Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Bahasa Inggris I

7920102033

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Drs. Parmin, M.Hum.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menggunakan kemampuan berbahasa Inggris untuk memperdalam pengetahuan terhadap ilmu yang ditekuni secara bertanggung jawab

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-9
PO-1   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membekali mahasiswa pada keterampilan dan komponen bahasa pada level dasar (pre-intermediate). Matakuliah ini juga memperkenalkan tes terstandarisasi yang memuat latihan keterampilan membaca (reading skills), menyimak (listening comprehension) dan tata bahasa dan kosakata (structure and vocabulary) yang diarahkan untuk persiapan test bahasa inggris standar Internasional. Semua kegiatan perkuliahan akan disajikan dengan cara ceramah dan diskusi.

Pustaka

Utama :

  1. Sharpe, Pamela. J. 2003. How to prepare for the TOEFL. Barron&rsquos Educational Series. NY
  2. Phillips, Deborah. 2004. Longman Preparation Course for the TOEFL Test: The Paper Test (Student Book with Answer Key and CD-ROM). Pearson Education. NY
  3. _______. 2012. Official Guide to the TOEFL Test With CD-ROM, 4th Edition (Official Guide to the Toefl Ibt). McGraw-Hill. USA.
  4. Phillips, Deborah. 2001. Longman Introductory Course for the TOEFL Test: iBT, 2nd ed. Pearson Education. NY
  5. Worcester, Adam, et al. 2008. Building Skill for the TOEFL iBT: Beginning. Compass Publishing.
  6. Cullen, Pauline, et al. 2014. The Official Cambridge Guide to IELTS Students Book With Answers with DVD-ROM. Oxford University Press.
  7. Parthare, Emma Parthare, Gary May, Peter. 2013. Headway Academic Skills IELTS Study Skills Edition: Level 1 Students Book.Oxford University Press.
  8. Lougheed, Lin. 2007. Longman Preparation Series for the TOEIC Test: Listening and Reading, 5th Edition. Pearson Education. NY
  9. Buku yang disusun oleh Tim Mata Kuliah Bahasa Inggris

Pendukung :

  1. Buku bacaan berbahasa Inggris

Dosen Pengampu

Dr. Yuri Lolita, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Memahami seluk beluk English Standardized Test
  2. Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Part Of Speech & Singular-Plural Forms (Count-Uncount)
  1. Mahasiswa mampu:Membedakan jenis-jenis English Standardized Test
  2. Memahami pentingnya English Standardized Test
  3. Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Part Of Speech & Singular-Plural Forms (Count-Uncount)
  4. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Part Of Speech & Singular-Plural Forms (Count-Uncount)
Kriteria:

null


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab
3 X 50

Materi: seluk beluk English Standardized Test
Pustaka: Phillips, Deborah. 2004. Longman Preparation Course for the TOEFL Test: The Paper Test (Student Book with Answer Key and CD-ROM). Pearson Education. NY
5%

2

Minggu ke 2

Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Word Order dan DeterminersMemahami isi percakapan pendek tentang Topics & Details

  1. Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Word Order dan Determiners
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Word Order dan Determiners
  3. Mengidentifikasi topik utama dan hal detail dalam sebuah percakapan pendek
Kriteria:

null


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab
3 X 50

Materi: pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Word Order dan DeterminersMemahami isi percakapan pendek tentang Topics & Details
Pustaka: Sharpe, Pamela. J. 2003. How to prepare for the TOEFL. Barron&rsquos Educational Series. NY
5%

3

Minggu ke 3

  1. Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Reflexive And Emphatic Pronouns dan Modals
  2. Memahami isi percakapan pendek tentang Reversals & Problems
  1. Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Reflexive And Emphatic Pronouns dan Modals
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Reflexive And Emphatic Pronouns dan Modals
  3. Mengidentifikasi putusan akhir dan masalah dalam sebuah percakapan pendek
Kriteria:

null


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi & Tanya jawab
3 X 50

Materi: pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Reflexive And Emphatic Pronouns dan Modals
Pustaka: Sharpe, Pamela. J. 2003. How to prepare for the TOEFL. Barron&rsquos Educational Series. NY
5%

