Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

English Prose Fiction

7920103193

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Phil. Moh. Rokib, M.A.; Dr. Moh. Arif Susanto, M.Hum.; M. Erwan Saing, M.A.




Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.




Drs. Parmin, M.Hum.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Menguasai dasar-dasar pengetahuan ilmiah di bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia

PLO-9

Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia

Program Objectives (PO)

PO - 1

• Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu melakukan apresiasi prosa melalui teknik-teknik khusus • Menguasai konsep teoretis bidang teori, kritik, dan sejarah sastra yang mencerminkan kemampuan pemahaman terhadap prosa secara sangkil dan mangkus • Mengambil keputusan strategis dalam melakukan apresiasi prosa berdasarkan amatan yang luas • Bertanggung jawab dan menunjukkan kepemilikan karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan apresiasi prosa

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5PLO-9
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembahasan aspek-aspek apresiasi prosa fiksi dengan berbagai pendekatan maupun teori tertentu melalui kegiatan terstruktur seperti kegiatan pertemuan kelas dan pelatihan guna menghasilkan formulasi apresiasi atau artikel/makalah untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran jurusan.

Pustaka

Utama :

  1. >

  2. Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish.

  3. Nadjid, Moh. 2002. Apresiasi Prosa Fiksi dan Drama (Sebuah Perbincangan) . Surabaya: Taman Nadia Azzala.

  4. Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.

  5. S. Suharianto. 2009. Apresiasi Cerita Pendek. Semarang: Bandungan Institut

  6. Suminto A. Sayuti. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi . Yogyakarta: Gama Media.

  7. Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pendukung :

  1. artikel-artikel jurnal

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

· Memahami konsep persinggungan antara sastra dan apresiasi sastra · Menerapkan dasar-dasar konsep antara sastra dan apresiasi sastra

· Menjelaskan konsep persinggungan antara sastra dan apresiasi sastra

Kriteria:
  1. 4: uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Ruang Lingkup Apresiasi Sastra
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.


Materi: Memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra
Pustaka: Suminto A. Sayuti. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi . Yogyakarta: Gama Media.


Materi: Konsep-konsep Apresiasi Sastra
Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Materi: Konsep-konsep apresiasi sastra
Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish.

10%

2

Minggu ke 2

Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra Memahami paradigma fungsi apresiasi sastra untuk kajian sastra

  1. Memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra
  2. Memanfaatkan internet untuk mencari konsep fungsi apresiasi
Kriteria:
  1. 4: uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra
Pustaka:

Materi: Memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.

5%

3

Minggu ke 3

Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra Memahami paradigma fungsi apresiasi sastra untuk kajian sastra

  1. Memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra
  2. Memanfaatkan internet untuk mencari konsep fungsi apresiasi
Kriteria:
  1. 4: uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: konsep fungsi apresiasi
Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish.


Materi: Memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.


Materi: konsep fungsi apresiasi
Pustaka: Suminto A. Sayuti. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi . Yogyakarta: Gama Media.


Materi: Memahami faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
Pustaka: Nadjid, Moh. 2002. Apresiasi Prosa Fiksi dan Drama (Sebuah Perbincangan) . Surabaya: Taman Nadia Azzala.

5%

4

Minggu ke 4

  1. · Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra · Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
  2. Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
  3. Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
  1. · Memahami faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
  2. · Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
Kriteria:
  1. Rubrik:
  2. Skor
  3. Rubrik
  4. 4
  5. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
  6. 3
  7. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
  8. 2
  9. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
  10. 1
  11. Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish.


Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.


Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
Pustaka: S. Suharianto. 2009. Apresiasi Cerita Pendek. Semarang: Bandungan Institut


Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
Pustaka: Suminto A. Sayuti. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi . Yogyakarta: Gama Media.


Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

5%

5

Minggu ke 5

  1. · Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra · Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
  2. Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami ruang lingkup ruang lingkp apresiasi sastra 2. · Menguasai ruang lingkup apresiasi sastra
  1. · Memahami faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
  2. · Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
  3. memahami ruang lingkup ruang lingkp apresiasi sastra
Kriteria:
  1. Rubrik:
  2. Skor
  3. Rubrik
  4. 4
  5. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
  6. 3
  7. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
  8. 2
  9. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
  10. 1
  11. Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Menguasai ruang lingkup apresiasi sastra
Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish.


Materi: memahami ruang lingkp apresiasi sastra
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.


Materi: Mengapresiasi cerpen
Pustaka: S. Suharianto. 2009. Apresiasi Cerita Pendek. Semarang: Bandungan Institut

5%

6

Minggu ke 6

· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami ruang lingkup ruang lingkp apresiasi sastra· Menguasai ruang lingkup apresiasi sastra

  1. Memahami ruang lingkup apresiasi sastra
  2. Memanfaatkan internet untuk mendeskripsikan ruang lingkup apresiasi sastra
  3. 2. Memanfaatkan internet untuk mendeskripsikan ruang lingkup apresiasi sastra
Kriteria:
  1. Rubrik:
  2. Skor
  3. Rubrik
  4. 4
  5. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
  6. 3
  7. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
  8. 2
  9. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
  10. 1
  11. Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Konsep-konsep apresiasi sastra
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.

