Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sistem Informasi Manajemen

5720103142

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

27 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Anggraeni Widya Purwita




.......................................




I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu mengambil keputusan secara tepat baik mandiri maupun kelompok, bertanggung jawab dan sesuai etik dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta mengkomunikasikannya secara efektif

PLO-10

Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang.

PLO-15

Mampu memahami, menganalisis, menilai, dan mengevaluasi sistem informasi dalam mengelola data dan informasi bisnis serta merekomendasikan pengambilan keputusan dengan memperhatikan hukum kode etik dalam penggunaan informasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memahami konsep dasar sistem informasi manajemen dan penerapannya dalam organisasi.

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan informasi untuk mendukung proses pengambilan keputusan berbasis teknologi.

PO - 3

Mahasiswa mampu merancang solusi berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi.

PO - 4

Mahasiswa memiliki pemahaman tentang isu etika, keamanan, dan manajemen risiko dalam sistem informasi.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-10PLO-15
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep dasar, perancangan, implementasi, dan pengelolaan Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk mendukung pengambilan keputusan dan efisiensi organisasi. Topik mencakup pengelolaan data, keamanan informasi, transformasi digital, serta tren teknologi terbaru. Mahasiswa juga akan mempelajari aspek etika dan hukum dalam penerapan SIM.

Pustaka

Utama :

  1. Kenneth C. Laudon, Jane P, Management Information Systems, Thirteenth Edition, 2014
  2. Rochaety, Ety. Sistem Informasi Manajemen. Edisi Ketiga. Mitra Wacana Media. 2017
  3. McLeod, Raymond, & Schell, George. Management Information Systems. Pearson.

Pendukung :

  1. Turban, Efraim, et al. Information Technology for Management. Wiley.

Dosen Pengampu

Ardhini Warih Utami, S.Kom., M.Kom.

I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Anggraeni Widya Purwita, M.Kom.

Cendra Devayana Putra, S.Kom., M.IM.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen

  1. Memahami konsep dasar SIM
  2. Memahami peran dan fungsi SIM di organisasi
Kriteria:
  1. Keaktifan Partisipasi
  2. Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab
3 x 50 Menit

Materi: Information Systems in Global Business Today
Pustaka: Kenneth C. Laudon, Jane P, Management Information Systems, Thirteenth Edition, 2014

Materi: Konsep Dasar SIM
Pustaka: Rochaety, Ety. Sistem Informasi Manajemen. Edisi Ketiga. Mitra Wacana Media. 2017
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami komponen-komponen SIM

  1. Mampu mengidentifikasi komponen utama dalam SIM
  2. Mampu menjelaskan komponen - komponen dalam SIM
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. kehadiran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab
3 x 50 menit

Materi: Component of SIM
Pustaka: Kenneth C. Laudon, Jane P, Management Information Systems, Thirteenth Edition, 2014
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami proses Bisnis dan Sistem Informasi

Mampu memahami keterkaitan antara proses bisnis dan SIM

Kriteria:

aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tanya jawab studi kasus
3 x 50 menit

Materi: Proses Bisnis dan Sistem Informasi
Pustaka: Kenneth C. Laudon, Jane P, Management Information Systems, Thirteenth Edition, 2014
2%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System)

Mampu memahami peran DSS dalam pengambilan keputusan

Kriteria:

aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan analisis kasus nyata
3 x 50 menit

Materi: Decision Support Systems
Pustaka: Kenneth C. Laudon, Jane P, Management Information Systems, Thirteenth Edition, 2014

Materi: Peran SIM dalam pengambilan keputusan
Pustaka: Rochaety, Ety. Sistem Informasi Manajemen. Edisi Ketiga. Mitra Wacana Media. 2017
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami terkait SIM Pada Enterprise Systems (ERP, CRM, SCM)

Mampu memahami enterprise systems dan manfaatnya

Kriteria:

Diskusi dan pembahasan kasus implementasi ERP dan CRM


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi kelompok
3x 50 menit

Materi: Enterprise Information Systems
Pustaka: McLeod, Raymond, & Schell, George. Management Information Systems. Pearson.
4%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami Infrastruktur Teknologi Informasi dalam SIM

  1. Memahami komponen infrastruktur TI (hardware) dalam SIM
  2. Memahami komponen infrastruktur TI (Software) dalam SIM
  3. Memahami komponen infrastruktur TI (Jaringan) dalam SIM
Kriteria:

aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, simulasi
3 x 50 menit

Materi: IT Infrastructure and Emerging Technologies
Pustaka: Kenneth C. Laudon, Jane P, Management Information Systems, Thirteenth Edition, 2014
4%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menerapkan Keamanan Informasi dan Risiko TI dalam SIM

