|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kalkulus Integral |
8320503065 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
2 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Gde Agus Yudha Prawira Adistana, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemahaman konsep berbagai macam metode integrasi tak tentu, integral tertentu dan aplikasi integral dibidang keteknik sipilan , yaitu untuk mencari luas daerah, volume benda putar, panjang busur, luas kulit benda putar, titik berat dan momen inersia. Mampu memahami definisi multivariable fungsi, mendiferensialkan secara parsial dan menentukan turunan total serta aplikasinya dalam bidang keteknisipilan serta melakukan integral rangkap 2 dan rangkap 3 dengan aplikasinya dibidang keteknisipilan |
Pustaka
|
Utama : |
|
- [1] Louis Leithold, 1991, Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik, edisi 5 , Jakarta : Erlangga. [2] L. Susskind, G. Hrabovsky, 2013, The Theorictical Minimum, New York : Basic Book [3]. Purcell dan Verberg,1992, Kalkulus dan Geometri Analitis , Jakarta: Erlangga [4]. Stroud, K.A, 1986, [alih bahasa oleh Erwin Sucipto], Matematika Untuk Teknik , Penerbit: Erlangga ,Jakarta. [5]. Baisuni , M.H. , 1986 , Kalkulus , Jakarta : Universitas Indonesia
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Ninik Wahju Hidajati, S.Si., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menyelesaikan integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi |
Menganalisis integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Menyelesaikan integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi |
Menganalisis integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menyelesaikan integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi |
· Menganalisis integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menyelesaikan integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi Mampu menyelesaikan integral dengan syarat batas |
Menganalisis integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi Menganalisis integral dengan syarat batas |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
· Mampu menyelesaikan integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi · Mampu menyelesaikan integral dengan syarat batas |
· Menganalisis integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi · Menganalisis integral dengan syarat batas |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menerapkan Integral Tertentu pada luas daerah dan volume benda putar |
· Menghitung luas daerah dan volume benda putar |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menerapkan Integral Tertentu pada Panjang Busur dan Luas Kulit Benda Putar |
· Menghitung Panjang Busur |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester===> mampu memahami materi mulai pertemuan ke-1 s/d ke-7 |
· Semua materi mulai pertemuan ke-1 sampai dengan ke-7 |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menerapkan Integral Tertentu pada Titik Berat |
· Menghitung titik berat |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menerapkan Integral Tertentu pada Momen Inersia |
· Menghitung momen inersia |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami definisi multivariable fungsi, mendiferensialkan secara parsial dan menentukan turunan total |
· Menganalisis definisi multivariable fungsi, mendiferensialkan secara parsial dan turunan total |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mengetahui penerapan dari differensial parsial dan diferensial total |
Menghitung differensial parsial dan aplikasinya |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mengetahui penerapan dari differensial parsial |
Menghitung differensial parsial dan aplikasinya |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 6 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami pengertian Integral Rangkap 2 dan Integral Rangkap 3 serta aplikasinya |
Menghitung Integral Rangkap 2 dan Integral Rangkap 3 serta aplikasinya |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 6 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami pengertian Integral Rangkap 2 dan Integral Rangkap 3 serta aplikasinya |
Menghitung Integral Rangkap 2 dan Integral Rangkap 3 serta aplikasinya |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |