Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Ekonomi Kerakyatan

8700302010

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=5.04

1

15 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Nurida Canda Sakti, M.Si




Prof. Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menafsirkan konsep dan teori Ekonomi Kerakyatan

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis pasal-pasal dalam UUD NRI Th 1945 yang menjadi dasar hukum penerapan ekonomi kerakyatan

PO - 3

Mahasiswa mampu menghubungkan kebijakan Pemerintah yang berbasis pada kesejahteraan masyarakat dan penerapannya pada perekonomian nasional yang meningkatkan kesejahteraan rakyat.

PO - 4

Mahasiswa mampu mengelaborasi berbagai pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam menggerakan kegiatan perekonomi kerakyatan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Ekonomi Kerakyatan Indonesia ini memperdalam pemahaman tentang konsep dan praktik-praktik kegiatan ekonomi yang berorientasi pada Sistem Perekonomi Indonesia yang menunjang peningkatan kesejahteraan rakyat, termasuk peran koperasi, usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta kebijakan Pemerintah yang mendukung kegiatan ekonomi yang berbasis kerakyatan. Selain itu, mata kuliah ini dirancang untuk menganalisis prinsip-prinsip ekonomi kerakyatan, model pembangunan yang inklusif, serta mengevaluasi tantangan dan peluang dengan mendalam tentang isue-isue perekonomi di era globalisasi. Case Study Based Learning yang relevan dengan pembahasan kajiannya. Penilaian didasarkan pada semangat partisipatif, penugasan, dan tes serta non tes.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Robert Boyer. (2020). The Future of Economics Growth: As New Becomes Old. Houston: Pentice Hill
  2. 2. Alain DJ dan Elisabeth. (2021). Development Economics: Theory and practice. California: University Press, Inc.
  3. 3. Mubyarto, dkk. (2014). Ekonomi Kerakyatan. Yogyakarta: Lembaga Suluh Nusantara
  4. 4. Hill, Hal. (2000). The Indonesian Economy, Second Edition, Cambridge: University Press.
  5. 5. Panennungi, Maddaremmeng. 2017. Transformasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
  6. 6. Sri Edi Swasono (2010). Kembali ke pasal 33 UUD 1945: Menolak liberalisme. Jakarta: Yayasan Hatta.
  7. 7. Pangestu, Mari, dkk (Ed). 2003. Indonesia dan Tantangan Ekonomi Global. Jakarta: CSIS Book.
  8. 8. Bappenas. (2012). Infrastructure Development Strategy in Indonesia. Jakarta: Book
  9. 9. Sekretariat Negara. (1999). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta: Setneg

Pendukung :

  1. Nika, H.H dan Fandhi G. (2021). Eksistensi Ekonomi Kerakyatan di Tengah Pandemi.
  2. 2. Froyen, Richard T. (2013). Macroeconomics, Theories and Policies. 10thEdition. Kendallville: Pearson, USA.
  3. 3. Subroto, WT. (2015). Revitalization of Pancasila Economic System in the Globalization Era. International Journal of Economics and Financial Issues, 2015, 5(4), 860-867.
  4. 4. Subroto, WT. Roesminingsih, MV. Yatim R, Wahyu S. (2017) . Perception of Society toward Populist Economic Policy for Development Economic: Empirical Research in East Java. International Journal of Economics and Financial Issues, 2017, 7(5), 1-5.

Dosen Pengampu

Prof.Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd.

Dr. Norida Canda Sakti, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa menguasai prinsip-prinsip penerapan ekonomi kerakyatan.

  1. • Menganalisis konsep dan teori ekonomi kerakyatan
  2. • Mengidentifikan teori-teori ekonomi kerakyatan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengelaborasi Sistem Perekonomian di Indonesia berdasarkan UUD NRI tahun 1945.

