|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Inter/multidisipliner Seni Budaya Nusantara |
8810903828 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
1 |
19 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Dr. TRisakti, M.Si.
|
Prof. Dr. Anik Juwariyah, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami Interdisiplin & Multidisiplin Sebagai pendekatan Pengkajian Seni Budaya
|
PO - 2 |
Menganalsis Teori-teori seni budaya bentukan pendekatan interdisipliner & multidisipliner
|
PO - 3 |
Mengidentifikasi ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing dan permasalahannya
|
PO - 4 |
Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner pada ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing
|
PO - 5 |
Mengidentifikasi ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin.dan permasalahannya
|
PO - 6 |
Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner pada ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin
|
PO - 7 |
Mengidentifikasi ragam seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan, dan permasalahannya
|
PO - 8 |
Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan,
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PO-1 | PO-2 | PO-3 | PO-4 | PO-5 | PO-6 | PO-7 | PO-8 |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkaji, dan menyusun artikel ilmiah tentang ragam seni dan budaya Jawa Timur sesuai etnis budaya masyarakatnya dengan pendekatan Interdisipliner dan Multidisipliner. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 2. Kaelan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Interdisipliner: Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humanora. Yogyakarta: Paradigma
- 3. Klein, Julie Thompson. 1990. Interdiciplinarity, History, Theory and Practice. Ohio: Wayne State University Press
- 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal
- 4. Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2004. Kajian Antar Disiplin, Implikasi Paradigmatik dan Imlikasinya dalam Penelitian Seni Rupa. makalah diseminarkan di ITB Bandung
- 6. Sutarto, Ayu dan Setya Yuwana Sudikan (ed.). 2008. Pemetaan Kebudayaan di Provinsi Jawa Timur Sebuah Upaya Pencarian Nilai-Nilai Positif. Jember: Biro Mental Spiritual Pemerintah Provini Jawa Timur Bekerjasama dngan Kompyawisda Jatim.
- 1. Adi, Ida Rochani. 1998. “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Amerika” dalam jurnal Humaniora , No. 7, Januari – Maret 1998
|
Pendukung : |
|
- 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul
- 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga
- 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta.
- 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. H. Haris Supratno Dr. Drs. I Nyoman Lodra, M.Si. Dr. I Nengah Mariasa, M.Hum. Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami Konsep-konsep interdisiplin dan multidisiplin |
- 1. Menguasai Konsep Kajian Budaya
- 2. Menjelaskan konsep Interdisipliner/ Multidisipliner
- 3. Menjelaskan Interdisipliner & Multidisipliner Sebagai pendekatan Pengkajian Seni Budaya.
|
Kriteria:
Menjelaskan pemahaman Kajian interdisiplin dan multidisiplin dalam pengkajian seni Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ekspositori, tanya jawab, diskusi 150 menit |
Ekspositori, tanya jawab, diskusi 150 menit |
Materi: Pendekatan interdisiplin dan multidisiplin Pustaka: 1. Adi, Ida Rochani. 1998. “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Amerika” dalam jurnal Humaniora , No. 7, Januari – Maret 1998 Materi: Pendekatan interdisiplin Pustaka: 2. Kaelan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Interdisipliner: Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humanora. Yogyakarta: Paradigma Materi: Pendekatan interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin Pustaka: 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami Teori-teori seni budaya bentukan pendekatan interdisipliner & multidisipliner |
- 1. Menjelaskan konsep teori- teori seni budaya bentukan pendekatan interdisipliner/ multidisipliner
- 2. Menentukan disiplin ilmu sebagai penekatan kaian seni budaya
- 3. Mengaplikasikan Interdissipliner/multidisiliner dalan kajian seni budaya.
|
Kriteria:
Menjelaskan teori seni budayadengan pendekatan interdisipliner & multidisipliner Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ekspositori, tanya jawab, diskusi 150 menit |
Ekspositori, tanya jawab, diskusi 150 menit |
Materi: Kajian multidisiplin dan interdisiplin Pustaka: 1. Adi, Ida Rochani. 1998. “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Amerika” dalam jurnal Humaniora , No. 7, Januari – Maret 1998 Materi: Pendekatan interdisiplin Pustaka: 2. Kaelan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Interdisipliner: Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humanora. Yogyakarta: Paradigma Materi: Pendekatan Kajian budaya Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul Materi: Pendekatan seni musik Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta. Materi: Semiotika Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mengidentifikasi ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing dan permasalahannya |
- 1. Mengidentifikasi ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing
- 2. Menemukan fenomena permasalahan Seni Budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing
- 3. Menganalisis seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing melalui pendekatan interdisiplin/mulidisiplin
|
Kriteria:
Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Materi: Pendekaan Budaya Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul Materi: Pendekatan Seni Rupa Pustaka: 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga Materi: Pengkajian Seni Musik Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta. Materi: Semiotika Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner pada ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing |
- 1. Menentukan objek material kajian seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing
- 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing
- 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
|
Kriteria:
Presentasi Kajian Seni Budaya ragam seni budaya Jawa Timur Etnis Arek, Tengger dan Osing Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Materi: Pendekaan Budaya Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul Materi: Pendekatan Seni Rupa Pustaka: 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga Materi: Pengkajian Seni musik Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta. Materi: Semiotika Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner pada ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing |
- 1. Menentukan objek material kajian seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing
- 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing
- 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
|
Kriteria:
Presentasi Kajian Seni Budaya ragam seni budaya Jawa Timur Etnis Arek, Tengger dan Osing Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Materi: Pendekaan Budaya Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul Materi: Pendekatan Seni Rupa Pustaka: 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga Materi: Pengkajian Seni musik Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta. Materi: Semiotika Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner pada ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing |
- 1. Menentukan objek material kajian seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing
- 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing
- 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Arek, Tengger, dan Osing dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
|
Kriteria:
Presentasi Kajian Seni Budaya ragam seni budaya Jawa Timur Etnis Arek, Tengger dan Osing Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Materi: Pendekaan Budaya Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul Materi: Pendekatan Seni Rupa Pustaka: 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga Materi: Pengkajian Seni musik Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta. Materi: Semiotika Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press. |
4% |
7
Minggu ke 7 |
UTS |
Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur sub etnis Arek, Tengger dan Osing |
Kriteria:
Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur sub etnis Arek, Tengger dan Osing Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UTS 150 |
UTS 150 |
Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin Pustaka: 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal |
20% |
8
Minggu ke 8 |
Mengidentifikasi ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin.dan permasalahannya |
- 1. Mengidentifikasi ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin
- 2. Menemukan fenomena permasalahan Seni – Budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin
- 3. Menganalisis seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin. melalui pendekatan interdisiplin/mulidisiplin
|
Kriteria:
Membedakan ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin.dan permasalahannya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin Pustaka: 1. Adi, Ida Rochani. 1998. “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Amerika” dalam jurnal Humaniora , No. 7, Januari – Maret 1998 Materi: Pendekaan Budaya Pustaka: 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga Materi: Kajian Penciptaan Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta. Materi: Semiotika Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press. |
4% |
9
Minggu ke 9 |
Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner pada ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin |
- 1. Menentukan objek material kajian seni budaya Jawa Timur ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin
- 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin
- 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
|
Kriteria:
Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur sub etnis Mataraman, Panoragan, Samin Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Materi: Kajian Seni Rupa Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin Pustaka: 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal Materi: Pendekatan Seni Musik Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta. Materi: Semiotika Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press. Materi: Kajian Interdisiplin Pustaka: 3. Klein, Julie Thompson. 1990. Interdiciplinarity, History, Theory and Practice. Ohio: Wayne State University Press |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner pada ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin |
- 1. Menentukan objek material kajian seni budaya Jawa Timur ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin
- 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin
- 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
|
Kriteria:
Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur sub etnis Mataraman, Panoragan, Samin Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Materi: Kajian Seni Rupa Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin Pustaka: 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal Materi: Pendekatan Seni Musik Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta. Materi: Semiotika Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press. Materi: Kajian Interdisiplin Pustaka: 3. Klein, Julie Thompson. 1990. Interdiciplinarity, History, Theory and Practice. Ohio: Wayne State University Press |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner pada ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin |
- 1. Menentukan objek material kajian seni budaya Jawa Timur ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin
- 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin
- 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur ragam seni budaya Jawa Timur Sub Etnis Mataram, Ponoragan, Samin dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
|
Kriteria:
Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur sub etnis Mataraman, Panoragan, Samin Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Materi: Kajian Seni Rupa Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin Pustaka: 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal Materi: Pendekatan Seni Musik Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta. Materi: Semiotika Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press. Materi: Kajian Interdisiplin Pustaka: 3. Klein, Julie Thompson. 1990. Interdiciplinarity, History, Theory and Practice. Ohio: Wayne State University Press |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mengidentifikasi ragam seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan, dan permasalahannya |
- 1. Mengidentifikasi Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan
- 2. Menemukan fenomena permasalahan Seni – Budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan
- budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan, melalui pendekatan interdisiplin/mulidisiplin
|
Kriteria:
Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur sub etnis Mandalungan, Kepulauan Madura dan Pulau Madura Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin Pustaka: 1. Adi, Ida Rochani. 1998. “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Amerika” dalam jurnal Humaniora , No. 7, Januari – Maret 1998 Materi: Kajian Budaya Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul Materi: Pendekatan Seni Rupa Pustaka: 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga Materi: Pendekatan Seni Musik Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta. Materi: SEmiotika Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press. |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan, |
- material kajian seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan
- 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan,
- 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan, dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
|
Kriteria:
Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur sub etnis Mandalungan, Kepulauan Madura dan Pulau Madura Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Materi: Kajian Budaya Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul Materi: Kajian Seni Rupa Pustaka: 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga Materi: Pendekatan Seni Musik Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta. Materi: Semiotika Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press. Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin Pustaka: 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan, |
- material kajian seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan
- 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan,
- 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan, dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
|
Kriteria:
Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur sub etnis Mandalungan, Kepulauan Madura dan Pulau Madura Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Materi: Kajian Budaya Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul Materi: Kajian Seni Rupa Pustaka: 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga Materi: Pendekatan Seni Musik Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta. Materi: Semiotika Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press. Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin Pustaka: 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan, |
- material kajian seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan
- 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan,
- 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur Ragam seni dan budaya Jawa Timur Seni Budaya Sub Etnis Madura Pulau, Madura Kepulauan, dan Mandalungan, dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
|
Kriteria:
Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur sub etnis Mandalungan, Kepulauan Madura dan Pulau Madura Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Ekspositori, diskusi, presentasi.
Pembelajaran Berbasis Masalah 150 |
Materi: Kajian Budaya Pustaka: 1. 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul Materi: Kajian Seni Rupa Pustaka: 2. Sachari, Agus. 2004. Metodologi Penelitian Seni RUpa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga Materi: Pendekatan Seni Musik Pustaka: 3. Waridi (ed). 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: Jurusan Karawitan STSI Surakarta. Materi: Semiotika Pustaka: 4. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press. Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin Pustaka: 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal |
4% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur |
Kriteria:
Menjelaskan ragam seni budaya Jawa Timur Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
UAS 150 |
UAS 150 |
Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin Pustaka: 5. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal |
30% |