apresiasi Prosa Fiksi dan Drama (Sebuah Perbincangan) . Surabaya: Taman Nadia Azzala.
- Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.
- S. Suharianto. 2009. Apresiasi Cerita Pendek. Semarang: Bandungan Institut
- Suminto A. Sayuti. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi . Yogyakarta: Gama Media.
- Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
|
Pendukung : |
|
- artikel-artikel jurnal
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
· Memahami konsep persinggungan antara sastra dan apresiasi sastra · Menerapkan dasar-dasar konsep antara sastra dan apresiasi sastra |
· Menjelaskan konsep persinggungan antara sastra dan apresiasi sastra |
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Ruang Lingkup Apresiasi Sastra Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. Materi: Memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra Pustaka: Suminto A. Sayuti. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi . Yogyakarta: Gama Media. Materi: Konsep-konsep Apresiasi Sastra Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: Konsep-konsep apresiasi sastra Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish. |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra Memahami paradigma fungsi apresiasi sastra untuk kajian sastra |
- Memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra
- Memanfaatkan internet untuk mencari konsep fungsi apresiasi
|
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra Pustaka: Materi: Memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra Memahami paradigma fungsi apresiasi sastra untuk kajian sastra |
- Memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra
- Memanfaatkan internet untuk mencari konsep fungsi apresiasi
|
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: konsep fungsi apresiasi Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish. Materi: Memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. Materi: konsep fungsi apresiasi Pustaka: Suminto A. Sayuti. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi . Yogyakarta: Gama Media. Materi: Memahami faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra Pustaka: Nadjid, Moh. 2002. Apresiasi Prosa Fiksi dan Drama (Sebuah Perbincangan) . Surabaya: Taman Nadia Azzala. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- · Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra · Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
- Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
- Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
|
- · Memahami faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
- · Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
|
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
- 3
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
- 2
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
- 1
- Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish. Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra Pustaka: S. Suharianto. 2009. Apresiasi Cerita Pendek. Semarang: Bandungan Institut Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra Pustaka: Suminto A. Sayuti. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi . Yogyakarta: Gama Media. Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- · Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra · Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
- Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami ruang lingkup ruang lingkp apresiasi sastra 2. · Menguasai ruang lingkup apresiasi sastra
|
- · Memahami faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
- · Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
- memahami ruang lingkup ruang lingkp apresiasi sastra
|
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
- 3
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
- 2
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
- 1
- Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Menguasai ruang lingkup apresiasi sastra Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish. Materi: memahami ruang lingkp apresiasi sastra Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. Materi: Mengapresiasi cerpen Pustaka: S. Suharianto. 2009. Apresiasi Cerita Pendek. Semarang: Bandungan Institut |
5% |
6
Minggu ke 6 |
· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami ruang lingkup ruang lingkp apresiasi sastra· Menguasai ruang lingkup apresiasi sastra |
- Memahami ruang lingkup apresiasi sastra
- Memanfaatkan internet untuk mendeskripsikan ruang lingkup apresiasi sastra
- 2. Memanfaatkan internet untuk mendeskripsikan ruang lingkup apresiasi sastra
|
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
- 3
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
- 2
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
- 1
- Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Konsep-konsep apresiasi sastra Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami ruang lingkup ruang lingkp apresiasi sastra· Menguasai ruang lingkup apresiasi sastra |
- Memahami ruang lingkup apresiasi sastra
- Memanfaatkan internet untuk mendeskripsikan ruang lingkup apresiasi sastra
|
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
- 3
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
- 2
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
- 1
- Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.
|
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Praktik mengapresiasi cerpen Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 2 X 50 |
|
|
13% |
9
Minggu ke 9 |
- 1. Menjelaskan bekal awal apresiasi dalam kajian sastra
- 2. Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia
|
- Menjelaskan bekal awal apresiasi dalam kajian sastra
- Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia
|
Kriteria:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
- 3
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
- 2
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
- 1
- Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: 2. Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami bekal apresiasi sastra · Menguasai konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia · Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan apresiasi dalam teks sastra Indonesia |
- Menjelaskan bekal awal apresiasi dalam kajian sastra
- Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia
|
Kriteria:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
- 3
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
- 2
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
- 1
- Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mengapresiasi sastra · Menguasai konsep-konsep dasar apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis aspek-aspek sastra · Mengambil keputusan strategis dalam analisis prosa· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan apresiasi sastra dalam teks sastra Indonesia |
- Menjelaskan aspek-aspek apresiasi sastra
- Memanfaatkan internet untuk mencari contoh-contoh analisis prosa
- Menganalisis aspek-aspek apresiasi dalam teks sastra Indonesia
|
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
- 3
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
- 2
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
- 1
- Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mengapresiasi sastra · Menguasai konsep-konsep dasar apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis aspek-aspek sastra · Mengambil keputusan strategis dalam analisis prosa· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan apresiasi sastra dalam teks sastra Indonesia |
- Menjelaskan aspek-aspek apresiasi sastra
- Memanfaatkan internet untuk mencari contoh-contoh analisis prosa
- Menganalisis aspek-aspek apresiasi dalam teks sastra Indonesia
|
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
- 3
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
- 2
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
- 1
- Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: 2. Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. Materi: mengapresiasi novel Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami penetapan fokus apresiasi sastra Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh apresiasi prosa fiksiMengambil keputusan strategis dalam apresiasi sastra Indonesia Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan aspek-aspek apresiasi dalam teks sastra Indonesia |
- Menjelaskan penetapan fokus apresiasi prosa
- Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa
- 2. Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia
|
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
- 3
- Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan namun kurang menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
- 2
- Presentasi dilakukan, kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt namun tidak sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum tidak benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
- 1
- Presentasi dilakukan, namun kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, tidak berbantuan media ppt, jawaban dari penanya tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Mengapresiasi sastra Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish. Materi: mengapresiasi novel Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami penetapan fokus apresiasi sastra Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh apresiasi prosa fiksiMengambil keputusan strategis dalam apresiasi sastra Indonesia Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan aspek-aspek apresiasi dalam teks sastra Indonesia |
- Menjelaskan penetapan fokus apresiasi prosa
- Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa
|
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
- 3
- Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan namun kurang menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
- 2
- Presentasi dilakukan, kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt namun tidak sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum tidak benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
- 1
- Presentasi dilakukan, namun kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, tidak berbantuan media ppt, jawaban dari penanya tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Konsep-konsep apresiasi sastra Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami teknik-teknik dalam mengapresiasi prosa Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh apresiasi novel-novel Mengambil keputusan strategis dalam apresiasi prosa khususnya novel-novel dalam sastra Indonesia Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan apresiasi prosa dalam teks sastra Indonesia |
- Menjelaskan teknik-teknik dalam mengapresiasi prosa
- Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa khususnya novel dalam sastra Indonesia
|
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
- 3
- Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan namun kurang menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
- 2
- Presentasi dilakukan, kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt namun tidak sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum tidak benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
- 1
- Presentasi dilakukan, namun kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, tidak berbantuan media ppt, jawaban dari penanya tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia Pustaka: undefined Materi: Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa |
Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa |
Kriteria:
Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
|
Materi: penyelesaian masalah apresiasi prosa Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. Materi: Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia Pustaka: |
2% |