Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kajian Inter/multidisipliner Seni Budaya Nusantara

8810903828

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

1

19 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Dr. TRisakti, M.Si.




Prof. Dr. Anik Juwariyah, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami Interdisiplin & Multidisiplin Sebagai pendekatan Pengkajian Seni Budaya

PO - 2

Menganalsis Teori-teori seni budaya bentukan pendekatan interdisipliner & multidisipliner

PO - 3

Mengidentifikasi ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing dan permasalahannya

PO - 4

Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner pada ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing

PO - 5

Mengidentifikasi ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin.dan permasalahannya

PO - 6

Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner pada ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin

PO - 7

Mengidentifikasi ragam seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan, dan permasalahannya

PO - 8

Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan,

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkaji, dan menyusun artikel ilmiah tentang ragam seni dan budaya Jawa Timur sesuai etnis budaya masyarakatnya dengan pendekatan Interdisipliner dan Multidisipliner.

Pustaka

Utama :

  1. 2. Kaelan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Interdisipliner: Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humanora. Yogyakarta: Paradigma
  2. 3. Klein, Julie Thompson. 1990. Interdiciplinarity, History, Theory and Practice. Ohio: Wayne State University Press
  3. 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal
  4. 4. Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2004. Kajian Antar Disiplin, Implikasi Paradigmatik dan Imlikasinya dalam Penelitian Seni Rupa. makalah diseminarkan di ITB Bandung
  5. 6. Sutarto, Ayu dan Setya Yuwana Sudikan (ed.). 2008. Pemetaan Kebudayaan di Provinsi Jawa Timur Sebuah Upaya Pencarian Nilai-Nilai Positif. Jember: Biro Mental Spiritual Pemerintah Provini Jawa Timur Bekerjasama dngan Kompyawisda Jatim.
  6. 1. Adi, Ida Rochani. 1998. “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Amerika” dalam jurnal Humaniora , No. 7, Januari – Maret 1998

Pendukung :

  1. 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul
  2. 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga
  3. 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta.
  4. 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. H. Haris Supratno

Dr. Drs. I Nyoman Lodra, M.Si.

Dr. I Nengah Mariasa, M.Hum.

Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami Konsep-konsep interdisiplin dan multidisiplin

  1. 1. Menguasai Konsep Kajian Budaya
  2. 2. Menjelaskan konsep Interdisipliner/ Multidisipliner
  3. 3. Menjelaskan Interdisipliner & Multidisipliner Sebagai pendekatan Pengkajian Seni Budaya.
Kriteria:

Menjelaskan pemahaman Kajian interdisiplin dan multidisiplin dalam pengkajian seni


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ekspositori, tanya jawab, diskusi
150 menit
Ekspositori, tanya jawab, diskusi
150 menit
Materi: Pendekatan interdisiplin dan multidisiplin
Pustaka: 1. Adi, Ida Rochani. 1998. “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Amerika” dalam jurnal Humaniora , No. 7, Januari – Maret 1998

Materi: Pendekatan interdisiplin
Pustaka: 2. Kaelan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Interdisipliner: Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humanora. Yogyakarta: Paradigma

Materi: Pendekatan interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin
Pustaka: 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal
2%

2

Minggu ke 2

Memahami Teori-teori seni budaya bentukan pendekatan interdisipliner & multidisipliner

  1. 1. Menjelaskan konsep teori- teori seni budaya bentukan pendekatan interdisipliner/ multidisipliner
  2. 2. Menentukan disiplin ilmu sebagai penekatan kaian seni budaya
  3. 3. Mengaplikasikan Interdissipliner/multidisiliner dalan kajian seni budaya.
Kriteria:

Menjelaskan teori seni budayadengan pendekatan interdisipliner & multidisipliner


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ekspositori, tanya jawab, diskusi
150 menit
Ekspositori, tanya jawab, diskusi
150 menit
Materi: Kajian multidisiplin dan interdisiplin
Pustaka: 1. Adi, Ida Rochani. 1998. “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Amerika” dalam jurnal Humaniora , No. 7, Januari – Maret 1998

Materi: Pendekatan interdisiplin
Pustaka: 2. Kaelan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Interdisipliner: Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humanora. Yogyakarta: Paradigma

Materi: Pendekatan Kajian budaya
Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul

Materi: Pendekatan seni musik
Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta.

