Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Komputasi Matematika

8310102139

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

30 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Dian Savitri, M.Si.




.......................................




Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-12

Memiliki pengetahuan yang komprehensif sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dan mengikuti kaidah penulisan ilmiah

PLO-13

Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep dan metode komputasi matematika dalam penyelesaian masalah nyata di bidang teknologi dan kejuruan (C3)

PO - 2

Menganalisis dan memecah masalah kompleks menggunakan prinsip matematika komputasi untuk memahami struktur dan pola yang ada (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas algoritma dan metode komputasi yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan teknologi kejuruan (C5)

PO - 4

Menciptakan solusi inovatif untuk permasalahan di bidang pendidikan teknologi dan kejuruan menggunakan teknik komputasi matematika (C6)

PO - 5

Menerapkan algoritma matematika untuk mengoptimalkan teknologi yang relevan dengan industri dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan (C3)

PO - 6

Menganalisis data dan informasi untuk mendukung keputusan dalam penelitian dan pengembangan di pendidikan teknologi kejuruan (C4)

PO - 7

Mengevaluasi dan mengkritisi hasil penelitian yang menggunakan komputasi matematika, berdasarkan kriteria ilmiah dan praktis (C5)

PO - 8

Menciptakan model matematika baru yang dapat diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan teknologi kejuruan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-12PLO-13
PO-1 
PO-2
PO-3 
PO-4  
PO-5  
PO-6 
PO-7
PO-8  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Komputasi Matematika pada jenjang S2 program studi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang penerapan konsep matematika dalam pemecahan masalah teknologi dan kejuruan menggunakan komputasi. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pengenalan algoritma, pemrograman matematika, analisis numerik, dan aplikasi komputasi dalam bidang teknologi dan kejuruan.

Pustaka

Utama :

  1. Chapra Steven C, Canale Raymond P, 2002, Numerical Methods for Engineers, Fourth Edition, Mc Graw Hill

Pendukung :

  1. Fink, K.K., Mathews H.J. 2004.Numerical Methods using Matlab 4th Edition. New Jersey: Pearson Education Inter.
  2. Atkinson, K. 2003. Elementary Numerical Analysis3rd Edition, John Wiley and Sons.
  3. Jaan Kiusalaas, 2013, Numerical Methods in Engineering with Python 3, Cambridge University Press.
  4. Fisher, M.E. 1985. Introductory Numerical Methods for Scientists and Engineers, Revised Edition. Department of Mathematics, The Univesity of Western Australia.
  5. Jaan Kiusalaas, 2005, Numerical Methods in Engineering with Matlab, Cambridge University Press.
  6. LKM Interpolasi Numerik, Dian Savitri, Jurusan Matematika Unesa
  7. LKM Integrasi Numerik, Dian Savitri dan Dimas Avian Maulana, Jurusan Matematika Unesa

Dosen Pengampu

Dr. Dian Savitri, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dan metode komputasi matematika dalam menyelesaikan masalah nyata di bidang teknologi dan kejuruan.

  1. Penerapan konsep komputasi matematika dalam penyelesaian masalah
  2. Kemampuan menerapkan metode komputasi matematika dalam konteks nyata

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Penugasan proyek online
Materi: Pengenalan konsep komputasi matematika, Metode numerik dalam pemecahan masalah, Penerapan komputasi matematika dalam teknologi
Pustaka: Chapra Steven C, Canale Raymond P, 2002, Numerical Methods for Engineers, Fourth Edition, Mc Graw Hill
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dan metode komputasi matematika dalam penyelesaian masalah nyata di bidang teknologi dengan baik.

  1. Penerapan metode numerik dalam penyelesaian masalah teknologi
  2. Kemampuan menerapkan konsep komputasi matematika dalam konteks nyata

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Tugas pemrograman menggunakan Metode Numerik
Materi: Metode Numerik, Iterasi, Metode Bagi Dua, Metode Newton-Raphson
Pustaka: Chapra Steven C, Canale Raymond P, 2002, Numerical Methods for Engineers, Fourth Edition, Mc Graw Hill
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan memecahkan masalah kompleks menggunakan prinsip matematika komputasi untuk memahami struktur dan pola yang ada.

