|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Ekonomi Mikro Lanjut |
8700303002 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
1 |
9 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E, M.Si Dr. Luqman Hakim, S.E., M.SA.
|
Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E, M.Si
|
Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai filosofi ilmu ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan baru pada bidang pendidikan ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global. |
PLO-7 |
Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau penciptaan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
CPMK 1 Menganalisis Teori Mikroekonomi Lanjut: 1. Sub CPMK 1.1: Mahasiswa mampu menjelaskan teori permintaan dan penawaran dengan pendekatan matematis yang lebih kompleks. 2. Sub CPMK 1.2: Mahasiswa mampu menganalisis konsep elastisitas dalam berbagai konteks ekonomi. 3. Sub CPMK 1.3: Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan teori produksi dan biaya dengan menggunakan model-model ekonomi yang lebih maju.
|
PO - 2 |
CPMK 2 Menganalisis Pasar dan Struktur Pasar: 4. Sub CPMK 2.1: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis berbagai bentuk struktur pasar (persaingan sempurna, monopoli, oligopoli, dan monopsoni). 5. Sub CPMK 2.2: Mahasiswa mampu menganalisis perilaku produsen dan konsumen dalam berbagai struktur pasar menggunakan pendekatan kuantitatif. 6. Sub CPMK 2.3: Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep game theory dalam konteks persaingan oligopolistik.
|
PO - 3 |
CPMK 3 Mengevaluasi Ekonomi Kesejahteraan dan Kegagalan Pasar: 7. Sub CPMK 3.1: Mahasiswa mampu menganalisis konsep kesejahteraan ekonomi dan kriteria Pareto dalam distribusi sumber daya. 8. Sub CPMK 3.2: Mahasiswa mampu mengidentifikasi penyebab dan dampak kegagalan pasar, serta mampu merumuskan solusi kebijakan untuk mengatasinya. 9. Sub CPMK 3.3: Mahasiswa mampu memahami konsep eksternalitas dan barang publik serta implikasinya terhadap kebijakan ekonomi.
|
PO - 4 |
CPMK 4 Menganalisis Teori Pilihan dan Perilaku Konsumen: 10. Sub CPMK 4.1: Mahasiswa mampu menjelaskan teori utilitas dan kurva indiferens dalam analisis perilaku konsumen. 11. Sub CPMK 4.2: Mahasiswa mampu menganalisis keputusan konsumsi dalam kondisi ketidakpastian dan risiko. 12. Sub CPMK 4.3: Mahasiswa mampu menerapkan teori preferensi terungkap (revealed
|
PO - 5 |
CPMK 5 Menerapkan Teori Mikroekonomi dalam Konteks Terapan 13. Sub CPMK 5.1: Mahasiswa mampu menerapkan teori mikroekonomi dalam konteks kebijakan publik dan analisis pasar tenaga kerja. 14. Sub CPMK 5.2: Mahasiswa mampu merancang dan melakukan penelitian mikroekonomi dengan menggunakan data empiris: 15. Sub CPMK 5.3: Mahasiswa mampu menyusun kebijakan ekonomi mikro yang inovatif berdasarkan hasil penelitian.
|
PO - 6 |
CPMK 6 Mengkritisi dan Mengembangkan Teori Mikroekonomi: 16. Sub CPMK 6.1: Mahasiswa mampu mengkritisi dan mengevaluasi berbagai teori mikroekonomi klasik dan kontemporer. 17. Sub CPMK 6.2: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengembangkan pendekatan-pendekatan baru dalam analisis mikroekonomi. 18. Sub CPMK 6.3: Mahasiswa mampu berkontribusi dalam pengembangan teori mikroekonomi melalui kajian ilmiah yang mendalam.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-6 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Ekonomi Mikro Lanjut untuk tingkat doktoral (S3) menghadirkan studi yang sangat mendalam tentang teori, metodologi, dan aplikasi ekonomi mikro dalam konteks yang lebih kompleks dan khusus. Teori Konsumen dan Produsen yang Lanjut, Teori Pasar, Analisis Perilaku dan Kesejahteraan Konsumen, Eksternalitas, Barang Publik, dan Keputusan Kolektif, Asimetri Informasi dan Keagenan, Aplikasi Metode Kuantitatif, dan Penelitian dan Kontribusi Akademis. Ini adalah langkah penting dalam pembentukan karier sebagai akademisi, peneliti, atau profesional di bidang ekonomi dan kebijakan publik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Garcia, F. M. (2017). Advanced Microeconomic Theory: An Intuitive Approach with Examples. Cambridge, MA : MIT Press
|
Pendukung : |
|
- Mateer, D. & Coppock, L. (2018). Principles of Microeconomics Second Edition. New York: W. W. Norton & Company, Inc.
- MacLeod, W. B. (2022). Advanced Microeconomics for Contract, Institutional, and Organizational Economics. London: The MIT Press
- Dodge, E. R. (2008). AP Microeconomics/Macroeconomics. United States of America: The McGraw-Hill Companies, Inc.
- Jehle, G. A & Reny, P. J. 2000. Advance Microeconomic Theory Second Edition. New York: the PRD Group
- Jehle, G. A. & Reny, P. J. (2011). Advanced Microeconomic Theory Third Edition. England: Pearson Education Limited.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E., M.Si. Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
|
|
|
|
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
|
|
|
|
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
|
|
|
|
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
|
|
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
|
|
|
|
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
|
|
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |