Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

AI dalam Pembelajaran Kejuruan

8320302300

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

20 Juni 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd; Bima Anggana Widhiarta Putra, S.Pd., M.Pd




Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd.




Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-8

Mampu melakukan penelitian bidang pendidikan dan teknik mesin

PLO-9

Menguasai teori matematika dan dasar teknik mesin

PLO-10

Mampu menerapkan technopreneurship pada bidang teknologi otomotif/manufaktur

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam mengikuti perkuliahan.

PO - 2

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar kecerdasan buatan (AI) dan aplikasinya dalam pembelajaran vokasional.

PO - 3

Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan AI dalam pengembangan modul pembelajaran dan evaluasi.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-8PLO-9PLO-10
PO-1 
PO-2 
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini akan membahas penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam industri otomotif. Peserta akan mempelajari algoritma dan teknik AI yang digunakan untuk meningkatkan kinerja kendaraan. Topik yang akan dibahas meliputi kendaraan otonom dan pemeliharaan prediktif.

Pustaka

Utama :

  1. Russell, S. J., & Norvig, P. (2020). Artificial Intelligence: A Modern Approach.
  2. Goodfellow, I., Bengio, Y., & Courville, A. (2016). Deep Learning
  3. Géron, A. (2019). Hands-On Machine Learning with Scikit-Learn, Keras, and TensorFlow
  4. Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2016). Intelligence Unleashed

Pendukung :

  1. Bostrom, N., & Yudkowsky, E. (2014). The Ethics of Artificial Intelligence
  2. Chen, C., et al. (2020). AI in Education: Opportunities and Challenges
  3. Alpaydin, E. (2020). Introduction to Machine Learning
  4. Burdea, G. C., & Coiffet, P. (2017). Virtual Reality Technology

Dosen Pengampu

Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd.

Muamar Zainul Arif, S.Pd., M.Pd.

Bima Anggana Widhiarta Putra, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengenalan AI dan Pembelajaran Vokasional

Sesuai Rubrik Penilaian

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah
Diskusi kelompok
2x50 Menit
-
Materi: Konsep dasar AI
Pustaka: Russell, S. J., & Norvig, P. (2020). Artificial Intelligence: A Modern Approach.

Materi: Sejarah Perkembangan AI
Pustaka: Chen, C., et al. (2020). AI in Education: Opportunities and Challenges

Materi: AI dalam kehidupan sehari-hari
Pustaka: Russell, S. J., & Norvig, P. (2020). Artificial Intelligence: A Modern Approach.

Materi: Contoh Aplikasi AI
Pustaka: Russell, S. J., & Norvig, P. (2020). Artificial Intelligence: A Modern Approach.
5%

2

Minggu ke 2

Konsep Dasar Pembelajaran Mesin (Machine Learning)

Sesuai Rubrik Penilaian

Kriteria:

Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah Diskusi kelompok
2x50 Menit
-
Materi: Konsep dasar AI
Pustaka: Russell, S. J., & Norvig, P. (2020). Artificial Intelligence: A Modern Approach.

Materi: Sejarah Perkembangan AI
Pustaka: Russell, S. J., & Norvig, P. (2020). Artificial Intelligence: A Modern Approach.

Materi: Definisi machine learning
Pustaka: Chen, C., et al. (2020). AI in Education: Opportunities and Challenges

Materi: Tipe-tipe machine learning
Pustaka: Chen, C., et al. (2020). AI in Education: Opportunities and Challenges

Materi: Konsep dasar AI
Pustaka: Goodfellow, I., Bengio, Y., & Courville, A. (2016). Deep Learning
5%

3

Minggu ke 3

Pengenalan AI untuk Pendidikan

sesuai dengan rubrik penilaian

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif, Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah Diskusi kelompok
2x50 Menit
-
Materi: Potensi AI dalam Pendidikan
Pustaka: Chen, C., et al. (2020). AI in Education: Opportunities and Challenges

Materi: Contoh aplikasi sederhana dalam pendidikan
Pustaka: Alpaydin, E. (2020). Introduction to Machine Learning
5%

4

Minggu ke 4

AI dan Pembelajaran Adaptif

sesuai dengan rubrik penilaian

Kriteria:

Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah Diskusi kelompok
2x50 Menit
-
Materi: Konsep Pembelajaran Adaptif
Pustaka: Alpaydin, E. (2020). Introduction to Machine Learning

Materi: Bagaimana AI mengubah cara belajar
Pustaka: Chen, C., et al. (2020). AI in Education: Opportunities and Challenges
5%

5

Minggu ke 5

AI dan Sistem Rekomendasi dalam Pendidikan

Sesuai Rubrik Penilaian

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif, Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah Diskusi kelompok
2x50 Menit
-
Materi: Cara kerja sistem rekomendasi
Pustaka: Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2016). Intelligence Unleashed

Materi: Contoh Penggunaan di platform pembelajaran
Pustaka: Alpaydin, E. (2020). Introduction to Machine Learning
5%

6

Minggu ke 6

Etika dan Tantangan Implementasi AI

sesuai dengan rubrik penilaian

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif, Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah Diskusi kelompok
2x50 Menit
-
Materi: ▪ Etika dalam penggunaan AI
Pustaka: Goodfellow, I., Bengio, Y., & Courville, A. (2016). Deep Learning

Materi: ▪ Keamanan data
Pustaka: Russell, S. J., & Norvig, P. (2020). Artificial Intelligence: A Modern Approach.
5%

7

Minggu ke 7

Penggunaan AI dalam Desain Pembelajaran

sesuai dengan rubrik penilaian

Kriteria:

Aktifitas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah Diskusi kelompok
2x50 Menit
-
Materi: Adaptive Learning, Intelligent Tutoring Systems
Pustaka: Géron, A. (2019). Hands-On Machine Learning with Scikit-Learn, Keras, and TensorFlow
5%

8

Minggu ke 8

UTS (Ujian Tengah Semester)

sesuai dengan rubrik penilaian

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif, Tes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Ceramah Diskusi kelompok
2x50 Menit
-
Materi: Adaptive Learning, Intelligent Tutoring Systems
Pustaka: Géron, A. (2019). Hands-On Machine Learning with Scikit-Learn, Keras, and TensorFlow
10%

9

Minggu ke 9

AI untuk Evaluasi dan Asesmen

sesuai dengan rubrik penilaian

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif, Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Cerama Praktik
2 x 50 Menit
-
Materi: Pembuatan kuis otomatis, analisis performa siswa
Pustaka: Goodfellow, I., Bengio, Y., & Courville, A. (2016). Deep Learning
5%

10

Minggu ke 10

AI dalam Virtual dan Augmented Reality

sesuai dengan rubrik penilaian

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif, Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah Praktik
2 x 50 Menit
-
Materi: ▪ Aplikasi AI dalam VR/AR untuk pembelajaran vokasional
Pustaka: Bostrom, N., & Yudkowsky, E. (2014). The Ethics of Artificial Intelligence
5%

11

Minggu ke 11

AI dan IoT dalam Pendidikan Vokasional

sesuai dengan rubrik penilaian

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif, Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Praktik
2 x 50 Menit
-
Materi: Integrasi AI dan Internet of Things (IoT)
Pustaka: Bostrom, N., & Yudkowsky, E. (2014). The Ethics of Artificial Intelligence
5%

12

Minggu ke 12

Implementasi AI dalam Kurikulum Vokasional

sesuai dengan rubrik penilaian

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif, Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah Praktik
2 x 50 Menit
-
Materi: Rancangan kurikulum berbasis AI
Pustaka: Bostrom, N., & Yudkowsky, E. (2014). The Ethics of Artificial Intelligence
5%

13

Minggu ke 13

Pengembangan Proyek AI untuk Pembelajaran Vokasional

sesuai dengan rubrik penilaian

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif, Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Cerama Praktik
2 x 50 Menit
-
Materi: Identifikasi masalah dan peluang
Pustaka: Bostrom, N., & Yudkowsky, E. (2014). The Ethics of Artificial Intelligence
5%

14

Minggu ke 14

Pengembangan Proyek AI untuk Pembelajaran Vokasional

sesuai dengan rubrik penilaian

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif, Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Cerama Praktik
2 x 50 Menit
-
Materi: Identifikasi masalah dan peluang
Pustaka: Bostrom, N., & Yudkowsky, E. (2014). The Ethics of Artificial Intelligence
5%

15

Minggu ke 15

Evaluasi Proyek AI

sesuai dengan rubrik penilaian

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif, Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah Praktik
2 x 50 Menit
-
Materi: Evaluasi proyek AI yang telah dikembangkan
Pustaka: Bostrom, N., & Yudkowsky, E. (2014). The Ethics of Artificial Intelligence
10%

16

Minggu ke 16

UAS

sesuai dengan rubrik penilaian

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif, Tes


Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran berbasis proyek.
-
Materi: Konsep AI dalam pembelajaran, Pengembangan modul pembelajaran dengan AI, Penerapan AI dalam evaluasi pembelajaran
Pustaka: Russell, S. J., & Norvig, P. (2020). Artificial Intelligence: A Modern Approach.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 60%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 3.33%
3. Penilaian Portofolio 18.33%
4. Tes 18.33%
99.99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.