  1. Mampu menerapkan metode numerik dengan tepat
  2. Mampu mengidentifikasi pola dalam masalah komputasi
  3. Mampu menganalisis masalah kompleks dengan baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja

Penugasan pemecahan masalah kompleks menggunakan metode numerik yang disampaikan melalui LMS
Materi: Metode Numerik Dasar, Iterasi dalam Pemecahan Masalah, Interpolasi dan Aproksimasi
Pustaka: Chapra Steven C, Canale Raymond P, 2002, Numerical Methods for Engineers, Fourth Edition, Mc Graw Hill
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis masalah kompleks menggunakan prinsip matematika komputasi, serta dapat memecahkan masalah tersebut dengan pemahaman yang baik terhadap struktur dan pola yang ada.

  1. Pemahaman konsep matematika komputasi
  2. Kemampuan menganalisis masalah kompleks
  3. Kemampuan memecahkan masalah dengan prinsip matematika komputasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Penugasan proyek pemodelan matematika komputasi
Materi: Metode Numerik, Iterasi, Optimisasi, Interpolasi, Aproksimasi
Pustaka: Atkinson, K. 2003. Elementary Numerical Analysis3rd Edition, John Wiley and Sons.

Materi: Interpolasi Numerik
Pustaka: LKM Interpolasi Numerik, Dian Savitri, Jurusan Matematika Unesa
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan memilih algoritma serta metode komputasi yang efektif dalam konteks penelitian dan pengembangan teknologi kejuruan.

  1. Analisis efektivitas algoritma
  2. Evaluasi metode komputasi dalam teknologi kejuruan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Penugasan penelitian kejuruan menggunakan algoritma dan metode komputasi yang telah dipelajari
Materi: Pengenalan algoritma, Penerapan metode komputasi dalam teknologi kejuruan, Studi kasus penelitian
Pustaka: Fisher, M.E. 1985. Introductory Numerical Methods for Scientists and Engineers, Revised Edition. Department of Mathematics, The Univesity of Western Australia.
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas algoritma dan metode komputasi yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan teknologi kejuruan.

  1. Analisis efektivitas algoritma
  2. Evaluasi metode komputasi dalam penelitian teknologi kejuruan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan Proyek Riset
Materi: Pengenalan Algoritma, Metode Komputasi dalam Penelitian, Studi Kasus Teknologi Kejuruan
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pengenalan Algoritma, Metode Komputasi dalam Penelitian, Studi Kasus Teknologi Kejuruan
Pustaka: Fisher, M.E. 1985. Introductory Numerical Methods for Scientists and Engineers, Revised Edition. Department of Mathematics, The Univesity of Western Australia.
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif untuk permasalahan di bidang pendidikan teknologi dan kejuruan menggunakan teknik komputasi matematika.

  1. Penerapan teknik komputasi matematika secara kreatif
  2. Kemampuan mengidentifikasi permasalahan pendidikan teknologi dan kejuruan
  3. Kemampuan mengembangkan solusi inovatif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Pembuatan proyek inovatif menggunakan teknik komputasi matematika
Materi: Konsep dasar komputasi matematika, Penerapan komputasi matematika dalam pendidikan, Studi kasus dalam pendidikan teknologi dan kejuruan
Pustaka: Fisher, M.E. 1985. Introductory Numerical Methods for Scientists and Engineers, Revised Edition. Department of Mathematics, The Univesity of Western Australia.
3%

8

Minggu ke 8

Semua materi sebelum UTS

UTS

Kriteria:
  1. Tes essay secara luring
  2. Skor maksimal 100

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
UTS

Materi: Semua materi sebelum UTS
Pustaka: Chapra Steven C, Canale Raymond P, 2002, Numerical Methods for Engineers, Fourth Edition, Mc Graw Hill
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif untuk permasalahan di bidang pendidikan teknologi dan kejuruan menggunakan teknik komputasi matematika.

  1. Penggunaan algoritma komputasi matematika yang tepat
  2. Kreativitas dalam merancang solusi inovatif
  3. Kemampuan menerapkan teknik komputasi matematika secara efektif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Penugasan proyek online
Materi: Pengenalan algoritma komputasi matematika, Penerapan algoritma dalam pendidikan teknologi dan kejuruan, Studi kasus penggunaan teknik komputasi matematika
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pengenalan algoritma komputasi matematika, Penerapan algoritma dalam pendidikan teknologi dan kejuruan, Studi kasus penggunaan teknik komputasi matematika
Pustaka: Fink, K.K., Mathews H.J. 2004.Numerical Methods using Matlab 4th Edition. New Jersey: Pearson Education Inter.
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan algoritma matematika untuk mengoptimalkan teknologi yang relevan dengan industri dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan.