5%

7

Minggu ke 7

· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami ruang lingkup ruang lingkp apresiasi sastra· Menguasai ruang lingkup apresiasi sastra

  1. Memahami ruang lingkup apresiasi sastra
  2. Memanfaatkan internet untuk mendeskripsikan ruang lingkup apresiasi sastra
Kriteria:
  1. Rubrik:
  2. Skor
  3. Rubrik
  4. 4
  5. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
  6. 3
  7. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
  8. 2
  9. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
  10. 1
  11. Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Praktik mengapresiasi cerpen
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.

5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
2 X 50

13%

9

Minggu ke 9

  1. 1. Menjelaskan bekal awal apresiasi dalam kajian sastra
  2. 2. Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia
  1. Menjelaskan bekal awal apresiasi dalam kajian sastra
  2. Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia
Kriteria:
  1. Skor
  2. Rubrik
  3. 4
  4. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
  5. 3
  6. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
  7. 2
  8. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
  9. 1
  10. Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: 2. Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.

5%

10

Minggu ke 10

· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami bekal apresiasi sastra · Menguasai konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia · Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan apresiasi dalam teks sastra Indonesia

  1. Menjelaskan bekal awal apresiasi dalam kajian sastra
  2. Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia
Kriteria:
  1. Skor
  2. Rubrik
  3. 4
  4. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
  5. 3
  6. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
  7. 2
  8. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
  9. 1
  10. Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mengapresiasi sastra · Menguasai konsep-konsep dasar apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis aspek-aspek sastra · Mengambil keputusan strategis dalam analisis prosa· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan apresiasi sastra dalam teks sastra Indonesia

  1. Menjelaskan aspek-aspek apresiasi sastra
  2. Memanfaatkan internet untuk mencari contoh-contoh analisis prosa
  3. Menganalisis aspek-aspek apresiasi dalam teks sastra Indonesia
Kriteria:
  1. Rubrik:
  2. Skor
  3. Rubrik
  4. 4
  5. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
  6. 3
  7. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
  8. 2
  9. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
  10. 1
  11. Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mengapresiasi sastra · Menguasai konsep-konsep dasar apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis aspek-aspek sastra · Mengambil keputusan strategis dalam analisis prosa· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan apresiasi sastra dalam teks sastra Indonesia

  1. Menjelaskan aspek-aspek apresiasi sastra
  2. Memanfaatkan internet untuk mencari contoh-contoh analisis prosa
  3. Menganalisis aspek-aspek apresiasi dalam teks sastra Indonesia
Kriteria:
  1. Rubrik:
  2. Skor
  3. Rubrik
  4. 4
  5. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
  6. 3
  7. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
  8. 2
  9. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
  10. 1
  11. Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: 2. Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.


Materi: mengapresiasi novel
Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

10%

13

Minggu ke 13

Memahami penetapan fokus apresiasi sastra Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh apresiasi prosa fiksiMengambil keputusan strategis dalam apresiasi sastra Indonesia Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan aspek-aspek apresiasi dalam teks sastra Indonesia

  1. Menjelaskan penetapan fokus apresiasi prosa
  2. Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa
  3. 2. Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia
Kriteria:
  1. Rubrik:
  2. Skor
  3. Rubrik
  4. 4
  5. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
  6. 3
  7. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan namun kurang menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
  8. 2
  9. Presentasi dilakukan, kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt namun tidak sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum tidak benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
  10. 1
  11. Presentasi dilakukan, namun kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, tidak berbantuan media ppt, jawaban dari penanya tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Mengapresiasi sastra
Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish.


Materi: mengapresiasi novel
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.

10%

14

Minggu ke 14

Memahami penetapan fokus apresiasi sastra Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh apresiasi prosa fiksiMengambil keputusan strategis dalam apresiasi sastra Indonesia Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan aspek-aspek apresiasi dalam teks sastra Indonesia

  1. Menjelaskan penetapan fokus apresiasi prosa
  2. Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa
Kriteria:
  1. Rubrik:
  2. Skor
  3. Rubrik
  4. 4
  5. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
  6. 3
  7. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan namun kurang menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
  8. 2
  9. Presentasi dilakukan, kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt namun tidak sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum tidak benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
  10. 1
  11. Presentasi dilakukan, namun kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, tidak berbantuan media ppt, jawaban dari penanya tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Konsep-konsep apresiasi sastra
Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

10%

15

Minggu ke 15

Memahami teknik-teknik dalam mengapresiasi prosa Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh apresiasi novel-novel Mengambil keputusan strategis dalam apresiasi prosa khususnya novel-novel dalam sastra Indonesia Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan apresiasi prosa dalam teks sastra Indonesia

  1. Menjelaskan teknik-teknik dalam mengapresiasi prosa
  2. Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa khususnya novel dalam sastra Indonesia
Kriteria:
  1. Rubrik:
  2. Skor
  3. Rubrik
  4. 4
  5. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
  6. 3
  7. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan namun kurang menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
  8. 2
  9. Presentasi dilakukan, kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt namun tidak sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum tidak benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
  10. 1
  11. Presentasi dilakukan, namun kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, tidak berbantuan media ppt, jawaban dari penanya tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia
Pustaka: undefined

Materi: Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa

Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa

Kriteria:

Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio


Materi: penyelesaian masalah apresiasi prosa
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.


Materi: Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa
Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Materi: Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia
Pustaka:
2%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 31%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 55%
3. Penilaian Portofolio 1%
4. Tes 13%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.