  1. Memahami pentingnya keamanan SI dalam SIM
  2. Memahami pentingnya manajemen risiko dalam SIM
Kriteria:

Analisis studi kasus pelanggaran keamanan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, studi kasus
3 x 50 menit

Materi: Ethical and Social Issues in Information Systems
Pustaka: Kenneth C. Laudon, Jane P, Management Information Systems, Thirteenth Edition, 2014
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Materi minggu pertama hingga minggu ketujuh

Kriteria:

Mampu menjawab soal dari materi pertama hingga ke tujuh


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
2 x 50 menit

Materi: materi 1 - 7
Pustaka: Kenneth C. Laudon, Jane P, Management Information Systems, Thirteenth Edition, 2014

Materi: materi 1 - 7
Pustaka: McLeod, Raymond, & Schell, George. Management Information Systems. Pearson.
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami Transformasi Digital dalam Organisasi

  1. Mampu memahami perubahan organisasi di era digital
  2. Mampu memahami peran SIM dalam Tranformasi Digital
Kriteria:

tanya jawab dan Diskusi dampak teknologi dalam transformasi digital


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, ceramah interaktif
3 x 50 menit

Materi: Digital Transformation
Pustaka: Kenneth C. Laudon, Jane P, Management Information Systems, Thirteenth Edition, 2014
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu merancang Strategi Sistem Informasi Management

Mampu merancang strategi penerapan SIM

Kriteria:

Mampu menyusun strategi TI untuk organisasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi kelompok
3 x 50 menit

Materi: Information Systems, Organizations, and Strategy
Pustaka: Kenneth C. Laudon, Jane P, Management Information Systems, Thirteenth Edition, 2014
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa memahami konsep Big Data dan Business Intelligence dalam SIM

  1. Mampu memahami pentingnya big data dalam SIM
  2. Mampu menjelaskan konsep big data dan business intelligence
Kriteria:

Tanya jawab dan diskusi interaktif terkait big data dan BI dalam SIM


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi interaktif
3 x 50 menit

Materi: Foundations of Business Intelligence: Databases and Information Management
Pustaka: Kenneth C. Laudon, Jane P, Management Information Systems, Thirteenth Edition, 2014
2%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem Informasi Management (SIM) Berbasis Cloud

Mampu memahami konsep dan manfaat cloud computing dalam SIM

Kriteria:

Pemahaman dalam memahami konsep dan manfaat cloud computing dalam SIM


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, simulasi
3 x 50 menit

Materi: Cloud Computing
Pustaka: McLeod, Raymond, & Schell, George. Management Information Systems. Pearson.
3%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa memahami proses Manajemen Proyek Sistem Informasi

Mampu Memahami proses manajemen proyek SIM

Kriteria:

Tugas kelopmpok dan Diskusi tentang tahap-tahap manajemen proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi interaktif
3 x 50 menit

Materi: Managing Projects
Pustaka: Kenneth C. Laudon, Jane P, Management Information Systems, Thirteenth Edition, 2014
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menerapkan Etika dan Tanggung Jawab Sosial dalam Sistem Informasi

Mampu memahami aspek etika dalam pengelolaan SIM

Kriteria:

Melakukan Diskusi kasus pelanggaran etika dalam penggunaan TI


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, ceramah interaktif
3 x 50 menit

Materi: Ethical and Social Issues in Information Systems
Pustaka: Kenneth C. Laudon, Jane P, Management Information Systems, Thirteenth Edition, 2014
2%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa memahami Inovasi Teknologi dan Tren Masa Depan dalam Sistem Informasi

Mampu memahami inovasi dan tren dalam SIM

Kriteria:

Presentasi dan Diskusi tren teknologi: IoT, AI, blockchain


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, presentasi kelompok
3 x 50 menit

Materi: Building and Managing Systems
Pustaka: Kenneth C. Laudon, Jane P, Management Information Systems, Thirteenth Edition, 2014
3%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Pembuatan Project SIM dan penerapan capaian pembelajaran materi 1 - 15

Kriteria:

Penerapan materi 1 - 15


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembuatan project SIM

Materi: 1-15
Pustaka: Kenneth C. Laudon, Jane P, Management Information Systems, Thirteenth Edition, 2014

Materi: 1-15
Pustaka: Rochaety, Ety. Sistem Informasi Manajemen. Edisi Ketiga. Mitra Wacana Media. 2017
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 31.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 46.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 2%
4. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.