Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Manajemen

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Operasional Research

6120103091

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yuyun Isbanah, S.E., M.SM.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

C4. Mahasiswa mampu memilih model Operational Research yang tepat untuk memecahkan masalah optimasi.

PO - 2

C5. Mahasiswa mampu menafsirkan secara tepat hasil analisis optimasi untuk pengambilan keputusan.

PO - 3

A5. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter teliti, berwawasan luas, dan cerdas di dalam kegiatan pembelajaran Operational Research

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar riset operasi dan pendekatan berbagai metode pemodelan deterministik seperti linear programming, model transportasi, penugasan, sistem antrian, game theory dan manajemen proyek, serta terampil dan dengan menggunakan alat analisis melalui software management science untuk menghasilkan pengambilan keputusan khususnya yang berhubungan dengan masalah alokasi sumber daya perusahaan. Aplikasi pembelajarannya melalui analisis contoh-contoh kasus di kelas. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem analisis studi kasus, ceramah, diskusi, tugas, dan refleksi.This course discusses the basic concepts of operations research and approaches to various deterministic modeling methods such as linear programming, transportation models, assignments, queuing systems, game theory and project management, as well as being skilled and using analytical tools through management science software to produce decision-making specifically related to with the issue of company resource allocation. Learning applications through the analysis of case examples in class. Lectures are carried out with a system of case study analysis, lectures, discussions, assignments, and reflections.

Pustaka

Utama :

  1. Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall.
  2. TaylorIII, Bernard W. 2004. Introduction to Management Science, 8th Ed. Pearson, Prentice Hall.
  3. Mulyono,Sri. 2004. Operation Research. Jakarta: Lembaga Penerbitan FE UI.
  4. Render, B. ; Stair, R. M. , Jr. ; and Hana, Michael E. 2009. Quantitative Analysis for Management, 10th Ed. Pearson, PrenticeHall.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Andre Dwijanto Witjaksono, S.T., M.Si.

Dr. Nadia Asandimitra Haryono, S.E., M.M.

Widyastuti, S.Si., M.Si.

Tias Andarini Indarwati, S.E., M.M.

Achmad Kautsar, S.E., M.M.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan definisi dan kegunaan OR

1.1. Menjelaskan sejarah OR 1.1. Menyebutkan manfaat OR 1.2. Menjelaskan tahapan dalam OR

Kriteria:

holistic rubric


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3 X 50

Materi: definisi dan kegunaan OR
Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall.
5%

2

Minggu ke 2

Menganalisis penyusunan model matematis

2.1 Tersusunnya Formulasi Model Umum Program Linear 2.2 Tersusunnya Formulasi Model Bentuk Baku Program Linear

Kriteria:

holistic rubric


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, problem solving
3 X 50

Materi: penyusunan model matematis
Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall.
4%

3

Minggu ke 3

Menganalisis pemecahan masalah berdasarkan model yang telah disusun dengan metode grafis

3.1 Tercapainya fungsi tujuan yang memberikan nilai paling optimum dengan metode grafis

Kriteria:

holistic rubric


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, problem solving
3 X 50

Materi: metode grafis
Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall.
4%

4

Minggu ke 4

Menganalisis pemecahan masalah berdasarkan model yang telah disusun dengan metode simpleks sederhana

4.1 Tercapainya fungsi tujuan yang memberikan nilai paling optimum dengan metode simpleks sederhana

Kriteria:

holistic rubric


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, problem solving
3 X 50

Materi: metode simpleks sederhana
Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall.
4%

5

Minggu ke 5

Menganalisis pemecahan masalah berdasarkan model yang telah disusun dengan metode Dual SImpleks

5.1 Tercapainya fungsi tujuan yang memberikan nilai paling optimum dengan metode Dual Simpleks

Kriteria:

holistic rubric


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, problem solving
3 X 50

Materi: metode Dual Simpleks
Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall.
6%

6

Minggu ke 6

Menganalisis pemecahan masalah berdasarkan model yang telah disusun dengan metode M atau Penalty

