|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Bahasa Inggris I |
7920102033 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Drs. Parmin, M.Hum. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menggunakan kemampuan berbahasa Inggris untuk memperdalam pengetahuan terhadap ilmu yang ditekuni secara bertanggung jawab
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membekali mahasiswa pada keterampilan dan komponen bahasa pada level dasar (pre-intermediate). Matakuliah ini juga memperkenalkan tes terstandarisasi yang memuat latihan keterampilan membaca (reading skills), menyimak (listening comprehension) dan tata bahasa dan kosakata (structure and vocabulary) yang diarahkan untuk persiapan test bahasa inggris standar Internasional. Semua kegiatan perkuliahan akan disajikan dengan cara ceramah dan diskusi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Sharpe, Pamela. J. 2003. How to prepare for the TOEFL. Barron&rsquos Educational Series. NY
- Phillips, Deborah. 2004. Longman Preparation Course for the TOEFL Test: The Paper Test (Student Book with Answer Key and CD-ROM). Pearson Education. NY
- _______. 2012. Official Guide to the TOEFL Test With CD-ROM, 4th Edition (Official Guide to the Toefl Ibt). McGraw-Hill. USA.
- Phillips, Deborah. 2001. Longman Introductory Course for the TOEFL Test: iBT, 2nd ed. Pearson Education. NY
- Worcester, Adam, et al. 2008. Building Skill for the TOEFL iBT: Beginning. Compass Publishing.
- Cullen, Pauline, et al. 2014. The Official Cambridge Guide to IELTS Students Book With Answers with DVD-ROM. Oxford University Press.
- Parthare, Emma Parthare, Gary May, Peter. 2013. Headway Academic Skills IELTS Study Skills Edition: Level 1 Students Book.Oxford University Press.
- Lougheed, Lin. 2007. Longman Preparation Series for the TOEIC Test: Listening and Reading, 5th Edition. Pearson Education. NY
- Buku yang disusun oleh Tim Mata Kuliah Bahasa Inggris
|
Pendukung : |
|
- Buku bacaan berbahasa Inggris
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Yuri Lolita, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Memahami seluk beluk English Standardized Test
- Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Part Of Speech & Singular-Plural Forms (Count-Uncount)
|
- Mahasiswa mampu:Membedakan jenis-jenis English Standardized Test
- Memahami pentingnya English Standardized Test
- Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Part Of Speech & Singular-Plural Forms (Count-Uncount)
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Part Of Speech & Singular-Plural Forms (Count-Uncount)
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: seluk beluk English Standardized Test Pustaka: Phillips, Deborah. 2004. Longman Preparation Course for the TOEFL Test: The Paper Test (Student Book with Answer Key and CD-ROM). Pearson Education. NY |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Word Order dan DeterminersMemahami isi percakapan pendek tentang Topics & Details |
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Word Order dan Determiners
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Word Order dan Determiners
- Mengidentifikasi topik utama dan hal detail dalam sebuah percakapan pendek
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Word Order dan DeterminersMemahami isi percakapan pendek tentang Topics & Details Pustaka: Sharpe, Pamela. J. 2003. How to prepare for the TOEFL. Barron&rsquos Educational Series. NY |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Reflexive And Emphatic Pronouns dan Modals
- Memahami isi percakapan pendek tentang Reversals & Problems
|
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Reflexive And Emphatic Pronouns dan Modals
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Reflexive And Emphatic Pronouns dan Modals
- Mengidentifikasi putusan akhir dan masalah dalam sebuah percakapan pendek
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi & Tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Reflexive And Emphatic Pronouns dan Modals Pustaka: Sharpe, Pamela. J. 2003. How to prepare for the TOEFL. Barron&rsquos Educational Series. NY |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Causative dan Subjunctive
- Memahami isi percakapan pendek tentang Idioms & Emotions
|
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Causative dan Subjunctive
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Causative dan Subjunctive
- Mengidentifikasi arti idiom dan perasaan atau emosi yang terdapat dalam sebuah percakapan pendek
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Causative dan Subjunctive Pustaka: Phillips, Deborah. 2004. Longman Preparation Course for the TOEFL Test: The Paper Test (Student Book with Answer Key and CD-ROM). Pearson Education. NY |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Tenses (Active) dan Passive Voice
- Memahami isi percakapan pendek tentang Suggestions & Assumptions
|
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Tenses (Active) dan Passive Voice
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Tenses (Active) dan Passive Voice
- Mengidentifikasi saran dan asumsi yang terdapat dalam sebuah percakapan pendek
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: percakapan pendek tentang Suggestions & Assumptions Pustaka: Parthare, Emma Parthare, Gary May, Peter. 2013. Headway Academic Skills IELTS Study Skills Edition: Level 1 Students Book.Oxford University Press. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Subject-Verb Agreement
- Memahami isi percakapan pendek tentang Predictions & Implications
|
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Subject-Verb Agreement
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Subject-Verb Agreement
- Mengidentifikasi prediksi dan makna implisit yang terdapat dalam sebuah percakapan pendek
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: Memahami isi percakapan pendek tentang Predictions & Implications Pustaka: Phillips, Deborah. 2001. Longman Introductory Course for the TOEFL Test: iBT, 2nd ed. Pearson Education. NY |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Gerunds & Infinitives
- Memahami isi percakapan agak panjang (longer dialog) tentang kehidupan di kampus dan di luar kampus
- Memahami isi monolog (General Talks)
|
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective dan Noun Clause