Materi: Semiotika
Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press.
2%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasi ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing dan permasalahannya

  1. 1. Mengidentifikasi ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing
  2. 2. Menemukan fenomena permasalahan Seni Budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing
  3. 3. Menganalisis seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing melalui pendekatan interdisiplin/mulidisiplin
Kriteria:

Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ekspositori, diskusi, presentasi.

Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Ekspositori, diskusi, presentasi.

Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Materi: Pendekaan Budaya
Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul

Materi: Pendekatan Seni Rupa
Pustaka: 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga

Materi: Pengkajian Seni Musik
Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta.

Materi: Semiotika
Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press.
2%

4

Minggu ke 4

Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner pada ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing

  1. 1. Menentukan objek material kajian seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing
  2. 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing
  3. 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
Kriteria:

Presentasi Kajian Seni Budaya ragam seni budaya Jawa Timur Etnis Arek, Tengger dan Osing


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ekspositori, diskusi, presentasi.

Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Ekspositori, diskusi, presentasi.

Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Materi: Pendekaan Budaya
Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul

Materi: Pendekatan Seni Rupa
Pustaka: 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga

Materi: Pengkajian Seni musik
Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta.

Materi: Semiotika
Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press.
4%

5

Minggu ke 5

Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner pada ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing

  1. 1. Menentukan objek material kajian seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing
  2. 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing
  3. 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
Kriteria:

Presentasi Kajian Seni Budaya ragam seni budaya Jawa Timur Etnis Arek, Tengger dan Osing


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ekspositori, diskusi, presentasi.

Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Ekspositori, diskusi, presentasi.

Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Materi: Pendekaan Budaya
Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul

Materi: Pendekatan Seni Rupa
Pustaka: 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga

Materi: Pengkajian Seni musik
Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta.

Materi: Semiotika
Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press.
4%

6

Minggu ke 6

Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner pada ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing

  1. 1. Menentukan objek material kajian seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing
  2. 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing
  3. 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
Kriteria:

Presentasi Kajian Seni Budaya ragam seni budaya Jawa Timur Etnis Arek, Tengger dan Osing


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ekspositori, diskusi, presentasi.

Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Ekspositori, diskusi, presentasi.

Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Materi: Pendekaan Budaya
Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul

Materi: Pendekatan Seni Rupa
Pustaka: 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga

Materi: Pengkajian Seni musik
Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta.

Materi: Semiotika
Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press.
4%

7

Minggu ke 7

UTS

Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur sub etnis Arek, Tengger dan Osing

Kriteria:

Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur sub etnis Arek, Tengger dan Osing


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UTS
150
UTS
150
Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin
Pustaka: 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal
20%

8

Minggu ke 8

Mengidentifikasi ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin.dan permasalahannya

  1. 1. Mengidentifikasi ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin
  2. 2. Menemukan fenomena permasalahan Seni – Budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin
  3. 3. Menganalisis seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin. melalui pendekatan interdisiplin/mulidisiplin
Kriteria:

Membedakan ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin.dan permasalahannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin
Pustaka: 1. Adi, Ida Rochani. 1998. “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Amerika” dalam jurnal Humaniora , No. 7, Januari – Maret 1998

Materi: Pendekaan Budaya
Pustaka: 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga

Materi: Kajian Penciptaan
Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta.

Materi: Semiotika
Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press.
4%

9

Minggu ke 9

Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner pada ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin

  1. 1. Menentukan objek material kajian seni budaya Jawa Timur ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin
  2. 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin
  3. 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
Kriteria:

Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur sub etnis Mataraman, Panoragan, Samin


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Materi: Kajian Seni Rupa
Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul

Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin
Pustaka: 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal

Materi: Pendekatan Seni Musik
Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta.

