|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
AI dalam Pembelajaran Kejuruan |
8320302300 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
2 |
20 Juni 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd; Bima Anggana Widhiarta Putra, S.Pd., M.Pd
|
Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd.
|
Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Mampu melakukan penelitian bidang pendidikan dan teknik mesin |
PLO-9 |
Menguasai teori matematika dan dasar teknik mesin |
PLO-10 |
Mampu menerapkan technopreneurship pada bidang teknologi otomotif/manufaktur |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam mengikuti perkuliahan.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar kecerdasan buatan (AI) dan aplikasinya dalam pembelajaran vokasional.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan AI dalam pengembangan modul pembelajaran dan evaluasi.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | PO-1 | | ✔ | ✔ | PO-2 | | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini akan membahas penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam industri otomotif. Peserta akan mempelajari algoritma dan teknik AI yang digunakan untuk meningkatkan kinerja kendaraan. Topik yang akan dibahas meliputi kendaraan otonom dan pemeliharaan prediktif. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Russell, S. J., & Norvig, P. (2020). Artificial Intelligence: A Modern Approach.
- Goodfellow, I., Bengio, Y., & Courville, A. (2016). Deep Learning
- Géron, A. (2019). Hands-On Machine Learning with Scikit-Learn, Keras, and TensorFlow
- Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2016). Intelligence Unleashed
|
Pendukung : |
|
- Bostrom, N., & Yudkowsky, E. (2014). The Ethics of Artificial Intelligence
- Chen, C., et al. (2020). AI in Education: Opportunities and Challenges
- Alpaydin, E. (2020). Introduction to Machine Learning
- Burdea, G. C., & Coiffet, P. (2017). Virtual Reality Technology
|
Dosen Pengampu
|
Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd. Muamar Zainul Arif, S.Pd., M.Pd. Bima Anggana Widhiarta Putra, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengenalan AI dan Pembelajaran Vokasional |
Sesuai Rubrik Penilaian |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah
Diskusi kelompok 2x50 Menit |
-
|
Materi: Konsep dasar AI Pustaka: Russell, S. J., & Norvig, P. (2020). Artificial Intelligence: A Modern Approach. Materi: Sejarah Perkembangan AI Pustaka: Chen, C., et al. (2020). AI in Education: Opportunities and Challenges Materi: AI dalam kehidupan sehari-hari Pustaka: Russell, S. J., & Norvig, P. (2020). Artificial Intelligence: A Modern Approach. Materi: Contoh Aplikasi AI Pustaka: Russell, S. J., & Norvig, P. (2020). Artificial Intelligence: A Modern Approach. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Konsep Dasar Pembelajaran Mesin (Machine Learning) |
Sesuai Rubrik Penilaian |
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi kelompok 2x50 Menit |
-
|
Materi: Konsep dasar AI Pustaka: Russell, S. J., & Norvig, P. (2020). Artificial Intelligence: A Modern Approach. Materi: Sejarah Perkembangan AI Pustaka: Russell, S. J., & Norvig, P. (2020). Artificial Intelligence: A Modern Approach. Materi: Definisi machine learning Pustaka: Chen, C., et al. (2020). AI in Education: Opportunities and Challenges Materi: Tipe-tipe machine learning Pustaka: Chen, C., et al. (2020). AI in Education: Opportunities and Challenges Materi: Konsep dasar AI Pustaka: Goodfellow, I., Bengio, Y., & Courville, A. (2016). Deep Learning |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Pengenalan AI untuk Pendidikan |
sesuai dengan rubrik penilaian |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif, Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah Diskusi kelompok 2x50 Menit |
-
|
Materi: Potensi AI dalam Pendidikan Pustaka: Chen, C., et al. (2020). AI in Education: Opportunities and Challenges Materi: Contoh aplikasi sederhana dalam pendidikan Pustaka: Alpaydin, E. (2020). Introduction to Machine Learning |
5% |
4
Minggu ke 4 |
AI dan Pembelajaran Adaptif |
sesuai dengan rubrik penilaian |
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah Diskusi kelompok 2x50 Menit |
-
|
Materi: Konsep Pembelajaran Adaptif Pustaka: Alpaydin, E. (2020). Introduction to Machine Learning Materi: Bagaimana AI mengubah cara belajar Pustaka: Chen, C., et al. (2020). AI in Education: Opportunities and Challenges |
5% |
5
Minggu ke 5 |
AI dan Sistem Rekomendasi dalam Pendidikan |
Sesuai Rubrik Penilaian |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif, Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah Diskusi kelompok 2x50 Menit |
-
