|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Manajemen
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Operasional Research |
6120103091 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Yuyun Isbanah, S.E., M.SM. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
C4. Mahasiswa mampu memilih model Operational Research yang tepat untuk memecahkan masalah optimasi.
|
PO - 2 |
C5. Mahasiswa mampu menafsirkan secara tepat hasil analisis optimasi untuk pengambilan keputusan.
|
PO - 3 |
A5. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter teliti, berwawasan luas, dan cerdas di dalam kegiatan pembelajaran Operational Research
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar riset operasi dan pendekatan berbagai metode pemodelan deterministik seperti linear programming, model transportasi, penugasan, sistem antrian, game theory dan manajemen proyek, serta terampil dan dengan menggunakan alat analisis melalui software management science untuk menghasilkan pengambilan keputusan khususnya yang berhubungan dengan masalah alokasi sumber daya perusahaan. Aplikasi pembelajarannya melalui analisis contoh-contoh kasus di kelas. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem analisis studi kasus, ceramah, diskusi, tugas, dan refleksi.This course discusses the basic concepts of operations research and approaches to various deterministic modeling methods such as linear programming, transportation models, assignments, queuing systems, game theory and project management, as well as being skilled and using analytical tools through management science software to produce decision-making specifically related to with the issue of company resource allocation. Learning applications through the analysis of case examples in class. Lectures are carried out with a system of case study analysis, lectures, discussions, assignments, and reflections. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall.
- TaylorIII, Bernard W. 2004. Introduction to Management Science, 8th Ed. Pearson, Prentice Hall.
- Mulyono,Sri. 2004. Operation Research. Jakarta: Lembaga Penerbitan FE UI.
- Render, B. ; Stair, R. M. , Jr. ; and Hana, Michael E. 2009. Quantitative Analysis for Management, 10th Ed. Pearson, PrenticeHall.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Andre Dwijanto Witjaksono, S.T., M.Si. Dr. Nadia Asandimitra Haryono, S.E., M.M. Widyastuti, S.Si., M.Si. Tias Andarini Indarwati, S.E., M.M. Achmad Kautsar, S.E., M.M. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan definisi dan kegunaan OR |
1.1. Menjelaskan sejarah OR 1.1. Menyebutkan manfaat OR 1.2. Menjelaskan tahapan dalam OR |
Kriteria:
holistic rubric Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: definisi dan kegunaan OR Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis penyusunan model matematis |
2.1 Tersusunnya Formulasi Model Umum Program Linear 2.2 Tersusunnya Formulasi Model Bentuk Baku Program Linear |
Kriteria:
holistic rubric Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, problem solving 3 X 50 |
|
Materi: penyusunan model matematis Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis pemecahan masalah berdasarkan model yang telah disusun dengan metode grafis |
3.1 Tercapainya fungsi tujuan yang memberikan nilai paling optimum dengan metode grafis |
Kriteria:
holistic rubric Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, problem solving 3 X 50 |
|
Materi: metode grafis Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis pemecahan masalah berdasarkan model yang telah disusun dengan metode simpleks sederhana |
4.1 Tercapainya fungsi tujuan yang memberikan nilai paling optimum dengan metode simpleks sederhana |
Kriteria:
holistic rubric Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, problem solving 3 X 50 |
|
Materi: metode simpleks sederhana Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis pemecahan masalah berdasarkan model yang telah disusun dengan metode Dual SImpleks |
5.1 Tercapainya fungsi tujuan yang memberikan nilai paling optimum dengan metode Dual Simpleks |
Kriteria:
holistic rubric Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi, problem solving 3 X 50 |
|
Materi: metode Dual Simpleks Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall. |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis pemecahan masalah berdasarkan model yang telah disusun dengan metode M atau Penalty |
6.1. Tercapainya fungsi tujuan yang memberikan nilai paling optimum dengan metode M atau Penalty |
Kriteria:
holistic rubric Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, problem solving 3 X 50 |
|
Materi: metode M atau Penalty Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall. |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis pemecahan masalah berdasarkan penugasan |
Menetapkan sejumlah sumber daya ke jumlah yang sama dari beberapa kegiatan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, problem solving 3 x 50 |
|
Materi: penugasan Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall. |
6% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
3 X 50 |
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis pemecahan masalah transportasi dengan metode North West Corner, Stepping Stone,Least Corner, Vogels Approximation Method |
Terselesaikannya berbagai persoalan transportasi yang optimum dengan metode North West Corner, Stepping Stone,Least Corner, Vogels Approximation Method |
Kriteria:
holistic rubric Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, problem solving 3 X 50 |
|
Materi: metode North West Corner, Stepping Stone,Least Corner, Vogels Approximation Method Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall. |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisis pemecahan masalah transportasi dengan metode North West Corner, Stepping Stone, Least Corner, Vogel’s Approximation Method |
10.1. Terselesaikannya berbagai persoalan transportasi yang optimum dengan metode North West Corner, Stepping Stone, Least Corner, Vogel’s Approximation Method |
Kriteria:
holistic rubric Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi dan problem solving 3 x 50 |
|
Materi: metode North West Corner, Stepping Stone,Least Corner, Vogels Approximation Method Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall. |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis pemecahan masalah penyelesaian proyek PERT/CPM |
Terselesaikannya pemecahan masalah penyelesaiaan proyek yang optimum dengan metode PERT/CPM |
Kriteria:
holistic rubric Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, problem solving 3 X 50 |
|
Materi: penyelesaian proyek PERT/CPM Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis pemecahan masalah penyelesaian proyek PERT/CPM |
12.1. Terselesaikannya pemecahan masalah penyelesaiaan proyek yang optimum dengan metode PERT/CPM |
Kriteria:
holistic rubric Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi dan problem solving 3 x 50 |
|
Materi: penyelesaian proyek PERT/CPM Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall. |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Menentukan strategi optimal menggunakan Game Theory |
Terselesaikannya pemecahan masalah untuk penentuan strategi yang optimal dengan metode Game Theory sesuai kondisi yang dihadapi |
Kriteria:
holistic rubric Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, problem solving 3 X 50 |
|
Materi: Game Theory Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall. |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Menentukan strategi optimal menggunakan Game Theory |
14.1. Terselesaikannya pemecahan masalah untuk penentuan strategi yang optimal dengan metode Game Theory sesuai kondisi yang dihadapi |
Kriteria:
holistic rubric Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi dan problem solving 3 x 50 |
|
Materi: Game Theory Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall. |
2% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis permasalahan antrian |
Terselesaikannya pemecahan masalah antrian dengan sesuai kondisi yang dihadapi |
Kriteria:
holistic rubric Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, problem solving Ceramah, diskusi, problem solving Ceramah, diskusi, problem solving 3 X 50 |
|
Materi: antrian Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall. |
2% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
3 X 50 |
|
|
25% |