  1. Penerapan algoritma matematika dalam teknologi industri
  2. Kemampuan mengoptimalkan teknologi dengan algoritma matematika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Penugasan proyek online
Materi: Pengenalan algoritma matematika, Penerapan algoritma dalam teknologi industri, Studi kasus pengoptimalkan teknologi
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pengenalan algoritma matematika, Penerapan algoritma dalam teknologi industri, Studi kasus pengoptimalkan teknologi
Pustaka: Fink, K.K., Mathews H.J. 2004.Numerical Methods using Matlab 4th Edition. New Jersey: Pearson Education Inter.
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis data dan informasi secara kritis untuk mendukung pengambilan keputusan yang berkualitas dalam konteks penelitian dan pengembangan di pendidikan teknologi kejuruan.

  1. Analisis data yang tepat
  2. Pemahaman informasi yang mendalam
  3. Kemampuan mengambil keputusan berdasarkan data

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Diskusi daring tentang studi kasus analisis data
Materi: Pengumpulan Data, Pengolahan Data, Interpretasi Data, Pengambilan Keputusan Berbasis Data
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pengumpulan Data, Pengolahan Data, Interpretasi Data, Pengambilan Keputusan Berbasis Data
Pustaka: Jaan Kiusalaas, 2013, Numerical Methods in Engineering with Python 3, Cambridge University Press.
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan mengkritisi hasil penelitian dengan menggunakan komputasi matematika secara kritis dan objektif.

  1. Kemampuan menganalisis kekuatan dan kelemahan penelitian
  2. Kemampuan memberikan saran perbaikan yang konstruktif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Tugas Review Artikel Penelitian
Materi: Pengenalan penelitian dengan komputasi matematika, Kriteria ilmiah dan praktis dalam mengevaluasi penelitian, Teknik kritik penelitian
Pustaka: Jaan Kiusalaas, 2013, Numerical Methods in Engineering with Python 3, Cambridge University Press.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai kemampuan untuk mengevaluasi dan mengkritisi hasil penelitian yang menggunakan komputasi matematika dengan kriteria ilmiah dan praktis.

  1. Kemampuan menganalisis penelitian
  2. Kemampuan mengevaluasi kriteria ilmiah dan praktis
  3. Kemampuan mengidentifikasi kelemahan penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
Diskusi daring tentang penelitian terkait, Analisis studi kasus secara daring
Materi: Pengenalan penelitian dengan komputasi matematika, Kriteria ilmiah dalam penelitian, Kriteria praktis dalam penelitian, Teknik evaluasi hasil penelitian
Pustaka: Jaan Kiusalaas, 2013, Numerical Methods in Engineering with Python 3, Cambridge University Press.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model matematika baru yang dapat diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan teknologi kejuruan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

  1. Pengembangan model matematika baru
  2. Integrasi model dalam kurikulum pendidikan
  3. Relevansi model dengan teknologi kejuruan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi daring tentang penerapan model matematika dalam pendidikan teknologi kejuruan
Materi: Konsep model matematika, Penerapan model dalam pendidikan teknologi kejuruan, Kreativitas dalam menciptakan model
Pustaka: Fink, K.K., Mathews H.J. 2004.Numerical Methods using Matlab 4th Edition. New Jersey: Pearson Education Inter.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model matematika baru yang dapat diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan teknologi kejuruan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

  1. Kemampuan menerapkan konsep matematika dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan
  2. Kemampuan menciptakan model matematika baru yang relevan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Penugasan Proyek Kolaboratif
Materi: Konsep Matematika dalam Pendidikan Teknologi Kejuruan, Penerapan Model Matematika dalam Kurikulum Pendidikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Konsep Matematika dalam Pendidikan Teknologi Kejuruan, Penerapan Model Matematika dalam Kurikulum Pendidikan
Pustaka: Fink, K.K., Mathews H.J. 2004.Numerical Methods using Matlab 4th Edition. New Jersey: Pearson Education Inter.
5%

16

Minggu ke 16

Semua materi sebelum UAS

UAS

Kriteria:
  1. Tes essay secara luring
  2. Skor maksimal 100

Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
100

Materi: Semua materi sebelum UAS
Pustaka: Fink, K.K., Mathews H.J. 2004.Numerical Methods using Matlab 4th Edition. New Jersey: Pearson Education Inter.
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 10.6%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 19.1%
3. Penilaian Portofolio 29.1%
4. Penilaian Praktikum 0.6%
5. Praktik / Unjuk Kerja 0.6%
6. Tes 40%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.