  1. • Menganalisis dasar hukum sistem perekonomian di Indonesia.
  2. • Menganalisis dasar hukum sistem perekonomian di Indonesia. • Mengidentifikasi pasal-pasal dalam UUD NRI tahun 1945 yang menjadi dasar Sistem Ekonomi kerakyatan
  3. • Menerapkan pasal-pasal dalam UUD NRI tahun 1945 yang menjadi dasar dalam pelaksanaan sistem perekonomian di Indonesia.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ buku.
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ buku.
0%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Brainstorming, dan review artikel/buku/
Ceramah dan review artikel/buku/
buku series
0%

4

Minggu ke 4

  1. • Mengidentifikasi karakteristik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
  2. • Menganalisis pemberdayaan terhadap UMKM, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  3. • Mendeskripsikan dampak pemberdayaan UMKM terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  4. • Membandingkan peran UMKM dan wiraswasta (entreprenurship) dalam kegiatan ekonomi kerakyatan
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku
Diskusi dan review artikel/buku
0%

5

Minggu ke 5

  1. • Menjelaskan tentang prinsip-prinsip ekonomi kerakyatan
  2. • Mengidentifikan aktifitas ekonomi yang berbasis pada ekonomi kerakyatan .
  3. • Mendeskripsikan prinsip ekonomi kerakyatan pada kegiatan ekonomi secara nasional

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Brainstorming dan review artikel/buku/
Brainstorming dan review artikel/buku/
0%

6

Minggu ke 6

  1. • Mendeskripsikan penerapan pembangunan inklusi
  2. • Mengidentifikan manfaat pembangunan inklusi pada masyarakat luas.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dalam pendekatan Case Study Methods /
Diskusi dalam pendekatan Case Study Methods /
0%

7

Minggu ke 7

  1. • Menjelaskan peran UMKM dan koperasi dalam ekonomi kerakyatan.
  2. • Mengidentifikan UMKM dalam ekonomi kerakyatan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dalam pendekatan Case Study Methods /
Diskusi dalam pendekatan Case Study Methods /
0%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Tes


0%

9

Minggu ke 9

  1. • Mendeskripsikan peran kebijakan Pemerintah dalam perekonomian rakyat.
  2. • Mengidentifikasi dampak kebijakan Pemerintah dalam mendorong ekonomi kerakyatan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan review artikel/buku/
buku series
Ceramah dan review artikel/buku/
buku series
0%

10

Minggu ke 10

  1. Mendeskripsikan peran Koperasi dalam menunjang ekonomi kerakyatan.
  2. • Menjelaskan manfaat koperasi dalam UMKM
  3. • Mengidentifikasi pemberdayaan koperasi dalam era globalisasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan review artikel/buku/
buku series
Ceramah dan review artikel/buku/
buku series
0%

11

Minggu ke 11

  1. • Menjelaskan peran UMKM dalam mendorong kegiatan perekonomian masyarakat
  2. • Menghubungkan peran UMKM dan Koperasi dalam kegiatan ekonomi kerakyatan
  3. • Mendeskripsikan kegiatan UMKM dan koperasi dalam kegiatan perekonomian rakyat.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dalam pendekatan Case Study Methods
Diskusi dalam pendekatan Case Study Methods
0%

12

Minggu ke 12

  1. Mendeskripsikan pemberdayaan UMKM untuk mendukung ekonomi kerakyatan.
  2. • Mengidentifikasi hasil-hasil kebijakan Pemerintah dalam pemberdayaan UMKM untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan review artikel
Diskusi dan review artikel
0%

13

Minggu ke 13

  1. • Menjelaskan kondisi empiris yang terjadi dalam perekonomi global.
  2. • Menganalisis pengaruh ekonomi global terhadap ekonomi kerakyatan.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan review artikel/buku
Ceramah dan review artikel/buku
0%

14

Minggu ke 14

  1. • Menjelaskan topik-topik actual yang layak dilaksanakan untuk dilaksanakan riset- riset dalam ekonomi kerakyatan. • Menyusun proposal riset dalam ekonomi kerakyatan. • Menyusun laporan riset yang tertuang dalam artikel ilmiah dalam konteks ekonomi kerakyatan.
  2. • Menyusun proposal riset dalam ekonomi kerakyatan.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penulisan artikel ilmiah
Penulisan artikel ilmiah
0%

15

Minggu ke 15

  1. • Menyusun artikel ilmiah sebagai hasil penelitian di bidang ekonomi kerakyatan.
  2. • Mengidentifikan jurnal-jurnal internasional yang sesuai dengan topiknya.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
submited pada jurnal internasional.
submited pada jurnal internasional.
0%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Tes


0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.