|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Ekonomi Kerakyatan |
8700302010 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
1 |
15 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Nurida Canda Sakti, M.Si
|
Prof. Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd
|
Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menafsirkan konsep dan teori Ekonomi Kerakyatan
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis pasal-pasal dalam UUD NRI Th 1945 yang menjadi dasar hukum penerapan ekonomi kerakyatan
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menghubungkan kebijakan Pemerintah yang berbasis pada kesejahteraan masyarakat dan penerapannya pada perekonomian nasional yang meningkatkan kesejahteraan rakyat.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengelaborasi berbagai pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam menggerakan kegiatan perekonomi kerakyatan.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | | ✔ | PO-4 | | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Ekonomi Kerakyatan Indonesia ini memperdalam pemahaman tentang konsep dan praktik-praktik kegiatan ekonomi yang berorientasi pada Sistem Perekonomi Indonesia yang menunjang peningkatan kesejahteraan rakyat, termasuk peran koperasi, usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta kebijakan Pemerintah yang mendukung kegiatan ekonomi yang berbasis kerakyatan. Selain itu, mata kuliah ini dirancang untuk menganalisis prinsip-prinsip ekonomi kerakyatan, model pembangunan yang inklusif, serta mengevaluasi tantangan dan peluang dengan mendalam tentang isue-isue perekonomi di era globalisasi. Case Study Based Learning yang relevan dengan pembahasan kajiannya. Penilaian didasarkan pada semangat partisipatif, penugasan, dan tes serta non tes. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Robert Boyer. (2020). The Future of Economics Growth: As New Becomes Old. Houston: Pentice Hill
- 2. Alain DJ dan Elisabeth. (2021). Development Economics: Theory and practice. California: University Press, Inc.
- 3. Mubyarto, dkk. (2014). Ekonomi Kerakyatan. Yogyakarta: Lembaga Suluh Nusantara
- 4. Hill, Hal. (2000). The Indonesian Economy, Second Edition, Cambridge: University Press.
- 5. Panennungi, Maddaremmeng. 2017. Transformasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
- 6. Sri Edi Swasono (2010). Kembali ke pasal 33 UUD 1945: Menolak liberalisme. Jakarta: Yayasan Hatta.
- 7. Pangestu, Mari, dkk (Ed). 2003. Indonesia dan Tantangan Ekonomi Global. Jakarta: CSIS Book.
- 8. Bappenas. (2012). Infrastructure Development Strategy in Indonesia. Jakarta: Book
- 9. Sekretariat Negara. (1999). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta: Setneg
|
Pendukung : |
|
- Nika, H.H dan Fandhi G. (2021). Eksistensi Ekonomi Kerakyatan di Tengah Pandemi.
- 2. Froyen, Richard T. (2013). Macroeconomics, Theories and Policies. 10thEdition. Kendallville: Pearson, USA.
- 3. Subroto, WT. (2015). Revitalization of Pancasila Economic System in the Globalization Era. International Journal of Economics and Financial Issues, 2015, 5(4), 860-867.
- 4. Subroto, WT. Roesminingsih, MV. Yatim R, Wahyu S. (2017) . Perception of Society toward Populist Economic Policy for Development Economic: Empirical Research in East Java. International Journal of Economics and Financial Issues, 2017, 7(5), 1-5.
|
Dosen Pengampu
|
Prof.Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd. Dr. Norida Canda Sakti, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa menguasai prinsip-prinsip penerapan ekonomi kerakyatan. |
- • Menganalisis konsep dan teori ekonomi kerakyatan
- • Mengidentifikan teori-teori ekonomi kerakyatan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
|
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengelaborasi Sistem Perekonomian di Indonesia berdasarkan UUD NRI tahun 1945. |
- • Menganalisis dasar hukum sistem perekonomian di Indonesia.
