|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Komputasi Matematika |
8310102139 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
30 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Dian Savitri, M.Si.
|
.......................................
|
Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-12 |
Memiliki pengetahuan yang komprehensif sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dan mengikuti kaidah penulisan ilmiah |
PLO-13 |
Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan konsep dan metode komputasi matematika dalam penyelesaian masalah nyata di bidang teknologi dan kejuruan (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis dan memecah masalah kompleks menggunakan prinsip matematika komputasi untuk memahami struktur dan pola yang ada (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas algoritma dan metode komputasi yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan teknologi kejuruan (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan solusi inovatif untuk permasalahan di bidang pendidikan teknologi dan kejuruan menggunakan teknik komputasi matematika (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan algoritma matematika untuk mengoptimalkan teknologi yang relevan dengan industri dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis data dan informasi untuk mendukung keputusan dalam penelitian dan pengembangan di pendidikan teknologi kejuruan (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi dan mengkritisi hasil penelitian yang menggunakan komputasi matematika, berdasarkan kriteria ilmiah dan praktis (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan model matematika baru yang dapat diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan teknologi kejuruan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (C6)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-12 | PLO-13 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | | PO-5 | | | PO-6 | | ✔ | PO-7 | ✔ | ✔ | PO-8 | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Komputasi Matematika pada jenjang S2 program studi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang penerapan konsep matematika dalam pemecahan masalah teknologi dan kejuruan menggunakan komputasi. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pengenalan algoritma, pemrograman matematika, analisis numerik, dan aplikasi komputasi dalam bidang teknologi dan kejuruan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Chapra Steven C, Canale Raymond P, 2002, Numerical Methods for Engineers, Fourth Edition, Mc Graw Hill
|
Pendukung : |
|
- Fink, K.K., Mathews H.J. 2004.Numerical Methods using Matlab 4th Edition. New Jersey: Pearson Education Inter.
- Atkinson, K. 2003. Elementary Numerical Analysis3rd Edition, John Wiley and Sons.
- Jaan Kiusalaas, 2013, Numerical Methods in Engineering with Python 3, Cambridge University Press.
- Fisher, M.E. 1985. Introductory Numerical Methods for Scientists and Engineers, Revised Edition. Department of Mathematics, The Univesity of Western Australia.
- Jaan Kiusalaas, 2005, Numerical Methods in Engineering with Matlab, Cambridge University Press.
- LKM Interpolasi Numerik, Dian Savitri, Jurusan Matematika Unesa
- LKM Integrasi Numerik, Dian Savitri dan Dimas Avian Maulana, Jurusan Matematika Unesa
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Dian Savitri, S.Si., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dan metode komputasi matematika dalam menyelesaikan masalah nyata di bidang teknologi dan kejuruan. |
- Penerapan konsep komputasi matematika dalam penyelesaian masalah
- Kemampuan menerapkan metode komputasi matematika dalam konteks nyata
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Penugasan proyek online
|
Materi: Pengenalan konsep komputasi matematika, Metode numerik dalam pemecahan masalah, Penerapan komputasi matematika dalam teknologi Pustaka: Chapra Steven C, Canale Raymond P, 2002, Numerical Methods for Engineers, Fourth Edition, Mc Graw Hill |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dan metode komputasi matematika dalam penyelesaian masalah nyata di bidang teknologi dengan baik. |
- Penerapan metode numerik dalam penyelesaian masalah teknologi
- Kemampuan menerapkan konsep komputasi matematika dalam konteks nyata
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Tugas pemrograman menggunakan Metode Numerik
|
Materi: Metode Numerik, Iterasi, Metode Bagi Dua, Metode Newton-Raphson Pustaka: Chapra Steven C, Canale Raymond P, 2002, Numerical Methods for Engineers, Fourth Edition, Mc Graw Hill |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan memecahkan masalah kompleks menggunakan prinsip matematika komputasi untuk memahami struktur dan pola yang ada. |
