Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Ekonomi Mikro Lanjut

8700303002

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=7.56

1

9 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E, M.Si Dr. Luqman Hakim, S.E., M.SA.




Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E, M.Si




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai filosofi ilmu ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan baru pada bidang pendidikan ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.

PLO-7

Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau penciptaan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah.

Program Objectives (PO)

PO - 1

CPMK 1 Menganalisis Teori Mikroekonomi Lanjut: 1. Sub CPMK 1.1: Mahasiswa mampu menjelaskan teori permintaan dan penawaran dengan pendekatan matematis yang lebih kompleks. 2. Sub CPMK 1.2: Mahasiswa mampu menganalisis konsep elastisitas dalam berbagai konteks ekonomi. 3. Sub CPMK 1.3: Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan teori produksi dan biaya dengan menggunakan model-model ekonomi yang lebih maju.

PO - 2

CPMK 2 Menganalisis Pasar dan Struktur Pasar: 4. Sub CPMK 2.1: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis berbagai bentuk struktur pasar (persaingan sempurna, monopoli, oligopoli, dan monopsoni). 5. Sub CPMK 2.2: Mahasiswa mampu menganalisis perilaku produsen dan konsumen dalam berbagai struktur pasar menggunakan pendekatan kuantitatif. 6. Sub CPMK 2.3: Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep game theory dalam konteks persaingan oligopolistik.

PO - 3

CPMK 3 Mengevaluasi Ekonomi Kesejahteraan dan Kegagalan Pasar: 7. Sub CPMK 3.1: Mahasiswa mampu menganalisis konsep kesejahteraan ekonomi dan kriteria Pareto dalam distribusi sumber daya. 8. Sub CPMK 3.2: Mahasiswa mampu mengidentifikasi penyebab dan dampak kegagalan pasar, serta mampu merumuskan solusi kebijakan untuk mengatasinya. 9. Sub CPMK 3.3: Mahasiswa mampu memahami konsep eksternalitas dan barang publik serta implikasinya terhadap kebijakan ekonomi.

PO - 4

CPMK 4 Menganalisis Teori Pilihan dan Perilaku Konsumen: 10. Sub CPMK 4.1: Mahasiswa mampu menjelaskan teori utilitas dan kurva indiferens dalam analisis perilaku konsumen. 11. Sub CPMK 4.2: Mahasiswa mampu menganalisis keputusan konsumsi dalam kondisi ketidakpastian dan risiko. 12. Sub CPMK 4.3: Mahasiswa mampu menerapkan teori preferensi terungkap (revealed

PO - 5

CPMK 5 Menerapkan Teori Mikroekonomi dalam Konteks Terapan 13. Sub CPMK 5.1: Mahasiswa mampu menerapkan teori mikroekonomi dalam konteks kebijakan publik dan analisis pasar tenaga kerja. 14. Sub CPMK 5.2: Mahasiswa mampu merancang dan melakukan penelitian mikroekonomi dengan menggunakan data empiris: 15. Sub CPMK 5.3: Mahasiswa mampu menyusun kebijakan ekonomi mikro yang inovatif berdasarkan hasil penelitian.

PO - 6

CPMK 6 Mengkritisi dan Mengembangkan Teori Mikroekonomi: 16. Sub CPMK 6.1: Mahasiswa mampu mengkritisi dan mengevaluasi berbagai teori mikroekonomi klasik dan kontemporer. 17. Sub CPMK 6.2: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengembangkan pendekatan-pendekatan baru dalam analisis mikroekonomi. 18. Sub CPMK 6.3: Mahasiswa mampu berkontribusi dalam pengembangan teori mikroekonomi melalui kajian ilmiah yang mendalam.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Ekonomi Mikro Lanjut untuk tingkat doktoral (S3) menghadirkan studi yang sangat mendalam tentang teori, metodologi, dan aplikasi ekonomi mikro dalam konteks yang lebih kompleks dan khusus. Teori Konsumen dan Produsen yang Lanjut, Teori Pasar, Analisis Perilaku dan Kesejahteraan Konsumen, Eksternalitas, Barang Publik, dan Keputusan Kolektif, Asimetri Informasi dan Keagenan, Aplikasi Metode Kuantitatif, dan Penelitian dan Kontribusi Akademis. Ini adalah langkah penting dalam pembentukan karier sebagai akademisi, peneliti, atau profesional di bidang ekonomi dan kebijakan publik.

Pustaka

Utama :

  1. Garcia, F. M. (2017). Advanced Microeconomic Theory: An Intuitive Approach with Examples. Cambridge, MA : MIT Press

Pendukung :

  1. Mateer, D. & Coppock, L. (2018). Principles of Microeconomics Second Edition. New York: W. W. Norton & Company, Inc.
  2. MacLeod, W. B. (2022). Advanced Microeconomics for Contract, Institutional, and Organizational Economics. London: The MIT Press
  3. Dodge, E. R. (2008). AP Microeconomics/Macroeconomics. United States of America: The McGraw-Hill Companies, Inc.
  4. Jehle, G. A & Reny, P. J. 2000. Advance Microeconomic Theory Second Edition. New York: the PRD Group
  5. Jehle, G. A. & Reny, P. J. (2011). Advanced Microeconomic Theory Third Edition. England: Pearson Education Limited.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E., M.Si.

Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.