- • Menganalisis dasar hukum sistem perekonomian di Indonesia. • Mengidentifikasi pasal-pasal dalam UUD NRI tahun 1945 yang menjadi dasar Sistem Ekonomi kerakyatan
- • Menerapkan pasal-pasal dalam UUD NRI tahun 1945 yang menjadi dasar dalam pelaksanaan sistem perekonomian di Indonesia.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ buku.
|
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ buku.
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Brainstorming, dan review artikel/buku/
|
Ceramah dan review artikel/buku/
buku series
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
|
- • Mengidentifikasi karakteristik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
- • Menganalisis pemberdayaan terhadap UMKM, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
- • Mendeskripsikan dampak pemberdayaan UMKM terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.
- • Membandingkan peran UMKM dan wiraswasta (entreprenurship) dalam kegiatan ekonomi kerakyatan
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku
|
Diskusi dan review artikel/buku
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
|
- • Menjelaskan tentang prinsip-prinsip ekonomi kerakyatan
- • Mengidentifikan aktifitas ekonomi yang berbasis pada ekonomi kerakyatan .
- • Mendeskripsikan prinsip ekonomi kerakyatan pada kegiatan ekonomi secara nasional
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Brainstorming dan review artikel/buku/
|
Brainstorming dan review artikel/buku/
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
|
- • Mendeskripsikan penerapan pembangunan inklusi
- • Mengidentifikan manfaat pembangunan inklusi pada masyarakat luas.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dalam pendekatan Case Study Methods /
|
Diskusi dalam pendekatan Case Study Methods /
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
|
- • Menjelaskan peran UMKM dan koperasi dalam ekonomi kerakyatan.
- • Mengidentifikan UMKM dalam ekonomi kerakyatan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dalam pendekatan Case Study Methods /
|
Diskusi dalam pendekatan Case Study Methods /
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
- • Mendeskripsikan peran kebijakan Pemerintah dalam perekonomian rakyat.
- • Mengidentifikasi dampak kebijakan Pemerintah dalam mendorong ekonomi kerakyatan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan review artikel/buku/
buku series
|
Ceramah dan review artikel/buku/
buku series
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
- Mendeskripsikan peran Koperasi dalam menunjang ekonomi kerakyatan.
- • Menjelaskan manfaat koperasi dalam UMKM
- • Mengidentifikasi pemberdayaan koperasi dalam era globalisasi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan review artikel/buku/
buku series
|
Ceramah dan review artikel/buku/
buku series
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
- • Menjelaskan peran UMKM dalam mendorong kegiatan perekonomian masyarakat
- • Menghubungkan peran UMKM dan Koperasi dalam kegiatan ekonomi kerakyatan
- • Mendeskripsikan kegiatan UMKM dan koperasi dalam kegiatan perekonomian rakyat.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dalam pendekatan Case Study Methods
|
Diskusi dalam pendekatan Case Study Methods
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
- Mendeskripsikan pemberdayaan UMKM untuk mendukung ekonomi kerakyatan.
- • Mengidentifikasi hasil-hasil kebijakan Pemerintah dalam pemberdayaan UMKM untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan review artikel
|
Diskusi dan review artikel
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
- • Menjelaskan kondisi empiris yang terjadi dalam perekonomi global.
- • Menganalisis pengaruh ekonomi global terhadap ekonomi kerakyatan.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan review artikel/buku
|
Ceramah dan review artikel/buku
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
- • Menjelaskan topik-topik actual yang layak dilaksanakan untuk dilaksanakan riset- riset dalam ekonomi kerakyatan. • Menyusun proposal riset dalam ekonomi kerakyatan. • Menyusun laporan riset yang tertuang dalam artikel ilmiah dalam konteks ekonomi kerakyatan.
- • Menyusun proposal riset dalam ekonomi kerakyatan.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penulisan artikel ilmiah
|
Penulisan artikel ilmiah
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
- • Menyusun artikel ilmiah sebagai hasil penelitian di bidang ekonomi kerakyatan.
- • Mengidentifikan jurnal-jurnal internasional yang sesuai dengan topiknya.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
submited pada jurnal internasional.
|
submited pada jurnal internasional.
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
0% |