- Mampu menerapkan metode numerik dengan tepat
- Mampu mengidentifikasi pola dalam masalah komputasi
- Mampu menganalisis masalah kompleks dengan baik
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Penugasan pemecahan masalah kompleks menggunakan metode numerik yang disampaikan melalui LMS
|
Materi: Metode Numerik Dasar, Iterasi dalam Pemecahan Masalah, Interpolasi dan Aproksimasi Pustaka: Chapra Steven C, Canale Raymond P, 2002, Numerical Methods for Engineers, Fourth Edition, Mc Graw Hill |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis masalah kompleks menggunakan prinsip matematika komputasi, serta dapat memecahkan masalah tersebut dengan pemahaman yang baik terhadap struktur dan pola yang ada. |
- Pemahaman konsep matematika komputasi
- Kemampuan menganalisis masalah kompleks
- Kemampuan memecahkan masalah dengan prinsip matematika komputasi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Penugasan proyek pemodelan matematika komputasi
|
Materi: Metode Numerik, Iterasi, Optimisasi, Interpolasi, Aproksimasi Pustaka: Atkinson, K. 2003. Elementary Numerical Analysis3rd Edition, John Wiley and Sons. Materi: Interpolasi Numerik Pustaka: LKM Interpolasi Numerik, Dian Savitri, Jurusan Matematika Unesa |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan memilih algoritma serta metode komputasi yang efektif dalam konteks penelitian dan pengembangan teknologi kejuruan. |
- Analisis efektivitas algoritma
- Evaluasi metode komputasi dalam teknologi kejuruan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Penugasan penelitian kejuruan menggunakan algoritma dan metode komputasi yang telah dipelajari
|
Materi: Pengenalan algoritma, Penerapan metode komputasi dalam teknologi kejuruan, Studi kasus penelitian Pustaka: Fisher, M.E. 1985. Introductory Numerical Methods for Scientists and Engineers, Revised Edition. Department of Mathematics, The Univesity of Western Australia. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas algoritma dan metode komputasi yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan teknologi kejuruan. |
- Analisis efektivitas algoritma
- Evaluasi metode komputasi dalam penelitian teknologi kejuruan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Penugasan Proyek Riset
|
Materi: Pengenalan Algoritma, Metode Komputasi dalam Penelitian, Studi Kasus Teknologi Kejuruan Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Pengenalan Algoritma, Metode Komputasi dalam Penelitian, Studi Kasus Teknologi Kejuruan Pustaka: Fisher, M.E. 1985. Introductory Numerical Methods for Scientists and Engineers, Revised Edition. Department of Mathematics, The Univesity of Western Australia. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif untuk permasalahan di bidang pendidikan teknologi dan kejuruan menggunakan teknik komputasi matematika. |
- Penerapan teknik komputasi matematika secara kreatif
- Kemampuan mengidentifikasi permasalahan pendidikan teknologi dan kejuruan
- Kemampuan mengembangkan solusi inovatif
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Pembuatan proyek inovatif menggunakan teknik komputasi matematika
|
Materi: Konsep dasar komputasi matematika, Penerapan komputasi matematika dalam pendidikan, Studi kasus dalam pendidikan teknologi dan kejuruan Pustaka: Fisher, M.E. 1985. Introductory Numerical Methods for Scientists and Engineers, Revised Edition. Department of Mathematics, The Univesity of Western Australia. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Semua materi sebelum UTS |
UTS |
Kriteria:
- Tes essay secara luring
- Skor maksimal 100
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
UTS
|
|
Materi: Semua materi sebelum UTS Pustaka: Chapra Steven C, Canale Raymond P, 2002, Numerical Methods for Engineers, Fourth Edition, Mc Graw Hill |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif untuk permasalahan di bidang pendidikan teknologi dan kejuruan menggunakan teknik komputasi matematika. |
- Penggunaan algoritma komputasi matematika yang tepat
- Kreativitas dalam merancang solusi inovatif
- Kemampuan menerapkan teknik komputasi matematika secara efektif
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Penugasan proyek online
|
Materi: Pengenalan algoritma komputasi matematika, Penerapan algoritma dalam pendidikan teknologi dan kejuruan, Studi kasus penggunaan teknik komputasi matematika Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Pengenalan algoritma komputasi matematika, Penerapan algoritma dalam pendidikan teknologi dan kejuruan, Studi kasus penggunaan teknik komputasi matematika Pustaka: Fink, K.K., Mathews H.J. 2004.Numerical Methods using Matlab 4th Edition. New Jersey: Pearson Education Inter. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan algoritma matematika untuk mengoptimalkan teknologi yang relevan dengan industri dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan. |