4

Minggu ke 4

  1. Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Causative dan Subjunctive
  2. Memahami isi percakapan pendek tentang Idioms & Emotions
  1. Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Causative dan Subjunctive
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Causative dan Subjunctive
  3. Mengidentifikasi arti idiom dan perasaan atau emosi yang terdapat dalam sebuah percakapan pendek
Kriteria:

null


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
3 X 50

Materi: pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Causative dan Subjunctive
Pustaka: Phillips, Deborah. 2004. Longman Preparation Course for the TOEFL Test: The Paper Test (Student Book with Answer Key and CD-ROM). Pearson Education. NY
5%

5

Minggu ke 5

  1. Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Tenses (Active) dan Passive Voice
  2. Memahami isi percakapan pendek tentang Suggestions & Assumptions
  1. Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Tenses (Active) dan Passive Voice
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Tenses (Active) dan Passive Voice
  3. Mengidentifikasi saran dan asumsi yang terdapat dalam sebuah percakapan pendek
Kriteria:

null


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
3 X 50

Materi: percakapan pendek tentang Suggestions & Assumptions
Pustaka: Parthare, Emma Parthare, Gary May, Peter. 2013. Headway Academic Skills IELTS Study Skills Edition: Level 1 Students Book.Oxford University Press.
5%

6

Minggu ke 6

  1. Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Subject-Verb Agreement
  2. Memahami isi percakapan pendek tentang Predictions & Implications
  1. Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Subject-Verb Agreement
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Subject-Verb Agreement
  3. Mengidentifikasi prediksi dan makna implisit yang terdapat dalam sebuah percakapan pendek
Kriteria:

null


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab
3 X 50

Materi: Memahami isi percakapan pendek tentang Predictions & Implications
Pustaka: Phillips, Deborah. 2001. Longman Introductory Course for the TOEFL Test: iBT, 2nd ed. Pearson Education. NY
5%

7

Minggu ke 7

  1. Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Gerunds & Infinitives
  2. Memahami isi percakapan agak panjang (longer dialog) tentang kehidupan di kampus dan di luar kampus
  3. Memahami isi monolog (General Talks)
  1. Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective dan Noun Clause
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective dan Noun Clause
  3. Menentukan informasi rinci yang terdapat dalam sebuah monolog
Kriteria:

null


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
3 X 50

Materi: percakapan agak panjang (longer dialog) tentang kehidupan di kampus dan di luar kampus
Pustaka: Phillips, Deborah. 2001. Longman Introductory Course for the TOEFL Test: iBT, 2nd ed. Pearson Education. NY
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
3 X 50
UTS
Materi: UTS
Pustaka: Lougheed, Lin. 2007. Longman Preparation Series for the TOEIC Test: Listening and Reading, 5th Edition. Pearson Education. NY
10%

9

Minggu ke 9

  1. Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective Phrase
  2. Mengidentifikasi Main Idea/Topic, Main Purpose, pada sebuah wacana tulis
  1. Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective phrase
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective Phrase
  3. Mengidentifikasi Main Idea/Topic, Main Purpose, pada sebuah wacana tulis
  4. Menyelesaikan soal-soal Reading Comprehension yang terkait dengan Main Idea/Topic, Main Purpose, Paragraph Questions pada sebuah wacana tulis
Kriteria:

null


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi & Tanya jawab
3 X 50

Materi: Main Idea/Topic, Main Purpose, pada sebuah wacana tulis
Pustaka: Phillips, Deborah. 2001. Longman Introductory Course for the TOEFL Test: iBT, 2nd ed. Pearson Education. NY
5%

10

Minggu ke 10

  1. Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Noun Clause
  2. Memahami reading comprehension: Organization Of Ideas, Tone, Previous/Following Paragraph Questions pada sebuah wacana tulis
  1. Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Noun Clause
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective dan Noun Clause
  3. Mengidentifikasi Organization Of Ideas, Tone, Previous/Following Paragraph Questions pada sebuah wacana tulis
  4. Menyelesaikan soal-soal Reading Comprehension yang terkait dengan Organization Of Ideas, Tone, Previous/Following Paragraph Questions pada sebuah wacana tulis
Kriteria:

null


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab
3 X 50

Materi: pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Noun Clause
Pustaka: Worcester, Adam, et al. 2008. Building Skill for the TOEFL iBT: Beginning. Compass Publishing.
5%