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective dan Noun Clause
- Menentukan informasi rinci yang terdapat dalam sebuah monolog
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: percakapan agak panjang (longer dialog) tentang kehidupan di kampus dan di luar kampus Pustaka: Phillips, Deborah. 2001. Longman Introductory Course for the TOEFL Test: iBT, 2nd ed. Pearson Education. NY |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 3 X 50 |
UTS
|
Materi: UTS Pustaka: Lougheed, Lin. 2007. Longman Preparation Series for the TOEIC Test: Listening and Reading, 5th Edition. Pearson Education. NY |
10% |
9
Minggu ke 9 |
- Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective Phrase
- Mengidentifikasi Main Idea/Topic, Main Purpose, pada sebuah wacana tulis
|
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective phrase
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective Phrase
- Mengidentifikasi Main Idea/Topic, Main Purpose, pada sebuah wacana tulis
- Menyelesaikan soal-soal Reading Comprehension yang terkait dengan Main Idea/Topic, Main Purpose, Paragraph Questions pada sebuah wacana tulis
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi & Tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: Main Idea/Topic, Main Purpose, pada sebuah wacana tulis Pustaka: Phillips, Deborah. 2001. Longman Introductory Course for the TOEFL Test: iBT, 2nd ed. Pearson Education. NY |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Noun Clause
- Memahami reading comprehension: Organization Of Ideas, Tone, Previous/Following Paragraph Questions pada sebuah wacana tulis
|
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Noun Clause
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective dan Noun Clause
- Mengidentifikasi Organization Of Ideas, Tone, Previous/Following Paragraph Questions pada sebuah wacana tulis
- Menyelesaikan soal-soal Reading Comprehension yang terkait dengan Organization Of Ideas, Tone, Previous/Following Paragraph Questions pada sebuah wacana tulis
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Noun Clause Pustaka: Worcester, Adam, et al. 2008. Building Skill for the TOEFL iBT: Beginning. Compass Publishing. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Memahami Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses
- Memahami materi Reading Comprehension: Inference and Purpose pada sebuah wacana tulis
|
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses
- Menyelesaikan soal-soal Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses
- Mengidentifikasi soal Inference and Purpose pada sebuah wacana tulis
- Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang berkenaan dengan Inference and Purpose.
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: Reading Comprehension: Inference and Purpose pada sebuah wacana tulis Pustaka: Phillips, Deborah. 2004. Longman Preparation Course for the TOEFL Test: The Paper Test (Student Book with Answer Key and CD-ROM). Pearson Education. NY |
10% |
12
Minggu ke 12 |
- Memahami Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Parallel Structure
- Memahami materi Reading Comprehension: Details
|
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Parallel Structure
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Parallel Structure
- Menyelesaikan soal-soal Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Parallel Structure
- Mengidentifikasi soal Details pada sebuah wacana tulis
- Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang berkenaan dengan Details.
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Parallel Structure Pustaka: Worcester, Adam, et al. 2008. Building Skill for the TOEFL iBT: Beginning. Compass Publishing. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
- Memahami Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Conditional Sentences
- Memahami materi Reading Comprehension: Negative and Line Items
|
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Conditional Sentences
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Conditional Sentences
- Mengidentifikasi soal Negative and Line Items pada sebuah wacana tulis
- Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang berkenaan dengan Negative and Line Items
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: Memahami materi Reading Comprehension: Negative and Line Items Pustaka: _______. 2012. Official Guide to the TOEFL Test With CD-ROM, 4th Edition (Official Guide to the Toefl Ibt). McGraw-Hill. USA. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Memahami materi Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Comparison
- Memahami materi Reading Comprehension Vocabulary Items pada sebuah wacana tulis
|
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Comparison
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Comparison
- Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Mengidentifikasi soal Vocabulary Items pada sebuah wacana tulis
- Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang berkenaan dengan Vocabulary Items
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi & Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: Memahami materi Reading Comprehension Vocabulary Items pada sebuah wacana tulis Pustaka: Phillips, Deborah. 2001. Longman Introductory Course for the TOEFL Test: iBT, 2nd ed. Pearson Education. NY |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Memahami materi Tata Bahasa Inggris
- Memahami materi Reading Comprehension: Reference Items pada sebuah wacana tulis
|
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Mengidentifikasi soal Reference Items pada sebuah wacana tulis
- Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang berkenaan dengan Reference Items
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi & Tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: Memahami materi Reading Comprehension: Reference Items pada sebuah wacana tulis Pustaka: Parthare, Emma Parthare, Gary May, Peter. 2013. Headway Academic Skills IELTS Study Skills Edition: Level 1 Students Book.Oxford University Press. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
|
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 3 X 50 |
UAS
|
Materi: UAS Pustaka: Phillips, Deborah. 2004. Longman Preparation Course for the TOEFL Test: The Paper Test (Student Book with Answer Key and CD-ROM). Pearson Education. NY |
10% |