- Penerapan algoritma matematika dalam teknologi industri
- Kemampuan mengoptimalkan teknologi dengan algoritma matematika
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Penugasan proyek online
|
Materi: Pengenalan algoritma matematika, Penerapan algoritma dalam teknologi industri, Studi kasus pengoptimalkan teknologi Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Pengenalan algoritma matematika, Penerapan algoritma dalam teknologi industri, Studi kasus pengoptimalkan teknologi Pustaka: Fink, K.K., Mathews H.J. 2004.Numerical Methods using Matlab 4th Edition. New Jersey: Pearson Education Inter. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis data dan informasi secara kritis untuk mendukung pengambilan keputusan yang berkualitas dalam konteks penelitian dan pengembangan di pendidikan teknologi kejuruan. |
- Analisis data yang tepat
- Pemahaman informasi yang mendalam
- Kemampuan mengambil keputusan berdasarkan data
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Diskusi daring tentang studi kasus analisis data
|
Materi: Pengumpulan Data, Pengolahan Data, Interpretasi Data, Pengambilan Keputusan Berbasis Data Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Pengumpulan Data, Pengolahan Data, Interpretasi Data, Pengambilan Keputusan Berbasis Data Pustaka: Jaan Kiusalaas, 2013, Numerical Methods in Engineering with Python 3, Cambridge University Press. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan mengkritisi hasil penelitian dengan menggunakan komputasi matematika secara kritis dan objektif. |
- Kemampuan menganalisis kekuatan dan kelemahan penelitian
- Kemampuan memberikan saran perbaikan yang konstruktif
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Tugas Review Artikel Penelitian
|
Materi: Pengenalan penelitian dengan komputasi matematika, Kriteria ilmiah dan praktis dalam mengevaluasi penelitian, Teknik kritik penelitian Pustaka: Jaan Kiusalaas, 2013, Numerical Methods in Engineering with Python 3, Cambridge University Press. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai kemampuan untuk mengevaluasi dan mengkritisi hasil penelitian yang menggunakan komputasi matematika dengan kriteria ilmiah dan praktis. |
- Kemampuan menganalisis penelitian
- Kemampuan mengevaluasi kriteria ilmiah dan praktis
- Kemampuan mengidentifikasi kelemahan penelitian
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
|
Diskusi daring tentang penelitian terkait, Analisis studi kasus secara daring
|
Materi: Pengenalan penelitian dengan komputasi matematika, Kriteria ilmiah dalam penelitian, Kriteria praktis dalam penelitian, Teknik evaluasi hasil penelitian Pustaka: Jaan Kiusalaas, 2013, Numerical Methods in Engineering with Python 3, Cambridge University Press. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model matematika baru yang dapat diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan teknologi kejuruan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. |
- Pengembangan model matematika baru
- Integrasi model dalam kurikulum pendidikan
- Relevansi model dengan teknologi kejuruan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Diskusi daring tentang penerapan model matematika dalam pendidikan teknologi kejuruan
|
Materi: Konsep model matematika, Penerapan model dalam pendidikan teknologi kejuruan, Kreativitas dalam menciptakan model Pustaka: Fink, K.K., Mathews H.J. 2004.Numerical Methods using Matlab 4th Edition. New Jersey: Pearson Education Inter. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model matematika baru yang dapat diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan teknologi kejuruan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. |
- Kemampuan menerapkan konsep matematika dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan
- Kemampuan menciptakan model matematika baru yang relevan
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Penugasan Proyek Kolaboratif
|
Materi: Konsep Matematika dalam Pendidikan Teknologi Kejuruan, Penerapan Model Matematika dalam Kurikulum Pendidikan Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Konsep Matematika dalam Pendidikan Teknologi Kejuruan, Penerapan Model Matematika dalam Kurikulum Pendidikan Pustaka: Fink, K.K., Mathews H.J. 2004.Numerical Methods using Matlab 4th Edition. New Jersey: Pearson Education Inter. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Semua materi sebelum UAS |
UAS |
Kriteria:
- Tes essay secara luring
- Skor maksimal 100
Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 100 |
|
Materi: Semua materi sebelum UAS Pustaka: Fink, K.K., Mathews H.J. 2004.Numerical Methods using Matlab 4th Edition. New Jersey: Pearson Education Inter. |
30% |