|
Materi: Cara kerja sistem rekomendasi Pustaka: Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2016). Intelligence Unleashed Materi: Contoh Penggunaan di platform pembelajaran Pustaka: Alpaydin, E. (2020). Introduction to Machine Learning |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Etika dan Tantangan Implementasi AI |
sesuai dengan rubrik penilaian |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif, Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah Diskusi kelompok 2x50 Menit |
-
|
Materi: ▪ Etika dalam penggunaan AI Pustaka: Goodfellow, I., Bengio, Y., & Courville, A. (2016). Deep Learning Materi: ▪ Keamanan data Pustaka: Russell, S. J., & Norvig, P. (2020). Artificial Intelligence: A Modern Approach. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Penggunaan AI dalam Desain Pembelajaran |
sesuai dengan rubrik penilaian |
Kriteria:
Aktifitas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah Diskusi kelompok 2x50 Menit |
-
|
Materi: Adaptive Learning, Intelligent Tutoring Systems Pustaka: Géron, A. (2019). Hands-On Machine Learning with Scikit-Learn, Keras, and TensorFlow |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS (Ujian Tengah Semester) |
sesuai dengan rubrik penilaian |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif, Tes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Ceramah Diskusi kelompok 2x50 Menit |
-
|
Materi: Adaptive Learning, Intelligent Tutoring Systems Pustaka: Géron, A. (2019). Hands-On Machine Learning with Scikit-Learn, Keras, and TensorFlow |
10% |
9
Minggu ke 9 |
AI untuk Evaluasi dan Asesmen |
sesuai dengan rubrik penilaian |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif, Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Cerama Praktik 2 x 50 Menit |
-
|
Materi: Pembuatan kuis otomatis, analisis performa siswa Pustaka: Goodfellow, I., Bengio, Y., & Courville, A. (2016). Deep Learning |
5% |
10
Minggu ke 10 |
AI dalam Virtual dan Augmented Reality |
sesuai dengan rubrik penilaian |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif, Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Praktik 2 x 50 Menit |
-
|
Materi: ▪ Aplikasi AI dalam VR/AR untuk pembelajaran vokasional Pustaka: Bostrom, N., & Yudkowsky, E. (2014). The Ethics of Artificial Intelligence |
5% |
11
Minggu ke 11 |
AI dan IoT dalam Pendidikan Vokasional |
sesuai dengan rubrik penilaian |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif, Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Praktik 2 x 50 Menit |
-
|
Materi: Integrasi AI dan Internet of Things (IoT) Pustaka: Bostrom, N., & Yudkowsky, E. (2014). The Ethics of Artificial Intelligence |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Implementasi AI dalam Kurikulum Vokasional |
sesuai dengan rubrik penilaian |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif, Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Praktik 2 x 50 Menit |
-
|
Materi: Rancangan kurikulum berbasis AI Pustaka: Bostrom, N., & Yudkowsky, E. (2014). The Ethics of Artificial Intelligence |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Pengembangan Proyek AI untuk Pembelajaran Vokasional |
sesuai dengan rubrik penilaian |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif, Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Cerama Praktik 2 x 50 Menit |
-
|
Materi: Identifikasi masalah dan peluang Pustaka: Bostrom, N., & Yudkowsky, E. (2014). The Ethics of Artificial Intelligence |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Pengembangan Proyek AI untuk Pembelajaran Vokasional |
sesuai dengan rubrik penilaian |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif, Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Cerama Praktik 2 x 50 Menit |
-
|
Materi: Identifikasi masalah dan peluang Pustaka: Bostrom, N., & Yudkowsky, E. (2014). The Ethics of Artificial Intelligence |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Evaluasi Proyek AI |
sesuai dengan rubrik penilaian |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif, Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Praktik 2 x 50 Menit |
-
|
Materi: Evaluasi proyek AI yang telah dikembangkan Pustaka: Bostrom, N., & Yudkowsky, E. (2014). The Ethics of Artificial Intelligence |
10% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
sesuai dengan rubrik penilaian |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif, Tes Bentuk Penilaian : Tes |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
-
|
Materi: Konsep AI dalam pembelajaran, Pengembangan modul pembelajaran dengan AI, Penerapan AI dalam evaluasi pembelajaran Pustaka: Russell, S. J., & Norvig, P. (2020). Artificial Intelligence: A Modern Approach. |
15% |