Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Perangkat Pembelajaran 3

8721003068

T=3

P=0

ECTS=4.77

6

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Brillian Rosy, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini meliputi memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis dan memfasilitasi dalam mengembangkan perangkat pembelajaran sebagai sarana menyiapkan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran di sekolah untuk mata kuliah Program Pengelolaan Pembelajaran sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yang berlaku. Mahasiswa dituntut untuk menghasilkan produk berupa Perangkat Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain itu juga membekali mahasiswa untuk memiliki keterampilan mengajar dalam bentuk micro teaching dan peer teaching . Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan metode diskusi, presentasi, dan simulasi pembelajaran

Pustaka

Utama :

  1. Arends, Richard I. 2013. Belajar Untuk Mengajar. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat
  2. Arends, Richard I. 2013. Belajar Untuk Mengajar. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat
  3. Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  4. Cruickshank, Donald R., Bainer Jenkins, Deborah., and Kim K. Metcalf . 2014. Perilaku Mengajar. Buku1. Jakarta: Salemba Empat
  5. Cruickshank, Donald R., Bainer Jenkins, Deborah., and Kim K. Metcalf. 2014. Perilaku Mengajar. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat
  6. Djamarah, Syaiful Bahri. 1995. Strategi Belajar Mengajar.
  7. Ibrahim, Muslim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif.
  8. Ibrahim, Muslim, dkk. 2000 . Pengajaran Berdasarkan Masalah
  9. Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
  10. Mulyoto. 2013. Strategi Pembelajaran di Era Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  11. Nur, Mohmmad, dkk. , 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran.
  12. Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  13. Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
  14. Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Teori dan Aplikasi PAIKEM.
  15. Silberman, Melvin L. 2013. Active Learning. 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
  16. Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
  17. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Jakarta: Kencana.
  18. Usman, Uzer. 1999. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  19. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum 2013. kurikulum.kemdikbud.go.id/&lrm

Pendukung :

Dosen Pengampu

BAMBANG SURATMAN

Dr. Meylia Elizabeth Ranu, S.Pd., M.S.M.

Durinda Puspasari, S.Pd., M.Pd.

Durinta Puspasari, S.Pd., M.Pd.

Triesninda Pahlevi, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.