Materi: Semiotika
Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press.

Materi: Kajian Interdisiplin
Pustaka: 3. Klein, Julie Thompson. 1990. Interdiciplinarity, History, Theory and Practice. Ohio: Wayne State University Press
4%

10

Minggu ke 10

Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner pada ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin

  1. 1. Menentukan objek material kajian seni budaya Jawa Timur ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin
  2. 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin
  3. 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
Kriteria:

Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur sub etnis Mataraman, Panoragan, Samin


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Materi: Kajian Seni Rupa
Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul

Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin
Pustaka: 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal

Materi: Pendekatan Seni Musik
Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta.

Materi: Semiotika
Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press.

Materi: Kajian Interdisiplin
Pustaka: 3. Klein, Julie Thompson. 1990. Interdiciplinarity, History, Theory and Practice. Ohio: Wayne State University Press
4%

11

Minggu ke 11

Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner pada ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin

  1. 1. Menentukan objek material kajian seni budaya Jawa Timur ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin
  2. 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin
  3. 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
Kriteria:

Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur sub etnis Mataraman, Panoragan, Samin


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Materi: Kajian Seni Rupa
Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul

Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin
Pustaka: 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal

Materi: Pendekatan Seni Musik
Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta.

Materi: Semiotika
Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press.

Materi: Kajian Interdisiplin
Pustaka: 3. Klein, Julie Thompson. 1990. Interdiciplinarity, History, Theory and Practice. Ohio: Wayne State University Press
4%

12

Minggu ke 12

Mengidentifikasi ragam seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan, dan permasalahannya

  1. 1. Mengidentifikasi Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan
  2. 2. Menemukan fenomena permasalahan Seni – Budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan
  3. budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan, melalui pendekatan interdisiplin/mulidisiplin
Kriteria:

Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur sub etnis Mandalungan, Kepulauan Madura dan Pulau Madura


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin
Pustaka: 1. Adi, Ida Rochani. 1998. “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Amerika” dalam jurnal Humaniora , No. 7, Januari – Maret 1998

Materi: Kajian Budaya
Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul

Materi: Pendekatan Seni Rupa
Pustaka: 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga

Materi: Pendekatan Seni Musik
Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta.

Materi: SEmiotika
Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press.
4%

13

Minggu ke 13

Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan,

  1. material kajian seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan
  2. 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan,
  3. 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan, dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
Kriteria:

Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur sub etnis Mandalungan, Kepulauan Madura dan Pulau Madura


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Materi: Kajian Budaya
Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul

Materi: Kajian Seni Rupa
Pustaka: 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga

Materi: Pendekatan Seni Musik
Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta.

Materi: Semiotika
Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press.

Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin
Pustaka: 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal
4%

14

Minggu ke 14

Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan,

  1. material kajian seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan
  2. 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan,
  3. 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan, dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
Kriteria:

Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur sub etnis Mandalungan, Kepulauan Madura dan Pulau Madura


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Materi: Kajian Budaya
Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul

Materi: Kajian Seni Rupa
Pustaka: 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga

Materi: Pendekatan Seni Musik
Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta.

Materi: Semiotika
Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press.

Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin
Pustaka: 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal
4%

15

Minggu ke 15

Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan,

  1. material kajian seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan
  2. 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan,
  3. 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan, dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
Kriteria:

Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur sub etnis Mandalungan, Kepulauan Madura dan Pulau Madura


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah
150
Materi: Kajian Budaya
Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul

Materi: Kajian Seni Rupa
Pustaka: 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga

Materi: Pendekatan Seni Musik
Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta.

Materi: Semiotika
Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press.

Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin
Pustaka: 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal
4%

16

Minggu ke 16

UAS

Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur

Kriteria:

Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
UAS
150
UAS
150
Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin
Pustaka: 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 10%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 57%
3. Penilaian Portofolio 33%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.