11

Minggu ke 11

  1. Memahami Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses
  2. Memahami materi Reading Comprehension: Inference and Purpose pada sebuah wacana tulis
  1. Mahasiswa mampu:Menjelaskan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses
  3. Menyelesaikan soal-soal Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses
  4. Mengidentifikasi soal Inference and Purpose pada sebuah wacana tulis
  5. Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang berkenaan dengan Inference and Purpose.
Kriteria:

null


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab
3 X 50

Materi: Reading Comprehension: Inference and Purpose pada sebuah wacana tulis
Pustaka: Phillips, Deborah. 2004. Longman Preparation Course for the TOEFL Test: The Paper Test (Student Book with Answer Key and CD-ROM). Pearson Education. NY
10%

12

Minggu ke 12

  1. Memahami Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Parallel Structure
  2. Memahami materi Reading Comprehension: Details
  1. Mahasiswa mampu:Menjelaskan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Parallel Structure
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Parallel Structure
  3. Menyelesaikan soal-soal Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Parallel Structure
  4. Mengidentifikasi soal Details pada sebuah wacana tulis
  5. Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang berkenaan dengan Details.
Kriteria:

null


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab
3 X 50

Materi: Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Parallel Structure
Pustaka: Worcester, Adam, et al. 2008. Building Skill for the TOEFL iBT: Beginning. Compass Publishing.
10%

13

Minggu ke 13

  1. Memahami Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Conditional Sentences
  2. Memahami materi Reading Comprehension: Negative and Line Items
  1. Mahasiswa mampu:Menjelaskan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Conditional Sentences
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Conditional Sentences
  3. Mengidentifikasi soal Negative and Line Items pada sebuah wacana tulis
  4. Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang berkenaan dengan Negative and Line Items
Kriteria:

null


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab
3 X 50

Materi: Memahami materi Reading Comprehension: Negative and Line Items
Pustaka: _______. 2012. Official Guide to the TOEFL Test With CD-ROM, 4th Edition (Official Guide to the Toefl Ibt). McGraw-Hill. USA.
5%

14

Minggu ke 14

  1. Memahami materi Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Comparison
  2. Memahami materi Reading Comprehension Vocabulary Items pada sebuah wacana tulis
  1. Mahasiswa mampu:Menjelaskan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Comparison
  2. Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Comparison
  3. Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan
  4. Mengidentifikasi soal Vocabulary Items pada sebuah wacana tulis
  5. Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang berkenaan dengan Vocabulary Items
Kriteria:

null


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab
3 X 50

Materi: Memahami materi Reading Comprehension Vocabulary Items pada sebuah wacana tulis
Pustaka: Phillips, Deborah. 2001. Longman Introductory Course for the TOEFL Test: iBT, 2nd ed. Pearson Education. NY
5%

15

Minggu ke 15

  1. Memahami materi Tata Bahasa Inggris
  2. Memahami materi Reading Comprehension: Reference Items pada sebuah wacana tulis
  1. Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Bahasa Inggris yang telah diajarkan
  2. Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan
  3. Mengidentifikasi soal Reference Items pada sebuah wacana tulis
  4. Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang berkenaan dengan Reference Items
Kriteria:

null


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi & Tanya jawab
3 X 50

Materi: Memahami materi Reading Comprehension: Reference Items pada sebuah wacana tulis
Pustaka: Parthare, Emma Parthare, Gary May, Peter. 2013. Headway Academic Skills IELTS Study Skills Edition: Level 1 Students Book.Oxford University Press.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

    Kriteria:

    UAS


    Bentuk Penilaian :
    Tes
    UAS
    3 X 50
    UAS
    Materi: UAS
    Pustaka: Phillips, Deborah. 2004. Longman Preparation Course for the TOEFL Test: The Paper Test (Student Book with Answer Key and CD-ROM). Pearson Education. NY
    10%



    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 55%
    2. Penilaian Portofolio 15%
    3. Praktik / Unjuk Kerja 10%
    4. Tes 20%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.