6.1. Tercapainya fungsi tujuan yang memberikan nilai paling optimum dengan metode M atau Penalty

Kriteria:

holistic rubric


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, problem solving
3 X 50

Materi: metode M atau Penalty
Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall.
4%

7

Minggu ke 7

Menganalisis pemecahan masalah berdasarkan penugasan

Menetapkan sejumlah sumber daya ke jumlah yang sama dari beberapa kegiatan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, problem solving
3 x 50

Materi: penugasan
Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall.
6%

8

Minggu ke 8

UTS


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes

    3 X 50

    15%

    9

    Minggu ke 9

    Menganalisis pemecahan masalah transportasi dengan metode North West Corner, Stepping Stone,Least Corner, Vogels Approximation Method

    Terselesaikannya berbagai persoalan transportasi yang optimum dengan metode North West Corner, Stepping Stone,Least Corner, Vogels Approximation Method

    Kriteria:

    holistic rubric


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, diskusi, problem solving
    3 X 50

    Materi: metode North West Corner, Stepping Stone,Least Corner, Vogels Approximation Method
    Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall.
    6%

    10

    Minggu ke 10

    Menganalisis pemecahan masalah transportasi dengan metode North West Corner, Stepping Stone, Least Corner, Vogel’s Approximation Method

    10.1. Terselesaikannya berbagai persoalan transportasi yang optimum dengan metode North West Corner, Stepping Stone, Least Corner, Vogel’s Approximation Method

    Kriteria:

    holistic rubric


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    ceramah, diskusi dan problem solving
    3 x 50

    Materi: metode North West Corner, Stepping Stone,Least Corner, Vogels Approximation Method
    Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall.
    4%

    11

    Minggu ke 11

    Menganalisis pemecahan masalah penyelesaian proyek PERT/CPM

    Terselesaikannya pemecahan masalah penyelesaiaan proyek yang optimum dengan metode PERT/CPM

    Kriteria:

    holistic rubric


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, diskusi, problem solving
    3 X 50

    Materi: penyelesaian proyek PERT/CPM
    Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall.
    5%

    12

    Minggu ke 12

    Menganalisis pemecahan masalah penyelesaian proyek PERT/CPM

    12.1. Terselesaikannya pemecahan masalah penyelesaiaan proyek yang optimum dengan metode PERT/CPM

    Kriteria:

    holistic rubric


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    ceramah, diskusi dan problem solving
    3 x 50

    Materi: penyelesaian proyek PERT/CPM
    Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall.
    4%

    13

    Minggu ke 13

    Menentukan strategi optimal menggunakan Game Theory

    Terselesaikannya pemecahan masalah untuk penentuan strategi yang optimal dengan metode Game Theory sesuai kondisi yang dihadapi

    Kriteria:

    holistic rubric


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, diskusi, problem solving
    3 X 50

    Materi: Game Theory
    Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall.
    4%

    14

    Minggu ke 14

    Menentukan strategi optimal menggunakan Game Theory

    14.1. Terselesaikannya pemecahan masalah untuk penentuan strategi yang optimal dengan metode Game Theory sesuai kondisi yang dihadapi

    Kriteria:

    holistic rubric


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    ceramah, diskusi dan problem solving
    3 x 50

    Materi: Game Theory
    Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall.
    2%

    15

    Minggu ke 15

    Menganalisis permasalahan antrian

    Terselesaikannya pemecahan masalah antrian dengan sesuai kondisi yang dihadapi

    Kriteria:

    holistic rubric


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, diskusi, problem solving Ceramah, diskusi, problem solving Ceramah, diskusi, problem solving
    3 X 50

    Materi: antrian
    Pustaka: Taha,Hamdy A. 2003. Operations Research: An Introduction, 7th Edition. Prentice Hall.
    2%

    16

    Minggu ke 16

    UAS


      Bentuk Penilaian :
      Tes

      3 X 50

      25%



      Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

      No Evaluasi Persentase
      1. Aktifitas Partisipasif 52%
      2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 10.5%
      3. Praktik / Unjuk Kerja 5%
      4. Tes 32.5%
      100%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.